20+ Contoh Website Bisnis dengan Desain Terbaik

contoh website bisnis

Apakah saat ini Anda sudah memiliki website? Jika belum, segera buat dengan referensi contoh website bisnis yang sudah ada. Hal ini perlu dilakukan karena bikin website menjadi bagian penting dari bisnis yang merepresentasi suatu usaha.

Di era digital ini, hampir semua perusahaan dengan skala besar hingga kecil sudah memiliki website demi menjaga dan terhubung dengan audiens mereka. Hal ini tentu saja bertujuan untuk meningkatkan keuntungan dari bisnis mereka.

Mengenal Manfaat Website untuk Bisnis

Mendapatkan pelanggan yang lebih banyak dengan jangkauan yang luas, tentu menjadi tujuan utama dari banyak pelaku usaha. Adanya website bisnis membantu pelaku usaha dalam mendapatkan pelanggan baru secara lebih luas.

Lantas, apa itu situs web bisnis? Pada dasarnya, situs web bisnis merupakan sebuah halaman yang memungkinkan pengunjung untuk melihat informasi secara detail terkait produk maupun layanan yang ditawarkan.

Adanya informasi ini membantu calon pembeli untuk mengetahui produk secara tidak langsung. Kehadiran website ini membantu pelanggan untuk mengakses informasi terkait produk maupun layanan dimana saja tanpa ada batasan.

Tidak hanya itu, Anda sebagai pemilik usaha juga akan merasakan dampak yang sangat besar dan signifikan dalam perkembangan bisnis. Berikut ini pentingnya website untuk bisnis.

1. Membangun Kredibilitas Usaha

Website memiliki peran penting dalam pemasaran dan branding suatu bisnis. Dalam website, bisnis dapat dibangun dengan citra merek mereka desain yang sesuai. Hal ini membuat website tidak hanya sekedar tampilan berwarna dan copywriting saja.

Anda sebagai pemilik juga harus memperhatikan hal-hal kecil apa saja yang bisa mencerminkan identitas dari merek bisnis yang dimiliki. Mencakup pengguna warna utama, logo hingga kenyamanan dalam mengakses website tersebut.

Adapun tujuan dari penerapan ini dalam website, yakni untuk meningkatkan kredibilitas usaha Anda dari calon pembeli. Kehadiran tampilan serta elemen yang konsisten akan meningkat rasa kepercayaan dari pelanggan dalam membeli produk.

2. Menjangkau Pasar yang Lebih Luas

Website merupakan prasarana digital yang memungkinkan bisnis untuk hadir secara online. Adanya ini memberikan kesempatan bagi bisnis untuk mencapai atau menjangkau audiens yang lebih luas lagi tanpa ada batasan geografis.

Melalui website, bisnis dapat menyajikan informasi tentang produk, layanan dan nilai yang mereka tawarkan kepada calon pembeli dengan cara yang menarik serta mudah untuk diakses dimana saja.

3. Menghemat Biaya Operasional Marketing

Tanpa disadari dengan memiliki website untuk bisnis yang dijalankan, Anda sudah bisa melakukan kegiatan marketing. Hebatnya lagi, campaign marketing yang bisa dilakukan dapat menjangkau audiens secara luas tanpa batas.

Tentu saja hal ini semakin memberikan potensi besar untuk Anda dalam menjual produk kepada pelanggan baru. Anda tidak perlu mengeluarkan uang tambahan untuk kegiatan marketing lainnya yang mungkin belum tentu efektif.

Cukup mempelajari SEO atau Search Engine Optimization agar website bisnis yang dimiliki berada di halaman utama ketika calon pelanggan melakukan pencarian produk secara online. Tentunya diperlukan skill tambahan untuk mengatur hal tersebut.

4. Terkoneksi Setiap Saat

Anda tentu saja memiliki keterbatasan waktu dalam melayani pelanggan terkait produk atau layanan. Adanya kehadiran website, pertanyaan yang berulang ataupun segala hal terkait informasi produk bisa ditampilkan secara langsung.

Cek Konten Lainnya:
Apa itu Control Panel Hosting? Fungsi, Jenis dan Cara Kerjanya

Para calon pelanggan dapat membaca informasi ini dengan mudah sehingga mereka mengetahui produk yang ingin dibeli. Tidak hanya itu, produk ini juga otomatis bisa Anda koneksikan dengan berbagai alat pendukung lainnya untuk memudahkan bisnis.

Mulai dari pertanyaan yang bisa dihubungkan langsung ke WhatsApp hingga pembayaran digital yang terintegrasi sehingga transaksi menjadi lebih mudah dan cepat. Banyaknya kelebihan ini menjadi alasan utama adanya website bisnis.

Contoh Website Bisnis dengan Desain Terbaik

Dalam era digital yang serba maju, memiliki sebuah website bisnis adalah suatu keharusan bagi setiap pelaku usaha. Hal ini bertujuan agar bisnis yang dimiliki bisa bersaing dan berkembang ke arah yang lebih baik.

Perlu Anda ketahui bahwa website bisnis tidak hanya sebagai sarana memperkenalkan produk atau layanan, tetapi juga sebagai platform membangun kepercayaan, meningkatkan visibilitas online hingga menghasilkan penjualan.

Dalam artikel ini, terdapat beberapa contoh website bisnis yang bisa Anda riset dan dijadikan sebagai referensi. Hal ini tentunya berguna untuk mengetahui sekiranya elemen atau fitur-fitur apa saja yang diperlukan dalam website bisnis.

1. Adidas

contoh website bisnis adidas

Contoh website bisnis yang pertama bisa Anda tiru adalah Adidas. Siapa yang tidak mengenal brand dengan kategori sport terbaik di dunia tersebut? Hampir semua orang di muka bumi mungkin tahu.

Tampilan katalog website yang fresh dan clean ini sangat melambangkan citra dari merek tersebut. Calon pelanggan juga bisa melakukan pembelian dengan sangat mudah dari mana saja tanpa terkecuali.

Cukup melakukan pembelian dari website, maka barang yang dipesan sudah sampai dirumah. Pembeli juga akan mendapatkan opsi warna, ukuran serta detail lainnya dengan sangat lengkap sehingga mengetahui barang seperti apa yang akan diterima.

2. Nike

contoh website bisnis nike

Tidak hanya Adidas yang memiliki tampilan website user friendly, namun ada juga Nike sebagai competitor nyata yang juga melakukan penjualan bisnis melakukan website. Secara sekilas, tampilan serta fitur kedua website ini hampir sama.

Hal yang membedakan hanya katalog yang ditampilkan oleh Nike disesuaikan dengan lokasi negara yang dipilih oleh pelanggan. Pasalnya, sebagai brand sport terbesar di dunia, Nike menempatkan cabang-cabang utama mereka di hampir setiap negara.

3. Tokopedia

contoh website bisnis tokopedia

Tokopedia merupakan salah satu platform e-commerce terbesar di Indonesia dengan jutaan pengguna aktif yang menawarkan berbagai macam produk dari kategori elektronik, fashion, aksesoris, gadget hingga makanan.

Hadir dengan tampilan website yang user-friendly, pengguna dapat dengan mudah menjelajahi katalog produk yang lengkap dan bisa membandingkan harga antara satu produk dengan produk lainnya.

4. Bukalapak

contoh website bisnis bukalapak

Bukalapak merupakan platform e-commerce terkemuka lainnya di Indonesia yang memiliki website serta aplikasi. Pada contoh website bisnis mereka, pengguna tidak hanya sebagai pembeli, namun juga bisa beralih sebagai pelapak.

Hal ini dikarenakan Bukalapak memberikan kesempatan bagi pelapak lokal untuk memasarkan produk mereka secara online. Adanya ribuan penjual yang tergabung di dalam satu platform, membuat pengguna bisa menemukan barang yang dicari.

Dalam penjelajahan di website Bukalapak, pengguna dapat menemukan fitur-fitur seperti BukaMall yang menyediakan produk-produk resmi dari brand ternama hingga  BukaReksa yang memungkinkan pengguna untuk berinvestasi.

5. Traveloka

contoh website bisnis traveloka

Contoh website bisnis lainnya yang memiliki tampilan desain keren adalah Traveloka. Bisnis ini merupakan website booking online yang menyediakan berbagai layanan perjalanan seperti tiket pesawat, hotel, dan tiket kereta.

Hadir dengan tampilan antarmuka yang intuitif dan user-friendly, pengguna dapat dengan mudah mencari dan membandingkan harga tiket pesawat dari berbagai maskapai penerbangan, serta menemukan penawaran hotel yang menarik.

Traveloka juga menawarkan fitur Xperience yang memungkinkan pengguna untuk memesan aktivitas wisata dan hiburan di berbagai destinasi. Adanya fitur ini memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam merencanakan perjalanan Anda.

Cek Konten Lainnya:
Apa itu jQuery? Kenali Fungsi, Cara Menggunakan dan Contoh

6. Happy Days Surf

contoh website bisnis

Menyesuaikan citra serta konsep perusahaan yang mereka kembangkan, merek Happy Days Surf menampilkan aura positif melalui penggunaan warna biru laut.

Pada bagian depan dari contoh website bisnis ini bisa Anda temukan halaman yang sederhana dan tidak berlebihan. Selain itu, terdapat juga tombol CTA yang mudah untuk diakses pengguna hingga susunan menu navigasi yang teratur dan minimalis.

7. Millaw Kids

contoh website bisnis

Banyak website bisnis online yang hanya fokus pada penjualan satu atau dua jenis produk saja, seperti halnya brand pakaian anak dari Millaw Kids. Jika Anda memiliki model bisnis serupa, manfaatkanlah halaman utama menjadi bagian paling penting.

Hal ini bertujuan untuk memperkenalkan produk yang Anda tawarkan kepada calon pelanggan secara lebih maksimal. Contoh dari website bisnis ini menampilkan produk terbaiknya tepat di bawah gambar utama atau banner.

Adanya penempatan gambar hero dengan sedikit sentuhan editing pada gambar ini supaya pengunjung langsung tertarik untuk berbelanja. Setiap halaman dalam website Millaw Kids ini memiliki desain yang sederhana dan minimalis.

8. Nalen Ayurveda

contoh website bisnis

Jika Anda berkeinginan melihat sebuah contoh website bisnis yang responsif, maka bisa melihat website Nalen Ayurveda. Pada situs website ini Anda hanya perlu menggerakan satu kursor untuk bisa mengakses semua fitur website.

Tidak hanya itu, pemilihan warna dalam desain website ini sesuai dengan tampilan kemasan produk yang konsisten. Beberapa ilustrasi tanaman juga dipilih untuk menciptakan suasana yang segar dan alami demi menciptakan kesesuaian.

9. Gojek

contoh website bisnis gojek

Gojek merupakan platform terkemuka di Indonesia yang menawarkan layanan transportasi, pengiriman, dan berbagai layanan on-demand lainnya. Melalui website Gojek, maka Anda dapat dengan mudah memesan ojek online.

Ojek ini tentunya mencakup motor, taksi hingga angkutan barang lainnya dengan harga yang terjangkau. Pada website ini tentunya Anda akan disuguhkan dengan tampilan website yang lebih kompleks namun tetap nyaman untuk di akses.

Pasalnya, banyaknya fitur yang ditawarkan Gojek kepada pelanggan menjadikan website ini sangat lengkap dan detail demi memudahkan segala kesulitan pelanggan. Tidak hanya itu, warna hijau dominan tetap menjadi ciri khas yang tersematkan.

Dengan jangkauan layanan yang luas dan antarmuka yang sederhana, website ini memudahkan pengguna untuk mendapatkan solusi transportasi dan kebutuhan sehari-hari secara cepat dan efisien.

10. Shopee

contoh web bisnis shopee

Contoh website bisnis lainnya yang sangat terkenal di benua Asia adalah Shopee. Sebagai platform e-commerce yang menawarkan berbagai produk dari berbagai kategori seperti fashion, elektronik, kecantikan serta masih banyak lagi.

Website ini menawarkan pengalaman berbelanja yang seru dan interaktif dengan berbagai promo menarik, diskon serta program cashback. Selain itu, terdapat fitur yang membantu pengguna untuk mencari produk hingga membandingkan harga.

Shopee juga menyediakan fitur-fitur khusus seperti Shopee Live yang memungkinkan pengguna berinteraksi langsung dengan penjual dan melihat produk secara real-time. Banyaknya kelebihan ini membuat pengguna betah berlama-lama.

11. Forrest

Referensi contoh website lainnya yang berjalan sebagai situs bisnis, yakni milik Forrest. Brand asal Lithuania ini menjual produk berupa lifestyle, seperti kopi, madu dan lilin untuk semua kalangan pecinta hidup.

Satu hal yang paling menarik perhatian dari website sederhana ini adalah efek smooth scrolling pada bagian landing page. Action ini juga dilengkapi dengan sematan animasi sederhana yang berada di atas tombol CTA.

Mengusung konsep perpaduan antara warna netral, kualitas foto yang jernih serta desain website modern memberikan nuansa yang smart. Hal ini tentunya semakin memudahkan pengguna dalam mengakses situs website milik Forrest.

12. Entrance

Apakah Anda membutuhkan contoh tampilan website untuk bisnis di bidang jasa? Jika iya, maka situs website milik Entrance bisa jadi bahan riset. Pasalnya, bisnis yang bergerak di real estate ini menawarkan tampilan yang sangat memukau.

Cek Konten Lainnya:
Cara Membuat Website Sendiri dari Nol Tanpa Coding

Perusahaan asal Swedia ini menampilkan halaman utama website dengan gambar slide show berupa foto interior yang terlihat mewah. Website ini menggunakan font dengan warna putih berlatar hitam.

Hal ini semakin menunjukan kesan yang kuat antara dua warna sehingga tampak professional. Tujuan dari perpaduan ini agar pengunjung website memiliki minat yang besar untuk mengeksplorasi lebih dalam terkait layanan jasa real estate.

13. 4 Rivers Smokehouse

contoh web bisnis 4rivers

4 Rivers Smokehouse merupakan website yang berbasis situs makanan. Pada situs ini pelanggan akan mendapatkan tampilan berupa jenis produk, loyalty pelanggan hingga pre-order dari menu special.

Kombinasi warna hitam, putih serta emas yang enak dipandang agar para pengunjung website tidak tersesat dengan banyaknya pilihan menu yang tersedia.

14. Zalora

contoh web bisnis zalora

Contoh situs website berikutnya adalah Zalora. Melalui website Zalora, pengguna dapat menemukan pilihan fashion terkini dari berbagai brand terkenal. Zalora juga menawarkan pengalaman belanja yang menyenangkan dengan fitur-fitur seperti Zalora Magazine yang memberikan inspirasi fashion bagi pengguna.

15. Apple

contoh web bisnis apple

Apple adalah contoh website berikutnya dari bisnis yang penuh dengan desain minimalis. Tampilan yang bersih, navigasi yang mudah serta penekanan pada fitur produk yang terselip kalimat copywriting membuat website ini sangat menarik.

16. Amazon

contoh web bisnis amazon

Amazon adalah salah satu e-commerce terbesar di dunia. Desain website yang intuitif, ulasan pengguna yang lengkap serta kemudahan dalam melakukan pembelian membuat website ini menjadi contoh yang baik dalam industri e-commerce.

17. Airbnb

contoh web bisnis airbnb

Contoh website bisnis lainnya yang bisa Anda jadikan referensi adalah Airbnb. Desain website yang intuitif, ulasan pengguna yang lengkap serta kemudahannya membuat website ini bisa contoh yang baik dalam industri digital penyewaan.

18. Zara

contoh web bisnis zara

Zara merupakan salah satu merek fashion terkenal di dunia. Desain website yang elegan, tampilan produk yang menarik dan kemudahan dalam berbelanja online menjadikan website Zara menjadi alternatif terbaik untuk berbelanja secara online.

19. Etsy

contoh web bisnis etsy

Etsy adalah platform e-commerce yang menghubungkan pembeli dengan penjual. Desain website yang artistik, kemudahan dalam menemukan produk yang diinginkan hingga opsi kualitas produk memberikan inspirasi bagi bisnis kreatif atau handmade.

20. Jenggala

contoh web bisnis jenggala

Contoh website perusahaan terakhir yang bisa menjadi inspirasi Anda adalah Jenggala. Website ini menjual koleksi keramik handmade ini bagus untuk dijadikan inspirasi. Jenggala merupakan brand buatan lokal ini mampu bersaing di pasar global.

Pada situs Jenggala pengunjung dapat dengan mudah menemukan produk pilihan dengan kategori menu serta filterisasi yang mendetail. Dari segi tampilannya terlihat sangat menarik.

21. Tease

contoh situs bisnis

Contoh website tipe bisnis terakhir adalah Tease. Tease sendiri merupakan toko online yang menjual teh berkualitas. Ada berbagai jenis teh herbal yang tersedia.

Anda bisa meniru struktur desain website ini seperti penjelasan terkait benefit, testimoni, katalog produk, hingga CTA-nya. Dari segi warna, mereka memilih warna hijau yang menggambarkan warna daun teh.

Template Website Bisnis

template website bisnis

Setelah cek beberapa contoh rekomendasi website untuk bisnis, saatnya juga Anda mengonlinekan bisnis Anda dengan Website. Jagoan Hosting menyediakan template premium untuk berbagai jenis bisnis yang siap pakai. Anda bisa dapatkan template premium ini di paket WordPress Hosting dan di Website Instan.

Beberapa contoh website bisnis ini bisa Anda jadikan referensi dalam membangun website yang tepat. Pasalnya, website yang tepat sesuai kebutuhan akan memudahkan pengguna serta membuatnya nyaman dalam mengeksplor website.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
contoh website sekolah
Read More
Inilah Contoh Website Sekolah Terbaik (Menarik & Simple)
Dengan kemajuan teknologi digital sekarang ini, memiliki website sudah menjadi kebutuhan setiap organisasi, termasuk sekolah. Terdapat beberapa contoh…
usability testing
Read More
Apa itu Usability Testing Website? Manfaat, Metode & Langkah
Mengembangkan sebuah website dengan beragam ide dan inovasi baru bisa jadi sebuah strategi untuk menarik minat pengguna. Namun,…