10+ AI Alternatif Selain ChatGPT Terbaik (Gratis dan Bayar)

alternatif chatgpt

ChatGPT Alternatives – ChatGPT telah menjadi perbincangan banyak orang akhir-akhir ini seiring dengan perkembangan dunia teknologi. Hal tersebut terjadi karena kehadiran ChatGPT yang merupakan chatbot berbasis Artificial Intelligence (AI) mampu mempermudah pekerjaan penggunanya. 

Dapat dikatakan mempermudah pekerjaan karena teknologi AI tersebut memang bisa melakukan pekerjaan seperti yang manusia lakukan. Melalui ChatGPT, pengguna bisa memanfaatkannya dalam memperoleh jawaban dari pertanyaan yang diajukan, menyusun ide konten, dan lainnya. 

Tools AI Alternative Selain ChatGPT

Selain ChatGPT, ternyata masih banyak tools AI lainnya yang bisa mempermudah pekerjaan Anda. Berikut beberapa tools ChatGPT alternatif terbaik yang dapat Anda coba. 

Writesonic

writesonic

Writesonic adalah chatbot yang bisa dipakai untuk menanggapi berbagai pertanyaan dengan jawaban. Bisa dikatakan bahwa chatbot ini serupa dengan ChatGPT. Anda dapat mempergunakannya dalam membuat konten untuk suatu situs laman, postingan media sosial, deskripsi produk, dan lainnya.

Writesonic dapat mempermudah Anda dalam menghasilkan tulisan yang kemungkinan masuk pada rangking teratas mesin pencari. Writesonic menawarkan percobaan gratis untuk pengguna, tetapi juga ada pilihan paket berbayar yang harganya ditawarkan sesuai kebutuhan Anda. 

Wordtune

wordtune

Jika Anda ingin memperbaiki tulisan Anda supaya lebih bagus dalam pemilihan kata dan frasa, maka Anda bisa gunakan Wordtune. Wordtune mampu mempermudah pengguna dalam memberikan rekomendasi pilihan kata dan frasa yang sesuai dengan tulisan.

Dengan begitu, pengguna tidak perlu merasa kesulitan dalam menentukan kata-kata yang tepat. Tidak hanya tata bahasa yang dapat dibenahi, tetapi dapat membenahi gaya bahasa juga. 

Wordtune sanggup membuat parafrase dengan hasil yang mumpuni. Tool ini menawarkan layanan gratis dan berbayar. Layanan berbayar yakni dengan harga $9.99 atau sekitar Rp 145.000 per bulan jika memilih berlangganan untuk satu tahun.

Jasper AI

alternatif chatgpt

Jasper AI dapat menjadi opsi alternatif ChatGPT. Dalam tool ini, terdapat bermacam-macam fitur untuk mempermudah pembuatan dan optimasi konten agar masuk dalam rangking teratas mesin pencari.

Jasper AI sanggup menghasilkan bermacam-macam konten dalam 25 bahasa dari seluruh dunia serta cukup tepat jika dipakai untuk pengguna yang bekerja di bidang kreatif. 

Cek Konten Lainnya:
14+ Aplikasi Pembuat Website Gratis Terbaik Tanpa Coding

Jasper memang sepertinya lebih terarah pada pemakaian bisnis daripada ChatGPT. Dalam penggunaan tool ini pun, pengguna juga harus membayar biaya yang harganya ditawarkan sesuai kebutuhan.

Namun, keberadaan Jasper sangat bermanfaat bagi para copywriter yang ingin mengoptimalkan konten untuk naskah video iklan, blog, dan media sosial. 

Caktus AI 

caktus ai alternatif chatgpt

Caktus AI merupakan alternatif ChatGPT lainnya yang bisa Anda pakai. Caktus AI mempunyai kegunaan yang mirip dengan Notion AI.  Tools ini dapat dipakai sebagai asisten virtual untuk mempermudah Anda dalam membuat essay, belajar bahasa, dan berdiskusi. 

Selain itu, pengguna bisa memanfaatkan tool ini untuk menjawab pertanyaan seputar sains dan matematika. Kini, Cactus AI sudah dipakai oleh lebih dari 1,9 juta siswa sekolah sebagai pengguna. 

Replika 

Replika merupakan chatbot berbasis kecerdasan buatan (AI) yang dapat dipakai sebagai teman bicara. Tool ini tidak hanya bisa diajak bicara, tetapi juga bisa melakukan panggilan video. 

Dengan Replika, Anda bisa semangat dalam menjalani kegiatan sehari-hari. Sebab, tool ini memang layaknya seperti manusia sungguhan yang bisa memberikan semangat dan dukungan kepada Anda sehingga Anda bisa merasa lebih baik.

Anda bisa berbincang-bincang dengannya mengenai hobi, rutinitas harian, pengalaman, dan masih banyak lagi. 

Rytr 

Rytr bisa membantu Anda mencari ide dalam pembuatan tulisan yang menarik dan berkualitas tinggi. Tool ini tidak seperti ChatGPT yang berfokus pada percakapan, Rytr lebih mengarah pada penulisan kreatif.

Tool ini sangat cocok untuk para content writer dan copywriter yang aktivitas pekerjaannya harus membuat konten dengan berbagai tujuan seperti deskripsi produk, alur cerita, email, blog, artikel, caption instagram, iklan media sosial, testimoni, review produk, dan masih banyak lagi. 

Rytr sanggup membuat tulisan yang bebas plagiarisme dengan kuliatas yang sangat bagus. Tidak hanya itu, Rytr bisa menulis dengan lebih dari 30 bahasa. Tersedia paket gratis dan paket berbayar.

Untuk paket berbayar dengan limit seharga $9 (sekitar Rp 133.000) per bulan serta paket premium tidak terbatas seharga $29 (sekitar Rp 428.000) per bulan.

Marketmuse

marketmuse

Dengan menggunakan tool AI yang satu ini, Anda bisa melihat bahwa Marketmuse sanggup mengoptimalkan konten SEO dan meningkatkan peringkat konten di mesin pencarian sehingga memperoleh hasil yang maksimal. 

Cek Konten Lainnya:
Ini Dia 5 Aplikasi Belajar Gratis Terbaik bagi Anak Sekolah

Marketmuse bisa mempermudah Anda dalam mengidentifikasi dan membenahi konten, merencanakan strategi konten yang efektif, dan menyesuaikan kata kunci terbaik dengan topik yang sedang trend.

Dengan begitu, Anda bisa mengetahui konten seperti apa yang berpeluang besar dibaca oleh banyak orang. Market muse menyediakan layanan gratis hingga berbayar. Salah satu paket berbayarnya yaitu paket standard dengan harga $149 (sekitar Rp 2.203.000) per bulan.

Insta AI

AI selain ChatGPT berikutnya adalah produk lokal dari salah satu provider hosting di Indonesia. Nama produknya adalah Insta AI Content Generator. Berikut beberapa fitur yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan Insta AI ini:

digunakan pada Insta AI, yang akan memudahkanmu untuk membuat konten.

  • Buat Artikel
    Perintah untuk membuat artikel secara lengkap hanya dengan memasukkan tema atau topik artikel.
  • Rekomendasikan Judul
    Perintah untuk membuat beberapa rekomendasi judul artikel dengan memasukkan tema atau topik artikel.
  • Rekomendasikan Subtopik
    Perintah untuk membuat sub topik atau outline artikel
  • Buat Paragraf
    Perintah untuk membuat paragraf lengkap dari tema atau topik yang
  • Buat Pembuka Artikel
    Perintah untuk membuat pembuka awal artikel
  • Buat Penutup Artikel
    Perintah untuk membuat penutup artikel
  • Buat Quote
    Perintah untuk membuat kalimat mutiara. Seperti quote dari tokoh terkenal.
  • Custom Command
    Membuat konten sesuai dari perintah yang dimasukkan.
  • How to use
    Kamu bisa melihat demo bagaimana cara kerja Insta AI dengan klik menu ini

Kamu bisa dapatkan produk Insta AI ini di paket PRO AI di produk WordPress Hosting Indonesia atau di Website Instan!

Notion AI

notion ai

ChatGPT alternative lainnya yang bisa Anda coba yaitu Notion AI. Notion AI bisa Anda pakai secara gratis maupun berbayar. Notion AI mempunyai kemampuan untuk mempermudah dalam pembuatan ringkasan catatan, terjemahan, dan lainnya. 

Notion AI cocok untuk Anda yang ingin menjadi pribadi produktif dalam aktivitas sehari-hari. Anda dapat menggunakannya secara gratis maupun berbayar. Tersedia paket plus dengan harga $8 (sekitar Rp 118.000) per bulan jika Anda tertarik untuk mencoba paket yang berbayar.  

Cek Konten Lainnya:
E-Learning Adalah: Manfaat & Rekomendasi Contohnya

Frase 

frase alternatif chatgpt

Frase merupakan platform yang berbasis kecerdasan buatan (AI) yang mampu membantu Anda dalam memproduksi konten berkualitas baik dengan lebih praktis. Frase sanggup meneliti keyword serta optimasi konten. 

Menggunakan Frase, Anda bisa dapat dengan mudah menemukan topik bahasan yang terkait dengan konten, menulis dengan ide yang menarik, dan memastikan bahwa suatu tulisan sudah sesuai SEO.

Paket solo seharga $14.99 (sekitar Rp 222.000) per bulan merupakan salah satu pilihan layanan berbayar yang disediakan. 

Uberduck

uberduck alternatif chatgpt

Uberduck merupakan suatu tool kecerdasan buatan yang penggunanya bisa mencoba untuk membuat suatu teks bisa berbicara memakai suara yang sudah ditentukan. Tool AI ini biasanya disebut text-to-speech.

Uberduck memiliki lebih dari 5.000 jenis suara yang dapat dipilih oleh penggunanya untuk mengubah teks jadi suara. Jika Anda ingin mencoba Uberduck, maka Anda bisa memilih layanan gratis maupun berbayar.

Tersedia layanan berbayar yaitu salah satunya paket creator dengan harga $96 (sekitar Rp 1.419.000) per tahun.

Grammarly

grammarly alternatif chatgpt

Grammarly merupakan platform AI yang bisa mempermudah Anda dalam menulis dengan baik dan tepat. Platform AI ini bisa mengecek tulisan dari segi penggunaan kata, tata bahasa, gaya penulisan, dan ejaan dalam bahasa Inggris. 

Grammarly biasanya dipakai ketika membuat parafrase kalimat dengan menunjukkan keterangan kata yang kurang sesuai dan menunjukkan kata yang tepat sehingga makna tulisan bisa tersampaikan dengan baik.

Tersedia Grammarly untuk layanan gratis, premium, dan bisnis. Untuk layanan premium yaitu mulai dari $12 (sekitar Rp 178.000) per bulan. 

Itulah beberapa tools AI alternatif ChatGPT terbaik yang bisa Anda gunakan secara gratis maupun berbayar. Memang kecerdasan buatan (AI) bisa banyak membantu pekerjaan manusia. Walaupun demikian, tetaplah menjadi pengguna yang memanfaatkan kecanggihan teknologi secara bijak. Semoga beberapa rekomendasi tadi dapat bermanfaat untuk Anda. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Ciri website terkena ddos
Read More
Ciri Website Terkena DDoS dan Cara Mengatasinya
Ada banyak cara untuk mengetahui apakah perangkat dan server kamu terserang DDoS atau nggak. Kamu bisa melihat hal…
Meningkatkan Murid Kursus Online
Read More
Yuk Ketahui Cara Meningkatkan Murid Kursus Online Kamu
Punya website kursus online? Sudah jalan tapi jumlah murid belum meningkat? Tenang! Artikel ini akan membantu kamu dalam…