Writesonic: Tools AI untuk Bantu Menulis Konten

writesonic

Artificial Intelligence atau AI sedang ramai diperbincangkan, terlebih sejak booming-nya program ChatGPT yang multitasking dan bisa membantu segala kebutuhan user. Seiring berjalannya waktu, WriteSonic AI article ideas pun juga turut digandrungi.

Walaupun banyak yang berpendapat bahwa tools AI akan mengancam manusia karena mengambil alih pekerjaan mereka, tetapi disisi lain banyak juga yang merasa diuntungkan dengan adanya tools AI dalam membantu pekerjaan mereka.

Pada artikel ini, akan dibahas secara lengkap mengenai app WriteSonic sebagai tools AI yang bisa membantu para penulis dalam membuat konten untuk segala platform.

Apakah artikel ini salah satunya? Yuk, tahu informasinya lebih dalam dengan simak penjelasan berikut hingga akhir, ya!

Apa Itu Writesonic? 

writesonic

WriteSonic adalah alat dengan kecerdasan buatan yang diprogram khusus untuk membantu memberikan ide menulis baik copywriter hingga artikel blog.

Mengutip dari trustenablement.com, dengan topik “WriteSonic Review”, bahkan mereka mencoba untuk membuat artikel ulasan mengenai app itu sendiri. Dan hasilnya, menurut mereka hasilnya bagus dan cocok untuk penulisan jenis paragraf.

Melihat dari segi branding product, tools AI ini lebih menekankan pada penulisan jenis marketing dan copywriter. Namun, bukan berarti tidak bagus untuk jenis konten tulisan lainnya.

AI writer ini bisa membantu kamu dalam mencari ide dan menyusun konten iklan dan postingan untuk sosial media, deskripsi produk, sampai artikel dengan SEO.

Klaim lainnya juga mengatakan bahwa dengan menggunakan tools AI ini kamu bisa menghemat waktu kerja kamu hingga 80%, sehingga kamu memiliki banyak waktu untuk melakukan aktivitas lainnya.

Tools AI writer ini cocok untuk para marketer, blogger, hingga freelancer. Dengan begitu, pekerjaan dan tugas kamu bisa lebih cepat terselesaikan dengan praktis.

Cara Kerja WriteSonic

Pada dasarnya, cara kerja app WriteSonic sama dengan tools AI lainnya. User hanya perlu memasukan kata kunci atau deskripsi singkat mengenai ide artikel atau konten yang ingin dibuat.

Setelah itu, sistem akan menampilkan hasil terbaik dengan spesifik sehingga lebih tepat dalam tujuan penulisan. Pada tools AI ini, fitur WriteSonic yang paling banyak disukai adalah AI Article Writer 3.0 yang dapat membantu user membuat bahkan hingga 8 artikel per hari!

Cara Menggunakan Writesonic

cara pakai writesonic

Untuk menggunakan AI Article Writer 3.0 terdapat 4 tahapan yang harus dilakukan. Namun, jika kamu sudah terbiasa dengan penulisan dan blog, kamu bisa langsung loncat menuju tahap 4 dan membuat konten artikel yang searchable dengan kualitas premium.

Cek Konten Lainnya:
Pengertian Use Case Diagram, Simbol, Contoh & Cara Buatnya

Sebelum mulai menggunakan tools AI ini, kamu bisa membuka websitenya terlebih dahulu pada browser yang tersedia. Klik Start Writing for Free untuk mulai menulis dengan bantuan kecerdasan AI.

Pada dashboard, cari fitur AI Article Writer 3.0 dengan ikon robot berwarna abu-abu. Klik fitur tersebut dan kamu akan dibawa ke halaman baru untuk mulai menulis dengan bantuan AI.

1. Menemukan Ide

Pada tahap pertama, kamu akan diminta untuk mengisi 3 kolom untuk mulai menemukan ide atas topik artikel yang akan kamu buat. Kolom pertama, kamu isi dengan topik apa yang menjadi bahasan utama artikel kamu.

Kolom kedua, kamu pilih bahasa yang akan digunakan pada artikel. Kolom ketiga, pilih kualitas artikel yang akan kamu buat, economy, average, good, dan premium

Untuk kolom terakhir, bisa kamu pilih kualitas premium untuk mendapatkan hasil artikel yang optimal dan enak dibaca.

Setelah mengisi ketiganya, silakan tentukan berapa jumlah ide yang ingin ditampilkan pada hasil dan terakhir tekan tombol berwarna magenta dengan tulisan Generate Ideas.

Kemudian, sistem akan menampilkan ide sesuai jumlah yang diinginkan dalam bentuk judul artikel. WriteSonic app menjamin bahwa semakin spesifik topik yang dicantumkan, maka akan semakin spesifik pula judul yang akan dihasilkan.

Jika hasil yang diberikan kurang memuaskan, kamu bisa mengubah topik dan men-generate kembali ide yang ingin didapatkan hingga sesuai dengan keinginan kamu. Setelah itu, pilih judul yang kamu inginkan untuk menuju tahap selanjutnya.

2. Mulai Buat Paragraf Intro

Setelah membuat judul artikel sesuai topik/ide yang kamu inginkan, tahap selanjutnya adalah men-generate intro atau pembuka artikel. Pada tahap 2, judul yang kamu pilih akan ditampilkan pada kolom pertama.

Untuk kolom kedua dan ketiga masih sama dengan tahap 1. Setelah itu, pilih berapa jumlah ide paragraf intro yang ingin ditampilkan, lalu klik tombol Generate Intro.

Sistem akan menampilkan paragraf intro dengan jumlah baris 3-4, dan ini sangat website friendly bagi kamu para blogger mania. Ide paragraf intro ini bisa langsung kamu edit, copy, delete, bahkan memberikan rating atas ide yang ditampilkan.

Memberikan rating juga akan membantu WriteSonic AI writer untuk berkembang lebih baik dan bisa menyajikan hasil yang lebih relevan untuk user.

Pilih paragraf intro yang ingin kamu gunakan, lalu kamu akan dibawa menuju tahap 3.

3. Susun Outline

Selanjutnya tahap 3, yakni memilih dan mengedit outline yang sesuai dengan artikel yang diinginkan. Di bagian kiri layar, akan muncul kolom baru di bawah kolom judul, yakni kolom paragraf intro yang tadi kamu pilih dan ditampilkan isinya pada kolom tersebut.

Pada tahap 3 ini, kamu bisa langsung memilih jumlah ide outline yang ingin ditampilkan dan langsung mengklik tombol Generate Outlines. Setelah itu, akan muncul ide outline yang sesuai dengan judul dan paragraf intro yang telah kamu pilih sebelumnya.

Cek Konten Lainnya:
Apa itu OSI Layer? Fungsi, 7 Lapisan, & Cara Kerjanya

Silakan kamu pilih ide outline yang ingin kamu gunakan pada artikel yang akan dibuat. Sama seperti pada tahap 2, hasil ide outline yang ditampilkan bisa kamu edit, copy, delete, dan beri rating untuk membantu tools AI ini berkembang lebih baik.

Setelah itu langsung menuju tahap terakhir yakni men-generate keseluruhan hasil artikel untuk siap dipublikasikan pada platform milik kamu.

4. Generate Hasil Artikel

Setelah semua data terkait artikel yang diinginkan telah terkumpul, lakukan tahap 4 yakni membuat keseluruhan paragraf artikel dengan bantuan AI Article Writer 3.0.

Pada tahap ini, juga akan muncul kolom baru di bagian kiri layar yang menampilkan outline artikel yang telah kamu pilih pada tahap 3. 

Di tahap 4 ini, kamu hanya perlu langsung menekan tombol Write an Article yang akan menampilkan hasil artikel secara keseluruhan berdasarkan data yang telah dikumpulkan. 

Pada tahap ini cukup memakan waktu karena sistem diperintah untuk menghasilkan artikel yang unik dan human friendly.

Setelah hasil ditampilkan, kamu sudah bisa mendapatkan artikel untuk website dengan AI Article Write 3.0 hanya dalam waktu singkat!

Selain itu, sistem juga akan memberikan gambar sebagai pendukung artikel yang tentunya sudah berlabel free for commercial use bahkan disertai dengan sumber/credit

kamu bisa membaca kembali isi artikel dan mengeditnya jika masih ada bagian-bagian pada artikel yang kurang tepat. Setelah selesai, silakan copy teks dan kamu bisa langsung mempublikasikannya pada platform milik kamu.

Baca juga: 10+ Cara Cepat Agar Web & Artikelmu Terindex Google

Kelebihan Writesonic

kelebihan writesonic

Dari penjelasan tadi, kamu pasti sudah bisa melihat secara umum bagaimana kecanggihan AI dalam hal ini WriteSonic app dalam membantu penulis dalam menulis konten. Tools AI ini akan membantu penulis mulai dari menemukan ide hingga artikel jadi secara keseluruhan.

Pilihan fitur dan kecepatannya dalam membuat artikel secara canggih akan sangat membantu pekerjaan para penulis dengan deadline singkat dan porsi job yang banyak. Berikut kelebihan-kelebihan WriteSonic yang dapat membantu kamu.

  1. Mengutamakan struktur tulisan yang sangat bagus untuk meningkatkan ranking hasil pencarian Google, sehingga artikel yang kamu buat dengan AI ini bisa menjangkau viewer dengan lebih maksimal.
  2. Kemampuan menulis artikel dengan optimasi SEO, yang juga baik untuk hasil pencarian Google. Dengan artikel SEO, viewer akan merasa bahwa artikel kamu lebih relevan dengan apa yang mereka ingin cari.
  3. Teknologi proven framework yang membantu user untuk mendapatkan hasil artikel yang mudah dipahami oleh viewer/reader.
  4. Tetap menjaga keutuhan topik sehingga hasil pembahasan pada artikel tidak meluas, apalagi melenceng dari ide topik yang diinginkan.
  5. Tersedia fitur WriteSonic seperti Sonic Editor (untuk mengedit dengan mudah konten tulisan kamu) dan ChatSonic yang fungsinya mirip dengan ChatGPT, membantu user untuk brainstorming dengan lebih mudah sehingga tidak mengalami writer’s block.

Kekurangan Writesonic

Secanggih-canggihnya AI tools dengan kecerdasan buatan pasti memiliki kekurangan di beberapa faktor. Begitupun dengan kekurangan WriteSonic, yang tentunya akan selalu mengalami perbaikan secara berkelanjutan demi kenyamanan para user.

  1. Fakta dan statistik yang ditampilkan pada pembahasan artikel, wajib kamu kaji ulang karena AI men-generate dari database internet sehingga ada kemungkinan fakta dan statistik yang diberikan kurang tepat.
  2. Jika terdapat kutipan atau hasil pembahasan dari sumber lain, cek kembali sumber/asal kutipan tersebut untuk menghindari hoax.
  3. Perlunya melakukan screening dan edit setelah hasil keseluruhan artikel ditampilkan. Untuk menghindari error penulisan yang mungkin terjadi.
Cek Konten Lainnya:
Cara Setting DNS 1.1.1.1 Agar Browsing Lebih Cepat dan Aman

Itulah kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh tools AI article writer. Silakan dimanfaatkan kelebihannya untuk pekerjaan yang lebih efektif, dan walaupun memiliki kekurangan bisa kamu antisipasi dengan baik.

Tools Alternatif Writesonic

insta ai

Selain Writesonic, ada beberapa tools AI lainnya yang bisa kamu jadikan pilihan. Rekomendasi salah satunya adalah Insta AI Content Generator, yang merupakan tools AI yang bisa bantu buat draft konten atau artikel untuk kebutuhan artikel di website dan bisa membantu membuat copy di Landing Page website dengan lebih mudah dan cepat.

Fitur yang dimiliki mirip dengan Writesonic, mulai dari bantu kamu untuk generate ide (judul artikel, sub topik artikel, sampai dengan generate paragraf). 

Yang menjadi perbedaan Insta AI dengan tools AI Content Generator lainnya yaitu Insta AI ini sudah terintegrasi langsung di WordPress, jadi kamu ngga perlu berpindah platform dalam menyusun konten dan bisa melakukan ideasi sampai publish konten di WordPress.

Kamu bisa mulai menyusun artikel websitemu dengan cepat pakai Insta AI di Paket Pro AI di Insta Web Platform atau di WordPress Hosting Murah mulai Rp 129.000/bulan dan kamu bisa berfokus di bisnismu karena konten artikel di websitemu sudah dibantu AI.

Penutup

Dengan kelebihan dan kekurangan yang dimiliki, kamu bisa dengan bijak memanfaatkan program AI yang berkembang saat ini. Tanamkan prinsip mengutamakan kualitas dibandingkan kuantitas agar hasil konten tulisan kamu tetap bagus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
digitalisasi saat pandemi
Read More
5 Alasan Kenapa Kamu Perlu Melakukan Digitalisasi Saat Pandemi
Ingin melakukan digitalisasi saat pandemi. Waktu yang pas, Sob! Di masa pandemi ini, digitalisasi adalah salah satu upaya…
keamanan router
Read More
Jagoan Hosting Resmi Bergabung dengan MANRS, Kami Siapkan Keamanan Routing untuk Kontenmu!
Ancaman di dunia maya emang nggak pernah ada habisnya, Sob! Salah satu ancaman yang banyak terjadi di dunia…