Cara Membuat Judul Artikel yang Menarik dan 10+ Contohnya

membuat judul artikel

Artikel yang bagus saja tidak cukup,  kamu juga membutuhkan judul yang menarik. Judul artikel merupakan bagian penting yang pertama pembaca cari di mesin pencari. Mungkin banyak orang yang mengabaikan judul ini, banyak orang berlomba-lomba membuat konten artikel yang menarik dan sempurna. 

Namun mereka lupa bahwa judul juga perlu diperhatikan, harus dibuat semenarik mungkin. Jika demikian, percuma saja, CTR artikel  kamu nilainya sangat kecil. 

Kamu harus dapat menarik perhatian pembaca potensial untuk menerapkan peningkatan traffic situs web dengan benar. Karena dengan judul  kamu harus bisa memberikan kesan pertama yang baik kepada calon pembaca.

Berdasarkan data hanya 2 dari 10 orang meneruskan membaca artikel sesudah membaca judulnya. Maksudnya 80 persen orang membaca judul saja, tanpa membaca semua isi artikel. Bisa jadi penulis gagal dalam meyakinkan pembaca agar bisa terpikat mulai judulnya.

Tentu 80 persen merupakan angka yang besar, bukan? Hal yang penting diperhatikan agar pembaca mau meneruskan membaca artikel hingga akhir yaitu meyakinkan dari judul. Bagaimana membuat judul artikel tentang pendidikan hingga bisnis yang menarik?

Cara Membuat Judul Artikel yang Menarik Pembaca

Apa yang membuat orang pertama kali tertarik membaca artikel? Apakah dari topik yang dibahas atau gambar yang dibubuhkan? Tentu pertama kali yang dibaca adalah judul. Pembaca akan melihat judul dulu sebelum masuk ke pembahasan artikel itu sendiri. Berikut rangkuman langkah membuat judul dan contohnya yang menarik:

1. Mulai dengan Draft Judul

Sebelum menulis artikel, edit dulu judulnya. Penting sekali agar artikel menarik dan tak meluas dan kehilangan fokus. Contoh,  kamu ingin menulis topik bisnis online. Maka, untuk judul yang mengarah ke topik tersebut dan bisa menjadi draft yaitu:

  • Panduan memulai bisnis online untuk pemula
  • Cara meningkatkan bisnis online
  • Ide bisnis online yang menjanjikan

Bisakah  kamu melihat perbedaannya dengan benar? Topik adalah hal yang dapat dibagi lagi menjadi beberapa artikel. Meskipun judul adalah referensi khusus untuk penulisan artikel. Namun, contoh-contoh tersebut tidak menarik bukan? Pada langkah selanjutnya, akan dijelaskan cara membuat headline yang menarik perhatian banyak orang.

2. Berikan Informasi yang Akurat

tips bikin judul artikel

 kamu sering menemukan judul clickbait di internet. Itu menyebalkan, bukan? Membuka artikel tersebut, ternyata isi artikel tidak sesuai dengan judulnya. Hal tersebut membuat pembaca malas untuk melanjutkan untuk membaca isi keseluruhan.

Contoh judul yang mengandung informasi:

Cara Mengganti Nama Database WordPress

Seperti judul dari artikelnya, topik yang dibahas adalah bagaimana mengganti nama database WordPress. Tidak ada pembahasan hal-hal lain yang tidak berkaitan dengan judul. Salah satu aturan terpenting saat membuat judul dari artikel yaitu menghargai pengalaman pembaca. Apabila terlalu banyak membuat ekspektasi dalam judul lalu tidak sesuai dengan isi artikel akan mengurangi kepercayaan pembaca.

3. Berikan Manfaat untuk Pembaca

contoh judul artikel

Saat membuat artikel, sebaiknya jangan hanya memperhatikan topik dan judul saja. Pembaca juga akan mencari manfaat atau solusi dari artikel yang  kamu tulis. Mengapa? Tentu saja pembaca tidak ingin artikel yang tak ada manfaatnya. Itu akan membuang waktu mereka.

Contoh judul yang memberi manfaat pembaca:

  • Berikut cara menonaktifkan Gutenberg dengan mudah
Cek Konten Lainnya:
Teknik SEO yang Efektif agar Cepat Terindex Google

Header di atas memberi pembaca cara mudah untuk menonaktifkan Gutenberg. Pembaca akan menemukan bahwa metode yang dijelaskan dalam artikel ini patut dicoba karena sederhana. Hal terpenting bagi pembaca yaitu  kamu bisa memberikan artikel yang bermanfaat sesuai dengan kebutuhan mereka. 

4. Poles dengan Kata Sifat dan Angka

contoh judul artikel

Bisakah  kamu membuatnya menarik dengan membuat judul yang memuat informasi yang tepat? Tentu saja bisa. Gunakan kata sifat yang mewakili artikel untuk membuat judul yang sesuai. Misalnya, “menjanjikan”, “terbaik”, “paling populer”, “terpercaya” dan kata sifat lain yang seharusnya menarik perhatian orang tetapi tetap mewakili objeknya. 

Kemudian, jika memungkinkan, tambahkan nomor pada judul kamu . Orang lebih tertarik pada artikel dengan template daftar karena mereka tahu berapa banyak poin tinggi yang didapat artikel tersebut.

Inilah contoh judul dengan pemakaian angka agar tampilan artikel lebih menarik:

  • 20+ situs terbaik untuk desain web
  • 50 template blog yang bagus untuk artikel dan SEO friendly

Dalam studi oleh Content Marketing Institute, judul yang dipakaikan angka di depannya memiliki performa 45 persen lebih baik dibanding artikel biasa. Oleh karena itu, membuat judul konten yang menarik merupakan cara yang efektif untuk mengoptimalkan SEO website kamu .

Baca juga: 10+ Cara Cepat Agar Web & Artikelmu Terindex Google

5. Buat Judul yang Singkat

Membuat headline untuk artikel blog itu sulit, sulit, mudah.  Kamu harus dapat meringkas seluruh artikel dalam beberapa kata. Judul untuk artikel yang terlalu panjang membingungkan calon pembaca. Pembaca potensial harus tahu persis apa yang mereka dapatkan dari membaca artikel. 

Judul untuk artikel yang pendek menunjukkan bahwa kamu bertekad tentang apa yang ingin disampaikan oleh pesan tersebut. Sesuaikan juga panjang judul dengan tujuan yang akan dicapai. Apabila tujuan agar artikel bisa berada di peringkat puncak mesin pencari, maka pastikan hanya memiliki 70 karakter sesuai aturan Google.

Untuk membantu kamu menentukan judul artikel yang dibuat, ada tools AI yang siap bantu kamu generate judul artikel yang oke. Tools AInya adalah Insta AI Content Generator dari Jagoan Hosting. 

ai content generator

Insta AI Content Generator ini tidak hanya bisa generate judul, tetapi bisa juga buat sub judul, pembuka penutup artikel, bahkan generate artikel jadi pun bisa

Kerennya juga AI ini tersedia di dalam mode post dari WordPress jadi sangat memudahkanmu mulai ideasi sampai publish artikel. Dapatkan Insta AI Content Generator ini di paket Pro AI di WordPress Hosting.

Menurut Hubspot, jika tujuan kamu adalah menyebarkan artikel secara luas di media sosial, panjang judul dari artikel yang efektif adalah 8-12 kata di Twitter dan 12-14 kata di Facebook. Berikut adalah contoh judul per topik yang singkat dan jelas:

  • Tidak mungkin menggunakan Winning wp-admin
  • Cara menonaktifkan komentar di WordPress

Judul tersebut sudah menjelaskan topik yang akan  kamu bahas tanpa perlu memakai banyak kata-kata terlalu panjang.

6. Buat Judul untuk Pembaca, Bukan Mesin Pencari

Kamu harus benar-benar berusaha mengoptimalkan judul sesuai dengan fokus kata kunci yang ditemukan melalui penelitian kata kunci. Namun, jika  kamu hanya mengikuti kata kunci fokus, artikel  kamu akan menjadi terlalu kaku bahkan terlihat aneh.

Tapi, ingatlah bahwa  kamu menulis judul untuk manusia, bukan mesin. Lebih baik letakkan kata kunci fokus di depan judul. Akan tetapi, jika tidak memungkinkan, jangan memaksakan diri untuk meletakkan kata di depan.

Baca juga: 30+ Topik, Tema & Judul Blog yang Menarik (Sering Dikunjungi)

7. Buatlah Judul Untuk Satu Target Pembaca

Poin ini sangat penting agar  kamu tahu untuk siapa artikel  kamu ditujukan. Apabila  kamu tahu cara menulis artikel,  kamu pasti tahu siapa target pembaca kamu . Cari tahu audiens target  kamu dan apa yang perlu dilakukan. Karena ada jutaan orang di dunia, ini tidak menjamin artikel akan memiliki banyak pemirsa. Dikarenakan tiap orang punya perbedaan kepentingan.

Cek Konten Lainnya:
11 Cara Mempromosikan Website agar Lebih Ramai Pengunjung

Karena itu,  kamu perlu menentukan siapa pembaca terbanyak. Sebab jika kita membuat judul yang tidak spesial hanya karena kita menargetkan banyak orang dari berbagai usia dan jenis kelamin, sebenarnya  kamu tidak menargetkan siapa pun.

Misalnya:

Jika  kamu sedang mencari artikel tentang daftar pelembab untuk kulit sensitif, judul mana yang akan  kamu pilih?

  • 7 Rekomendasi Pelembab Terbaik untuk Kulit Sensitif
  • 7 Rekomendasi Pelembab Terbaik untuk Semua Jenis Kulit
  • 7 Pilihan Pelembab Terbaik yang Wajib  kamu Coba

Logikanya,  kamu akan memilih poin pertama. Karena judulnya sangat menggambarkan apa yang  kamu inginkan. Poin kedua masih masuk akal, tapi tidak yakin apakah daftar pelembab cocok untuk kulit kamu , terutama poin ketiga.

Dengan membuat judul khusus untuk target pembaca, sangat mudah untuk melakukan penjualan. Kalau  kamu menulis judul seperti poin pertama,  kamu dapat mengatakan bahwa yang membacanya adalah orang-orang yang suka menggunakan pelembab tapi memiliki kulit yang sensitif. Jika menjadi afiliasi atau bekerja dengan pemilik merek skin,  kamu dapat menambahkan tautan ke item tersebut. Sehingga pembaca dapat membelinya secara bersamaan. 

8. Brainstorm dengan Orang Lain

Seperti yang disebutkan sebelumnya, tulislah judul untuk dibaca orang. Sebelum membuat judul, sebaiknya tunjukkan kepada teman, atau siapapun yang bisa  kamu mintai pendapat.

Apakah judul  kamu mudah dibaca? Apa yang hilang dari judul? Apa yang harus ditambahkan ke judul? Dapatkan pendapat dan komentar sebanyak mungkin untuk menyempurnakan tajuk utama  kamu dan mendapatkan lebih banyak perhatian orang.

Baca juga: 11+ Niche Blog Terbaik yang Ramai Visitor di 2023

9. Bangkitkan Perasaan Pembaca Melalui Judul 

Daya tarik judul salah satunya yakni bisa menggugah emosi pembaca. Buat pembaca tertarik dengan judul yang membangkitkan rasa ingin tahu, penasaran, terkejut, percaya, dll, yang berhubungan dengan emosi pembaca.

Berikut beberapa contoh judul  yang mempengaruhi emosi pembaca:

  • 9 Cara Melakukan Riset Kata Kunci yang Akurat untuk Blog dan Website
  • Lebih dari 50 Perintah Dasar Linux yang Perlu  kamu Ketahui

Dengan membaca judul tersebut, pembaca akan yakin dengan kalimat yang digunakan dengan kata ‘tepat’ atau ‘wajib’. Kata yang meyakinkn bagi pembaca membuat mereka penasaran dengan isi artikel.

10. Buat Pembaca Merasa Terlibat

Bagaimana? Mengajukan pertanyaan. Pembaca mulai membayangkan situasi dengan pertanyaan yang  kamu ajukan dengan judul. Contoh judul yang melibatkan pembaca:

  • Mengalami kesulitan membuat situs web? Ikuti 7 langkah mudah ini
  • Website  kamu Error 502 Bad Gateway? Lihat bagaimana  kamu bisa mengalahkannya

Jika melihat judul di atas, bagaimana menurut kamu ? Apakah menurut  kamu judul tersebut sesuai dengan pengalaman kamu ? Begitu pula dengan judul akan menarik minat pembaca karena sesuai dengan pengalaman dan membaca artikel yang  kamu tulis.

11. Letakkan Topik di Judul dengan Strategis

Letak topik yang  kamu cantumkan dalam judul juga penting untuk menarik minat pembaca. Kata-kata dekoratif biasanya ditambahkan pada subjek untuk membuat pembaca lebih tertarik atau penasaran untuk membaca artikel tersebut. Contoh judul yang memiliki topik strategis:

  • 6+ Tips Pemasaran Internet yang Dapat  kamu Ikuti Sesuai Anggaran

Pada contoh judul di atas, topiknya adalah 6+ Tips Pemasaran Online dan Kesalahan Umum. Topik artikel sebaiknya diletakkan sebelum atau sesudah judul, karena pembaca hanya akan fokus pada bagian tersebut sedangkan bagian tengah akan dibaca sebentar atau bahkan dilewati.

12. Berikan Kemudahan Bagi Pembaca

Tentunya jika seorang pembaca ingin menyempatkan waktu untuk membaca sebuah artikel, ia memiliki judul yang menarik. Misalnya membaca artikel “Cara Menghilangkan Malware di Website” berarti pembaca membutuhkan cara atau panduan untuk mengatasi masalah mereka. Artikel ini akan memudahkan pembaca untuk memecahkan masalah.

13. Gunakan Bahasa yang Mudah Dipahami

Cara selanjutnya yang bisa  kamu gunakan adalah menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan tetap logis. Logis di sini maksudnya kata-kata yang  kamu tulis sehubungan dengan judul dapat diterima oleh pembaca. Pemakaian bahasa yang logis dan konsisten bisa menghindari kesalahan interpretasi pembaca pada judul.

Cek Konten Lainnya:
Berniat Jadi Freelancer Online? Coba Cek 7 Website Ini

Inilah contoh judul yang menarik dengan pemakaian bahasa logis dan mudah dipahami sehingga menarik minat pembaca.

  • Tips Memilih Serum Wajah untuk Kulit Sensitif
  • Cara Membuat Sate Bandeng yang Mudah
  • Macam-macam Make up Menurut Fungsinya

Judul tersebut akan membantu  kamu lebih memahami cara menulis artikel yang logis dan mudah dipahami pembaca.

14. Letakkan Keyword pada Posisi Strategis

Kata kunci sangat familiar bagi  kamu yang berkecimpung di dunia SEO (Search Engine Optimization). Kalau  kamu perlu memasukkan kata kunci dalam judul. Ada baiknya jika  kamu menempatkan kata kunci tersebut di bagian judul yang strategis. Saat membuat judul yang menyertakan kata kunci, bagian awal dan akhir judul merupakan tempat yang strategis untuk membuat judul. 

Namun, jika hal ini cukup sulit diterapkan karena tidak semua kata kunci diletakkan di awal atau akhir, tidak masalah. Jika  kamu meletakkan kata kunci di tengah,  kamu harus membentuk kata yang menarik di awal judul, agar minat pembaca tidak menyimpang dari judul yang diajukan. Misalnya, kata kunci seperti “Makanan Korea” muncul di bagian ini. Berikut adalah contoh penggunaan kata kunci tersebut.

Dijamin bikin ketagihan, makanan Korea yang satu ini enak banget!

  • 15 Makanan Korea Favorit yang Wajib Kamu Coba
  • Seberapa tajam? Datang dan Coba Makanan Korea Ini!

Saat menulis artikel menggunakan jenis SEO ini, kata kunci  kamu harus jelas dan sedekat mungkin dengan kata kunci target. 

15. Tampilkan Masalah pada Judul

Seringkali banyak calon pembaca yang peduli atau tertarik dengan topik tertentu. Tak ada salahnya menampilkan masalah atau kekhawatiran pembaca di judul. Misalnya beberapa judul ini akan menimbulkan masalah tapi tetap menarik minat pembaca. 

  • 5 Kesalahan Fatal yang Dilakukan Oleh Investor Saham Pemula
  • Tips Make Up Anti Crack
  • 8 Penyebab Sulit Tidur di Malam Hari

16. Penulisan PUEBI Yang Benar

Untuk membuat judul untuk artikel yang perlu  kamu perhatikan nantinya,  kamu harus mengikuti aturan PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia) untuk penulisan. Secara sederhana, PUEBI adalah seperangkat tindakan yang mengatur penulisan dengan menggunakan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Oleh karena itu, perlu gunakan kalimat dan struktur penulisan yang tepat agar headline yang  kamu tulis menjadi lebih menarik.  kamu juga harus memastikan bahwa judul yang ditulis tidak mengandung kesalahan ketik atau tipografi. Kesalahan ketik serta t kamu baca yang kurang tepat membuat judul untuk artikel kurang bagus di mata pembaca. Contoh judul yang memperhatikan kaidah PUEBI.

  • Manfaat Kulit Manggis untuk Diabetes
  • Cara Membuat Gochujang Saus Korea Paling Enak
  • Tips Membuat Kandang ng Kelinci untuk Taman Belakang

Tentu karena PUEBI merupakan kumpulan aturan ejaan bahasa Indonesia yang baik dan benar, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Mulai dari penggunaan huruf kapital yang tepat, penggunaan huruf miring, penggunaan kata serapan yang tepat, bahkan kata sambung yang perlu diperhatikan.  

Kesimpulan

Judul  kamu menjadi hal pertama yang dilihat calon pembaca sebelum membaca artikel.  kamu perlu menarik perhatian calon pembaca sebelum mereka membaca artikel dengan headline. Judul harus singkat dan jelas, memberikan informasi yang akurat dan relevan dengan isi artikel. 

Hindari headline klise yang menyesatkan pembaca. Judul yang clickbait mungkin langsung menarik perhatian pembaca, tapi tidak akan bertahan lama. Bahkan situs  kamu bisa dilabeli disinformasi karena menggunakan judul clickbait. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
template blogger gratis
Read More
36+ Template Blogger Gratis, Premium dan Responsive
Bagi kamu yang ingin membuat blog dengan tampilan profesional tanpa mengeluarkan banyak uang, ada banyak template blogger yang…
Read More
7 Plugin SEO WordPress Terbaik Untuk Rangking Websitemu!
7 Plugin SEO WordPress Terbaik Untuk Rangking Websitemu! – JagoanHosting.com. Website menjadi salah satu hal penting bagi para…