Seperti namanya, shared hosting adalah jenis web hosting yang servernya dapat digunakan bersamaan dengan beberapa akun. 

Bagi para pemula, jenis web hosting ini sering dijadikan pilihan karena penggunaannya yang mudah dan cenderung murah.

Nah, jika tertarik untuk menggunakan shared hosting untuk website kalian, yuk kenali kelebihan, kekurangan serta cara kerjanya di sini, Sob!

Apa itu Shared Hosting?

Shared hosting adalah sebuah layanan yang cukup populer di kalangan pengguna.

Pengertian shared hosting adalah sebuah jenis web hosting yang servernya digunakan secara bersama dengan pengguna website lain.

Yup, shared hosting adalah jenis hosting yang menawarkan penggunaan resource secara bersama-sama, mulai dari storage, bandwidth, database, serta daya komputasi. 

Shared hosting adalah jenis hosting yang pengelolaan dan konfigurasi servernya dilakukan oleh penyedia layanan. Nah, itulah mengapa layanan jenis hosting ini cocok untuk pengguna awam. 

Biasanya, shared hosting digunakan untuk membuat website dengan kapasitas minim. Jadi bagi para pemilik usaha yang masih pemula, tentu akan diuntungkan dengan adanya layanan shared hosting ini.

Meskipun berbagi dengan user lain, di sini, para pengguna shared hosting hanya bertanggung jawab untuk mengolah dan mengoperasikan laman website mereka secara mandiri. 

Kendati demikian, layanan penyedia hosting berkewajiban untuk memelihara sekaligus menjaga stabilitas serta keamanan server.

Sampai di sini, dapat disimpulkan bahwa shared hosting adalah layanan menarik dan bisa jadi pilihan yang sangat tepat, karena harganya relatif lebih terjangkau apabila dibandingkan dengan jenis hosting lainnya.

Baca juga: Perbedaan Domain dan Hosting serta Fungsinya pada Website

Kelebihan Shared Hosting

Setelah mengetahui pengertian shared hosting, selanjutnya kita akan membahas seputar beberapa kelebihannya.

Yup, seperti penjelasan di atas, shared hosting adalah layanan yang cocok untuk pengguna awam.

Ternyata tak hanya itu, ada beberapa kelebihan shared hosting lainnya yang dapat kamu peroleh ketika menggunakanya, yaitu:

1. Beginner Friendly

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kelebihan shared hosting adalah ramah dengan pengguna awam.

Maka dari itu, shared hosting adalah layanan yang tepat untuk blog dan website sederhana. 

Shared hosting ini juga cocok untuk para pemilik usaha kecil hingga menengah yang baru akan menjadikan website sebagai salah satu jalur kunci komunikasi bisnis dan brand

2. Praktis Digunakan

Nah selain beginner friendly, shared hosting adalah layanan yang cukup praktis digunakan lho, Sob.

Dengan shared hosting, kamu tidak harus memikirkan mengenai berbagai permasalahan server yang terkesan rumit dan membuang banyak waktu maupun tenagamu.

Alhasil, kamu pun bisa lebih berfokus untuk mengurus hal lain yang sehubungan dengan pengembangan bisnismu.

3. Ada Akses ke Control Panel

Kelebihan shared hosting selanjutnya adalah adanya akses ke control panel bagi para penggunanya.

Nah melalui control panel, kamu dapat melakukan berbagai macam hal seperti pengembangan website, desain, hingga pengelolaan konten.

Selain itu, kamu pun dapat mengelola halaman website tanpa harus memiliki pengetahuan ataupun skill khusus, lho.

4. Harga Terjangkau

Last but not least, kelebihan shared hosting berikutnya yaitu harganya yang relatif terjangkau.

Itulah sebabnya, shared hosting adalah layanan yang direkomendasikan bagi para web developer pemula karena dapat meminimalisir risiko kerugian di awal, Sob.

Baca juga: 15 Cara Meningkatkan Keamanan Website, Wajib Tahu!

Kekurangan Shared Hosting

Nah di samping beberapa kelebihannya, sebagai sebuah sistem, tentu ada sejumlah kekurangan shared hosting yang dapat kamu pertimbangkan kembali sebelum menggunakannya.

Adapun beberapa kekurangan shared hosting adalah sebagai berikut.

1. Keamanan Server yang Kurang Terjamin

Pertama, kekurangan shared hosting adalah keamanan servernya yang kurang terjamin.

Hal ini mungkin terjadi karena server dari shared hosting digunakan secara bersama-sama. Alhasil, keamanan dan stabilitas sebuah website pun jadi kurang terjamin.

Selain itu, penyalahgunaan akses terhadap fitur lain mungkin saja dapat kamu alami.

Dalam jangka panjang, hal ini bisa memengaruhi kualitas server, hingga membuka celah keamanan yang sudah kamu pasang, Sob.

2. Kontrol Terbatas

Kekurangan shared hosting selanjutnya adalah kontrol yang terbatas. Hal ini diakibatkan karena shared hosting mengizinkan dua pengguna sekaligus, yaitu penyedia layanan dan pengelola untuk mengoperasikan suatu server secara bersamaan.

Alhasil, kontrol langsung ke server pun menjadi terbatas. Hal ini berbeda dengan dedicated hosting yang memberikan izin kepada pengelola website untuk dapat mengelola data sekaligus mengontrol server secara bebas.

3. Kurang Fleksibel

Kekurangan shared hosting yang terakhir adalah kurang fleksibel. Yup, ketika traffic website sudah tinggi, tentu kamu memerlukan pemakaian server yang lebih besar, bukan?

Nah sayangnya, shared hosting tidak memiliki pilihan upgrade CPU sekaligus RAM, dan hanya menyediakan upgrade storage serta fitur tambahan.

Baca juga: Inilah 7 Cara Memilih Hosting yang Tepat dan Berkualitas!

Cara Kerja Shared Hosting

Sampai di sini, mungkin kamu bertanya-tanya, bagaimana cara kerja shared hosting itu sendiri?

Sehubungan dengan ini, coba analogikan layanan shared hosting ini dengan menyewa kamar di sebuah hotel.

Sebut saja, hotel itu adalah server yang menyimpan data website. Maka, di hotel tersebut, para penghuni bisa menggunakan fasilitas yang disediakan, seperti lift, parkir, hingga kolam renang.

Namun pastinya, fasilitas tersebut sifatnya berbagi pakai dengan penghuni hotel lainnya. Nah ketika ada yang menggunakan suatu fasilitas secara berlebihan, maka akan memengaruhi penghuni hotel lainnya.

Oleh karena itu, diperlukan sebuah peraturan khusus yang dapat mengatur seluruh pengelolaan hotel, Sob.

Nah, itulah penjelasan tentang pengertian, cara kerja, serta kelebihan dan kekurangan shared hosting.

Dari uraian di atas dapat diketahui bahwa shared hosting adalah web hosting favorit bagi pemula karena kemudahan yang ditawarkan. 

Meskipun cukup murah, namun jenis web hosting ini sudah cukup mumpuni untuk membangun berbagai jenis website dengan traffic kecil hingga sedang.

Jadi, jika Sob memiliki blog pribadi atau toko online yang baru dibangun, tidak ada salahnya untuk menggunakan shared hosting.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang website, silakan berkunjung ke artikel lain di blog Jagoan Hosting, ya! Semoga informasi ini bermanfaat!

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like