Hosting Moodle Siap Pakai untuk Ujian Online Sekolah

hosting moodle

Istilah e-learning kini sudah sangat akrab di telinga masyarakat, terutama dengan makin meningkatnya penggunaan media belajar berbasis internet. Nah, hosting Moodle merupakan sistem yang menunjang kebutuhan tersebut.

Moodle menyediakan berbagai fitur yang memudahkan pembelajaran secara daring. Inilah yang membuat banyak perguruan tinggi dan sekolah menengah banyak yang menggunakan Moodle.

Bagi kamu yang tertarik menggunakannya, kini sudah tersedia paket hosting yang khusus untuk sekolah dengan berbasis Moodle. Yuk, Sob kita cek info lengkapnya.

Mengenal Hosting Moodle

Moodle (Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment) merupakan platform yang dirancang untuk manajemen pembelajaran online.

Moodle termasuk LMS (learning management system) yang bersifat open source, sehingga memungkinkan pengguna untuk melakukan berbagai modifikasi dengan leluasa.

Saat ini, Moodle dikelola oleh Moodle Pty Ltd, sementara pengembangnya adalah OSLF (Open Source Learning Foundation).

Untuk memudahkan pengguna platform, Moodle menyediakan berbagai fitur yang mendukung proses belajar mengajar. Bukan itu saja, Moodle juga user friendly, sehingga para siswa dan guru dapat menggunakan tanpa kesulitan.

Moodle dapat kamu akses melalui web browser. Sementara itu, aktivitas yang dapat dilakukan pada platform ini meliputi diskusi forum, pemberian materi, tanya jawab, dan evaluasi atau ujian.

Sementara itu, pengertian hosting Moodle yaitu layanan hosting yang mendukung untuk menjalankan situs Moodle dengan performa terbaik.

Keunggulan Moodle

moodle

Moodle disebut-sebut sebagai LMS terbaik untuk kebutuhan belajar mengajar. Hal ini berkat berbagai keunggulan yang Moodle miliki, seperti:

Cek Konten Lainnya:
Tutorial Hosting: Begini Cara Changing Exim's Sending IP

1. Interface Modern dan User Friendly

Moodle memiliki interface (tampilan) yang intuitif dan memudahkan penggunaan. Sehingga siswa maupun guru dapat menggunakan berbagai fitur yang tersedia tanpa kesulitan.

2. Bisa Kustomisasi Desain dan Layout

Keunggulan berikutnya yaitu adanya opsi kustomisasi desain dan layout website. Opsi ini memungkinkan kamu untuk menambahkan nama, logo, warna, dan menentukan tata letak.

Biasanya, administrator yang akan menggunakan opsi ini untuk menerapkan tema yang sesuai bagi sekolah.

3. Aktivitas dan Tools Kolaboratif

Tersedianya berbagai aktivitas dan tools kolaboratif dalam Moodle membuat ketertarikan pengguna tetap tinggi. Dengan adanya banyak tools dan aktivitas, maka pengguna dapat mengadakan sesi belajar yang interaktif.

4. Integrasi Multimedia

Salah satu keunggulan utama Moodle yaitu integrasi multimedia. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengelola dan mengirimkan konten multimedia dengan mudah melalui Moodle.

Jadi, guru dapat menambahkan file audio dan video untuk membuat kelas daring makin menarik.

5. Mendukung Open Standard

Platform yang mendukung open standar dapat berkomunikasi dengan sistem lain dengan mudah. Sehingga pengguna dapat melakukan import maupun export berbagai data dalam website, misalnya tugas dan materi pelajaran.

Hosting LMS Moodle

Meskipun menawarkan banyak kemudahan bagi kegiatan belajar mengajar secara daring, penggunaan Moodle berisiko menyebabkan masalah performa.

Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya, termasuk menyesuaikan pengaturan untuk speed up platform.

Namun, cara paling idealnya adalah menggunakan hosting yang cocok untuk Moodle.

Solusi yang cukup ribet, ya, Sob. Pasalnya, kamu musti mencermati spesifikasi lengkap layanan hosting untuk mendapatkan infrastruktur yang sesuai.

Kabar baiknya, Jagoan Hosting menyediakan Moodle hosting Indonesia yang siap pakai. Jadi, kamu tidak perlu bingung sendiri mencari layanan hosting yang sesuai.

Hosting Moodle Murah

hosting moodle

Paket hostblend ujian online dari Jagoan Hosting menawarkan solusi praktis dan efisien untuk membuat website ujian online.

Cek Konten Lainnya:
Inilah 5 Game Android Yang Menghasilkan Uang, Paling Populer di Tahun 2020

Website ini berbasis Moodle yang memberikan performa stabil, sehingga memungkinkan pelaksanaan ujian berlangsung lancar.

Paket ujian online dari Jagoan Hosting memungkinkan pelaksanaan ujian dengan jumlah maksimal peserta mencapai 500 orang per sesi.

Harga paket ini juga terjangkau. Kamu hanya perlu membayar Rp460.000 per bulan untuk mendapatkan paket hosting Moodle dengan performa terbaik.

Harga tersebut sudah termasuk hosting dengan spesifikasi sebagai berikut:

  • Storage: 120 GB
  • CPU: 9 Core
  • Bandwidth: Unmetered
  • RAM: 12 GB
  • Auto Installed Moodle
website ujian online moodle

Jagoan Hosting juga menyediakan berbagai fitur canggih untuk mendukung pelaksanaan ujian online secara efektif dan mudah. Berikut fitur-fitur yang tersedia:

1. Kapasitas Lega

Dengan kapasitas maksimal 500 peserta dalam tiap sesi, maka ujian online dapat menampung lebih banyak siswa dalam sekali waktu.

Hal ini memungkinkan pelaksanaan ujian menjadi lebih efisien. Kamu bisa mengadakan ujian online untuk semua siswa sekaligus, sehingga lebih hemat waktu daripada ujian biasa.

2. Load Time Super Cepat

Perpaduan dari kinerja spesifikasi hardware terbaik dan object cache Redis yang mampu mempercepat load time website ujian dengan praktis.

Jadi, ujian dapat berjalan dengan lancar dan mulus tanpa terkendala waktu untuk memuat konten web.

Waktu loading yang lama dari website ujian sering kali mengharuskan peserta menunggu, sehingga dapat mengganggu konsentrasi dalam mengerjakan ujian.

3. Server Anti Down

Tidak perlu ragu mengadakan ujian online dengan banyak peserta. Pasalnya, layanan ini menggunakan sistem VM dan perlindungan Stormwall untuk pengelolaan server.

Sehingga menghasilkan performa website yang stabil selama ujian online tanpa mengalami down.

4. Performa Ujian yang Optimal

Paket Moodle LMS hosting ini juga sudah termasuk website ujian online berbasis optimized Moodle. Nah, Moodle yang telah teroptimasi ini memiliki deretan fitur unggulan yang memudahkan kegiatan belajar dan pelaksanaan ujian online, seperti:

  • Pusat Pembelajaran Serba Bisa
Cek Konten Lainnya:
Kenali 7 Manfaat Digitalisasi Kampus untuk Pendidikan

Moodle dirancang khusus untuk kebutuhan belajar mengajar, sehingga platform ini memungkinkan semua aktivitas belajar dapat dilakukan. Mulai dari tanya jawab, diskusi, hingga evaluasi.

  • Sistem Keamanan

Satu lagi fitur menarik dari optimized Moodle, yaitu sistem keamanan yang dapat mencegah peserta ujian untuk mencontek.

Alasan Memilih Jagoan Hosting

support hosting

Supaya tambah yakin, mari simak berbagai keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari layanan Jagoan Hosting:

1. ISO Certified

Layanan dan keamanan dari Jagoan Hosting sudah mendapatkan sertifikasi ISO. Tahu, kan, apa itu ISO?

Kepanjangannya adalah International Organization for Standardization. Artinya, sertifikat bagi organisasi yang telah memenuhi standar internasional.

2. Tervalidasi oleh MANRS

Routing Jagoan Hosting telah memiliki jaminan aman dari MANRS. Sehingga tidak perlu lagi mengkhawatirkan keamanan jaringan.

3. Kredibilitas Terbukti

Jagoan Hosting telah lebih dari 17 tahun menjadi penyedia layanan kepercayaan lebih dari 160.000 pengguna.

4. Online Support 24/7

Jagoan Hosting memiliki tim support yang dapat kamu hubungi kapan saja selama 24 jam. Jadi, kamu bisa langsung berdiskusi dengan ahlinya saat mengalami kendala.

5. Murah

Tarif biaya layanan Jagoan Hosting terbilang ramah untuk kantong. Layanan hosting dibanderol mulai dari Rp15.000 saja per bulannya. Selain itu, ada banyak pilihan paket yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan.

Salah satunya yaitu Paket Ujian Online Berbasis Web. Di mana lagi coba kamu bisa mendapatkan hosting gratis Moodle yang sudah siap pakai?

Nah, itu dia, Sob, pengenalan tentang hosting Moodle dan rekomendasi paket terbaik untuk kebutuhan ujian online dari Jagoan Hosting. Kamu bisa segera dapatkan paket ini dari website Jagoan Hosting.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
ftp adalah
Read More
Apa itu FTP? Pengertian, Fungsi Cara Kerja & Menggunakan
Apa itu FTP? Kepanjangan dari FTP adalah File Transfer Protocol atau suatu protokol yang memungkinkan terjadinya pertukaran informasi…
perintah cmd
Read More
10 Perintah CMD beserta Fungsinya yang Harus Diketahui!
Menggunakan perintah CMD dalam Command Prompt terkesan belum begitu familiar untuk beberapa orang.  Hal ini disebabkan karena sistem…