Apa itu Server? Fungsi, Jenis & Cara Memilihnya

server adalah
Photo by Brett Sayles from Pexels

Server adalah salah satu rangkaian perangkat penting di dalam sebuah jaringan. Secara umum, kegunaan server dalam jaringan komputer adalah mengelola dan melayani permintaan klien atau pengguna. Tak hanya itu, ada beberapa fungsi dan jenis server lain yang perlu kamu kenali. Yuk intip penjelasannya di sini.

Apa itu Server? 

server adalah
Photo by Brett Sayles from Pexels

Sob, selama ini kamu selalu menggunakan perangkat keras seperti handphone, komputer, dan lainnya. Namun apakah kamu tahu mengenai server? Meski sudah sering mendengar istilah server, tapi mungkin beberapa di antara kalian masih ada yang belum paham betul dengan apa itu server.  

Server adalah suatu sistem komputer yang memiliki layanan khusus berupa penyimpan data atau dalam bahasa Indonesia disebut sebagai peladen. Data yang disimpan dalam server berupa informasi dan beragam dokumen kompleks. Layanan khusus pada server ditujukan bagi client dengan kebutuhan menyediakan informasi untuk user atau pengunjungnya. 

Peran penting server adalah menyediakan layanan akses lebih cepat, baik untuk mengirim maupun menerima data dan informasi yang tersedia di dalamnya. Bentuk server adalah berupa jaringan komputer dengan ukuran sangat besar dan beberapa komponen pendukung prosesor dan RAM yang memiliki kapasitas besar. 

Fungsi Server

fungsi server

Server adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan layanan dan berfungsi untuk menyimpan, mengelola, dan menyampaikan data atau informasi kepada klien atau pengguna lain melalui jaringan komputer. Berikut adalah beberapa fungsi utama dari sebuah server:

Penyimpanan Data

Server berfungsi untuk menyimpan data dan file yang dapat diakses oleh pengguna yang terhubung ke jaringan. Server biasanya memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih besar daripada komputer biasa dan dapat digunakan untuk menyimpan data penting atau informasi yang diperlukan dalam bisnis.

Pemrosesan Data

Server juga dapat digunakan untuk pemrosesan data seperti pengolahan transaksi, analisis data, dan komputasi terdistribusi. Dalam hal ini, server digunakan sebagai mesin penghitung yang kuat dan terpusat yang dapat memproses data dengan cepat dan efisien.

Menyediakan Layanan

Server juga dapat berfungsi sebagai penyedia layanan seperti email, web hosting, dan aplikasi bisnis. Server dapat diprogram untuk menjalankan aplikasi khusus yang dapat diakses oleh pengguna melalui jaringan. Layanan ini biasanya dikelola dan diatur oleh administrator server.

Cek Konten Lainnya:
4 Faktor Utama yang Membuat Calon Pelanggan Bisnis Online Membeli Produk Anda Tanpa Mikir Lama

Pengelolaan Jaringan

Server berfungsi sebagai pengelola jaringan yang mengontrol akses pengguna dan memantau aktivitas jaringan. Server juga dapat digunakan untuk menjalankan perangkat lunak keamanan dan sistem backup yang dapat memastikan keamanan dan keandalan jaringan.

Berbagi Sumber Daya

Server juga dapat digunakan untuk berbagi sumber daya seperti printer, scanner, dan perangkat penyimpanan. Dalam hal ini, pengguna dapat mengakses dan menggunakan sumber daya ini melalui jaringan tanpa harus membeli perangkat tersebut untuk setiap pengguna secara individual.

Secara umum, fungsi server adalah untuk menyediakan dan mengelola sumber daya yang dibutuhkan oleh pengguna atau klien melalui jaringan komputer. Server memungkinkan pengguna untuk mengakses informasi dan layanan yang terpusat dan dapat diakses dari mana saja dan kapan saja.

Jenis Server

jenis server

Fungsi server secara umum sudah dijelaskan pada poin diatas. Selanjutnya Jagoan Hosting akan membahas mengenai jenis-jenis server beserta dengan fungsinya. Diantaranya:

1. Web Server

Jenis server yang pertama ada web server, yaitu sebuah jaringan komputer khusus yang melayani permintaan HTTP dan HTTPS. Cara kerjanya, web server menerima kode sedemikian rupa dari browser dan mengirimkannya kembali dalam bentuk halaman web. Di mana halaman web tersebut dikirim oleh web server dalam bentuk dokumen HTML dan CSS, lalu diproses oleh browser menjadi halaman yang menarik dan mudah dibaca. 

Sedangkan fungsi web server adalah untuk mengirim informasi yang diminta oleh user sebelumnya melalui browser dengan protokol khusus, sehingga user dapat mengaksesnya berupa halaman yang menampilkan teks, gambar, video, dan sebagainya.

Dedicated Hosting

2. Mail Server

Server ini melayani user dalam bertukar pesan ke sesama user secara elektronik. Mail server dibagi menjadi dua kategori yaitu mail server masuk dan mail server keluar. Mail server masuk terdiri atas POP3 (Post Office Protocol 3rd Version) dan IMAP (Internet Message Access Protocol). POP3 yaitu protokol pesan elektronik yang menyimpan pesan masuk dan keluar pada PC Local Hard Drive, sedangkan IMAP berguna untuk menyimpan salinan pesan masuk dan keluar ke dalam Mail Server. 

Umumnya, mail server berfungsi untuk bertukar pesan ke sesama user dengan beberapa langkah protokol mail dan file yang terdukung sesuai client web yang digunakan. 

Baca juga: Pengertian Gateway, Fungsi, dan Cara Kerjanya pada Jaringan

3. Fax Server

Fax server adalah sistem pada server LAN yang memungkinkan beberapa pengguna komputer yang terhubung dengan LAN menerima atau mengirim sebuah pesan Fax. Biasanya Fax server dibutuhkan oleh suatu perusahaan yang telah terpasang ke jaringan Network. Manfaat fax server lainnya antara lain:

  1. Biaya operasional lebih murah karena tidak perlu adanya kertas fax, sehingga hanya mencetak apa yang dibutuhkan saja.
  2. Cetakan fax konvensional mudah luntur dibandingkan fax server.

4. Game Server

Server ini ditujukkan bagi si gamers untuk memberikan sensasi bermain yang lebih baik. Game server ini terdiri atas 2 kategori yaitu eksternal dan internal. Kategori yang pertama, game server eksternal yaitu penyimpanan data game yang disediakan langsung oleh developer game. Sedangkan untuk game server internal adalah penyimpanan sendiri melalui perangkat user. Contoh game server yang bisa digunakan adalah steam. 

Cek Konten Lainnya:
Digitalisasi Kesehatan, Peluang yang Nggak Pernah Terbayangkan!

5. Proxy Server

Proxy server adalah jaringan komputer yang perannya sangat positif bagi user. Proxy server ini berperan sebagai perantara antara pengguna dengan web server. Nah, setiap user yang mengakses jaringan internet tersebut akan melewati proxy server terlebih dahulu sebelum dilanjutkan ke web server. 

Baca juga: 21 Web Proxy Gratis Terbaik 2022, Aman & Paling Canggih!

6. DNS Server

DNS atau Domain Name System adalah sebuah sistem yang bertugas untuk menyimpan semua informasi data domain dalam jaringan, fungsinya yaitu sebagai database server yang menyimpan alamat IP untuk sebuah Hostname. 

7. Streaming Media Server

Streaming media server ini berguna menyediakan layanan untuk dapat memutar video secara langsung di situs website seperti Netflix, Viu, YouTube, dan sebagainya. Adanya server streaming media ini, kamu bisa menikmati siaran berukuran besar tanpa perlu repot-repot mengunduh. 

8. Database Server

Data server adalah jaringan komputer yang memberikan layanan berupa pengelolaan basis data dan juga menerima permintaan client untuk mengakses basis data pada server. Server ini terdiri atas 4 jenis, yaitu, relation database, object database flat file database, dan relational object database. 

Fungsi database server adalah untuk memberikan user layanan big data yang teratur sehingga memudahkannya melakukan pencarian. 

Baca juga: 12 Jenis-Jenis Database, Pengertian, Contoh & Penjelasannya

9. FTP Server

File transfer protocol atau FTP adalah sebuah protokol internet yang memberikan akses data server pada satu jaringan, sehingga client dapat meminta akses tukar menukar file melalui server. Fungsi utamanya adalah untuk memberikan pelayanan kepada client dan pengunjung untuk mengakses transfer data yang tersimpan dalam server.

Baca juga: Apa itu IP Address? Pengertian, Fungsi dan Jenis-Jenisnya

Manfaat Server

Server memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga kelancaran operasi bisnis online. Berikut adalah manfaat atau pentingnya menggunakan server buat bisnis online:

1. Membantu Menjaga Keamanan Data

Keamanan data sangat penting bagi bisnis online. Tanpa server,  akan sulit untuk menjaga keamanan data. Server membantu untuk mengamankan data  dengan cara menyimpannya di lokasi yang terlindungi dan memiliki sistem keamanan yang canggih. Dengan demikian, dapat dengan tenang menjalankan bisnis online  tanpa khawatir data diretas oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

2. Mempercepat Kinerja Website

Server memiliki kecepatan transfer data yang jauh lebih cepat daripada komputer biasa. Dalam bisnis online, waktu sangat berharga. Semakin cepat situs web dimuat, semakin baik pengalaman pengguna. Pengalaman pengguna yang baik dapat meningkatkan kepercayaan dan minat pelanggan terhadap bisnis. Oleh karena itu, memiliki server yang dapat mempercepat kinerja situs web sangatlah penting.

3. Menyediakan Kapasitas Penyimpanan yang Besar

Bisnis online yang sukses memerlukan kapasitas penyimpanan yang besar untuk menyimpan berbagai jenis data, mulai dari catatan transaksi hingga arsip produk. Server memiliki kapasitas penyimpanan yang jauh lebih besar daripada komputer biasa. Dengan adanya server,  dapat menyimpan semua data bisnis  secara teratur dan terorganisir, sehingga mudah untuk diakses dan dikelola.

Cek Konten Lainnya:
10+ Dampak Positif & Negatif Internet yang Wajib Anda Ketahui

4. Memudahkan Akses Data dari Jarak Jauh

Dalam bisnis online, sering kali terdapat kebutuhan untuk mengakses data dari lokasi yang jauh. Server memungkinkan akses data dari lokasi yang jauh dengan cepat dan mudah.  Dapat mengakses data bisnis dari mana saja dan kapan saja, asalkan terhubung dengan internet.

5. Meningkatkan Kestabilan Website

Server dapat meningkatkan kestabilan situs web . Dalam bisnis online, situs web yang down dapat menyebabkan kehilangan pelanggan dan pendapatan. Dengan adanya server, situs web  akan lebih stabil dan dapat menangani jumlah trafik yang lebih besar. Dengan demikian,  dapat memastikan situs web  tetap online dan berjalan dengan baik.

6. Memudahkan Skalabilitas Bisnis 

Server memungkinkan bisnis  untuk berkembang dan berkembang. Dengan adanya server,  dapat dengan mudah menambahkan sumber daya yang dibutuhkan, seperti kapasitas penyimpanan dan kecepatan prosesor. Hal ini memudahkan bisnis  untuk berkembang seiring dengan permintaan dan pertumbuhan bisnis.

Cara Memilih Server yang Tepat

server adalah
Photo by Brett Sayles from Pexels

Berikut adalah beberapa tips memilih server yang tepat:

Cek Kualitas Performanya

Yang pertama harus diperhatikan sebelum memilih server adalah perlu mengetahui kualitas suatu layanan server terlebih dahulu. Kamu harus memperhatikan spesifikasi server yang terletak di data center penyedia layanan, seperti:

  • Teknologi yang digunakan
  • Kecepatan prosessor
  • Harddisk
  • Kapasitas RAM
  • Kecepatan jaringan

Memastikan Harganya Tidak Menguras Kantong

Selanjutnya pastikan bahwa server yang akan kamu jadikan langganan tidak menguras kantong. Di Jagoan Hosting kamu bisa berlangganan paket server murah mulai dari harga Rp80.000 per bulan, yaitu paket X0. 

Perhatikan Fitur Tambahan yang Ditawarkan

Selain fitur utama dari server itu sendiri, kamu perlu mempertimbangkan fitur tambahan yang ditawarkan oleh penyedia layanan server. Jagoan Hosting menyediakan server VPS dengan fitur tambahan seperti control button, firewall manager, built in anti DDOS, dan secure access sharing. Untuk mendapatkan fitur-fitur tersebut, kamu bisa mengeceknya dan berlangganan paketnya di VPS Indonesia Murah, Sob!

Cek Review Pelanggan

Hal ini bukan termasuk ke dalam hal teknis namun penting menjadi pertimbangan. Sebelum memutuskan ingin berlangganan server, sebaiknya pertimbangkan juga pendapat orang lain. Mulai dari blog hingga forum, kamu bisa menelusurinya guna mendapat ulasan mengenai penyedia layanan server. 

Itulah penjelasan mengenai apa itu server hingga jenis-jenisnya. Sebagai pemilik website, tentu kamu harus bijak dalam memilih server yang sesuai, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Read More
Beginilah Cara Melakukan Remote Database dengan HeidiSQL
Tahukah Anda? Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk melakukan remote database di server. Selain akses melalui…
chatgpt ai untuk SEO
Read More
ChatGPT untuk SEO: 17+ Cara Memanfaatkannya
Saat ini teknologi semakin berkembang pesat dimana di era ini istilah AI atau Artificial Intelligence sudah tidak asing…