Server adalah salah satu rangkaian perangkat penting di dalam sebuah jaringan. Secara umum, kegunaan server dalam jaringan komputer adalah mengelola dan melayani permintaan klien atau pengguna. Tak hanya itu, ada beberapa fungsi dan jenis server lain yang perlu kamu kenali. Yuk intip penjelasannya di sini.

Apa itu Server? 

server adalah
Photo by Brett Sayles from Pexels

Sob, selama ini kamu selalu menggunakan perangkat keras seperti handphone, komputer, dan lainnya. Namun apakah kamu tahu mengenai server? Meski sudah sering mendengar istilah server, tapi mungkin beberapa di antara kalian masih ada yang belum paham betul dengan apa itu server.  

Server adalah suatu sistem komputer yang memiliki layanan khusus berupa penyimpan data atau dalam bahasa Indonesia disebut sebagai peladen. Data yang disimpan dalam server berupa informasi dan beragam dokumen kompleks. Layanan khusus pada server ditujukan bagi client dengan kebutuhan menyediakan informasi untuk user atau pengunjungnya. 

Peran penting server adalah menyediakan layanan akses lebih cepat, baik untuk mengirim maupun menerima data dan informasi yang tersedia di dalamnya. Bentuk server adalah berupa jaringan komputer dengan ukuran sangat besar dan beberapa komponen pendukung prosesor dan RAM yang memiliki kapasitas besar. 

Fungsi Server

Secara umum fungsi utama komputer server adalah untuk melayani dan bertanggung jawab penuh terhadap permintaan data dari komputer milik client. Berperan juga sebagai pengatur hak akses ke dalam jaringan yang bisa digunakan oleh komputer client. 

Jenis Server

Fungsi server secara umum sudah dijelaskan pada poin diatas. Selanjutnya Jagoan Hosting akan membahas mengenai jenis-jenis server beserta dengan fungsinya. Diantaranya:

1. Web Server

Jenis server yang pertama ada web server, yaitu sebuah jaringan komputer khusus yang melayani permintaan HTTP dan HTTPS. Cara kerjanya, web server menerima kode sedemikian rupa dari browser dan mengirimkannya kembali dalam bentuk halaman web. Di mana halaman web tersebut dikirim oleh web server dalam bentuk dokumen HTML dan CSS, lalu diproses oleh browser menjadi halaman yang menarik dan mudah dibaca. 

Sedangkan fungsi web server adalah untuk mengirim informasi yang diminta oleh user sebelumnya melalui browser dengan protokol khusus, sehingga user dapat mengaksesnya berupa halaman yang menampilkan teks, gambar, video, dan sebagainya.

2. Mail Server

Server ini melayani user dalam bertukar pesan ke sesama user secara elektronik. Mail server dibagi menjadi dua kategori yaitu mail server masuk dan mail server keluar. Mail server masuk terdiri atas POP3 (Post Office Protocol 3rd Version) dan IMAP (Internet Message Access Protocol). POP3 yaitu protokol pesan elektronik yang menyimpan pesan masuk dan keluar pada PC Local Hard Drive, sedangkan IMAP berguna untuk menyimpan salinan pesan masuk dan keluar ke dalam Mail Server. 

Umumnya, mail server berfungsi untuk bertukar pesan ke sesama user dengan beberapa langkah protokol mail dan file yang terdukung sesuai client web yang digunakan. 

Baca juga: Pengertian Gateway, Fungsi, dan Cara Kerjanya pada Jaringan

3. Fax Server

Fax server adalah sistem pada server LAN yang memungkinkan beberapa pengguna komputer yang terhubung dengan LAN menerima atau mengirim sebuah pesan Fax. Biasanya Fax server dibutuhkan oleh suatu perusahaan yang telah terpasang ke jaringan Network. Manfaat fax server lainnya antara lain:

  1. Biaya operasional lebih murah karena tidak perlu adanya kertas fax, sehingga hanya mencetak apa yang dibutuhkan saja.
  2. Cetakan fax konvensional mudah luntur dibandingkan fax server.

4. Game Server

Server ini ditujukkan bagi si gamers untuk memberikan sensasi bermain yang lebih baik. Game server ini terdiri atas 2 kategori yaitu eksternal dan internal. Kategori yang pertama, game server eksternal yaitu penyimpanan data game yang disediakan langsung oleh developer game. Sedangkan untuk game server internal adalah penyimpanan sendiri melalui perangkat user. Contoh game server yang bisa digunakan adalah steam. 

5. Proxy Server

Proxy server adalah jaringan komputer yang perannya sangat positif bagi user. Proxy server ini berperan sebagai perantara antara pengguna dengan web server. Nah, setiap user yang mengakses jaringan internet tersebut akan melewati proxy server terlebih dahulu sebelum dilanjutkan ke web server. 

6. DNS Server

DNS atau Domain Name System adalah sebuah sistem yang bertugas untuk menyimpan semua informasi data domain dalam jaringan, fungsinya yaitu sebagai database server yang menyimpan alamat IP untuk sebuah Hostname. 

7. Streaming Media Server

Streaming media server ini berguna menyediakan layanan untuk dapat memutar video secara langsung di situs website seperti Netflix, Viu, YouTube, dan sebagainya. Adanya server streaming media ini, kamu bisa menikmati siaran berukuran besar tanpa perlu repot-repot mengunduh. 

8. Database Server

Data server adalah jaringan komputer yang memberikan layanan berupa pengelolaan basis data dan juga menerima permintaan client untuk mengakses basis data pada server. Server ini terdiri atas 4 jenis, yaitu, relation database, object database flat file database, dan relational object database. 

Fungsi database server adalah untuk memberikan user layanan big data yang teratur sehingga memudahkannya melakukan pencarian. 

9. FTP Server

File transfer protocol atau FTP adalah sebuah protokol internet yang memberikan akses data server pada satu jaringan, sehingga client dapat meminta akses tukar menukar file melalui server. Fungsi utamanya adalah untuk memberikan pelayanan kepada client dan pengunjung untuk mengakses transfer data yang tersimpan dalam server.

Baca juga: Apa itu IP Address? Pengertian, Fungsi dan Jenis-Jenisnya

Cara Memilih Server yang Tepat

server adalah
Photo by Brett Sayles from Pexels

Berikut adalah beberapa tips memilih server yang tepat:

Cek Kualitas Performanya

Yang pertama harus diperhatikan sebelum memilih server adalah perlu mengetahui kualitas suatu layanan server terlebih dahulu. Kamu harus memperhatikan spesifikasi server yang terletak di data center penyedia layanan, seperti:

  • Teknologi yang digunakan
  • Kecepatan prosessor
  • Harddisk
  • Kapasitas RAM
  • Kecepatan jaringan

Memastikan Harganya Tidak Menguras Kantong

Selanjutnya pastikan bahwa server yang akan kamu jadikan langganan tidak menguras kantong. Di Jagoan Hosting kamu bisa berlangganan paket server murah mulai dari harga Rp80.000 per bulan, yaitu paket X0. 

Perhatikan Fitur Tambahan yang Ditawarkan

Selain fitur utama dari server itu sendiri, kamu perlu mempertimbangkan fitur tambahan yang ditawarkan oleh penyedia layanan server. Jagoan Hosting menyediakan server VPS dengan fitur tambahan seperti control button, firewall manager, built in anti DDOS, dan secure access sharing. Untuk mendapatkan fitur-fitur tersebut, kamu bisa mengeceknya dan berlangganan paketnya di VPS Indonesia by Jagoan Hosting, Sob!

Cek Review Pelanggan

Hal ini bukan termasuk ke dalam hal teknis namun penting menjadi pertimbangan. Sebelum memutuskan ingin berlangganan server, sebaiknya pertimbangkan juga pendapat orang lain. Mulai dari blog hingga forum, kamu bisa menelusurinya guna mendapat ulasan mengenai penyedia layanan server. 

Itulah penjelasan mengenai apa itu server hingga jenis-jenisnya. Sebagai pemilik website, tentu kamu harus bijak dalam memilih server yang sesuai, ya!

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like