Apa Itu AlmaLinux? Ini Fitur dan Cara Installnya

almalinux

Tahukah kamu mengenai AlmaLinux? Apakah ini ada hubungannya dengan sistem operasi Linux? Semua akan terjawab melalui artikel berikut ini.

Ternyata benar, AlmaLinux termasuk ke dalam sistem operasi seperti halnya Windows dan berhubungan langsung dengan Linux. Selain itu, sistem operasi ini memiliki berbagai fitur dan sudah hadir dalam berbagai versi.

Apa Itu AlmaLinux?

almalinux

AlmaLinux adalah sistem operasi server dari CloudLinux sebagai alternatif CentOS. Sejatinya OS ini adalah project dari RedHat Linux Enterprise (RHEL) yang sudah diambil alih CloudLinux.

CloudLinux mulai merilis versi beta dan versi stabilnya pada akhir Q1 tahun 2021. Kamu bisa menggunakan operating system yang satu ini untuk keperluan apapun, seperti instalasi bare-metal, mesin virtual, hingga menyediakan cloud.

Sistem operasi ini bersifat open source dan gratis. Kamu bisa dengan mudah menemukan kode sourcenya di repository GitHub resmi AlmaLinux.

Fitur AlmaLinux

fitur almalinux

Sama seperti OS lainnya, sistem operasi yang satu ini juga memiliki fitur-fitur tersendiri. Berikut ini berbagai fitur yang tersedia:

1. Bersifat Open Source

Karena sifatnya yang berupa sumber terbuka, maka kamu tidak perlu membayar biaya langganan seperti saat menggunakan Windows. Kamu bebas menggunakannya kapan pun dan di mana pun, Sob.

Pengeluaranmu pun menjadi jauh lebih sedikit. Tidak perlu lagi memikirkan uang untuk membayar subscription maupun lisensi.

2. Mendukung Secure Boot

Ketika kamu sudah memiliki sistem operasi lain di laptop, tidak harus menghapus sistem operasi tersebut lalu menginstall yang baru. Kamu boleh mempertahankannya.

Hal ini dikarenakan AlmaLinux mendukung Secure Boot yang merupakan fitur keamanan penting untuk mencegah perangkat lunak berbahaya. Jadi, kamu bisa menginstall 2 sistem operasi sekaligus tanpa khawatir mengalami masalah.

Cek Konten Lainnya:
Apa itu VMware? Fitur, Cara Kerja, dan Kelebihannya

3. Mendapatkan Update Teratur

Kamu juga akan mendapatkan update secara rutin bila tiba waktunya. Update dan rilis ini mengikuti alur rilis dari RHEL.

RHEL atau Red Hat Enterprise Linux adalah distribusi Linux yang oleh Red Hat  untuk server, mesin virtual, dan komputasi awan perusahaan sebagai produk komersial. Jadi secara otomatis, OS ini 100% kompatibel dengan RHEL.

4. Dukungan Komunitas

Pengguna juga bisa bergabung dengan komunitas dan melaporkan jika ada bugs di dalamnya. Dengan begitu, jika terjadi masalah pada OS pasti cepat terselesaikan.

Cara Install AlmaLinux

Bagi kamu yang ingin menggunakan sistem operasi satu ini, bisa menginstallnya dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Masuk ke halaman download di website resminya lalu pilih versi instalasi ISO yang kamu butuhkan.
  • Jika sudah, ikuti saja proses instalasinya mengikuti petunjuk yang sudah ada.

Perlu kamu ketahui, ada tiga versi instalasi ISO pada AlmaLinux yaitu Boot ISO, minimal ISO, dan DVD ISO.

Boot ISO adalah instalasi dalam jaringan tunggal yang mendownload semua data melalui Internet. Minimal ISO adalah mengunduh DVD image berisi file instalasi agar kamu bisa menginstalnya secara offline.

Sedangkan DVD ISO adalah file DVD image yang berisi semua file instalasi yang dibutuhkan.

Keuntungan Menggunakan AlmaLinux

Ada banyak keuntungan apabila kamu menggunakan sistem operasi besutan CloudLinux ini yaitu:

1. Hemat Biaya

Kamu tidak akan mengeluarkan banyak uang apabila menggunakan sistem operasi satu ini. Sebab kamu bisa menggunakannya secara gratis tanpa dipungut biaya sepeser pun.

Banyak uang bisa kamu simpan dan dapat kamu gunakan untuk keperluan lain, Sob. Meski gratis, pengguna bisa mendapatkan fitur secara penuh dan menyeluruh.

2. Sangat Aman

Selama kamu mendownload OS ini dari sumber resminya, bisa kami pastikan sangat aman termasuk untuk penggunaan jangka panjang. Sistem operasi ini memiliki segudang fitur keamanan yang membuatnya tetap aman.

Cek Konten Lainnya:
Antivirus Server: 7+ Rekomendasi untuk Keamanan Servermu

Tidak hanya itu saja, kamu juga mendapatkan rilis dan update secara teratur. Software yang selalu update jauh lebih aman daripada software yang tidak pernah mendapatkan pembaruan sama sekali.

3. Terbuka dan Transparan

AlmaLinux adalah sistem operasi yang terbuka dan transparan. Secara rutin, operating system ini merilis catatan dan kode sumber mereka.

Hal ini tentu saja membuat penggunanya bisa mengembangkan pembaharuan dan kompatibilitas. Tidak sekedar itu saja, tata kelola yang bersifat publik membuat kamu bisa mengetahui secara langsung bagaimana perkembangan fiturnya.

4. Transisinya Mudah

Jika sebelumnya kamu menggunakan CentOS, tetap bisa pindah ke AlmaLinux dengan sangat mudah. Terlebih lagi sistem operasinya yang kompatibel dengan RHEL sehingga prosesnya menjadi lebih cepat.

Selain itu, proses instalasi dari nol pun juga sama mudahnya. Seperti yang sudah kami paparkan pada bagian sebelumnya.

5. Mendapatkan Dukungan Besar

Sistem operasi milik Cloudlinux ini juga mendapatkan banyak dukungan dari berbagai aplikasi pihak ketiga. Terutama aplikasi-aplikasi yang memang sama dengan milik CentOS.

Dengan begitu, kemungkinan besar kamu bisa mendownload banyak aplikasi. Tidak perlu khawatir lagi tentang aplikasi tidak kompatibel dengan sistem operasi yang sedang berjalan.

OS ini juga mendapatkan dukungan penuh dari cPanel, salah satu control panel terbesar di dunia. Kamu bisa dapatkan kemudahan manage AlmaLinux di paket VPS Murah Jagoan Hosting.

Perbedaan AlmaLinux dan Rocky Linux

Baik AlmaLinux maupun Rocky Linux sama-sama sedang populer terutama pada kalangan IT support. Berikut ini perbedaan mendasar antara keduanya:

1. Dari Segi Keamanan

Keduanya memiliki perbedaan terkait keamanannya. Meskipun keduanya sama-sama menjalankan Secure Boot,  nyatanya mempunyai banyak fitur lanjutan yang seperti RHEL.

AlmaLinux memberikan fokus pada Center for Internet Security Benchmark. Pendanaannya juga berbeda setiap distribusi sehingga menjadi penentu bagi perusahaan untuk memilih salah satu distribusinya.

Jumlah pendanaan yang memadai membuat AlmaLinux terus memberikan pembaruan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Ada sedikit perbedaan dengan keamanan pada Rocky Linux.

Cek Konten Lainnya:
Sewa Server Harga Murah dengan Performa Terbaik

Sistem operasi ini menggunakan keamanan CIQ. Sistem operasi Linux ini mendapatkan dana sebesar $26 juta untuk distribusi. Masih membutuhkan banyak dana untuk masa mendatang.

Namun, jangan salah meskipun termasuk pendatang baru, CIQ sudah berkembang pesat dan reputasinya tidak main-main dalam dunia teknologi.

Developer menawarkan basis penggemar besar berkat CentOS, sehingga komunikasi sistem operasi Linux yang satu ini harus terus berkembang dan memberikan pelayanan keamanan terbaik untuk penggunanya.

Upaya yang maksimal dari pihak developer Rocky Linux dalam meningkatkan kinerja CentOS. Selain itu, berdampak juga pada loyalitas pengguna, membuat mereka yakin bahwa Rocky Linux mempunyai komitmen pada komunitasnya.

2. Dari Segi Jalur

Perbedaan selanjutnya adalah dari jalur atau arah tujuan terciptanya sistem operasi. Ada perbedaan jalur antara keduanya.

AlmaLinux yang merupakan produk CloudLinux berbasis komunitas dan berfokus sebagai distribusi tingkat perusahaan. Tujuan awalnya supaya memiliki kompatibilitas dengan biner 1- ke -1 dengan RHEL.

Namun saat ini, sistem operasi besutan CloudLinux ini mempunyai tujuan baru untuk memaksimalkan interface biner aplikasi kompatibel dengan RHEL Linux.

Memaksimalkan tujuan ini, kode sumber CentOS Stream dari Red Hat menjadi alat untuk mencapainya. Jadi, tak heran kalau memiliki tampilan yang memukau untuk setiap peralihannya

Sementara itu, developer menciptakan Rocky Linux untuk melanjutkan apa yang belum ada pada CentOS.Itulah penjelasan selengkapnya mengenai AlmaLinux termasuk fitur-fitur yang ada, kelebihan, dan perbedaanya dengan Rocky Linux.

Dapatkan Kemudahan Manage Almalinux di VPS Jagoan Hosting

VPS support almalinux

Dapatkan kontrol penuh atas Almalinux di Cloud VPS Jagoan Hosting kami. Sediakan template OS Almalinux yang siap pakai, sertakan kemudahan instalasi dan konfigurasi aplikasi pilihanmu. Raih kenyamanan mengelola server dengan sekali ketukan jari. Mulailah petualangan tanpa hambatan sekarang!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
shared hosting adalah
Read More
Apa itu Shared Hosting? Cara Kerja & Kelebihannya
Seperti namanya, shared hosting adalah jenis web hosting yang servernya dapat digunakan bersamaan dengan beberapa akun.  Bagi para…
server adalah
Read More
Apa itu Server? Fungsi, Jenis & Cara Memilihnya
Server adalah salah satu rangkaian perangkat penting di dalam sebuah jaringan. Secara umum, kegunaan server dalam jaringan komputer…