Windows Server: Fungsi, Fitur dan Cara Memilihnya

windows server

Teknologi masa kini sudah banyak melalui perkembangan yang sangat pesat. Bahkan, keberadaannya pun sudah diterapkan di berbagai sektor seperti pendidikan, bisnis, maupun industri. Salah satu produknya berupa Windows server.

Dalam proses Pembangunan infrastruktur berbasis teknologi, server windows ini sangat dibutuhkan sebagai center data yang menyediakan layanan jaringan komputer.

Contohnya untuk menyimpan, server, networking, perlindungan akses dan informasi. Penasaran seperti apa informasi detail mengenai Windows server? Yuk Sob, cari tahu jawabannya pada artikel kali ini.

Apa itu Windows Server?

windows server

Secara pengertian sederhana, Windows server merupakan sebuah brand dari sistem operasi server yang dikembangkan oleh Microsoft Corporation untuk meningkatkan manajemen menjadi lebih baik lagi.

Peran utamanya mampu memudahkan proses manajemen menjadi lebih cepat dan efisien. Sebab, kamu bisa melakukan penyimpanan data, komunikasi, enterprise hingga pembuatan aplikasi dengan lebih mudah.

Poin paling unggul dari keberadaannya adalah mampu untuk mengelola pengaturan keamanan serta akses yang efisien. Selain itu, administrator pengelolaan jaringan pun bisa terakses cepat, misalnya ke file, printer, ataupun folder tertentu.

Tidak hanya itu loh, Sob. Memanfaatkan server windows ini juga bisa dijadikan sebuah alat untuk memonitor sumber daya server. Mulai dari disk, CPU hingga memori agar mendapatkan kinerja alat secara optimal.

Fungsi Windows Server

Seperti informasi sebelumnya, Windows server ini mampu melakukan pengelolaan dan konfigurasi server pada perangkat yang terhubung secara langsung di komputer server dalam satu jaringan komputer.

Tentu dengan kemampuannya yang signifikan tersebut bisa membantu kinerja/performa komputer server agar jaringan dapat berjalan dengan baik.

Memiliki kelebihan yang fokus layanannya berpusat pada server seperti kemampuan untuk melakukan manajemen sumber daya pengguna dan aplikasi, melakukan host website, keamanan & otorisasi layanan, serta manajemen pengguna.

Berikut beberapa fungsi utama dari Windows server antara lain:

  • Memberikan keleluasaan kepada pengguna untuk melakukan manajemen dan akses server melalui CLI (Command Line Interface) dan GUI (Graphical User Interface).
  • Memberikan fasilitas bantuan untuk proses monitoring dan pengelolaan komputer client yang terhubung pada sistem jaringan.
  • Memfasilitasi interface terpusat untuk membantu pengguna mengerjakan berbagi proses, seperti proses administratif.
  • Membantu proses layanan server berdasarkan perintah sistem operasi arsitektur.
  • Terakhir, melayani konfigurasi server dari sisi software, hardware, hingga layanan jaringan.
  • Dapat kamu jadikan sebagai platform server game untuk menyediakan akses dan juga kemampuan remote gaming.
  • Menjadi platform pengelolaan infrastruktur IT untuk organisasi yang berorganisasi besar dengan tipe pemakain sederhana.
Cek Konten Lainnya:
Apa itu Data Center? Ini Tier dan Tips Memilihnya

Fitur Utama Windows Server

fitur windows server

Tahukah kamu apa fungsi utama dari Windows server? Yuk, pelajari fitur utama yang bisa kamu pertimbangkan sebelum menggunakannya, antara lain:

1. Jaringan

Fitur yang menjadi poin utama dari server windows adalah kemampuannya untuk menggolongkan sumber daya jaringan. Beberapa contoh sumber daya jaringan seperti firewalls, DNS, DHCP, dan layanan remote access.

2. Management Console

Management Console di sini memiliki menu yang mudah untuk pemula gunakan. Bahkan, strukturnya pun sangat mudah dipahami serta memiliki fungsi pencarian yang memudahkan pengguna dapat bekerja secara efektif.

3. Manajemen Server

Keberadaan manajemen server dari fitur ini memungkinkan pengelolaan server berjalan konsisten dan lebih mudah. Selain itu, manajemen ini menjadi wujud nyata dari pengaturan jarak jauh.

4. Aplikasi Server

Selain beberapa fitur di atas, Windows server juga memiliki aplikasi server untuk membantu pengguna menyimpan beragam aplikasi.

5. Keamanan

Ada beberapa keamanan yang disediakan oleh teknologi terbaru satu ini.

Kamu bisa merasakan manfaatnya mulai dari keamanan berupa password policy, active directory, hingga user account untuk memberikan efek lingkungan server bekerja lebih aman.

6. Management Console

Terdapat management console dengan menu yang mudah untuk pemula pelajari dan gunakan. Selain itu, juga ada fitur pencarian untuk membantu pengguna dapat bekerja lebih efektif dan cepat.

Jenis Versi Windows Server

Membahas mengenai jaringan, tentu Windows server adalah jawaban paling tepat yang sedang kamu cari. Apalagi sudah 16 tahun terakhir Microsoft berhasil merilis versi utama tiap empat tahun sekali.

lisensi windows server

Pembaharuan selalu dilakukan secara signifikan untuk menambahkan fungsionalitas agar menjadi solusi bagi pengguna masa kini. Setiap versinya juga sudah tersedia di paket VPS Windows dari Jagoan Hosting dengan dukungan lisensi original.

Untuk mempelajari lebih lanjut dari tiap pembaharuan yang dilakukan, berikut beberapa jenis Windows server:

1. Windows 2000

Pertama kali muncul di tahun 2000, server dari Windows ini diberikan nama sesuai dengan tahun pembuatannya. Pada versi ini Microsoft menghilangkan versi NT untuk menonjolkan kemampuannya di teknologi terbaru.

Fitur jaringannya mampu membuat halaman server aktif dengan dukungan dari XMP. Pada series ini, edisinya dibuat khusus dengan hubungan dari Pusat Data dan Advanced Server untuk lingkungan.

2. Windows 2008

Rilis ketiga kalinya dari sistem operasi Windows, kini terdapat inovasi baru berupa perbaikan pada Active Directory serta fitur yang mendukung perangkat lunak OS ataupun layanan jaringan.

Salah satu poin unggul yang menarik perhatian adalah keberadaan sistem Microsoft Hyper-V. Di mana, penggunaannya memungkinkan pengguna untuk menciptakan mesin virtual (VM) bagi pengguna.

Tidak hanya itu, windows 2008 juga dilengkapi dengan perangkat administrasi yang biasa dikenal sebagai Manajer Server dan Peraga Peristiwa untuk kontrol besar pada aktivitas server.

3. Windows 2012

Edisi kelima jatuh pada windows 2012. Mengambil konsep sedikit berbeda dari pendahulunya, kini server melakukan inovasi dengan membentuk empat edisi (Foundation, Standard, Essentials, dan Datacenter).

Cek Konten Lainnya:
Mengenal Reverse Proxy, Manfaat dan Cara Kerjanya

Beberapa fitur yang sudah ada sebelumnya pun melalui banyak peningkatan versi seperti kemampuan dalam manajemen alamat IP.

Dalam versi terbaru ini kamu bisa menikmati Windows task Manager untuk semua versi, Hyper-V, serta Server Core dan PowerShell dan sistem file ReFS.

Pembaharuan server kali ini, windows juga menyuguhkan fungsionalitas serta pemasaran versi baru sebagai Cloud OS kompetitif. Peningkatan ini memungkinkan pemakai untuk menggunakan teknologi cloud terbaru dengan mudah.

Selain itu, perubahan ini juga mendapat dukungan dengan berbagai sistem menarik seperti penambahan Hyper-V Virtual Switch, sistem penyimpanan, dan penyertaan Hyper-V Replica. 

4. Windows 2016 

Selanjutnya, Windows server kini hadir dengan versi ketujuh yang menjadi penerus dari edisi 2012 dengan basis Windows 8 dan melakukan pengembangan bersama Windows 10.

Server kali ini keluar edisi baru yang sering dikenal sebagai Nano Server, di mana ukurannya lebih kecil dan memiliki antarmuka terbatas untuk membuat sistem terancang lebih aman.

Pada saat perilisan juga ada Pengontrol Jaringan yang bisa pengguna jadikan administrator untuk mengelola perangkat jaringan secara fisik maupun virtual dalam satu lokasi.

Tujuan dari perilisan ini sendiri untuk meningkatkan sistem VM dan mendukung pemakaian container, interaksi Docker, serta dukungan terhadap enkripsi untuk Hyper-V. Windows 2016 hadir dengan dua edisi yaitu Pusat Data dan Standar.

5. Windows 2019 

Selanjutnya ada versi 2019 yang paling banyak orang gunakan. Rilis pada tahun 2018 lalu, windows 2019 hadir dengan fitur yang komprehensif. Di mana keberadaannya memenuhi beberapa persyaratan jaringan seperti:

  • Infrastruktur Hywinper Converged (HCl) : Microsoft berpindah ke virtualisasi setelah menambahkan Hyper-V pada server 2008 lalu.

Pada edisi kali ini VM telah menyediakan fitur HCl yang cukup sempurna untuk membantu administrator jaringan dalam melakukan pengelolaan layanan virtual.

  • Pusat Admin Windows: Menjadi pusat manajemen server terdapat beberapa peralatan yang digunakan oleh tim IT untuk proses konfigurasi, pengelolaan layanan, serta pemantauan kinerja pada server yang berbeda.
  • Perlindungan Ancaman Tingkat Lanjut Microsoft Defender: Keamanan merupakan hal utama yang harus diperhatikan dalam berbisnis di dunia IT.

Biasanya penyeran memanfaatkan spear phishing ataupun perburuan paus. Nantinya, sistem antivirus akan bekerja untuk mencegahnya.

Tanpa disadari hal tersebut membentuk perlindungan dari serangan tingkat lanjut. Sehingga, muncullah Microsoft Defender ATP di windows 2019 lalu.

Tidak hanya berfungsi untuk memantau akun dengan aktivitas mencurigakan saja, tetapi juga mencegah perubahan yang tidak sah.

6. Windows 2022 

Windows server merupakan perkembangan teknologi terbaru yang menyediakan fitur hybrid dengan aplikasi komputer Microsoft Azure, keamanan berlapis, serta peningkatan yang fleksibel.

Menggunakan edisi 2022, keberadaan dari server satu ini dapat membantu kamu untuk melindungi perangkat keras dengan baik. Sehingga, kamu bisa meminimalisir terjadinya serangan berbasis firmware.

Belum lagi adanya peningkatan pada fitur VM (mesin virtual). Maka, tidak heran jika OS satu ini sangat penting untuk server utamanya dalam lingkup bisnis.

Cek Konten Lainnya:
Cara Meningkatkan Keamanan pada server VPS

Cara Memilih Windows Server yang Tepat untuk Bisnis

Memiliki banyak edisi server dengan kelebihan yang berbeda-beda. Kamu perlu tahu sebuah tips untuk mendapatkan Windows server paling tepat dalam membangun bisnis. Apa saja itu? Berikut faktor yang dapat kamu pertimbangkan:

1. Memahami Persyaratan Perangkat Keras

Tiap versi windows pastinya memiliki persyaratan perangkat keras yang berbeda. Pastikan kamu dapat menilai perangkat keras miliki mampu melampaui spesifikasi windows pilihan.

Sebab, tidak jarang windows dengan spesifikasi besar harus membutuhkan banyak data seperti ruang penyimpanan, CPU, hingga memori. Jika kamu abai dengan hal ini, maka alokasi sumber daya akan bekerja kurang optimal.

2. Mempertimbangkan Perizinan dan Biaya

Selanjutnya, perhatikan juga terkait perizinan dan juga biaya yang dibutuhkan. Sebab, beberapa dari Windows server membutuhkan biaya berlangganan berulang, tetapi server lainnya hanya perlu melakukan biaya perizinan satu kali saja.

Kedua hal ini penting sekali untuk kamu pertimbangkan dalam aspek jangka panjang. Jangan hanya memikirkan di awal berlangganan saja, tetapi kemampuan seperti setiap bulan untuk memenuhinya.

3. Penggunaan Sumber Daya dan Kinerja Optimal

Perlu kamu ketahui bahwa setiap versi dari Windows server akan berpengaruh terhadap sumber daya dan juga kinerja. Apabila kamu menggunakan layanan yang membutuhkan banyak sumber daya, maka gunakan server dengan versi terbaru.

Karena cara kerjanya bisa lebih optimal, sementara untuk tugas sederhana kamu bisa memilih edisi yang ringan

4. Kompatibilitas 

Penyesuaian dengan aplikasi yang akan kamu gunakan adalah poin pentingnya. Apakah Windows yang kamu pilih mampu menawarkan dukungan terhadap aplikasi tertentu.

Oleh karena itu, lakukan verifikasi terlebih dahulu edisi Windows yang ada. Apakah sudah kompatibel dengan perangkat lunak atau belum. Proses ini akan membantu kamu untuk menghindari potensi masalah, dan menyederhanakan peraturan.

Dapatkan Windows Server di VPS Windows dari Jagoan Hosting

vps windows jagoan hosting

Dapatkan VPS Windows di Jagoan Hosting sekarang juga!

  • Performa Optimal: Tingkatkan kecepatan dan stabilitas website-mu dengan VPS Windows dari Jagoan Hosting.
  • Akses Lebih Mudah: Nikmati fleksibilitas dan kontrol penuh atas server-mu dengan VPS Windows yang dapat diakses dengan mudah.
  • Keamanan Terjamin: Lindungi data dan informasi sensitifmu dengan fitur keamanan terbaik yang disediakan oleh Jagoan Hosting.
vps windows jagoan hosting

Jadi, tunggu apa lagi? Segera dapatkan VPS Windows Indonesia hari ini dan rasakan perbedaannya!

FAQ 

Apakah harga dari Windows server mahal?

Tergantung dari tiap spesifikasinya. Karena beberapa perlu berlangganan, sementara server lain cukup satu kali beli lisensi saja.

Apakah Jagoan Hosting menyediakan Windows Server?

Jagoan Hosting menyediakan berbagai macam server hosting yang bisa kamu kompatibelkan dengan Windows server.

Apakah Windows server penting untuk kebutuhan bisnis?

Tentu saja. Karena server ini memiliki banyak keunggulan yang memudahkan kamu dalam menjalankan manajemen bisnis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Read More
Cara Install Moodle LMS di Server Linux
Learning Management System atau LMS sudah sangat umum digunakan untuk membuka pendidikan online dan memudahkan pengajar dan pelajar…
Read More
Cara Membuat Server Bimbingan Belajar Online
Bagi berbagai perusahaan atau lembaga, memiliki layanan internetnya tersendiri sudah menjadi hal primer yang sudah harus dimiliki. Tidak…