CentOS: Fitur, Kelebihan, dan Kekurangannya

CentOS

Banyak pilihan yang tersedia saat mempertimbangkan sistem operasi (OS) untuk digunakan dalam web hosting. Salah satu yang populer adalah CentOS.

Community Enterprise Operating System (CentOS) merupakan sistem operasi open source yang berfokus pada kode sumber Red Hat Enterprise Linux (RHEL).

Mengenal Centos

CentOS adalah sistem operasi open source yang merilis dua distribusi Linux berbeda, yaitu CentOS Stream dan CentOS Linux. Keduanya memiliki karakteristik dan keunggulan masing-masing.

Community Enterprise Operating System Stream merupakan platform pengembangan untuk merilis produk Red Hat Enterprise Linux. Sementara itu, CentOS Linux adalah proyek distribusi Linux yang berasal dari kode sumber yang dirilis oleh Red Hat. 

Fitur Community Enterprise Operating System

Untuk melihat fiturnya, sobat sebaiknya meninjau dari CentOS versi terbaru. Community Enterprise Operating System terbaru yaitu CentOS 8 yang merupakan versi kedelapan dari sistem operasi yang keluar tahun 2019.

Salah satu perubahan penting adalah penggantian manajer paket yum dengan DNF (Dandified YUM) yang lebih bagus daripada sebelumnya. Ada juga inovasi penting buat admin server, yaitu pergantian framework nftables dengan iptables. 

Ada sejumlah fitur yang membuat CentOS menjadi pilihan populer untuk para admin sistem. Berikut beberapa fiturnya.

  • Solusi terintegrasi untuk administrasi server

Community Enterprise Operating System menawarkan kumpulan solusi dengan tujuan untuk memudahkan admin server yang bekerja di server khusus. Sistem operasi Linux ini juga terkoneksi dengan kontrol panel server virtual.

  • Tingkat keandalan yang tinggi

Sistem operasinya bisa nyaman jalan di komputer 64-bit dan 32-bit. Kecepatan tinggi CentOS memungkinkan OS ini kamu pakai untuk proyek-proyek besar.

  • Dokumentasi
Cek Konten Lainnya:
Hosting vs VPS Indonesia: Mana yang Lebih Baik?

Karena termasuk platform populer, ada sejumlah informasi dan dokumentasi yang tersedia di CentOS web panel, Sob. Platform ini memiliki komunitas pengembang dan pengguna yang secara teratur berbagi informasi dan masalah lain.

  • Keamanan

Karena proyeknya populer banget, banyak developer yang sudah membuat sistem keamanan yang lebih bagus dan mengatasi kerentanannya.

  • Tim support

Kalau kamu sedang mengembangkan aplikasi perangkat lunak, stabilitas dan dukungan adalah hal yang penting. Dengan CentOS, versi utama didukung selama sepuluh tahun dan akan menerima pembaruan keamanan sesuai kebutuhan. 

  • Manajemen paket

Saat menjalankan proyek website, kamu tentu tidak ingin ada pembaruan yang mengubah sistem. Beruntungnya, CentOS memiliki fitur manajemen paket YUM (Yellowdog Updater Modified) untuk menjaga agar sistem tetap terkini.

Itulah sejumlah fitur yang terdapat dapat sistem operasi dari Linux. Dengan fitur tersebut, kamu bisa memanfaatkannya sesuai kebutuhan.

Kelebihan Centos

Dengan fitur dan perbaikan oleh komunitas CentOS, platform ini memberikan keuntungan bagi bisnismu. Berikut beberapa kelebihan dan manfaatnya.

1. Efektivitas Biaya

Karena bersifat open source, platform ini jauh lebih efektif biayanya daripada platform OS tradisional. Bahkan, sistem operasi ini benar-benar gratis. Artinya, kamu tidak perlu membayar biaya lisensi atau biaya langganan untuk menggunakannya. 

Pendistribusian, pemeliharaan, dan pembaruan oleh komunitas pengembang yang antusias mendukung dan berkontribusi pada proyek ini. Jadi, tidak perlu khawatir kalau terjadi masalah.

2. Stabilitas

Sistem operasi Linux menawarkan stabilitas perangkat lunak yang tak tertandingi karena siklus rilisnya yang lebih panjang. Ada lebih banyak waktu antara versi CentOS baru daripada platform OS lainnya. 

Siklus rilis yang lebih panjang memberikan keuntungan dalam menjaga konsistensi dan stabilitas lingkungan perangkat lunak. Pengguna dapat memanfaatkan versi yang telah teruji, menghindari gangguan yang timbul dari perubahan terlalu cepat.

3. Penyesuaian

Karena bersifat open source, siapa pun dapat memperbarui atau memodifikasi kode sumber kapan saja. Alhasil, banyak pengembang dalam komunitas telah merilis tema kustom, dashboard, ekstensi, font, dan tombol jendela.

Keleluasaan untuk mengakses dan memodifikasi kode sumber memungkinkan pengguna CentOS mengadaptasi sistem operasi sesuai kebutuhan. Hal ini tidak hanya terkait penyesuaian fungsionalitas, tapi juga aspek estetika dan antarmuka pengguna. 

Cek Konten Lainnya:
VPS Bulanan Murah: Info Menarik Buat Yang Lagi Cari VPS Murah

4. Dukungan Komunitas

Para pengembang yang mengakses kode sumber platform menyediakan semua dukungan demi memenuhi kebutuhan pengguna. Bersama-sama, mereka telah menyusun tutorial dan panduan pemecahan masalah untuk membantu pengguna baru.

Komunitas pengguna dan pengembang CentOS adalah aset berharga yang memperkaya pengalaman pengguna. Dalam forum-forum dan grup diskusi, pengguna dapat saling bertukar informasi dan mencari solusi.

Sejumlah kelebihan tersebut menjadikan sistem operasi Linux ini unggul dalam berbagai aspek penting.

Kekurangan Centos

Meskipun terdapat banyak keunggulan, fungsionalitas sistem operasi Linux termasuk kecil. Hal ini membuatnya menjadi solusi bagi pengguna yang tidak perlu prosesor kuat. Berikut ini beberapa kekurangan sistem operasi CentOS yang perlu kamu ketahui.

1. Siklus Rilis yang Tinggi

Tingginya siklus rilis berarti versi baru sering muncul. Hal ini bisa menyebabkan munculnya bug atau masalah. Alhasil, butuh upaya ekstra dalam pemeliharaan dan penanganan masalah.

Meskipun siklus rilis yang panjang membawa keuntungan stabilitas, kadang-kadang pengenalan versi baru dapat menyebabkan timbulnya bug. Untuk itu, sebelum peluncuran, perlu pengujian yang memadai.

Hanya saja, karena berbagai perangkat keras dan konfigurasi yang digunakan oleh pengguna, tidak selalu mengidentifikasi semua potensi masalahnya.

2. Antarmuka Grafis (Gui) Tidak Interaktif dan Tidak Cocok untuk Pemula

Antarmuka grafis pada CentOS kurang interaktif dan tidak begitu ramah pemula. Ini dapat menjadi tantangan bagi pengguna yang tidak terlalu berpengalaman dalam sistem operasi Linux.

CentOS sebagai distribusi Linux yang lebih fokus pada kestabilan dan kinerja. Meskipun antarmuka grafis (GUI) tersedia, GUI mungkin kurang interaktif dan tidak intuitif seperti pada sistem operasi lain yang lebih bersifat desktop-oriented.

Untuk mengatasi tantangan ini, kamu perlu mengembangkan keterampilan dalam menggunakan terminal dan memahami perintah-perintah dasar Linux. Meskipun proses ini menantang, hasilnya membuatmu mendapatkan manfaat penuh dari CentOS.

3. Tidak Terpasang Secara Default

CentOS server tidak secara otomatis terpasang di sebagian besar mesin. Alhasil, pengguna harus melakukan instalasi secara manual. Ini bisa menjadi kendala bagi pengguna yang mencari solusi yang siap pakai tanpa perlu banyak konfigurasi.

Cek Konten Lainnya:
Inilah 10+ Kelebihan dan Kekurangan VPS

Instalasi manual memerlukan pemahaman dasar tentang konsep-konsep seperti partisi disk, pengaturan jaringan, dan konfigurasi sistem dasar. Bagi kamu yang tidak terlalu akrab dengan proses instalasi, hal ini mungkin menjadi hambatan.

4. Tidak Dapat Memainkan Game AAA Title

Sistem operasi Linux memiliki keterbatasan dalam mendukung game AAA title. Ini bisa menjadi kekurangan bagi pengguna yang ingin menggunakan sistem operasi ini untuk keperluan gaming tingkat tinggi.

Game AAA title biasanya berjalan pada sistem operasi Windows. Meskipun ada kemajuan dalam pengembangan teknologi untuk mendukung Linux, CentOS tidak sepenuhnya mendukung semua game AAA.

Sekarang kamu semakin paham kelebihan dan kekurangannya. Sejumlah kekurangan tersebut bisa kamu atasi bersama pengembang yang tepat. 

Dapatkan Kemudahan Manage CentOS di Jagoan Hosting

Beruntungnya, sekarang kamu bisa mendapatkan kemudahan mengelola CentOS di VPS dari Jagoan Hosting

Jagoan Hosting menyediakan layanan VPS yang memungkinkanmu menjalankan sistem operasi tanpa khawatir instalasi manual atau konfigurasi yang kompleks. 

Dengan layanan ini, kamu dapat memanfaatkan infrastruktur yang andal dan canggih untuk menjalankan aplikasi, web, atau proyek pengembangan dengan lebih efisien.

FAQ

Untuk menambah pemahaman mengenai sistem operasi Linux, berikut beberapa pertanyaan yang sering muncul.

Apakah CentOS gratis?

Ya, Community Enterprise Operating System bersifat open source dan bisa kamu gunakan secara gratis. Hal ini membuatnya menjadi pilihan yang ekonomis untuk berbagai keperluan, tanpa biaya lisensi.

Bagaimana cara menginstal CentOS?

Proses instalasi bisa melalui berbagai metode seperti instalasi dari media fisik atau menggunakan metode instalasi jarak jauh. Petunjuk detail bisa kamu dapatkan melalui penyedia layanan VPS hosting.

Apakah CentOS cocok untuk keperluan gaming?

Community Enterprise Operating System memiliki keterbatasan dalam mendukung game AAA title. Jadi, bukan pilihan yang optimal untuk keperluan gaming tingkat tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
VPS Provider
Read More
Cari VPS Provider? Cek Rekomendasi Terbaik Ini
VPS atau Virtual Private Server adalah layanan web hosting. VPS menggunakan teknologi virtualisasi. VPS provider juga menyediakan sumber…
vps vs dedicated hosting
Read More
Perbedaan VPS vs Dedicated Hosting, Pilih yang Mana?
Mau upgrade layanan hosting, Sob? Kenali dulu perbedaan VPS vs dedicated hosting biar tidak salah pilih. Dua layanan…