VPS Linux vs VPS Windows, Berikut Perbedaannya

vps linux vs vps windows

VPS Linux vs VPS Windows jadi pertimbangan penting yang tidak boleh kamu lewatkan ketika akan menggunakan VPS. Sebab, hal ini akan sangat berkaitan dengan kelancaran penggunaan VPS itu sendiri, Sob. 

Keduanya juga menjadi dua jenis VPS yang sangat populer di seluruh dunia. Ada sejumlah perbedaan signifikan dari kedua jenis VPS tersebut, sehingga kamu harus mengetahuinya dulu sebelum menggunakannya. 

Nah, supaya tidak bingung, inilah sejumlah perbedaan dari VPS Linux dan VPS Windows. Simak sampai akhir ya, Sob!

Berkenalan dengan VPS (Virtual Private Server) 

Melansir dari laman Amazon.com, VPS atau (Virtual Private Server) adalah sebuah server yang akan meng-host semua data dan perangkat lunak yang dibutuhkan agar suatu situs web atau aplikasi bisa diakses. 

Berbeda dengan jenis hosting lain seperti shared hosting, VPS memiliki sifat yang lebih pribadi karena hanya bisa terakses oleh 1 (satu) orang pengguna atau user saja. Selain lebih privat, hosting ini juga tergolong jauh lebih aman. 

Tidak hanya untuk hosting website, keberadaan VPS juga sangat penting untuk back up server. Seperti yang kamu tahu, ancaman hacking pada website akan selalu ada. Nah, VPS bisa kamu gunakan sebagai server cadangan. 

Jadi, ketika pada situasi terburuk data yang kamu miliki di server utama hilang, kamu masih bisa mengembalikan data tersebut dengan melakukan restore, Sob. 

Perbedaan VPS Linux dan VPS Windows 

Pemilihan VPS Linux dan VPS Windows harus kamu lakukan secara hati-hati karena akan sangat berpengaruh pada fungsi dan kelancaran hosting. 

Cek Konten Lainnya:
Anydesk: Fungsi, Kelebihan dan Cara Menggunakan

Selain itu, penting bagi kamu untuk memahami perbedaan diantara keduanya. Inilah beberapa perbedaan antara VPS Linux dan VPS Windows: 

1. OS (Operating System) 

Dari namanya, kamu pasti sudah bisa memperkirakan bahwa sistem operasi dari kedua VPS ini memang berbeda. VPS Linux memiliki nama demikian karena memang berjalan dengan sistem operasi Linux. 

Beberapa disto Linux yang secara umum digunakan adalah CentOs, Fedora, Debian, AlmaLinux, Ubuntu, dan lain sebagainya. Sementara itu, VPS Windows akan berjalan pada sistem operasi Windows. 

2. Keamanan (Security) 

Perbedaan kedua dari VPS Linux VS VPS Windows adalah dari segi keamanan atau security. VPS Linux terkenal memiliki keamanan yang lebih baik daripada VPS Windows. 

Pasalnya, sistem keamanannya jauh lebih ketat dan memiliki komunitas yang besar. Komunitas Linux juga senantiasa berkembang untuk memperbaiki bug yang bisa muncul di sistem keamanan. 

VPS Windows pun sebenarnya memiliki keamanan yang juga baik. Akan tetapi, lebih rentan terhadap malware dan virus karena popularitasnya lebih tinggi daripada Linux. 

3. Akses ke Server

VPS Windows dan VPS Linux keduanya sama-sama bisa menggunakan metode FTP (File Transfer Protocol) saat ingin mengakses server atau melakukan transfer file yang berasal dari server. 

Selain FTP, keduanya juga bisa menggunakan metode SSH (Secure Shell). Akan tetapi, metode ini lebih umum untuk VPS Linux. Sementara VPS Windows akan menggunakan RDP (Remote Desktop Protocol). 

Untuk metode akses server mana yang lebih baik, maka semuanya akan kembali pada preferensi dan kebutuhan. Jika untuk mengontrol server secara remote atau jarak jauh, maka RDP bisa menjadi pilihan yang tepat. 

Saat kamu ingin mengakses server dengan lebih aman, SSH bisa jadi pilihan yang lebih diandalkan. Terakhir, jika kamu hanya ingin melakukan transfer file, maka FTP bisa jadi pilihan yang tepat, Sob. 

4. Biaya (Cost) 

Sistem operasi Windows bersifat tertutup, sehingga kamu membutuhkan lisensi untuk bisa menginstalnya ke dalam server. Untuk besarnya biaya lisensi ini bisa kamu sesuaikan dengan fitur dan versi sesuai dengan kebutuhan.

Cek Konten Lainnya:
Google PageSpeed Module : Meningkatkan Kecepatan Website dan Mengoptimalkan VPS

Atas dasar inilah umumnya VPS Windows akan memiliki harga yang lebih mahal daripada VPS Linux. Karena berbanding terbalik dengan Windows, Linux adalah sistem operasi yang sifatnya terbuka atau open source. 

Jadi, kamu bisa menggunakan sistem operasi ini secara terbuka dan dengan biaya yang lebih murah. Kamu bisa mendapatkan VPS Linux dan VPS Windows di JagoanHosting. 

Di JagoanHosting kamu akan mendapatkan VPS berkualitas dengan harga yang kompetitif. Tidak hanya dari segi harga, tetapi juga dari segi pelayanan. Jadi, kebutuhan hosting pun senantiasa lancar tanpa hambatan. 

5. Performa dan Kinerja 

Selain dari segi keamanan, biaya, dan sistem operasi, satu hal yang juga sangat membedakan antara VPS Linux dan VPS Windows adalah dari segi performa. Secara keseluruhan, VPS Linux akan memiliki kinerja dan performa lebih baik. 

Ini karena Linux memang merupakan sistem operasi yang memiliki rancangan untuk menciptakan efisiensi kinerja. Linux tidak terlalu fokus pada penampilan dan memiliki kernel yang jauh lebih ringan daripada Windows. 

Alhasil, resources yang Linux butuhkan jauh lebih sedikit daripada Windows. Sementara itu, Windows memang memiliki tampilan yang jauh lebih baik karena terdapat Graphical User Interface (GUI). 

Hanya saja, karena adanya grafis ini, resources yang Windows butuhkan pun jauh lebih besar. Tidak heran kalau dalam beberapa waktu, kinerjanya bisa menurun karena resources yang besar tersebut. 

6. Kompatibilitas (Compatibility) 

Untuk urusan kompatibilitas, maka VPS Linux dan VPS Windows sama-sama menawarkan kompatibilitas yang baik. Oleh karena itu, kamu bisa mengembalikannya pada kebutuhan. Software apa yang ingin kamu install di VPS.

Jika kamu ingin menggunakan berbagai software seperti ASP Classic, ASP.net, Microsoft Access, VB Development, atau C#, maka VPS Windows adalah pilihan yang tepat. 

Cek Konten Lainnya:
Apa Itu AlmaLinux? Ini Fitur dan Cara Installnya

Sebaliknya, kalau kamu ingin menginstall beberapa software seperti Java, Python, Node.js, Rails, Perl, hingga PostgresSQL, maka VPS Linux adalah pilihan yang tepat. 

7. Control Panel 

Terakhir, VPS Linux vs VPS Windows bisa kamu bandingkan dari segi pilihan Control Panel. Bagi VPS, Control Panel berfungsi untuk mengelola VPS dengan lebih mudah berkat user interface nya yang jauh lebih mudah. 

Saat kamu menggunakan VPS Windows, maka satu-satunya pilihan Control Panel adalah Plesk. 

Sebaliknya, jika menggunakan VPS Linux, kamu bisa memilih beberapa pilihan Control Panel yang tersedia. Mulai dari Webmin, DirectAdmin, Plesk, hingga CPanel. 

Dapatkan VPS Linux dan VPS Windows di Jagoan Hosting

vps

Pada dasarnya, kedua VPS ini menawarkan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pilihannya pun bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan. 

fitur vps windows

Siap untuk membawa bisnis dan projectmu ke level berikutnya? Dapatkan VPS Windows atau VPS Murah Linux dari Jagoan Hosting sekarang juga!

🚀 Pilih VPS yang sesuai dengan kebutuhan

🔒 Nikmati keamanan tingkat tinggi untuk data dan aplikasi

💻 Akses cepat dan stabil untuk website dan aplikasi

Tidak perlu khawatir tentang kinerja lagi! Mulailah perjalanan digital dengan Jagoan Hosting hari ini dan rasakan perbedaannya.

FAQ 

Apa itu VPS? 

VPS atau (Virtual Private Server) adalah sebuah server yang akan meng-host semua data dan perangkat lunak yang dibutuhkan agar suatu situs web atau aplikasi bisa diakses. 

Apa perbedaan VPS Linux dan VPS Windows? 

Perbedaan kedua VPS ini bisa terlihat dari beberapa faktor seperti Kemudahan, Keamanan, Biaya, Control Panel, Sistem Operasi, Kompatibilitas, dan Performa atau Kinerja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
kelebihan dan kekurangan vps
Read More
Inilah 10+ Kelebihan dan Kekurangan VPS
Sedang mempertimbangkan untuk beralih dari shared hosting ke VPS karena menginginkan jaringan yang lebih privat? Sebelum mengambil keputusan…
VPS Provider
Read More
Cari VPS Provider? Cek Rekomendasi Terbaik Ini
VPS atau Virtual Private Server adalah layanan web hosting. VPS menggunakan teknologi virtualisasi. VPS provider juga menyediakan sumber…