Apa itu VPS Windows? Ini Kelebihan dan Tips Memilihnya

vps windows

Microsoft seiring perkembangannya tidak hanya menangani update pada windows dalam perangkat komputer sehari-hari. Mereka pun juga mulai merambah pada pembuatan server yang ditunjukkan lewat produk VPS windows.

Seperti apa produk ini bekerja? Silakan kamu simak dalam penjelasan poin-poin berikut ini : 

Apa itu VPS Windows?

vps windows adalah

VPS windows merupakan server virtual yang yang berbasis sistem operasi windows. VPS ini menawarkan lingkungan yang didedikasikan bagi user dapat mengoperasikan aplikasi, host website, dan tugas-tugas lainnya. 

Oleh karena sifatnya yang virtual tersebut membuat beberapa server bisa dijalankan secara mandiri pada suatu server fisik yang sama. Selain itu masing-masing server virtual  dapat kamu aplikasikan pengaturan yang berbeda-beda. 

Manfaat VPS Windows

Secara umum VPS windows memiliki berbagai fungsi berikut ini : 

1. Dapat Kamu Fungsikan Sebagai Hosting Website

Dalam mengelola website, bisa sekali kamu memakai VPS windows . Namun sebelum itu, kamu harus menginstal perangkat lunak tambahan semacam APS.NET atau IIS Web Server.

2. Menjadi Direktori Aktif

Buat kamu yang belum tahu, direktori aktif dalam website merupakan fitur yang memberikan kamu akses memakai sumber daya jaringan dari server. Baik itu dalam jaringan pada skala lokal maupun secara global. 

Tidak kalah pentingnya, fitur tersebut juga memberikan bantuan buat kamu untuk mencari, menyimpan, memproteksi, dan memperoleh informasi dari suatu jaringan. Misalnya informasi soal akun-akun user yang terdaftar dalam server. 

 3. Berperan Sebagai Backup Bagi Server Utama

Namanya musibah tidak ada yang tahu kapan akan terjadi., ini pun berlaku dalam pengelolaan server. Suatu saat bisa mengalami down, kena virus, hack, dsb. Di sinilah pentingnya VPS windows yang dapat menjadi tempat mencadangkan data-data penting dalam server utama. 

Cek Konten Lainnya:
Cara Install Mikrotik di VPS Simple dan Mudah Bagi Pemula

Jadi kalau suatu saat timbul hal-hal yang tidak diinginkan pada server utama, masih ada data dari tempat backup.  

4. Menjalankan Server Dari Manapun 

Tentu sangatlah tidak praktis jika tiba-tiba terjadi trouble dalam server, kamu harus datang langsung. Padahal bisa jadi ada kesibukan lain yang lebih penting sehingga tidak mungkin kamu tinggalkan begitu saja.

Namun kini dengan VPS dari windows, kamu jadi tidak perlu ketar-ketir karena memberikan kamu akses ke dalam server secara remote. Dengan demikian kamu dapat masuk ke dalam server di mana pun dan kapan pun yang kamu inginkan. 

Kelebihan VPS Windows Serta Kekurangannya

Supaya pemahamanmu lebih dalam mengenai VPS windows, tentu tidak cukup kalau hanya tahu definisi dan manfaatnya saja. Oleh karenanya kamu juga perlu tahu seperti apa kelebihan dan kekurangan yang VPS ini miliki : 

Kelebihan VPS Windows

  • User interface yang kemungkinan besar sudah cukup banyak orang familiar karena kesehariannya sudah sering bersinggungan dengan software windows. Dengan begitu, kamu jadi tidak perlu memakan waktu yang terlalu lama untuk beradaptasi.  
  • Kompatibel dengan .NET framework yang sangat: ideal untuk .NET application.
  • Database yang kompatibel dengan software microsoft SQL server and access.
  • Panel kontrol yang berkualitas bagus karena menunjang berbagai penjalanan aplikasi.
  • Terintegrasi dengan produk-produk microsoft lainnya semacam sharepoint dan exchange.
  • Bisa kamu akses secara remote.

Kekurangan VPS Windows

  • Harga yang relatif lebih mahal karena adanya biaya tambahan untuk lisensi.
  • Relatif lebih berat karena memiliki sumber daya yang lebih banyak.
  • Dijalankan dengan sistem yang tertutup, hanya yang punya lisensi yang bisa mengakses. 
  • Membutuhkan downtime yang lebih lama setelah mengalami pembaharuan.

Fitur dan Keunggulan VPS Windows dari Jagoan Hosting

vps windows jagoan hosting

Jagoan Hosting hadir dengan penawaran VPS Windows yang tak bisa diabaikan. Mari kita telaah beberapa keunggulannya:

1. Aktivasi Instan dan Lisensi Windows Original

Kamu pasti ingin segalanya berjalan dengan lancar dan cepat, bukan? Nah, VPS Windows dari Jagoan Hosting menawarkan aktivasi instan yang memungkinkanmu untuk segera memulai. Tak hanya itu, lisensi Windows yang disediakan juga 100% asli, memberikanmu kepastian dan kinerja yang optimal.

Cek Konten Lainnya:
Mengenal Apa Itu .NET Framework, Fungsi, dan Cara Kerjanya

2. Full Virtualization

Dalam dunia hosting, virtualisasi penuh sangat penting. Apa artinya? Kamu bisa memiliki lingkungan server yang terisolasi sepenuhnya, sehingga performa dan keamanan sistemmu terjaga tanpa intervensi dari pengguna lain. Dengan VPS Windows dari Jagoan Hosting, kamu mendapatkan keunggulan ini.

3. Auto-DDoS Mitigation

Serangan DDoS bisa menjadi mimpi buruk bagi pengelola situs web atau aplikasi online. Namun, dengan VPS Windows dari Jagoan Hosting, kamu tidak perlu khawatir.

Mereka dilengkapi dengan fitur Auto-DDoS Mitigation yang akan secara otomatis melindungi servermu dari serangan-serangan berbahaya tersebut.

4. Unmetered Bandwidth

Bingung dengan batasan bandwidth? Jagoan Hosting memahami kebutuhanmu. Dengan VPS Windows mereka, kamu mendapatkan akses tak terbatas ke bandwidth. Artinya, kamu bisa fokus pada pengembangan proyekmu tanpa harus terbebani dengan biaya tambahan karena pemakaian bandwidth.

5. CS Bersertifikasi & 24/7 Support via WhatsApp

support hosting

Ada saatnya kamu membutuhkan bantuan teknis, dan Jagoan Hosting siap membantumu. Tim customer service mereka tidak hanya bersertifikasi, tetapi juga tersedia 24/7 melalui WhatsApp.

Ini berarti kamu bisa mendapatkan bantuan kapan pun kamu membutuhkannya, dengan cara yang mudah dan cepat.

Cara Kerja VPS Windows

Cara kerja dari VPS windows sama seperti VPS pada umumnya. Di sini ada sebuah server fisik yang terbagi ke dalam beberapa server virtual yang mempunyai sumber dayanya sendiri-sendiri.

Sebagai contohnya ada server fisik dengan spesifikasi 8 core, ram 8GB, dan ruang penyimpanan 512 GB. Kemudian server fisik tersebut ingin pengelola bagi menjadi 8 bagian server virtual.

Dengan demikian masing-masing user memperoleh 1 core, RAM 1 GB dan penyimpanan 64 GB.

Memang di sini masih harus berbagi server dengan user lain tapi sumber dayanya eksklusif buat kamu saja. Tidak akan sampai tercampur dengan sumber daya user lain. Hal yang membuat website maupun aplikasi yang kamu ciptakan jadi lebih optimal. 

Tidak kalah pentingnya keamanan pun lebih terjamin karena semua sudah ada proteksinya. Kalau website atau aplikasi yang kamu buat sedang trouble , tidak akan menulari user lain. Begitu pula sebaliknya. 

Cek Konten Lainnya:
Perbedaan KVM vs OpenVZ, mana yang Terbaik untuk VPS?

Memilih VPS Windows yang Tepat

Kalau kamu cek di google, sudah banyak sekarang perusahaan-perusahaan yang menjual jasa penyewaan VPS windows.

Lantas jika demikian bagaimana memilih layanan yang tepat dari sekian banyak pilihan tersebut ? Tribulant menyarankan kamu memperhatikan berbagai pertimbangan berikut : 

1. Perhatikan Harga dan Layanan yang Kamu Peroleh 

Sebelum membeli sesuatu, pada umumnya manusia akan berupaya mendapatkan harga yang murah. Namun perlu kamu ingat pula bahwa harga biasanya berbanding lurus dengan kualitas. Jadi jangan lekas tergiur dengan harga murah, kamu wajib cari tahu dulu aspek-aspek seperti :  

  • Kompetensi dari customer service saat merespon pertanyaan user.
  • Ada tidaknya perawatan rutin pada VPS
  • Kualitas perangkat penyimpanan.

2. Lebih Baik Jika Kamu Mendapatkan Bantuan Pengelolaan

Secara general, mayoritas VPS yang berada di bawah naungan windows memberikan layanan managed dan unmanaged. Dalam layanan managed berarti setelah kamu memperoleh jatah server, tidak akan ditinggalkan begitu saja. Namun memperoleh supervisi dari para ahli yang perusahaan sediakan. 

Salah satu keuntungan adanya supervisi semacam ini membuat kamu tidak perlu pusing memikirkan soal maintenance. Segala sesuatunya sudah diurus oleh orang yang mendapat tanggung jawab membantu kamu mengelola server.  

Sementara pada unmanaged, kamu pasti akan merasa kerepotan sebab semuanya harus kamu lakukan secara mandiri. Layanan ini sangat tidak direkomendasikan kalau kamu belum memiliki pengetahuan dan pengalaman yang memadai soal pengelolaan server, sob. Itulah tadi seputar VPS windows yang penting kamu ketahui.

Kalau kamu memang berencana membuka server maka jangan terlalu terburu-buru. Pikirkan segala sesuatunya secara matang sampai sekiranya kamu menemukan layanan yang terbaik.

Dapatkan VPS Windowsmu di Jagoan Hosting Sekarang

vps windows jagoan hosting

VPS Windows dari Jagoan Hosting menjadi pilihan yang sangat baik untuk berbagai kebutuhan hostingmu.

Dari aktivasi instan hingga dukungan pelanggan yang responsif, kamu dapat memiliki keyakinan bahwa website atau aplikasimu akan berjalan dengan lancar dan aman di platform ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Read More
Tips Memilih Layanan VPS Indonesia untuk Website Anda
VPS bisa dibilang menjadi salah satu komponen pendukung kesuksesan dari website bisnis Anda. Memilih layanan VPS memang terlihat…
Read More
Cara Membuat Server Bimbingan Belajar Online
Bagi berbagai perusahaan atau lembaga, memiliki layanan internetnya tersendiri sudah menjadi hal primer yang sudah harus dimiliki. Tidak…