Perbedaan Managed dan Unmanaged pada Layanan VPS

Perbedaan Manage VPS dan Unamanage VPS
Perbedaan Manage VPS dan Unamanage VPS

Mungkin kalian pernah denger jika VPS sendiri bermacam-macam, Terdapat Manage VPS dan Unmanage VPS. Apakah kalian tahu Perbedaan dari masing-masing VPS tersebut? Dan harus menggunakan VPS yang mana saat beli VPS? Yuk ketahui informasinya disini!

Eitss sebelum lanjut tentang perbedaan Managed VPS dan Unmanaged VPS, Apakah kalian sudah tahu apa itu VPS? VPS adalah sebuah server fisik yang dibagi menjadi server virtual dengan menggunakan teknologi virtualisasi untuk membagi resource server fisik.

Untuk mengetahui lebih dalam tentang pengertian VPS, Kamu bisa mengunjungi link tersebut.

Penjelasan Managed VPS

Managed VPS adalah sebuah VPS dimana semua masalah terkait VPS ditangani oleh penyedia hosting, Jadi layanan VPS managed hampir menyerupai layanan shared hosting umumnya. Jadi tinggal memakai layanan VPS kamu tanpa harus kesulitan melakukan pengaturan terhadap VPS untuk mengonlinekan website kamu.

Jadi saat kamu beli VPS manage, Kebanyakan penyedia vps akan membantu kamu dalam mengatur dan mengelola VPS. Misalnya, Dukungan teknis dan bimbingan dalam hal server, aplikasi, dan OS serta pemeliharan dan pemantauan server, Dan masih banyak hal lainnya.

Buat kamu yang tidak mempunyai kemampuan teknis dalam mengelola server, VPS managed menjadi solusi kamu yang ingin menggunakan VPS. Jadi buat kamu yang memiliki sedikit atau tidak sama sekali pengetahuan tentang pengaturan dan konfigurasi server dan aplikasinya maka sebaiknya menggunakan VPS.

Cek Konten Lainnya:
Prinsip dan Cara Kerja VPS yang Perlu kamu Ketahui

Kelebihan Managed VPS

Jika dibilang tentang kelebihan menggunakan VPS manage, Maka banyak sekali kelebihan yang bisa kalian dapatkan saat membeli VPS yang satu ini. Dalam penyebaran hal ini, Poin yang disebutkan tidak selalu tidak selalu terdapat pada penyedia VPS manage, Melainkan menjadi ketentuan penyedia VPS itu sendiri.

VPS Managed

Keuntungan menggunakan VPS Manage :

  1. Dukungan teknis dan bimbingan dalam hal server, aplikasi, dan OS. Sehingga tak perlu khawatir tentang konfigurasi dan pengaturan VPS kamu.
  2. Backup Server, Penyedia VPS Manage biasanya mendukung backup server. Namun kamu harus melakukan backup sendiri untuk dijadikan cadangan backup jika penyedia VPS tidak mempunyai backup terbaru.
  3. 24×7 Pemantauan Server dan Dukungan Teknis, Sehingga saat VPS tiba-tiba mengalami masalah dan tidak bisa diakses bisa dibantu tim teknik untuk memulihkan VPS, Jadi VPS kamu bisa menjamin uptime 99,99%.
  4. Pembaruan dan peningkatan perangkat lunak dan patch keamanan. Pembaruan dan  peningkatan software dan keamanan server didelegasikan kepada para ahli yang terlatih dari penyedia VPS
  5. Pemeliharaan dan pemantauan server hemat biaya karena memberi Anda lebih banyak waktu untuk menangani tugas-tugas lain.

Kekurangan Managed VPS

Jika dicari kekurangan Manage VPS Mungkin sangat sedikit bahkan bisa saja kamu tidak bisa menemukan kekurangan dari VPS yang satu ini. Namun salah satu hal yang menjadi sedikit permasalahannya yaitu Harganya lebih mahal dibanding Unmanage VPS.

Harga menjadi kendala bagi orang untuk menggunakan VPS managed, Selain cukup mahal di indonesia masih minim yang menyediakan VPS yang satu ini. Jika harga bukan merupakan kendala, VPS managed menjadi hal yang harus dibeli. 

Penjelasan Unmanaged VPS

Unmanaged VPS adalah sebuah VPS yang semua tanggung jawab mengelola VPS diambil dari penyedia dan ditempatkan pada pelanggan. Jadi semua urusan baik mengelola atau memelihara menjadi tanggung jawab pengguna.

Cek Konten Lainnya:
Panduan Cara Beli VPS di Jagoan Hosting

Pelanggan akan bertanggung jawab atas semua yang ada di VPS. Dari pengaturan server, konfigurasi aplikasi hingga pemantauan VPS. Tanggung jawab penyedia VPS berakhir pada penyediaan koneksi jaringan dan platform virtualisasi.

VPS unmanaged sangat tidak recomended bagi pemula atau yang tidak memiliki pengetahuan teknis tentang System Administrator. Karena banyak sekali kebutuhan dan layanan seperti LAMP (Linux Apache MySQL dan PHP), WordPress CMS dan mengkonfigurasi fitur seperti sertifikat SSL, Firewall, CDN, backup situs, dan pengaturan DNS di antara banyak aspek lainnya. 

Kelebihan Unmanage VPS

Apa Saja kelebihan Unmanaged VPS? VPS ini memiliki beberapa keunggulan diantaranya yaitu Harga yang lebih murah, kebebasan penggunaan teknologi untuk VPS, dan pengalaman dalam memanage sebuah server.

Karena pelanggan menangani sebagian besar beban kerja, maka paket yang Unmanage VPS cenderung lebih murah dibanding paket Manage VPS. Hal tersebut memang menjadi layak karena semua pengaturan teknik tentang VPS cenderung dikelola oleh pelanggan.

Saat kamu menggunakan VPS Unmanaged kamu bebas menerapkan menggunakan teknologi pada VPS kamu. Walaupun sebagian besar penyedia manage VPS memberikan custom sesuai keingingan pelanggan namun tidak bisa sefleksible mengelola dan menentukan teknologi yang digunakan pada VPS.

Selain itu, Jika kamu pemula yang belajar menggunakan VPS unmanaged, maka kamu mempunyai pengalaman dalam memanage VPS.   

Kekurangan Unmanage VPS

Karena VPS unmanaged menjadi tanggung jawab pengguna, Maka pelanggan memerlukan pengetahuan yang cukup dalam menyiapkan, memelihara, dan memantau VPS. Dan hal itu sangat tidak ideal untuk pengguna atau pemula yang non-teknis dan belum paham tentang system administrator.

Karena dikelola sendiri, Maka monitoring server akan menjadi tugas pengguna, Adanya kendala VPS seperti layanan/apps error akan menjadi tanggung jawab pengguna untuk memperbaiki. Uptime server tidak terjamin 99,99% karena hal tersebut.

Cek Konten Lainnya:
Tips Memilih Layanan VPS Indonesia untuk Website Anda

Perbedaan Managed VPS dan Unmanaged VPS

Antra managed dan Unmanage VPS sebanarnya tidak memiliki perbedaan, Yang membedakan hanya layanan yang diberikan penyedia VPS ke pelanggan. Jika kamu tahu perbedaan Managed VP dan Unmanage VPS, Lihat Tabel dibawah ini


Manage VPSUnmanage VPS
Kemudahan PenggunaanSangat MudahCukup Sulit
HargaLebih MahalLebih Murah
Dukungan TeknisDukungan Penyedia VPSTanpa Dukungan Penyedia
Update Software & SecurityDibantu Penyedia VPSDilakukan Secara Personal
Uptime ServerMenjamin Uptime 99,99%Tidak Menjamin Uptime 99,99%
Backup ServerPenyedia VPS dan PersonalPersonal

Mana yang Lebih Baik antara Manage VPS vs Unmanage VPS?

Jika ditanya mana yang lebih baik antra Manage dan Unmanage, Kedua-duanya sama baiknya. Untuk mengetahuinya dilihat dari perspektif masing-masing penguna. Berikut Informasinya

Sebaiknya menggunakan Manage VPS, Jika kamu adalah seorang pemula yang tidak mengetahui teknis tentang server dan kamu ingin meminimalkan risiko kesalahan konfigurasi dan mempercepat proses waktu, Uptime server terjamin, dan lebih aman, maka VPS managed menjadi pilihan.

Sebaiknya menggunakan Unmanag VPS, Jika kamu adalah seseorang yang memahami tentang teknis server dan tidak ingin mengeluarkan biaya lebih untuk memanage server. 

Tanpa Ribet Teknis dengan VPS Managed Jagoan Hosting

VPS Managed

Siapa yang mau ribet urusin teknis server? Pasti enggak, kan? Yuk, pilih VPS Managed dari Jagoan Hosting! Nikmati kemudahan kelola server tanpa perlu pusing mikirin teknisnya.

Dengan layanan kami, tinggal fokus aja ke bisnis kamu, biar server kita yang urusin! Langsung aja cek di VPS Managed dari Jagoan Hosting.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
web server
Read More
Apa Itu Web Server? Fungsi, Contoh & Cara Kerjanya
Web server adalah salah satu bagian terpenting dari internet yang tidak bisa dipisahkan. Ketika berselancar di internet, sebenarnya…
vps vs dedicated hosting
Read More
Perbedaan VPS vs Dedicated Hosting, Pilih yang Mana?
Mau upgrade layanan hosting, Sob? Kenali dulu perbedaan VPS vs dedicated hosting biar tidak salah pilih. Dua layanan…