10+ Contoh Website Desa dengan Desain Terbaik

contoh website desa

Sejauh ini, ada berapa banyak contoh website desa yang pernah kamu temukan? Indonesia merupakan negara yang luas dengan jumlah desa sebanyak 81.616. Coba, kamu bayangkan bila semua desa tersebut memiliki official website?

Pada hakikatnya, website merupakan sebuah media yang memungkinkan seseorang memperoleh data atau informasi dengan cepat di dunia maya. 

Konten-konten yang tersusun di dalam website, dibuat sedemikian rupa untuk memikat hati pembaca.

Tidak hanya memiliki konten yang menarik dan mudah dibaca, membuat website desa juga dikemas dengan desain eye catching. Sehingga, para pengunjung tidak bosan untuk browsing atau mencari informasi.

Apa Itu Website Desa?

website desa

Setiap desa di Indonesia mempunyai keindahan tersendiri yang menunjukkan keberagaman hayati. Melalui website profile desa, diharapkan keindahan atau daya tarik desa dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat.

Website desa menjadi media informasi selain wawancara langsung yang menampilkan kondisi desa secara real. Konten yang dibuat mayoritas menceritakan history atau kegiatan yang terlaksana di desa tersebut.

Kegiatan istimewa seperti peringatan kelahiran Indonesia, maupun kegiatan lainnya yang berhubungan dengan adat maupun kebudayaan desa.

Bagaimana pun juga, website desa berbeda dari situs biasa. Konten yang dipublikasikan mencerminkan wajah desa dalam warna yang positif.

Manfaat Website Desa

manfaat website desa

Setiap informasi yang dipublikasikan dalam internet memiliki tujuan tertentu. Tahukah kamu, apa saja manfaat membuat dan mengelola website desa? Yuk, simak pembahasannya di bawah ini:

1. Memperkenalkan Desa secara Nasional

Kamu mungkin tinggal di desa yang indah dengan perairan yang jernih dan udara sejuk. Namun, sudahkah desa milikmu dikenal publik?

Memperkenalkan desa secara nasional jauh lebih mudah melalui website desa. Biaya pembuatan template website desa juga cukup terjangkau. Kamu hanya perlu menentukan konsep yang tepat supaya desainnya unik dan atraktif.

2. Meningkatkan Pariwisata Desa

Desa yang cantik dapat menjadi salah satu faktor pertumbuhan ekonomi apabila dimanfaatkan dengan maksimal. Oleh karena itu, buatlah website desa untuk meningkatkan jumlah pelancong yang datang.

Cek Konten Lainnya:
22+ Contoh Website Toko Online yang Elegan dan Menarik

Ambil gambar terbaik dari lokasi yang paling indah. Manfaatkan semua potret tersebut untuk menunjukkan karakteristik desa kamu ke masyarakat.

Terkadang, cukup dari foto saja pelancong merasa tertarik untuk berkunjung. Tentunya, kondisi desa kamu juga harus selalu dirawat agar tidak hanya indah di foto tapi juga cantik ketika dilihat aslinya.

3. Transfer Informasi Lebih Mudah dan Efisien

Tertarik mentransfer informasi tentang desa dengan mudah secara daring? Kamu hanya perlu memilih CMS website desa yang tepat. Contohnya CMS yang sering digunakan adalah Opensid, WordPress.org hingga CMS Blogger.

Informasikan semua hal menarik seputar desa. Informasi-informasi yang kamu publikasikan dalam website, akan sangat membantu orang lain. Terutama, mereka yang tertarik untuk berkunjung dalam waktu dekat.

Contoh Website Desa Desain Terbaik

Ingin desa kamu menjadi pusat perhatian dari banyak orang? Pelajari terlebih dahulu contoh website berikut ini sehingga kamu bisa mempunyai gambaran akan website desa yang tepat.

1. Bibury – Inggris

bibury village

Ada banyak hal menarik yang bisa kamu eksplorasi saat menjelajahi https://www.bibury.com/. Bibury merupakan salah satu desa terindah yang dapat kamu temukan saat menjelajahi Inggris.

Menjelajahi desa ini, akan mengingatkanmu pada abad ke-17. Bangunannya masih sangat tradisional dan memang sengaja dikondisikan seperti demikian.

Ketika membuka contoh website desa ini, kamu akan menemukan banyak menu termasuk “Places to eat and drink. Tempat ini menjadi andalan pelancong untuk mencicipi hidangan autentik Inggris.

2. Muerren – Swiss

desa muerren swiss

Kamu tertarik menikmati pemandangan salju yang indah? Datanglah ke desa Muerren yang terletak di Swiss. Desa ini menjadi salah satu tempat wisata terbaik untuk kamu yang hobi berpetualang.

Tidak hanya menikmati salju, kamu juga bisa menjelajahi jalan setapak yang luas atau sekedar menenangkan pikiran dengan menghirup udara yang segar. Penasaran? Cek informasinya di https://muerren.swiss/en/summer/.

Website desa ini sangat indah dan menggunakan potret yang tepat. Sama seperti desa wisata pada umumnya, Muerren juga menyediakan beragam atraksi alam menarik yang wajib kamu coba.

3. Cochem – Jerman

desa cochem jerman

Jerman bukanlah negara yang asing bagi Indonesia, akan tetapi apa sob tahu menahu mengenai Cochem? Cochem merupakan sebuah desa dengan pemandangan yang sangat indah.

Cek Konten Lainnya:
Pengertian OOP (Object Oriented Programming) dan 4 Prinsipnya

Selain memiliki view cantik, desa tradisional Jerman ini juga menawarkan pengalaman unik berkunjung ke kebun anggur. Pemandangan lembah sungai juga dapat menemani hari-hari kamu selama liburan.

Silahkan lihat lebih dekat Cochem dengan mengunjungi website https://cochem.de/?lang=en. Contoh website desa ini sebenarnya cukup sederhana. Yang istimewa adalah adanya webcam desa berteknologi canggih yang sengaja ditambahkan.

4. Hallstatt – Austria

hallstatt village

Bentang keindahan Hallstatt mungkin mengingatkan kamu pada Cochem. Mengapa tidak, karena desa ini memiliki pemandangan danau yang tak kalah indahnya.

Desa Hallstatt berada persis di Danau Hallstatt. Desa ini tidak hanya memiliki alam yang menarik tapi juga keindahan sejarah. Terdapat museum yang usianya 7000 tahun pada Hallstatt.

Desa ini ternyata juga memiliki sebuah website yang bisa kamu kunjungi di link https://www.hallstatt.net/home-en-US/ ini.

5. Woodstock – Amerika Serikat

desa woodstock

Apakah kamu suka menonton film koboi? Wujudkan keinginan tersebut dengan mengunjungi Sleepy Hollow. Tempat ini adalah peternakan sekaligus perkebunan yang terdapat di Woodstock.

Kamu yang ingin menyaksikan keindahan sempurna, sebaiknya berlibur ke desa ini pada musim semi. Silahkan cek foto Woodstock yang menarik pada https://www.woodstockvt.com/.

6. Albarrcin – Spanyol

albarracin

Daya tarik utama yang bisa kamu lihat saat mengunjungi website https://www.albarracin.es/en/ adalah potret pemandangan Albarrcin yang atraktif. Website desa ini juga memiliki beragam menu sederhana yang dapat kamu akses dengan mudah.

Meskipun jarak Indonesia dan Spanyol tidaklah dekat tetapi dengan berselancar pada website ini, kamu merasa menjadi semakin familiar. Desa ini memiliki pemandangan alam yang indah, budaya yang unik hingga hiburan menyenangkan.

7. Wengen – Swiss

Kembali ke Swiss, usai menjelajahi Muerren kamu dapat menyempatkan diri untuk menyapa Wengen. Desa ini memiliki landscape pemandangan Pegunungan Alpen yang indah.

Kelebihan lainnya, Desa ini juga mempunyai kualitas udara yang sangat baik. Sejak 100 tahun yang lalu, Wengen tidak pernah kedatangan pengendara motor. Mayoritas warga atau pelancong menjelajahi desa ini dengan bersepeda atau jalan kaki.

Wengen juga menjadi pusat wisata. Jangan heran, jika kamu bertemu banyak pelancong mancanegara. Kunjungi situsnya di https://wengen.swiss/en/summer/. Datanglah saat musim dingin untuk menikmati wisata ski.

8. Eze – Perancis

Desain website desa ini sangat sederhana. Bahkan, kamu dapat menemukan berbagai informasi dalam beranda. Apa yang menarik dari Eze?

Desa yang terletak persis antara Monaco dan Nice ini mempunyai bentang alam yang cantik. Sejauh mata memandang, pemandangan lautan adalah view utama yang tersaji.

Cek Konten Lainnya:
UI/UX Designer: Prospek Kerja, Skill & Gajinya

Desa ini juga masih melestarikan bangunan tua abad dahulu. Kamu yang hobi fotografi dan arsitektur akan sangat termanjakan ketika berlibur ke sini. Cek detailnya pada http://www.eze-tourisme.com/en/.

9. Giethoorn – Belanda

giethoorn

Siapa yang tak mengenai Venice, Italia? Pemandangan indah khas Venice juga bisa kamu dapatkan saat mengunjungi Giethoorn.

Pemerintah desa memanfaatkan sungai di desa ini dengan sangat baik. Kamu jangan terkejut jika menemukan banyak paket wisata air seperti mengelilingi desa dengan kapal pribadi, kapal biasa hingga kapal berkapasitas besar.

Menariknya lagi, pada musim dingin, sungai yang membeku warga desa manfaatkan sebagai tempat berseluncur. Cari tahu lebih banyak perihal Giethoorn pada https://giethoornvillage.com/.

10. Hobbiton – Selandia Baru

hobbiton

Desa ini memiliki nuansa magis yang tak bisa kamu tolak. Pemandangannya sangat indah dengan arsitektur bangunan unik. Ingin berkunjung ke sana? Cek terlebih dahulu website desanya https://www.hobbitontours.com/.

Hobbiton menjadi salah satu tempat wisata yang paling sering pelancong kunjungi terutama bagi yang hobi fotografi. Desa ini menyimpan banyak spot foto menarik yang dapat kamu jelajahi sepanjang hari.

11. Kiso – Jepang

desa kiso jepang

Link website desa dari tempat ini adalah https://en.visitkiso.com. Desa Kiso cukup populer di kalangan pelancong mancanegara. Desa ini memiliki pemandangan indah yang sangat memikat.

Ketika berkunjung ke sini, jangan lupa untuk menjajaki jalanan Nakasendo. Kamu juga bisa berkunjung ke Dataran Tinggi Kaida.

Dataran tinggi ini memiliki suasana yang sangat menyenangkan. Cocok untuk siapa pun yang ingin healing dan bersantai.

Apa pendapat kamu tentang semua website desa di atas? Menurutmu, apakah biaya pembuatan website desa tersebut mahal?

Bikin Website Desa Pakai Jagoan Hosting

Mahal tidaknya pembuatan website desa tergantung dari tingkat kesulitan desainnya. Untuk tutorial mudah bikin web untuk desa bisa cek:

Cara Mudah Membuat Website Desa

buat website pakai jagoan hosting

Namun, untuk pengalaman yang mengesankan, gunakanlah domain dan hosting di provider terpercaya. Salah satunya adalah Jagoan Hosting. Yuk, segera online-kan website kamu seperti beberapa contoh website desa di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
template LMS
Read More
11+ Template Learning Management System (LMS) Terbaik
Walaupun website dipakai untuk kebutuhan learning management system, bukan berarti visual menjadi tidak penting. Murid tentu akan jadi…
contoh website event
Read More
10+ Contoh Website Event dengan Konsep Desain Terbaik
Setiap contoh website event memiliki fokus dan tujuan yang berbeda-beda. Mulai dari memfasilitasi pertemuan, pengelolaan acara hingga memenuhi…