20+ Kombinasi Warna Website dengan Perpaduan Apik

kombinasi warna website

Mungkin kamu pernah melihat kombinasi warna website saat mengunjungi suatu website. Setelah melihatnya, kamu merasa sangat suka dan ingin scroll dan membaca seluruh konten yang ada di website tersebut.

Itu salah satu alasan pentingnya memilih kombinasi warna website. Sah-sah saja memilih warna web sesuai selera, tetapi alangkah lebih baik menggunakan warna sesuai selera user.

Tips Memilih Kombinasi Warna Website

Sebelum merekomendasikan perpaduan warna apa saja yang cocok untuk website, kami akan memberikan beberapa tips terlebih dahulu bagaimana memilih kombinasi warna yang pas untuk sebuah website. Yuk, simak tips berikut:

1. Tentukan Branding Website Terlebih Dahulu

Warna adalah salah satu cara untuk menentukan branding sebuah website. Kamu harus tahu terlebih dahulu sekiranya citra apa yang ingin kamu tunjukkan melalui website tersebut.

Sebagai contoh, website alodokter.com menggunakan kombinasi warna biru dan putih karena merupakan website kesehatan. Putih bisa dilihat sebagai sesuatu yang bersih dan sehat sedangkan warna biru mengarah kepada air mineral yang sehat.

Alodokter ingin menunjukkan citra bahwasanya web tersebut ingin menyampaikan informasi kesehatan yang bermanfaat bagi banyak orang. Hal yang sama juga harus kamu lakukan dalam memilih kombinasi warna untuk website.

Fakta membuktikan bahwa warna membuat 80% mengenali suatu brand. Maka dari itu, pemilihan warna harus menyesuaikan branding supaya website konsisten dan memiliki branding kuat.

2. Ketahui Tujuan Website Termasuk Setiap Halamannya

Biasanya sebuah website dinamis itu terdiri atas beberapa halaman. Setiap halaman ini memiliki tujuannya masing-masing.

Sebagai contoh, pada bagian homepage dibuat untuk menyambut user atau pengguna yang mengunjungi website. Maka dari itu, alangkah lebih baik jika memilih warna website yang menarik perhatian.

Jangan sekali-sekali menggunakan kombinasi warna yang bikin sakit mata pengunjung. Contoh, background warna hitam dan font tulisan warna coklat. Jelas, hal ini membuat tulisan semakin terlihat tidak jelas.

Begitu juga halnya untuk halaman lain. Contoh lain, pada halaman profil alangkah lebih baik menggunakan warna website elegan karena merupakan identitas dari website tersebut. 

User harus bisa membaca tulisan pada bagian itu dengan sangat jelas.

3. Sesuaikan dengan Target Pasar

Tips memilih kombinasi warna website selanjutnya, kamu juga harus mempertimbangkan target pasar dari website itu sendiri. Pastikan warna website menyesuaikan target pasar.

Coba saja lihat, website-website berita rata-rata menggunakan warna kuat dan tegas seperti merah, biru tua, dan abu-abu. Hal ini bukan tanpa alasan, sebab media ingin menunjukkan websitenya jujur dan serius.

Cek Konten Lainnya:
3 Bahasa Pemrograman Yang Wajib Dipahami Web Developer

Berbeda halnya dengan website belanja online, rata-rata warna yang digunakan adalah warna soft seperti merah muda, kuning, orange, hijau, dan warna yang tidak terlalu tua lainnya.

4. Pastikan Semua Bagian Terlihat Jelas

Tips memilih perpaduan warna untuk website berikutnya adalah memastikan bahwa semua bagiannya terlihat sangat jelas. Sebagus apapun warnanya, jika itu membuat bagian website lain tidak terlihat maka tidak ada gunanya.

Misalnya, pada bagian font tulisan kamu menggunakan warna hitam. Sementara itu, warna backgroundnya justru berwarna coklat.

Apa yang terjadi? Selain tulisannya yang tidak jelas, tampilannya pun juga kurang menarik karena warnanya gelas. Sejatinya sah-sah saja menggunakan warna gelap, tetapi kamu harus menyesuaikannya dengan font tulisan.

Jika memang kamu ingin menggunakan background coklat tua, maka jangan gunakan font tulisan hitam atau warna gelap lainnya. kamu harus menggunakan font berwarna cerah seperti putih.

Teori Psikologi Warna untuk Website

Dalam memilih kombinasi warna untuk website, kamu bisa menggunakan teori psikologi. Untuk kamu ketahui, psikologi warna adalah ilmu yang mempelajari warna sebagai faktor yang bisa mempengaruhi perilaku manusia.

Warna itu sangat mempengaruhi emosi manusia. Ketika manusia melihat warna tertentu ia akan bereaksi menyesuaikan warna yang dilihatnya.

Maka dari itu, saat ini banyak sekali perusahaan yang menggunakan psikologi warna dalam mempertimbangkan warna untuk website mereka. Brand akan lebih mudah dikenali apabila menggunakan ilmu psikologi warna.

Berikut ini beberapa macam warna dan artinya dalam ilmu psikologi:

1. Merah

Warna merah bisa diartikan keberanian dan kekuatan. Jika kamu melihat bendera Indonesia, salah satunya berwarna merah yang artinya berani.

Berbagai website pun ada yang menggunakan warna ini, salah satunya adalah CNN. Warna merah tersebut bisa menunjukkan jika CNN adalah media berita yang berani mempublikasikan berita sesuai fakta dan kenyataan.

Selain itu, warna merah juga bisa mengartikan kehidupan. Sebab, merah adalah warna darah manusia yang melekat di dalam tubuh.

2. Biru

Banyak orang yang mengatakan bahwa biru adalah warna ketenangan. Tetapi, dalam dunia bisnis dan branding biru itu melambangkan kepercayaan dan profesionalisme.

Maka dari, banyak brand yang websitenya menggunakan warna satu ini. Antara lain yaitu Aqua, Danone, Le Minerale, BliBli, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Perusahaan-perusahaan tersebut ingin menunjukkan bahwa mereka mampu menjaga kepercayaan konsumen dan memberikan pelayanan profesional. Selain itu, warna biru juga bisa melambangkan kedamaian.

3. Kuning

Warna kuning bisa melambangkan kebahagiaan, optimisme, kecerian, dan rasa antusias. Biasanya warna ini dipilih oleh orang-orang yang ingin mendapatkan perhatian publik.

Warna ini juga bisa kamu aplikasikan pada website. Namanya juga web, pasti tidak afdol kalau sepi pengunjung bukan?

Selain itu, warna kuning yang melambangkan kebahagiaan membuat pengunjung merasa betah melihat website tersebut. Tetapi dengan catatan, kamu harus menggunakan kombinasi warna yang pas.

4. Hijau

Warna hijau sering kamu lihat pada tumbuh-tumbuhan. Tetapi, apa sesungguhnya arti warna hijau menurut ilmu psikologi warna?

Ternyata warna hijau itu melambangkan kemampuan menyeimbangkan emosi dan berkomunikasi. Selain itu, warna hijau juga dapat memberikan efek ketenangan dan relaksasi.

Salah satu brand besar yang menggunakan dominasi warna hijau pada websitenya yaitu Tokopedia. Kemungkinan besar Tokopedia ingin menunjukkan bahwa websitenya bisa menjadi tempat belanja yang tenang bagi pembelinya.

5. Orange

Orange, warna yang sering kita lihat pada buah jeruk ini pada dasarnya merupakan perpaduan warna merah dan kuning. Warna ini menunjukkan kesan kehangatan, harapan, petualangan, optimisme, dan kepercayaan diri.

Ada banyak brand yang menggunakan warna orange sebagai warna dasar pada websitenya. Salah satunya yang sangat terkenal adalah Shopee.

Cek Konten Lainnya:
Developer Produk Wajib Cari Tahu! Apa itu Paper Prototyping

Shopee ingin memberikan kesan hangat dan ramah kepada siapa pun yang belanja di marketplace tersebut.

6. Hitam

Warna hitam juga banyak pihak yang mengaplikasikannya pada website. Secara psikologis, warna hitam memberikan kesan berani, kuat, dan dominan.

Selain itu, warna satu ini juga dapat membangkitkan emosi seperti rasa sedih dan amarah. 

Perusahaan yang menampilkan warna hitam pada website mereka bisa menemukan bahwa perusahaan tersebut ingin memberi kesan dominan dan unggul daripada para pesaingnya.

Kombinasi Warna Website dengan Perpaduan Apik

Berikut ini berbagai kombinasi warna yang bagus untuk kamu terapkan pada website yang akan dibuat:

1. Hitam dan Putih

Bagi sebagian orang mungkin kombinasi kedua warna ini terlihat biasa-biasa saja. Akan tetapi, dalam dunia bisnis kedua warna ini bisa menjadi kombinasi yang sangat pas.

Hitam memberikan kesan profesional, sedangkan putih berarti baik atau suci. Jadi, kedua warna dapat memberikan pesan jika brand dapat memberikan pelayanan yang baik secara profesional.

2. Warna Mute

Rekomendasi warna website yang bagus selanjutnya adalah mute. Istilah ini merujuk kepada warna yang memberikan kesan hangat dan sederhana.

Kamu dapat menggunakan perpaduan warna pale gold, silk, paper, dan charcoal. Hasilnya pun terlihat elegan meski bukan warna strong.

3. Neon Tones

Neon Tones merupakan salah satu kombinasi warna website terbaik. Kombinasi satu ini memadukan antara warna gelap dengan warna yang sebenarnya kontras tetapi tetap terlihat stunning.

Misalnya, kamu memadukan ungu, pink, dan biru diatas background hitam. Ungu warna cenderung gelap sedangkan pink terang tetapi hasilnya tetap bagus.

4. Warna Bersahaja

Maksud dari warna bersahaja ini adalah warna yang memadukan unsur coklat, hijau, dan biru yang dapat memberikan perasaan tenang dan alami.

Warna ini sangat cocok untuk website perjalanan atau travel. Selain itu, website kesehatan juga cocok untuk warna ini.

5. Elegan dan Futuristik

Warna website elegan dan futuristik  dipilih untuk memberikan kesan mewah dan profesional. kamu bisa memilih perpaduan ini untuk memberikan kesan bahwa  bisnis kamu profesional dan sudah sangat maju.

Salah satu contoh warna elegan adalah burgundy yang merupakan perpaduan antara warna merah dan ungu.

6. Modern and Clean

Perpaduan warna yang satu ini membuat website terlihat rapi dan modern. Kamu dapat menggunakan kombinasi warna terang dan warna yang lebih soft seperti abu-abu muda dan orange.

Dengan begitu, tampilan website semakin terlihat cantik dan siapa pun yang melihatnya akan semakin tertarik.

7. Minimalis

Warna minimalis satu ini memadukan warna hasil saturasi dan warna mute untuk menghasilkan warna yang elegan. Perpaduan warna yang bisa kamu gunakan yaitu dusty, lavender, overcast, dan paper.

8. Mewah dan Premium

Apabila website kamu menargetkan orang-orang kelas atas, maka kamu bisa memakai warna mewah dan premium. Warna bold dapat menyampaikan kesan kemewahan dan kecanggihan pada sebuah brand.

9. Pastel dan Muted

Warna pastel dan muted dapat memberikan suasana yang lebih tenang dan santai. Selain itu, warna ini juga menunjukkan kesan canggih dan elegan.

Beberapa contoh warna pastel yaitu hijau muda, hijau tosca, hijau mint, olive, coklat muda, mocca, khaki, beige, dan masih banyak lagi yang lainnya.

10. Tenang dan Mengundang

Rekomendasi kombinasi warna website selanjutnya adalah warna-warna tenang dan mengundang. Hal ini bertujuan supaya pengunjung merasa nyaman berkunjung ke website tersebut.

Beberapa contohnya yaitu biru laut, biru abu-abu, biru bayi, ungu muda, ungu abu-abu, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Cek Konten Lainnya:
Apa itu Divi Builder? Kelebihan, Fitur & Cara Menggunakan

11. Bold and Warm

Warna-warna yang tebal dan hangat dapat menghasilkan skema yang unik, tampilannya menjadi lain daripada yang lainnya. Kamu dapat memilih kombinasi warna merah, hijau, dan ungu menciptakan kesan dreamy.

12. Clean and highlighted

Contoh warna clean and highlighted adalah warna biru muda, abu-abu, dan warna netral lainnya. Warna-warna tersebut bisa kamu kombinasikan supaya website terlihat bersih dan rapi.

Selain itu, pastikan kamu menggunakan font dengan warna sesuai supaya konten yang ada di dalamnya dapat terhighlight dengan sangat baik.

13. Art History

Skema warna website art history sangat cocok untuk website bertemakan sejarah. Warna-warna seperti kuning terang, hijau tua, dan biru laut bisa kamu gunakan.

14. Fun and Professional

Perpaduan warna fun and profesional adalah warna yang sifatnya warm. Contohnya yaitu warna fresh, vermilion, sunshine, dan dan clean.

15. Surf and Turf

Surf and Turf merupakan perpaduan warna yang sangat cocok kamu aplikasikan pada website travel atau bertemakan alam. 

Warna ini memberikan suasana terang dan lembut. Kamu dapat memadukan warna sandstone, burnt orange, sea, dan lagoon.

16. Cantik dan Menyegarkan

Kombinasi warna untuk website selanjutnya mengusung tema cantik dan menyegarkan. Perpaduan yang sangat cocok untuk website bertemakan wanita, feminisme, atau sejenisnya. 

Warna-warna yang bisa digunakan yaitu aquamarine, turquoise, canary yellow, dan pink tulip. Kombinasi keempatnya akan menghasilkan tampilan web yang sangat cantik. 

17. Elegan dan Sederhana

Apabila kamu menginginkan tampilan website sederhana tetapi tetap terlihat elegan, kamu dapat memilih warna yang memberikan kesan elegan dan sederhana. Contohnya yaitu biru dan hijau.

Warna biru dapat diasosiasikan sebagai kepercayaan atau keandalan, sedangkan warna biru merujuk pada ketenangan.

18. Segar dan Terang

Untuk mengkombinasikan dua atau beberapa warna juga dapat memberikan kesan terang dan segar. Warna ini membuat tampilan website kamu terlihat menonjol dan nampak fresh.

Beberapa warna yang dapat kamu kombinasikan yaitu warna petal, poppy, stem, dan spring green.

19. Nuansa Jeruk

Sesuai dengan namanya, kombinasi warna ini terinspirasi dari buah jeruk dengan dominasi warna orange. Warna tersebut bisa kamu kombinasikan dengan warna-warna lain seperti kuning, olive green, dan lime.

20. Biru Dingin dan Kelabu

Warna-warna biru dingin dan kelabu sangat cocok dikombinasikan karena memiliki visualisasi yang sangat baik.Kombinasi warna untuk konsep yang satu ini yaitu overcast, warm gray, ice, dan glacier blue.

Itulah dia berbagai rekomendasi warna website apik yang bisa kamu pilih. Selain warna, hosting adalah bagian lain yang harus kamu pertimbangkan dengan baik saat akan membuat website. 

21. Segar dan Energik

Perpaduan warna website selanjutnya yaitu mengusung suasana segar dan energik. Kamu bisa memilih warna blue sky, granite, pine, dan fields. 

Cari hosting berkualitas dengan harga terjangkau? Jawabannya tentu saja JagoanHosting. Hosting murah tetapi tidak bikin kantong terkuras.

FAQ

Apakah website bagus jika menggunakan satu warna saja?

Boleh-boleh saja menggunakan satu warna? Hanya saja, lebih baik gunakan beberapa kombinasi warna website supaya tampilannya lebih menarik.

Apakah ada tools untuk cari referensi warna?

Ada ob, kamu bisa pakai tools color.adobe.com, coolors.co, atau colorhunt.co.

Apakah bagus mengkombinasikan banyak warna sekaligus?

Bisa jadi bagus, bisa jadi jelek tergantung warna apa saja yang kamu kombinasikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
template webiste berita
Read More
9+ Template Website Portal Berita Online Siap Pakai
Sebagai situs yang menyajikan kabar dan informasi terkini, portal berita perlu menggunakan template khusus. Untungnya, ada banyak template…
cara membuat landing page
Read More
Cara Membuat Landing Page yang Menarik & Mudah
Jika kamu berjualan suatu produk lewat website maka membuat landing page yang bagus merupakan hal yang mutlak. Alasannya…