Bagi kamu pemilik website, baik website toko online maupun portfolio, tahukah bahwa desain situs memiliki peran yang sangat penting karena memberi first impression bagi para pengunjung? Yup, contoh desain website sederhana yang keren pastinya akan berdampak secara langsung pada tujuan website.

Sebut saja jika kamu membangun website untuk berbisnis, desain situs yang menarik mampu meningkatkan penjualan. 

Lalu, desain situs yang menawan juga bisa membuat recruiter terpukau apabila kamu memanfaatkan website sebagai portfolio urusan pekerjaan.

Jadi, dapat dikatakan jika mendesain website adalah hal yang tak boleh dilakukan secara sembarang. Ada aspek-aspek tertentu untuk diperhatikan maupun dipertimbangkan.

Sayangnya, mendesain website bukanlah sesuatu yang mudah. Tapi tenang saja, sebab ada beberapa contoh desain website terbaik yang bisa kamu jadikan inspirasi untuk membangun situs webmu sendiri. Yuk langsung saja cek macam-macam webnya di bawah ini!

10 Contoh Desain Website Keren yang Menarik Perhatian

Berdasarkan data yang dihimpun oleh Jagoan Hosting, dunia internet sudah memiliki 1,89 miliar website, cukup fantastis kan, Sob! Dengan jumlah fantastis tersebut, Jagoan Hosting merangkum 10 website menarik untuk jadikan direferensi. Simak ulasannya di bawah ini.

1. FreshBooks

FreshBooks

Contoh desain website sederhana menarik yang pertama adalah FreshBooks. Website ini menjadi referensi buat kamu yang mencari buku atau software tertentu. 

FreshBooks menjadi salah satu contoh desain website terbaik dengan tampilan dominan warna sejuk berupa kombinasi biru dan putih. Selain itu, FreshBook juga tampil dengan homepage lengkap dan mudah dimengerti bagi siapapun yang mengakses website ini. 

Berikut adalah beberapa fitur yang bisa kamu jadikan kamu contoh desain website keren dan sebagai referensi: 

  1. Dilengkapi dengan scroll behaviour yang user friendly yaitu, atas dan bawah. 
  2. Memiliki CTA dengan warna yang kontras dan mencolok. FreshBooks memakai warna hijau untuk CTA “Buy Now dan Save“, sehingga siapapun yang melihat CTA tersebut akan tertarik untuk mengklik. 
  3. Memiliki copywriting yang baik.
  4. Menunjukkan pilihan konsep desain yang unik dengan menggunakan konsep flat lay photography

2. Feed

Feed

Contoh desain website keren berikutnya adalah Feed. Website ini memiliki tampilan yang simpel, unik dan anti mainstream bila dibandingkan dengan website lainnya.

Hal uniknya adalah adanya video berupa galaxy yang diletakkan pada halaman homepage, sehingga pengunjung yang mengunjungi website ini tentunya akan penasaran dan tertarik untuk mengeksplor website Feed. 

Hal yang bisa dijadikan referensi dari Feed adalah:

1. Memiliki elemen desain yang menarik, unik, dan anti mainstream.

2. Menyajikan video singkat yang menjelaskan brand Feed. 

3. Memiliki menu bar yang lengkap. 

4. Mencantumkan nama serta logo brand pada homepage. 

Baca juga: Inilah 7 Contoh Header Website Keren Bisa Jadi Inspirasi!

3. Rainforest Guardians

Rainforest Guardians

Rainforest Guardian merupakan salah satu contoh desain website terbaik yang bisa dijadikan referensi. Website ini bergerak dalam bidang sosial dan imersif sejak tahun 2016.

Situs ini juga memiliki copywriting yang baik yaitu, terlihat di halaman homepage-nya mengajak setiap pengunjung untuk melindungi hutan agar tidak dirusak oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab. 

Berikut adalah fitur-fitur yang dimiliki oleh Rainforest Guardian yang bisa dijadikan referensi contoh desain website terbaik: 

  1. Memiliki tampilan desain homepage yang sangat responsif dan komunikatif. Fitur pada halaman website ini juga cukup interaktif, pengunjung bisa melakukan zoom out dan zoom in, untuk menggerakan kursor, dengan kemampuan ini pengunjung juga bisa melihat berbagai desa dan saluran air seperti berada di Hutan Amazon. 
  2. Memiliki penjelasan pada website yang lengkap dan mudah dipahami melalui desain website.
  3. Memiliki CTA langsung yang berwarna kontras dan jelas “Become a Protector” untuk mengajak siapapun melindungi hutan. 
  4. Memiliki teknologi AR pada homepage

4. Simply Chocolate

Simply Chocolate

Simply Chocolate bisa dijadikan salah satu inspirasi dan contoh desain website menarik berikutnya.

Siapapun yang mengunjungi website ini pasti ingin memakan coklat yang langsung tampil di homepage Simply Chocolate. Pemilik brand menampilkan coklat dengan berbagai warna yang dikemas dengan unik dan menggiurkan. 

Berikut adalah hal yang bisa dijadikan referensi dari contoh desain website keren, Simply Chocolate:

  1. Memiliki tampilan desain 3D dengan kombinasi warna yang netral dan sejuk, yang membuat setiap pengunjung seperti melihat coklat asli. 
  2. Memiliki CTA “SHOP” yang mengajak pengunjung untuk melakukan action berupa pembelian. 
  3. Memiliki konsep desain yang unik dan menarik. 
  4. Menerapkan scroll behavior yaitu, atas dan bawah. 
  5. Menyajikan informasi produk yang lengkap dengan penggunaan copywriting yang baik, harga, gambar hingga kelebihan produk. 

5. ETQ

ETQ

Contoh desain website keren berikutnya adalah ETQ. Website ini  cocok buat kamu yang sedang mencari inspirasi untuk membuat toko online atau e-commerce. ETQ adalah contoh desain website terbaik untuk menggambarkan toko online, khususnya pada penjualan sepatu. 

Memiliki tampilan desain yang sederhana dan minimalis, pengunjung langsung disuguhkan pilihan sepatu yang membuat fokus pengunjung langsung terarah pada sepatu. 

Hal yang dapat kamu jadikan inspirasi contoh desain website keren dari ETQ: 

  1. Mengkomunikasi brand secara kuat dan baik melalui penggunaan background layout sepatu pada homepage
  2. Menggunakan typography pada logo brand ETQ yang unik dan eye catching
  3. Memiliki pop up diskon dan promo yang akan membuat pengunjung tertarik untuk berlangganan email atau newsletter

Baca juga: 6 Contoh Website E-Commerce dan Tips Membuatnya!

6. The Economist

The Economist

Bagi para pembaca situs berita tentang ekonomi dan bisnis pasti sudah tidak asing lagi dengan The Economist. Contoh desain website menarik, lengkap serta mudah dipahami, salah satunya adalah website The Economist. 

Berikut adalah alasan mengapa The Economist bisa bisa dijadikan sebagai contoh desain website terbaik: 

1. Dilengkapi dengan menu dan tata letak yang rapi pada bagian atas homepage.

2. Memiliki proporsi letak yang ramah di mata. 

3. Merepresentasikan brand yang kuat dan baik, didominasi dengan logo berwarna merah dan warna netral seperti, putih, kuning, biru dan ungu. 

7. Boxbee 

Boxbee 

Contoh desain website terbaik selanjutnya adalah Boxbee. Boxbee merupakan gambaran website yang kuat dengan caranya menggambarkan produk. Selain itu, Boxbee juga mampu menggambarkan produknya dengan nyata dan lugas. 

Hal yang bisa dijadikan inspirasi dari contoh desain website menarik Boxbee adalah sebagai berikut:

1. Menggunakan copywriting simpel namun lugas.

2. Desain tampilan yang rapi dan tatanan menunya juga mudah dipahami. 

3. Didominasi dengan warna yang menggambarkan brand yaitu, kuning. Warna ini juga memberikan kesan Boxbee yang kalem dan elegan. 

4. Memiliki CTA “Get Started” dengan warna kontras. 

8. Evernote

Evernote

Evernote adalah salah satu contoh desain website terbaik dan simpel. Website ini memiliki informasi yang cukup lengkap dan padat. Desain dari website ini didominasi oleh warna netral dan warna sekunder (hijau) sehingga terkesan nyaman dan minimalis. 

Berikut adalah alasan Evernote bisa dijadikan inspirasi untuk membuat website: 

  1. Memiliki tagline yang lugas pada halaman homepage. 
  2. Memiliki CTA “Download” dengan warna yang kontras. 
  3. Memiliki kecepatan yang stabil dan tidak terlalu berat, hal ini lah yang merupakan faktor penting bagi web developer, dengan kecepatan ini juga akan membuat pengunjung nyaman saat mengakses website. 

9. Overflow

Overflow

Jika kamu mencari contoh desain website menarik namun sederhana, Overflow adalah pilihan yang tepat.

Overflow didominasi dengan warna putih dan ikon yang menarik dan tetap memperkuat kesan simpelnya. Overflow adalah perusahaan digital agency yang menyediakan jasa desain untuk klien. 

Berikut adalah hal yang bisa dijadikan inspirasi dari Overflow, sebagai contoh desain website terbaik:

  1. Memiliki CTA dengan warna kontras “Start For Free” selain itu, Overflow menggunakan copywriting “Free” yang akan membuat pengunjung tertarik untuk mengklik CTA tersebut. 
  2. Menambahkan video pada homepage yang menjelaskan flow diagram yang menjelaskan cara kerja bekerja dengan klien. 
  3. Kombinasi dari berbagai warna netral yang membuatnya memiliki kesan simpel dan ceria. 

10. Sennep 

Sennep 

Sama seperti Overflow, Sennep juga perusahaan digital agency yang menawarkan desain karakter 3D unik. Jika pertama kali mengunjungi website Sennep, kesan pertama kali yang tergambar adalah kesan simpel dan minimalis. 

Hal yang bisa dijadikan inspirasi dari website Sennep adalah: 

  1. Memiliki desain 3D sebagai desain website, dengan desain ini juga membuat website terkesan interaktif, karena seolah-olah berkomunikasi dengan pengunjung.
  2. Memiliki gambar GIF sebagai thumbnail yang merupakan hal anti mainstream dibandingkan dengan website-website pada umumnya. Inilah yang membuat pengunjung Sennep tertarik dan nyaman untuk mengeksplorasi websitenya.

Baca juga: Mengenal Jenis-Jenis Website Berdasarkan Sifat dan Fungsinya

Tips Membuat Desain Website

Setelah mengetahui contoh desain website terbaik di atas. Berikutnya Jagoan Hosting akan merekomendasikan kamu beberapa tips untuk membuat desain website yang baik. Langsung simak ulasannya di bawah ini, Sob!

1. Desain Website secara Sederhana dan Rapi

Tips yang pertama adalah membuat desain yang rapi dan sederhana. Dengan desain yang rapi akan membuat pengunjung lebih mudah membaca informasi yang kamu cantumkan pada website. 

Jangan terlalu banyak menggunakan font atau gambar berlebihan. Pilihlah font dan gambar yang mempresentasikan informasi yang ingin kamu sampaikan.

Pastikan menambahkan CTA yang jelas dan lugas dengan menggunakan warna kontras dan lebih tebal dibandingkan dengan font yang lain. 

2. Susun Tatanan Konten agar Mudah Dibaca

Pastikan setiap halaman memiliki penataan yang baik dan mudah dibaca. Biasanya pengunjung akan mengalami kesulitan dengan website yang memiliki konten tidak tertata dengan baik.

Kamu bisa memulainya dengan menempatkan posisi sebagai pengunjung, kira-kira jika sebagai pengunjung informasi penting apa yang perlu kamu sampaikan terlebih dahulu. 

3. Desain Website agar Cocok di Semua Perangkat

Saat ini banyak orang yang sudah memiliki gadget mulai dari laptop hingga smartphone. Pastikan desain website yang ingin kamu kembangkan adaptif dan responsif pada semua perangkat seperti, tablet, PC, smartphone, dan lain sebagainya. 

4. Gunakan Desain Umum agar Mudah Di Navigasikan

Pastikan menggunakan desain yang umum agar mudah di navigasikan. Navigasi yang jelas akan membuat pengunjung betah untuk eksplorasi website.

Pengunjung pun akan nyaman berada disana. Selain itu, penggunaan desain website yang umum akan mempercepat speed up situs kamu. Jika kecepatan website mu lambat, kamu akan kehilangan banyak visitor. 

5. Konsisten pada Desain 

Buatlah website memiliki ciri khas sendiri. Jadi, hindari untuk sering mengubah desain website. Seperti, contoh-contoh website di atas, mereka cenderung memakai warna-warna yang menjadi brand identitas produk atau jasa yang ditawarkan. 

Itulah berbagai contoh desain website keren terbaik yang bisa jadi sumber inspirasi. Setelah mendapatkan ide dan gambaran untuk desain situs web mu. Pastikan kamu juga memilih layanan hosting terbaik untuk mulai membuat websitemu sendiri! 

Hanya dengan 9 RIBU rupiah kamu sudah bisa mendapatkan layanan hosting dan GRATIS domain dari Jagoan Hosting. Setelah berlangganan dengan Jagoan Hosting, jangan lupa menerapkan beberapa tips yang telah disebutkan di atas, ya! Semoga bermanfaat!

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like