22+ Contoh Desain Website Keren untuk Dijadikan Inspirasi

contoh desain website

Bagi kamu pemilik website, baik website toko online maupun portfolio, tahukah bahwa desain situs memiliki peran yang sangat penting karena memberi first impression bagi para pengunjung? Yup, contoh desain website sederhana yang keren pastinya akan berdampak secara langsung pada tujuan website.

Sebut saja jika kamu membuat website untuk berbisnis, desain situs yang menarik mampu meningkatkan penjualan. 

Lalu, desain situs yang menawan juga bisa membuat recruiter terpukau apabila kamu memanfaatkan website sebagai portfolio urusan pekerjaan.

Jadi, dapat dikatakan jika mendesain website adalah hal yang tak boleh dilakukan secara sembarang. Ada aspek-aspek tertentu untuk diperhatikan maupun dipertimbangkan.

Sayangnya, mendesain website bukanlah sesuatu yang mudah. Tapi tenang saja, sebab ada beberapa contoh desain website terbaik yang bisa kamu jadikan inspirasi untuk membangun situs webmu sendiri. Yuk langsung saja cek macam-macam webnya di bawah ini!

Contoh Desain Website Keren yang Menarik Perhatian

Berdasarkan data yang dihimpun oleh Jagoan Hosting, dunia internet sudah memiliki 1,89 miliar website, cukup fantastis kan, Sob! Dengan jumlah fantastis tersebut, Jagoan Hosting merangkum 10 website menarik untuk jadikan direferensi. Simak ulasannya di bawah ini.

1. FreshBooks

FreshBooks

Contoh desain website sederhana menarik yang pertama adalah FreshBooks. Website ini menjadi referensi buat kamu yang mencari buku atau software tertentu. 

FreshBooks menjadi salah satu contoh desain website terbaik dengan tampilan dominan warna sejuk berupa kombinasi biru dan putih. Selain itu, FreshBook juga tampil dengan homepage lengkap dan mudah dimengerti bagi siapapun yang mengakses website ini. 

Berikut adalah beberapa fitur yang bisa kamu jadikan kamu contoh desain website keren dan sebagai referensi: 

  1. Dilengkapi dengan scroll behaviour yang user friendly yaitu, atas dan bawah. 
  2. Memiliki CTA dengan warna yang kontras dan mencolok. FreshBooks memakai warna hijau untuk CTA “Buy Now dan Save“, sehingga siapapun yang melihat CTA tersebut akan tertarik untuk mengklik. 
  3. Memiliki copywriting yang baik.
  4. Menunjukkan pilihan konsep desain yang unik dengan menggunakan konsep flat lay photography

2. Feed

Feed

Contoh desain website keren berikutnya adalah Feed. Website ini memiliki tampilan yang simpel, unik dan anti mainstream bila dibandingkan dengan website lainnya.

Hal uniknya adalah adanya video berupa galaxy yang diletakkan pada halaman homepage, sehingga pengunjung yang mengunjungi website ini tentunya akan penasaran dan tertarik untuk mengeksplor website Feed. 

Hal yang bisa dijadikan referensi dari Feed adalah:

1. Memiliki elemen desain yang menarik, unik, dan anti mainstream.

2. Menyajikan video singkat yang menjelaskan brand Feed. 

3. Memiliki menu bar yang lengkap. 

4. Mencantumkan nama serta logo brand pada homepage. 

Baca juga: Inilah 7 Contoh Header Website Keren Bisa Jadi Inspirasi!

3. Rainforest Guardians

Rainforest Guardians

Rainforest Guardian merupakan salah satu contoh desain website terbaik yang bisa dijadikan referensi. Website ini bergerak dalam bidang sosial dan imersif sejak tahun 2016.

Situs ini juga memiliki copywriting yang baik yaitu, terlihat di halaman homepage-nya mengajak setiap pengunjung untuk melindungi hutan agar tidak dirusak oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab. 

Berikut adalah fitur-fitur yang dimiliki oleh Rainforest Guardian yang bisa dijadikan referensi contoh desain website terbaik: 

  1. Memiliki tampilan desain homepage yang sangat responsif dan komunikatif. Fitur pada halaman website ini juga cukup interaktif, pengunjung bisa melakukan zoom out dan zoom in, untuk menggerakan kursor, dengan kemampuan ini pengunjung juga bisa melihat berbagai desa dan saluran air seperti berada di Hutan Amazon. 
  2. Memiliki penjelasan pada website yang lengkap dan mudah dipahami melalui desain website.
  3. Memiliki CTA langsung yang berwarna kontras dan jelas “Become a Protector” untuk mengajak siapapun melindungi hutan. 
  4. Memiliki teknologi AR pada homepage

4. Simply Chocolate

Simply Chocolate

Simply Chocolate bisa dijadikan salah satu inspirasi dan contoh desain website menarik berikutnya.

Siapapun yang mengunjungi website ini pasti ingin memakan coklat yang langsung tampil di homepage Simply Chocolate. Pemilik brand menampilkan coklat dengan berbagai warna yang dikemas dengan unik dan menggiurkan. 

Cek Konten Lainnya:
Yuk Ketahui! Prediksi Trend Programming di tahun 2020

Berikut adalah hal yang bisa dijadikan referensi dari contoh desain website keren, Simply Chocolate:

  1. Memiliki tampilan desain 3D dengan kombinasi warna yang netral dan sejuk, yang membuat setiap pengunjung seperti melihat coklat asli. 
  2. Memiliki CTA “SHOP” yang mengajak pengunjung untuk melakukan action berupa pembelian. 
  3. Memiliki konsep desain yang unik dan menarik. 
  4. Menerapkan scroll behavior yaitu, atas dan bawah. 
  5. Menyajikan informasi produk yang lengkap dengan penggunaan copywriting yang baik, harga, gambar hingga kelebihan produk. 

5. ETQ

ETQ

Contoh desain website keren berikutnya adalah ETQ. Website ini  cocok buat kamu yang sedang mencari inspirasi untuk membuat toko online atau e-commerce. ETQ adalah contoh desain website terbaik untuk menggambarkan toko online, khususnya pada penjualan sepatu. 

Memiliki tampilan desain yang sederhana dan minimalis, pengunjung langsung disuguhkan pilihan sepatu yang membuat fokus pengunjung langsung terarah pada sepatu. 

Hal yang dapat kamu jadikan inspirasi contoh desain website keren dari ETQ: 

  1. Mengkomunikasi brand secara kuat dan baik melalui penggunaan background layout sepatu pada homepage
  2. Menggunakan typography pada logo brand ETQ yang unik dan eye catching
  3. Memiliki pop up diskon dan promo yang akan membuat pengunjung tertarik untuk berlangganan email atau newsletter

Baca juga: 6 Contoh Website E-Commerce dan Tips Membuatnya!

6. The Economist

The Economist

Bagi para pembaca situs berita tentang ekonomi dan bisnis pasti sudah tidak asing lagi dengan The Economist. Contoh desain website menarik, lengkap serta mudah dipahami, salah satunya adalah website The Economist. 

Berikut adalah alasan mengapa The Economist bisa bisa dijadikan sebagai contoh desain website terbaik: 

1. Dilengkapi dengan menu dan tata letak yang rapi pada bagian atas homepage.

2. Memiliki proporsi letak yang ramah di mata. 

3. Merepresentasikan brand yang kuat dan baik, didominasi dengan logo berwarna merah dan warna netral seperti, putih, kuning, biru dan ungu. 

7. Boxbee 

Boxbee 

Contoh desain website terbaik selanjutnya adalah Boxbee. Boxbee merupakan gambaran website yang kuat dengan caranya menggambarkan produk. Selain itu, Boxbee juga mampu menggambarkan produknya dengan nyata dan lugas. 

Hal yang bisa dijadikan inspirasi dari contoh desain website menarik Boxbee adalah sebagai berikut:

1. Menggunakan copywriting simpel namun lugas.

2. Desain tampilan yang rapi dan tatanan menunya juga mudah dipahami. 

3. Didominasi dengan warna yang menggambarkan brand yaitu, kuning. Warna ini juga memberikan kesan Boxbee yang kalem dan elegan. 

4. Memiliki CTA “Get Started” dengan warna kontras. 

8. Evernote

Evernote

Evernote adalah salah satu contoh desain website terbaik dan simpel. Website ini memiliki informasi yang cukup lengkap dan padat. Desain dari website ini didominasi oleh warna netral dan warna sekunder (hijau) sehingga terkesan nyaman dan minimalis. 

Berikut adalah alasan Evernote bisa dijadikan inspirasi untuk membuat website: 

  1. Memiliki tagline yang lugas pada halaman homepage. 
  2. Memiliki CTA “Download” dengan warna yang kontras. 
  3. Memiliki kecepatan yang stabil dan tidak terlalu berat, hal ini lah yang merupakan faktor penting bagi web developer, dengan kecepatan ini juga akan membuat pengunjung nyaman saat mengakses website. 

9. Overflow

Overflow

Jika kamu mencari contoh desain website menarik namun sederhana, Overflow adalah pilihan yang tepat.

Overflow didominasi dengan warna putih dan ikon yang menarik dan tetap memperkuat kesan simpelnya. Overflow adalah perusahaan digital agency yang menyediakan jasa desain untuk klien. 

Berikut adalah hal yang bisa dijadikan inspirasi dari Overflow, sebagai contoh desain website terbaik:

  1. Memiliki CTA dengan warna kontras “Start For Free” selain itu, Overflow menggunakan copywriting “Free” yang akan membuat pengunjung tertarik untuk mengklik CTA tersebut. 
  2. Menambahkan video pada homepage yang menjelaskan flow diagram yang menjelaskan cara kerja bekerja dengan klien. 
  3. Kombinasi dari berbagai warna netral yang membuatnya memiliki kesan simpel dan ceria. 

10. Sennep 

Sennep 

Sama seperti Overflow, Sennep juga perusahaan digital agency yang menawarkan desain karakter 3D unik. Jika pertama kali mengunjungi website Sennep, kesan pertama kali yang tergambar adalah kesan simpel dan minimalis. 

Hal yang bisa dijadikan inspirasi dari website Sennep adalah: 

  1. Memiliki desain 3D sebagai desain website, dengan desain ini juga membuat website terkesan interaktif, karena seolah-olah berkomunikasi dengan pengunjung.
  2. Memiliki gambar GIF sebagai thumbnail yang merupakan hal anti mainstream dibandingkan dengan website-website pada umumnya. Inilah yang membuat pengunjung Sennep tertarik dan nyaman untuk mengeksplorasi websitenya.

Baca juga: Mengenal Jenis-Jenis Website Berdasarkan Sifat dan Fungsinya

11. Swab the World

swab the world

Ketika membuka website Swab the World, maka satu hal yang bisa langsung kamu temukan adalah perpaduan warna yang berani dan bentuk yang tajam. Hal ini mencerminkan misi Swab the World mengenai donasi sel induk. 

Cek Konten Lainnya:
Gak Cuma Coding, Ini Tugas Programmer Game Online

Setiap komponen dalam website ini juga sangat erat keterkaitannya dengan bentuk sel dalam tubuh. Secara teknis jika kamu mencoba menelusuri websitenya akan terasa natural, responsif, dan ringan. 

Desain ini bertujuan untuk memastikan setiap pembaca bisa menjangkau berbagai informasi yang berusaha untuk Swab the World sampaikan dan berusaha mengajak mereka untuk bergabung menjadi pendonor. 

12. 1917: In the Trenches 

1917 In The Trenches

Contoh desain website terbaik selanjutnya adalah 1917: In the Trenches yang merupakan salah satu desain website terbaik dari tahun 2019. Pada dasarnya, website ini dibuat untuk mempromosikan film 1917 yang memang tayang di 2019.

Karena memiliki tujuan untuk mempromosikan film, website ini pun berusaha membawa pembaca untuk mengalami dan merasakan petualangan seperti yang ada di dalam film. 

Kamu pun tidak hanya bisa mengakses website tersebut, tetapi juga berinteraksi dengan melihat-lihat tempat seperti yang ada di dalam film. Yang lebih kerennya lagi website tersebut juga memiliki efek suara yang sangat pas dengan suasana film.

13. TemplateMonster

template monster

Jika kamu masih membutuhkan inspirasi yang lebih banyak, TemplateMonster bisa jadi tempat yang pas untuk dituju. Karena di website ini terdapat banyak sekali contoh-contoh template website yang keren untuk berbagai niche. 

Nantinya kamu pun bisa mengotak atik sendiri template tersebut sesuai dengan kebutuhan dan preferensi pribadi. Selain itu, ada fitur menarik yang bisa kamu peroleh dari TemplateMonster, seperti:

  • Adanya fitur filter untuk mempersempit dan mempermudah proses mencari template sesuai kebutuhan. Kemudian bisa mengurutkan hasil pencarian tersebut dengan berbagai indikator yang berbeda seperti jenis platform, popularitas, fitur, dan lain sebagainya.
  • Terdapat sebuah tools yang bisa memberikan ide tentang cara mengatur konten yang ada di website supaya bisa menjadi lebih menarik bagi pengunjung website. 

14. NOWNESS

nowness

Jika kamu mencari contoh desain website yang mayoritas menggunakan media video, maka NOWNESS bisa menjadi contoh yang tepat. Seluruh konten yang ada di dalam website ini hadir dalam format video dengan durasi yang pendek. 

Jadi sebagai pengunjung website, kamu bisa melihat langsung apa yang ingin NOWNESS sampaikan melalui website mereka. Kamu bisa mendengar langsung seperti apa storytelling dalam setiap konten tersebut. 

Hal ini jelas selaras dengan misi yang ingin NOWNESS raih yaitu sebagai sumber inspirasi dan pengaruh untuk banyak hal. Seperti beauty (kecantikan), fashion, desain, seni, musik, travel, dan kuliner dalam format yang menarik. 

15. The Teacher’s Guild

the teachers guild

Contoh desain website keren selanjutnya bisa kamu peroleh dari website The Teacher’s Guild. Seperti namanya, ini merupakan sebuah website komunitas pendidik atau edukator yang menyasar berbagai tantangan dalam pendidikan. 

Dengan tampilan website yang menarik, tetapi juga penuh informasi membuat website ini sangat efektif untuk menyampaikan misi dari The Teacher’s Guild. Kamu bisa menjadikannya contoh ketika ingin membuat website bertema pendidikan. 

16. Awwwards 

site of the day

Hampir sama seperti TemplateMonster, Awwwards menjadi tempat yang pas untuk mencari inspirasi desain yang tidak hanya menarik tetapi user friendly. Di website ini terdapat banyak contoh desain yang sudah melalui penilaian ahli desain website. 

Penilaian ini bertumpu pada kreativitas, kegunaan, desain, dan konten. Dari contoh itulah kamu bisa mengimplementasikan website tersebut ke bidang website yang kamu tekuni. Beberapa fitur unggulan dari Awwwards adalah:

  • Tersedia banyak pilihan filter. 
  • Koleksi yang benar-benar terkurasi dengan baik. 
  • Banyak resource tersedia yang bisa menjadi sumber desain terbaik. 

17. SiteInspire

site inspire

Contoh desain website selanjutnya adalah SiteInspire. Sesuai dengan namanya, website ini memberikan banyak inspirasi desain website yang keren dan beragam. Mulai dari tema berita, anak-anak, dan lain sebagainya. 

Kamu bisa menemukan banyak sekali desain website yang responsif, ringan, sederhana, tetapi terlihat menarik dan elegan untuk pengunjung website. 

18. Zyro

zyro

Selanjutnya ada website Zyro yang bisa menjadi contoh nyata sebuah desain website yang tidak hanya intuitif, tetapi juga sangat menarik mata. Website ini hadir dengan format desain yang modern dan bersih. 

Zyro pun menyediakan fitur drag and drop yang jarang kamu temukan di website lain. Dengan fitur ini, kamu bisa mencoba mengedit dan menyesuaikan template website sesuai preferensi dan kebutuhan dengan lebih mudah. 

19. Hyer

hyer

Jika kamu mencari contoh desain website yang punya kesan tegas dan kuat, maka Hyer bisa menjadi referensi yang tepat. Hyer adalah website yang memiliki tema untuk promosi pesawat terbang. 

Tidak heran jika penampilannya tegas dengan garis-garis yang tegas dan gambar pesawat mendominasi. Navigasi websitenya pun jelas dan efektif. Pengunjung bisa menemukan banyak hal yang mereka cari dalam satu halaman sekaligus. 

Cek Konten Lainnya:
15+ Contoh Desain Web yang Sederhana dan Keren (Premium)

20. American Prime Steakhouse

american prime steakhouse

Selanjutnya ada American Prime Steakhouse yang merupakan website contoh desain web makanan. Tema website ini memang dibuat dengan sangat menarik dengan menunjukkan menu utama yang mereka jual, yaitu hidangan steak. 

Foto-foto steak tersaji di halaman awal website dan tampil menggugah selera. Tujuan dari adanya banyak foto tersebut adalah untuk semakin menarik minat konsumen. 

Dari segi menu, navigasi website ini pun terbilang efektif dengan hanya menyediakan 5 (lima) pilihan seperti Menu, Lokasi, Kontak, Delivery, dan Promo. 

21. Mikiya Kobayashi 

mikiya kobayashi

Kalau kamu mencari contoh desain website yang bagus sebagai portofolio, maka website Mikiya Kobayashi bisa menjadi contoh. Berprofesi sebagai produk desainer, Mikiya Kobayashi memamerkan berbagai karyanya di website dengan sangat apik.

Ketika melihat websitenya, kamu akan bisa langsung melihat berbagai hasil karyanya dengan berbagai kategori produk yang berbeda. Selain foto karya, website ini pun memuat informasi lain seperti profil, kontak, dan media sosial. 

22. Tej Chauhan 

tej chauhan

Hampir sama dengan Mikiya Kobayashi, Tej Chauhan memiliki website portofolio yang sangat impresif dan berisi hasil karya industrial desainnya yang mengagumkan. 

Di website ini kamu bisa melihat ada banyak sekali pekerjaan yang sudah Tej Chauhan selesaikan dengan sangat baik. Tidak hanya hasil karya, ada juga informasi lain seperti profil, jurnal, studio, dan contact person. 

23. Hello Monday 

hello monday

Terakhir ada contoh desain website sederhana, yaitu Hello Monday. Website ini yang minimalis, tetapi sangat artistik dan intuitif. 

Sesuai dengan bidang mereka, yaitu studio kreatif, Hello Monday menciptakan website yang menyenangkan dan penuh interaksi. Tampilannya memang didominasi oleh warna putih dan hitam, hanya dua warna saja. 

Akan tetapi, pengalaman menelusuri website ini terasa sangat menyenangkan karena efek animasi dan gerakannya yang sangat halus dan keren. Tidak hanya menarik, Hello Monday juga menyediakan informasi lengkap.Mulai dari Work, Services, About, Stories, dan Product.

Jadi pengunjung bisa mendapatkan informasi layanan mereka dengan mudah. Websitenya pun responsif sehingga memberikan experience yang baik untuk para pengunjung

Tips Membuat Desain Website

Setelah mengetahui contoh desain website terbaik di atas. Berikutnya Jagoan Hosting akan merekomendasikan kamu beberapa tips untuk membuat desain website yang baik. Langsung simak ulasannya di bawah ini, Sob!

1. Desain Website secara Sederhana dan Rapi

Tips yang pertama adalah membuat desain yang rapi dan sederhana. Dengan desain yang rapi akan membuat pengunjung lebih mudah membaca informasi yang kamu cantumkan pada website. 

Jangan terlalu banyak menggunakan font atau gambar berlebihan. Pilihlah font dan gambar yang mempresentasikan informasi yang ingin kamu sampaikan.

Pastikan menambahkan CTA yang jelas dan lugas dengan menggunakan warna kontras dan lebih tebal dibandingkan dengan font yang lain. 

2. Susun Tatanan Konten agar Mudah Dibaca

Pastikan setiap halaman memiliki penataan yang baik dan mudah dibaca. Biasanya pengunjung akan mengalami kesulitan dengan website yang memiliki konten tidak tertata dengan baik.

Kamu bisa memulainya dengan menempatkan posisi sebagai pengunjung, kira-kira jika sebagai pengunjung informasi penting apa yang perlu kamu sampaikan terlebih dahulu. 

3. Desain Website agar Cocok di Semua Perangkat

Saat ini banyak orang yang sudah memiliki gadget mulai dari laptop hingga smartphone. Pastikan desain website yang ingin kamu kembangkan adaptif dan responsif pada semua perangkat seperti, tablet, PC, smartphone, dan lain sebagainya. 

4. Gunakan Desain Umum agar Mudah Di Navigasikan

Pastikan menggunakan desain yang umum agar mudah di navigasikan. Navigasi yang jelas akan membuat pengunjung betah untuk eksplorasi website.

Pengunjung pun akan nyaman berada disana. Selain itu, penggunaan desain website yang umum akan mempercepat speed up situs kamu. Jika kecepatan website mu lambat, kamu akan kehilangan banyak visitor. 

5. Konsisten pada Desain 

Buatlah website memiliki ciri khas sendiri. Jadi, hindari untuk sering mengubah desain website. Seperti, contoh-contoh website di atas, mereka cenderung memakai warna-warna yang menjadi brand identitas produk atau jasa yang ditawarkan. 

Saatnya Bikin Website dengan Desain terbaik

Itulah berbagai contoh desain website keren terbaik yang bisa jadi sumber inspirasi. Setelah mendapatkan ide dan gambaran untuk desain situs web mu. Pastikan kamu juga memilih layanan hosting terbaik untuk mulai membuat websitemu sendiri! 

paket hosting murah

Hanya dengan 15 RIBU rupiah kamu sudah bisa mendapatkan layanan hosting dan GRATIS domain dari Jagoan Hosting. Setelah berlangganan dengan Jagoan Hosting, jangan lupa menerapkan beberapa tips yang telah disebutkan di atas, ya! Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Software engineer adalah
Read More
5 Alasan Lebih Untung Jadi Developer Apple!
Kamu termasuk developer pemula yang ingin mulai berkarir di ranah aplikasi? Welcome! Pastinya banyak banget kesempatan yang bisa…
Apa itu Agile Development Method
Read More
Apa itu Agile? Manfaat, Jenis dan Prinsipnya
Dalam dunia development software, terdapat Agile Development Method. Mungkin dari kalian sudah pernah mendengar istilah Agile, Agile sangat…