Cara Mudah Membuat Undangan Website Digital

cara membuat undangan website

Undangan digital dalam format website semakin memiliki banyak peminat saat ini. Tidak heran jika banyak orang yang mencari informasi bagaimana cara membuat undangan website digital. 

Langkah membuat undangan website ini sebenarnya juga tidak sulit. Para pemula pun bisa melakukannya sendiri tanpa perlu ilmu tentang coding yang rumit. 

Selain itu, kamu bisa dengan bebas mengisi informasi penting ke dalam undangan tersebut. Lantas, bagaimana cara membuat undangan digital website yang mudah itu?

Kelebihan Membuat Undangan Website Digital  

Undangan digital memang menawarkan banyak kelebihan yang belum tentu kamu dapat dalam format undangan biasa. Melansir dari laman Website Builder Expert, 

“In reality, building your very own wedding website is the perfect way of keeping your guests up to date, sharing information with everyone in one go, and staying organized. It puts everything in one place, makes your life easier, and is a fun way of documenting your special day.”

Undangan digital bisa menjadi tempat untuk memberikan informasi kepada para tamu dengan cepat, mudah, serta efisien. Selain itu, proses organisasi undangan pun jadi lebih mudah untuk mendokumentasikan hari istimewa. 

Dari segi publikasi dan biaya, undangan website digital juga jauh lebih unggul. Kamu bisa menyebarkan undangan kepada siapa saja dan di mana saja dengan cepat dengan biaya yang jauh lebih hemat daripada undangan konvensional kertas. 

Hal terpenting lainnya, website undangan digital juga lebih ramah lingkungan. Kamu tidak perlu mencetak banyak undangan kertas yang berakibat pada penumpukan sampah kertas dan bisa mempercepat perubahan iklim. 

Cara Membuat Undangan Website Digital yang Mudah 

cara membuat undangan digital website

Sebagai referensi, inilah cara membuat undangan website digital yang bisa kamu ikuti: 

1. Tentukan Tujuan Pembuatan dan Tema Undangan Website 

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan tujuan dari pembuatan undangan digital. Perlu kamu ingat bahwa pembuatan undangan ini tidak terbatas untuk pernikahan saja. 

Akan tetapi, bisa juga untuk acara spesial lainnya seperti ulang tahun, acara bisnis, gathering, atau lainnya. Dengan menentukan tujuan, kamu bisa merancang informasi apa yang ingin kamu masukkan ke dalam undangan tersebut. 

Misalnya jika kamu membuat website undangan pernikahan online, maka berikan informasi lebih jelas mengenai pengantin. Seperti awal pertemuan, perjalanan asmara, alasan yang memutuskan menikah, dan lain sebagainya.  

Cek Konten Lainnya:
Apa itu Aged Domain? Cara Cek dan Mencarinya

Apapun tujuan itu, pastikan kamu bisa memberikan informasi yang jelas kepada tamu undangan. Setelah tujuan undangan, tentukan juga tema undangan yang ingin kamu tampilkan kepada para tamu undangan. 

Tema ini bisa sangat beragam dan menyesuaikan kebutuhan. Misalnya tema undangan formal, tema pernikahan dengan warna tertentu, tema santai, atau lainnya. 

2. Pilih Website Builder 

Saat ini untuk membuat website sendiri, kamu tidak perlu bingung dengan coding yang bisa sangat memusingkan. Karena sudah terdapat banyak website builder yang bisa membantu membuat website dengan mudah untuk pemula. 

Jadi, kamu tidak perlu menguasai pemrograman atau coding khusus. Ada banyak pilihan website builder yang bisa kamu gunakan sesuai dengan kebutuhan. Beberapa diantaranya adalah:

  • WordPress 
  • Wix 
  • Squarespace 
  • Weebly 
  • The Knot
  • Mozello 
  • Webnode 
  • Zyro 
  • dan lain sebagainya. 

Dari sekian banyak pilihan tersebut, WordPress menjadi platform yang banyak digunakan untuk membuat undangan digital. Alasannya karena WordPress memiliki banyak template serta plugin yang bisa memudahkan pembuatan undangan. 

3. Gunakan Hosting dan Pilih Domain 

Cara membuat undangan website selanjutnya adalah dengan menggunakan hosting dan memilih domain. Bagi para pemilik website, hosting dan domain adalah kedua hal yang sangat penting. 

Tanpa adanya hosting dan domain, website yang sudah kamu buat tidak akan dapat orang lain akses melalui internet. Kamu bisa menggunakan layanan hosting terpercaya untuk website, seperti Jagoan Hosting. 

buat website pakai jagoan hosting

Jagoan Hosting menawarkan pilihan hosting terbaik yang berkualitas dan bisa kamu gunakan sesuai dengan kebutuhan. Sudah berpengalaman lebih dari 17 tahun, Jagoan Hosting terbukti bisa memberikan pelayanan maksimal untuk pelanggan. 

Kamu bisa memilih paket Shared Hosting, Dedicated Hosting, atau Cloud Hosting Mix Match. Dengan pilihan paket yang terjangkau dan menawarkan banyak fitur, kebutuhan undangan website akan terjamin bersama Jagoan Hosting. 

Setelah itu, kamu bisa memilih nama domain untuk undangan website. Ibaratnya nama domain adalah alamat yang akan membuat orang lain bisa menuju ke situs yang kamu miliki. 

Domain juga harus unik dan original sehingga setiap website harus memiliki domain yang berbeda. Untuk membuat domain, pastikan kamu menjaganya tetap pendek dan simple serta hindari angka atau tanda baca yang membingungkan. 

4. Tentukan Template Website 

template undangan website

Cara membuat undangan website selanjutnya adalah dengan memilih template untuk website. Dalam website builder yang sebelumnya sudah kamu pilih, sudah akan terdapat banyak template dan bisa di personalisasikan sesuai kebutuhan. 

Tentu adanya fitur ini bisa sangat menghemat waktu karena kamu bisa mengatur template website dengan lebih praktis. Cukup pilih template dan personalisasikan saja sampai tampilannya sesuai dengan kebutuhan. 

Sebagai catatan, karena merupakan website undangan, maka pilihlah template yang sekiranya memang bisa menampilkan undangan dengan baik. Selain itu, pilih juga yang nyambung dengan tema acara. 

Cek Konten Lainnya:
10+ Manfaat SSL untuk Keamanan Website

5. Berikan Informasi Penting Secara Mendetail 

Setelah mengatur template dengan baik, cara membuat undangan website selanjutnya adalah dengan mengisi berbagai detail informasi mengenai acara. Misalnya untuk undangan pernikahan, jangan lupa detail lokasi acara. 

Berikan informasi dengan jelas dimana lokasi pernikahan akan berlangsung, nama mempelai, tanggal, waktu, dan lain sebagainya. Jika ada informasi tambahan seperti dress code atau lainnya juga bisa langsung diberikan secara mendetail. 

Selain itu, karena merupakan undangan yang sifatnya digital, kamu bisa memberikan informasi dengan lebih akurat. Contohnya dengan cara memberikan detail peta atau maps lokasi acara.

Dengan fitur tersebut, tamu bisa menemukan lokasi acara dengan lebih mudah dan praktis. Selain alamat, beberapa hal yang bisa kamu tambahkan ke dalam undangan adalah cerita mengenai mempelai, guestbook, countdown timer, hingga galeri foto. 

6. Tambahkan RSVP Online 

Langkah selanjutnya adalah menambahkan form RSVP ke dalam undangan. Adanya fitur RSVP ini akan sangat memudahkan kamu untuk mengatur dan mengorganisir daftar tamu undangan. 

Dengan form ini, tamu bisa melakukan konfirmasi kehadiran mereka dengan lebih mudah dan cepat. Di dalam form tersebut, kamu bisa menambahkan daftar informasi yang harus tamu undangan isi, seperti nama dan jumlah tamu. 

Adanya form RSVP ini juga tidak terbatas untuk acara pernikahan saja. Acara lain seperti ulang tahun, acara kantor, atau gathering lainnya pun tetap bisa menggunakan form RSVP. 

7. Buat Situs Website Undangan Menjadi Eksklusif 

Cara membuat undangan website lainnya yang tidak kalah penting adalah membuat situs undangan menjadi eksklusif. Maksudnya, website ini hanya harus bisa diakses dan tersedia hanya untuk para tamu undangan saja. 

Hal ini bertujuan untuk mencegah adanya orang lain yang bukan tamu bisa mengakses undangan dan akhirnya datang ke acara. Tentunya kamu tidak ingin muncul banyak tamu tidak diundang kan? 

Untuk membuat situs website eksklusif, kamu bisa melakukannya dengan 2 (dua) cara. Pertama dengan mengaturnya di pengaturan website. Di opsi ini kamu bisa mengatur agar situs website tidak muncul di hasil pencarian Google. 

Kedua, caranya bisa dengan memberikan password untuk melindungi website. Kemudian, kamu bisa mengirimkan password tersebut hanya kepada tamu undangan. Dengan cara ini, kamu bisa mencegah tamu yang tidak diundang. 

8. Tautkan dengan Media Sosial 

Selanjutnya, tautkan atau integrasikan undangan website ke media sosial yang kamu miliki. Beberapa media sosial yang bisa kamu gunakan adalah Facebook, Instagram, dan Twitter. 

Integrasi ini sangat bermanfaat untuk menjaga komunikasi dengan tamu undangan. Selain itu, untuk memastikan bahwa undangan sudah dapat mereka akses dengan lancar. 

9. Optimalkan untuk Perangkat Mobile 

Salah satu cara membuat undangan website sendiri yang penting adalah dengan mengoptimalkannya untuk perangkat mobile. Meski terlihat sepele, nyatanya ini adalah hal yang sangat penting. Mengapa?

Cek Konten Lainnya:
10+ Contoh Website Desa dengan Desain Terbaik

Karena mayoritas tamu undangan pasti akan menggunakan ponsel mereka untuk membuka undangannya. Oleh karena itu, tampilan website harus ramah untuk perangkat mobile agar tamu undangan nyaman membukanya. 

Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengoptimalkan website untuk perangkat mobile, yaitu:

  1. Jaga navigasi website sederhana, tujuannya agar pengguna perangkat mobile bisa lebih mudah ketika mengaksesnya. 
  2. Gunakan fitur yang ramah terhadap sentuhan, misalnya galeri yang bisa tamu undangan geser dengan mudah, tombol yang tidak bermasalah ketika di klik, dan lain sebagainya.
  3. Hindari juga munculnya pop up tidak penting dalam website agar tidak mengurangi kenyamanan penggunaan. 
  4. Pilih tema atau template yang responsif terutama yang bisa secara otomatis bisa menyesuaikan screen size pada perangkat yang sedang digunakan. Dengan cara ini seluruh isi website bisa muncul dengan sempurna di perangkat mobile
  5. Terakhir, jika kamu menambahkan form RSVP, maka pastikan bahwa formulir tersebut mudah untuk tamu isi dan akses dengan lancar. Jangan memberikan terlalu banyak informasi untuk tamu undangan isi agar tidak membuat mereka malas membuka dan mengisi form tersebut. 

10. Lakukan Tes dan Review Ulang 

Cara membuat undangan digital selanjutnya adalah masuk pada tahap tes dan review ulang. Kamu tentunya pasti ingin undangan website bisa terakses tanpa hambatan. Oleh karena itu, penting melakukan tes ulang. 

Coba lakukan proofread terhadap semua informasi yang tampil di undangan dan uji performa undangan website. Terutama jika di dalam website tersebut terdapat banyak elemen interaktif, maka pastikan semuanya bisa berjalan dengan lancar. 

Jangan lupa juga untuk memastikan bahwa website bisa termuat secara cepat. Hal ini bertujuan agar tamu undangan tidak kesulitan untuk mengakses undangan tersebut. Tes dan review undangan website sampai benar-benar tidak ada masalah. 

11. Publikasikan Undangan Website 

Terakhir, setelah melakukan tes dan review ulang dan tidak ada masalah, kamu bisa mulai mempublikasikannya kepada para tamu undangan. Lalu, bagaimana agar tamu undangan bisa mengetahui situs undangan?

Jawabannya adalah dengan membagikan link undangan tersebut melalui email atau media sosial. Selain itu, kamu juga bisa membagikannya secara personal melalui WhatsApp, Line, atau jalur komunikasi pribadi lainnya. 

Dengan cara ini, tamu undangan bisa memperoleh link undangan website tersebut dan membukanya. 

Itulah cara membuat undangan website digital yang bisa kamu ikuti. Mudah dan praktis kan, Sob? Dengan cara ini kamu bisa membuat undangan digital yang lebih praktis dan hemat dari segi biaya. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
cek traffic website
Read More
Cara Cek Traffic Website dan 8 Tools Gratisnya
Apakah traffic website menjadi hal yang penting untuk diketahui? Jika kamu ingin mengembangkan website perusahaan dengan baik, maka…
Read More
Apa Itu Codeigniter? Pengertian, Keunggulan & Cara Kerja
Pengertian Codeigniter Dari beberapa Framework PHP, Codeigniter adalah salah satu framework yang paling sering dipakai. Codeigniter adalah framework…