Bagaimana cara mendapatkan domain gratis? Dalam pembuatan website, domain adalah unsur yang penting.

Pasalnya, ia berfungsi sebagai alamat identitas ketika pengguna mengakses sebuah website. 

Meskipun beberapa CMS seperti WordPress dan Blogspot telah menyediakan domain bawaan, namun kamu tetap harus membeli nama domain agar website-mu lebih profesional.

Nah, jika kamu masih pemula dan ingin mencoba membuat website, yuk intip cara mendapatkan domain gratis di uraian berikut ini!

Daftar Generic-Top-Level Domain & Fungsinya

Sebelum membahas cara mendapatkan domain gratis, kamu perlu mengetahui apa itu generic top level domain dan fungsinya dulu, Sob!

Yup karena adanya domain ini, kini kita tidak perlu mengetikkan alamat IP pada kolom pencarian browser. 

Pasti akan susah jika harus mengingat alamat IP untuk mengaksesnya. Sebagai contoh saja, untuk mengakses Google kamu perlu mengetikkan alamat IP 172.217.26.78. Cukup panjang dan repot kan, Sob? 

Nah, untuk daftar generic top level domain yang umumnya sering ditemui ada 7 jenis, dan pertama kali dikenalkan ke masyarakat pada tahun 1984. Berikut penjelasannya.

1. .com

.com adalah singkatan dari commercial dan merupakan generic top level domain yang banyak digunakan oleh perusahaan maupun organisasi-organisasi komersial.

Bahkan saat ini, sudah ada 135 juta domain yang berakhiran .com lho, Sob. Itulah sebabnya, domain .com menjadi salah satu nama domain gratis yang paling banyak digunakan.

2. .org

Sebagai salah satu generic top level domain, .org memiliki fungsi khusus dipakai untuk organisasi non profit seperti lembaga sosial, organisasi asosiasi kemanusiaan, dan yayasan. 

3. .biz

.biz termasuk ke dalam generic top level domain (gTLD) yang memiliki singkatan dari business.

Sesuai namanya, domain ini digunakan untuk keperluan bisnis seperti toko online, lembaga usaha, dan lain sebagainya yang terkait dengannya.

Baca juga: Ini 18 Contoh Domain Selain .com yang Harus Kamu Tahu!

4. .name

.name adalah domain yang berfungsi untuk menginformasikan identitas personal maupun keluarga.

Akhir domain ini biasanya disarankan untuk pemilik blog/website yang ingin menggunakan nama marga atau identitas pribadinya sebagai akhir domain.

5. .id

Generic top level domain berikutnya adalah .id. yang juga paling sering ditemui selain .com.

Domain ini biasanya berfungsi untuk ekstensi website yang berdomisili di Indonesia atau penggunaan website yang memiliki server di Indonesia.

Kelebihan domain .id menjadi daya tarik tersendiri bagi para pemilik website. sehingga bukan lagi menjadi suatu hal yang mengejutkan apabila .id cukup populer di kalangannya.

Domain Gratis untuk Membuat Website

Nah, setelah mengetahui daftar generic top level domain di atas, kamu pasti bertanya-tanya apakah ada cara mendapatkan domain gratis? Tenang saja, Sob!

Selain domain yang disebutkan di atas, ada beberapa domain gratis yang bisa kamu gunakan websitemu.

Untuk nama domain gratis berikut termasuk ke dalam country code top level domain (ccTLD).

1. .ml

.ml merupakan singkatan dari Mali dan berasal dari Afrika Barat. Meskipun termasuk nama domain gratis, trafik dan nama domain .ml cukup terbatas, serta kurang kredibel jika dibandingkan dengan nama domain lainnya.

Namun, jika ingin mencoba atau bereksperimen membuat website, kamu bisa menggunakan ekstensi domain .ml ini.

2. .tk

Selain .ml, nama domain yang kamu dapatkan untuk bereskperimen dalam membuat website berikutnya adalah . tk yang memiliki singkatan Tokelau, yaitu sebuah daerah di Selandia Baru.

Domain .tk juga dikenal kurang kredibel sehingga tidak disarankan untuk penggunaan website resmi seperti perusahaan atau pemerintahan. 

3. .gq

Selanjutnya, kamu juga bisa menggunakan ekstensi domain .gq yang berasal dari  sebagai salah satu cara mendapatkan domain gratis Guinea Ekuator (Equatorial Guinea).

Selain menyediakan nama domain gratis, .gq juga menyediakan ekstensi domain lainnya yang dihargai mulai dari 6,95 USD.

4. .cf

Berikutnya ada .cf yang merupakan singkatan dari Central African atau Afrika Tengah.

Sama seperti domain gratis lainnya, .cf juga memiliki batasan tertentu, Sob. Meskipun demikian, kamu bisa meng-upgrade domain ini dengan menggunakan layanan premium mereka.

5. .ga

.ga adalah nama domain gratis yang juga berasal dari Afrika, tepatnya ada di daerah Gabon. Sama seperti .cf, kamu juga bisa menggunakan domain ini secara berbayar atau premium. 

Salah satu fitur premium yang dimilikinya adalah kamu bisa menggunakan domain dengan rangkaian sedikit huruf, sehingga akan lebih mudah diingat.

Untuk upgrade pertahunnya, kamu perlu mengeluarkan biaya sekitar 6.95 USD atau sekitar Rp 100 ribu.

Keuntungan Domain Gratis

Di balik berbagai keterbatasannya, domain gratis tetap memiliki sejumlah kelebihan yang tidak bisa kamu remehkan, Sob. Nah, apa sajakah itu? Berikut penjelasannya.

1. Tanpa Biaya Tahunan

Keuntungan paling utama dari penggunaan domain gratis adalah kamu terbebas dari biaya tahunan. Selain itu, cara mendapatkan domain gratis ini juga cukup mudah, Sob.

Kamu hanya memerlukan alamat email dan setelahnya sudah bisa mendapatkan domain gratis untuk digunakan pada website.

2. Mudah Didapatkan

Menyambung dari poin sebelumnya, cara dapat domain gratis ini cukup mudah, Sob. Yup, kamu tidak perlu memiliki skill khusus sehingga cocok bagi pemula yang ingin bereksperimen.

3. URL Lebih Mudah Diingat Konsumen

Berikutnya, keuntungan domain gratis adalah alamat website mudah diingat. Pasalnya, jika kamu masih menghafal alamat IP untuk mengakses website, maka akan lebih repot, Sob.

Dengan nama domain gratis yang mudah diingat ini, website tentu akan berpotensi tinggi untuk dikunjungi oleh pengunjung.

Baca juga: 11 Tips Memilih Nama Domain yang Tepat untuk Website

Cara Mendapatkan Domain Gratis

Lalu sebenarnya, bagaimana cara dapat domain gratis? Jangan khawatir, berikut akan dijelaskan seputar cara mendapatkan domain gratis dari Jagoan Hosting berikut ini.

1. Bukalah halaman website penyedia domain gratis di Jagoan Hosting

cara mendapatkan domain gratis

2. Setelah website telah diakses, lakukan beberapa langkah yang harus dilakukan. Mulai follow, like dan subscribe social media, tulis resolusi 2023, cek ketersediaan nama domain kamu sampai dengan join komunitas.

cara mendapatkan domain gratis

3. Selanjutnya isi form dan pilih ekstensi domain gratis yang tersedia, seperti .biz.id dan .my.id

cara mendapatkan domain gratis indonesia

4. Setelah mengisi form klik submit dan tunggu kode promo via whatsapp

cara mendapatkan domain gratis

Sampai di sini, cara mendapatkan domain gratis telah selesai. Nah kini, kamu sudah bisa membuat website menggunakan nama domain gratis kan, Sob?

Jadi, itu dia penjelasan tentang cara mendapatkan domain gratis beserta keuntungannya.

Ternyata, selain membuat lebih professional, domain juga berfungsi untuk mempermudah konsumen dalam mengenali nama website kita, lho. 

Nah, kira-kira domain mana yang akan kamu pakai? Segera pilih paket cloud hosting gratis domain sekarang juga!

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like