Cara Mudah Desain Website yang Modern & Profesional

cara desain website

Salah satu hal yang penting untuk dipahami para pemilik website adalah bagaimana cara desain website yang modern dan profesional. Karena untuk sebuah website, desain memegang peranan yang sangat penting. 

Tanpa desain yang menarik, pengguna internet tidak akan mengunjungi website. Selain itu, desain juga berperan besar untuk memastikan pengunjung nyaman dan betah berada di website kamu. 

Lantas, bagaimana cara mudah desain website itu? Yuk, kita simak panduan lengkapnya disini, Sob. 

11 Cara Desain Website yang Modern & Profesional

cara mendesain website

Melansir dari laman Web FX, ada 5 (lima) alasan yang membuat desain website menjadi sangat penting. Kelima alasan tersebut adalah:

  • Menciptakan first impression yang bagus.
  • Membantu strategi pengoptimalan mesin pencari (SEO) lebih efektif.
  • Bisa memberikan kesan layanan pelanggan yang baik. 
  • Membangun reputasi dan kepercayaan audiens.
  • Para kompetitor atau pesaing juga melakukannya. 

Dengan berbagai alasan itulah, desain website harus kamu pertimbangkan dan ciptakan dengan baik. Apalagi, tidak sulit sebenarnya untuk mendesain website agar tampilannya profesional dan modern. 

Hanya saja, memang ada banyak hal yang harus kamu perhatikan. Inilah beberapa cara desain website yang bisa dilakukan: 

1. Tetapkan Goals atau Tujuan 

Sebelum mempraktekkan langkah mendesain website, coba tetapkan tujuan dengan jelas apa yang ingin kamu capai dengan desain tersebut. Hal ini sangat erat kaitannya dengan bagaimana website akan membantu pelanggan. 

Apakah kamu akan membuat website menjadi toko online, portfolio online, website bisnis, website resume, blog pribadi, situs fotografi, atau lainnya. Dengan menentukan tujuan yang jelas kamu bisa mendesain dengan lebih mudah. 

Karena proses desain yang dilakukan nantinya akan kembali lagi dan menyesuaikan pada tujuan tersebut. Berbagai elemen pendukung, tata letak, tombol, navigasi, bahkan warna akan menyesuaikan dengan tujuan tersebut. 

2. Terapkan Tampilan Visual yang Konsisten 

Cara desain website selanjutnya adalah dengan menerapkan visual yang konsisten atau visual consistency. Visual consistency adalah penggunaan elemen desain yang harmonis dan sama secara konsisten atau terus menerus. 

Penerapannya bisa kepada tata letak atau layout, tipografi, warna, spasi, dan gambar pada seluruh bagian website. Tujuan dari adanya visual consistency adalah untuk menciptakan tampilan keseluruhan yang seragam dan nyaman dipandang.

Untuk menciptakan visual consistency, ada beberapa tips yang dapat kamu lakukan:

  • Ciptakan gaya pada gambar yang konsisten baik dari segi warna, filter, atau teknik framing.
  • Jangan gunakan lebih dari dari 3 (tiga) jenis huruf untuk judul, sub judul, dan teks ini. Ini bertujuan agar tampilannya lebih seragam. 
  • Hindari memilih palet warna terlalu banyak, sebaiknya batasi maksimal 3 (tiga) pilihan warna saja dan terapkan secara konsisten pada website. 
  • Pertahankan tampilan dan gaya yang seragam untuk elemen UI seperti tab, formulir, atau akordeon. Tujuannya agar pengunjung website bisa memahaminya dengan mudah. 
  • Gunakan gaya dan desain yang konsisten pada grafik dan ikon. Misalnya, jika kamu memakai gaya ikon yang minimalis, maka terapkan juga seluruh gaya ikon tersebut pada seluruh halaman website. 
Cek Konten Lainnya:
Daftar Kode Domain Negara di Dunia, Simak List Lengkapnya!

3. Gunakan Layout yang Efektif 

Tips mendesain website selanjutnya adalah dengan menggunakan layout yang efektif. Layout atau tata letak juga sangat penting bagi sebuah website. Buat tata letak website yang tepat agar pengunjung nyaman mengunjunginya. 

Beberapa kriteria tata letak yang umum dan bisa kamu gunakan adalah:

  • Terdapat logo website yang ada di pojok kiri atas. 
  • Search bar terletak pada bagian pojok kanan atas.
  • Terdapat menu navigasi berbentuk horizontal di bagian header website. 
  • Title tag yang singkat, deskriptif, dan menarik di bagian header website. 
  • Berikan link menuju berbagai media sosial yang kamu miliki di bagian footer website.
  • Buat value proposition pada bagian header. 
  • Testimoni, review, atau social proof dari para pelanggan. 

4. Tawarkan Produk atau Layanan dengan Jujur 

Bagi website yang dibuat dengan tujuan menawarkan produk atau layanan, bagian judul atau title akan menjadi kunci yang sangat penting untuk menarik pelanggan. Tidak heran jika banyak orang yang menggunakan teknik clickbait. 

Tujuannya untuk memancing rasa penasaran dari para pengunjung website, tetapi pada kenyataannya heading tersebut terlalu berlebihan bahkan misleading. Memang, tidak salah menggunakan teknik judul yang seperti ini. 

Akan tetapi, justru dalam jangka panjang judul seperti ini kurang baik karena membuat kepercayaan pelanggan jadi menurun. Buatlah judul yang memang sesuai dengan produk atau layanan yang kamu tawarkan. 

5. Keep it Simple! 

Kesederhanaan dan simplisitas pada website adalah segalanya. Sebab, prinsip ini akan membantumu untuk menghindari penggunaan berbagai elemen, fitur, menu, atau komponen yang kurang penting pada website. 

Di mana hal ini bisa berdampak pada turunnya kenyamanan pengunjung website. Selalu ingat bahwa kesederhanaan adalah segalanya dan bukan berarti kamu tidak bisa berkreasi pada website. 

Silahkan saja berkreasi, asalkan dengan tidak berlebihan. Untuk mencapai desain yang simple, tetapi bagus inilah beberapa tips yang bisa kamu lakukan: 

  • Hindari informasi-informasi yang tidak relevan seperti pop up iklan yang banyak, animasi yang terlalu kompleks, atau berbagai link yang tidak perlu. 
  • Kurangi opsi untuk pengunjung website. Maksudnya jangan buat terlalu banyak pilihan menu atau navigasi kepada pengunjung agar tidak membingungkan untuk mereka. 
  • Highlight aspek penting yang ada di website seperti judul, subjudul, CTA, menu, dan informasi kunci lainnya supaya pengunjung bisa menemukannya dengan mudah.
  • Sederhanakan tugas atau perintah yang berulang. Umumnya ada beberapa perintang yang bersifat repetitif atau berulang pada website, seperti “Hapus”, “Urungkan”, “Simpan”, atau lainnya. 
  • Gunakan ikon yang sederhana dan umum untuk berbagai perintah tersebut supaya pengunjung sudah mengenalnya dan tidak kebingungan. 
Cek Konten Lainnya:
Apa itu JavaScript di Website? Yuk Cek Contoh hingga Fungsinya!

6. Kumpulkan Konten Original 

Cara membuat desain website selanjutnya adalah mengumpulkan dan menyiapkan konten original yang ingin kamu tampilkan di website. Mulai dari teks, logo, gambar, video, infografis, ataupun konten lainnya. 

Materi atau konten ini memiliki peran yang sangat penting. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa kamu benar-benar memberikan informasi yang lengkap dan bisa menampilkan visual terbaik dari produk, layanan, atau brand di website tersebut. 

7. Perhatikan Kecepatan Loading Website 

Bagi pengunjung website, selain tampilan hal yang penting lainnya adalah kecepatan loading. Ini sangat penting untuk kamu perhatikan karena bisa menentukan apakah pengunjung akan betah untuk berlama-lama di website. 

Desain website jangan sampai mengorbankan kecepatan loading karena pengunjung akan lebih memilih website yang cepat daripada lambat. Umumnya, pengunjung hanya mentoleransi waktu loading website selama 2 detik saja. 

Lebih dari itu, maka website akan mereka kategorikan sebagai lemot dan mereka pun akan enggan untuk mengunjungi website lagi. Beberapa tips optimasi loading website yang bisa kamu lakukan adalah: 

  • Optimalkan media: untuk gambar jangan terlalu besar ukurannya lebih baik KB daripada MB. Sementara untuk video, gunakan format WebM atau mp4 saja karena bisa lebih kecil ukurannya, tanpa mengorbankan kualitas video.
  • Perhatikan animasi yang digunakan: penambahan animasi pada website memang bisa dilakukan untuk mempercantik tampilan website. 
  • Akan tetapi, jangan sampai animasi tersebut justru membuat loading website menjadi lambat. Jika membuat website lambat, sebaiknya urungkan niat menggunakan animasi tersebut. 

8. Optimalkan Desain Website untuk Perangkat Mobile 

Salah satu kunci kesuksesan cara desain website adalah optimasi pada perangkat mobile atau mobile friendly. Saat ini, mayoritas pengguna internet akan menggunakan ponsel mereka untuk mencari informasi tertentu, termasuk membuka website. 

Website dengan desain sebagus apapun tidak akan bisa terlihat maksimal, jika tidak dioptimalkan untuk perangkat mobile. Untuk bisa mengoptimalkannya, inilah beberapa hal yang dapat kamu lakukan: 

  • Pilih dan install tema yang responsive untuk website. 
  • Ciptakan menu dan navigasi website yang simpel dan tidak terlalu rumit. 
  • Gunakan font yang tepat. 
  • Berikan kolom pencarian pada website. 
  • Buat form yang singkat dan jelas. 
  • Pastikan sudah ada whitespace yang cukup agar bisa memberikan kesan modern, profesional, dan bersih.
  • Terapkan Accelerated Mobile Pages (AMP). AMP adalah fitur yang dikembangkan langsung oleh Google dan bertujuan untuk memaksimalkan kecepatan website pada perangkat mobile. 

9.  Buat Sistem Navigasi yang Mudah Pengunjung Pahami 

Cara mendesain website yang modern dan profesional selanjutnya adalah dengan membuat sistem navigasi yang tidak membingungkan. Navigasi berfungsi untuk membuat pengunjung website merasa nyaman. 

Ada beberapa jenis navigasi website yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Mulai dari navigasi global, linear, campuran, hirarki, lokal, dan lain sebagainya. Kamu bisa memilih salah satu jenis tersebut sesuai dengan kebutuhan website. 

Cara terbaik untuk memastikan apakah navigasi tersebut berjalan dengan baik adalah dengan mencoba sendiri desain tersebut. Coba posisikan dirimu sebagai pengunjung website. 

Cek Konten Lainnya:
Ini Cara Mudah Mengonlinekan Website dan Tipsnya

Kemudian, coba untuk berkunjung ke website sendiri dan rasakan, apakah navigasi website sudah cukup nyaman atau belum. Jika kamu merasa nyaman dan tidak ada proses yang membingungkan, maka navigasi tersebut sudah bagus.

10. Jalin Interaksi dengan Pengunjung  

Selanjutnya, pastikan kamu juga menjalin interaksi dengan pengunjung website. Hal ini sangat penting untuk menjaga perhatian pengunjung supaya mereka senantiasa mengunjungi website. 

Untuk menciptakan interaksi juga tidaklah sulit. Kamu bisa menggunakan microinteractions di dalam website. Maksudnya adalah dengan menggunakan elemen-elemen desain kecil yang bisa pengunjung rasakan langsung. 

Contoh dari interaksi ini adalah hover effects atau scroll effects. Selain itu, kamu juga bisa menciptakan interaksi lain dengan bantuan media sosial. 

Caranya dengan mengajak pengunjung website menghubungkan media sosial mereka ketika mendaftar atau membuat akun di website. Dengan cara ini, interaksi bisa senantiasa terjaga dengan mereka. 

11. Perkuat SEO (Search Engine Optimization) 

Terakhir, cara desain website yang bisa kamu lakukan adalah dengan memperkuat SEO. Bagi pemilik website, tidak ada yang lebih menyenangkan dari jumlah visitor atau pengunjung yang semakin bertambah setiap waktu. 

Salah satu teknik yang bisa membantu untuk meningkatkan traffic secara organik adalah melalui SEO (Search Engine Optimization). Ini merupakan rangkaian upaya yang kamu lakukan supaya konten website berada di hasil teratas mesin pencari. 

Semakin atas posisi website, maka semakin besar pula kemungkinan pengunjung untuk membuka website. Di mana hal ini lah yang akan berpengaruh pada jumlah traffic dan keuntungan website. 

Beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk memperkuat SEO adalah: 

  • Lakukan keyword research SEO dengan maksimal. 
  • Pastikan technical SEO sudah Oke
  • Terapkan strategi On Page SEO dengan optimal. 
  • Perkuat dengan teknik Off Page SEO. 
  • Promosikan website ke media sosial. 

Praktek SEO akan membutuhkan kesabaran, ketekunan, konsistensi, dan waktu agar hasilnya bisa berbuah manis. Akan tetapi, jika sudah berhasil, website pun bisa mendapatkan jumlah pengunjung yang tinggi dalam waktu yang lama. 

Onlinekan Desain Website Terbaik dengan Hosting Terbaik

paket hosting murah

Tingkatkan Kinerja dan Kehadiran Onlinemu dengan Hosting Terbaik dari Jagoan Hosting. Dari desain website yang mengesankan menjadi pengalaman online yang tak terlupakan.

Dengan Jagoan Hosting, websitemu akan berjalan lebih lancar dan jangan biarkan potensi bisnis online Anda terhambat oleh hosting yang kurang baik. Sempurnakan desain situs webmu dengan layanan Web Hosting Murah terbaik dari Jagoan Hosting hari ini!

Itulah berbagai cara desain website yang bisa kamu lakukan. Diharapkan berbagai strategi tersebut bisa membantumu untuk menciptakan website yang modern dan profesional. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya, Sob!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
belajar web design
Read More
10+ Tips Belajar Web Design Paling Mudah untuk Pemula
Bagi kamu yang ingin membuat website dari 0 dan tidak tahu bagaimana caranya, alangkah lebih baik jika belajar…
template webiste berita
Read More
9+ Template Website Portal Berita Online Siap Pakai
Sebagai situs yang menyajikan kabar dan informasi terkini, portal berita perlu menggunakan template khusus. Untungnya, ada banyak template…