Inilah Contoh Website Sekolah Terbaik (Menarik & Simple)

contoh website sekolah

Dengan kemajuan teknologi digital sekarang ini, memiliki website sudah menjadi kebutuhan setiap organisasi, termasuk sekolah. Terdapat beberapa contoh website sekolah yang dapat menjadi inspirasi bagi kamu yang sedang membuat website untuk sekolah. Beberapa model yang tersedia menyajikan kesan formal dengan berbagai tool sederhana yang mudah dipahami.

Memiliki website sekolah mempunyai beragam manfaat yang memudahkan para staf sekolah untuk membagikan informasi terkait sekolah. Para murid juga akan terbantu dalam mengakses informasi soal sekolah mereka secara lebih mudah dan cepat.

Website Sekolah Berisi Apa Saja?

Fungsi utama dari website sekolah adalah untuk menyediakan berbagai informasi terkait sekolah. Oleh karenanya website sekolah seharusnya berisi berbagai fitur di dalamnya, antara lain:

1. Profil Sekolah

Fitur paling utama yang harus ada adalah ‘Halaman Profil’. Pada bagian ini kamu dapat mencantumkan visi dan misi, sejarah, riwayat prestasi, hingga alumni sekolah yang telah sukses.

Melalui informasi tersebut, pengunjung dapat meyakini bahwa sekolahmu adalah sekolah terpercaya. Sehingga mereka tidak ragu untuk menyekolahkan anak-anak mereka di sana.

2. Member Area

Umumnya website sekolah mempunyai halaman member area yang merupakan forum sebagai tempat berkumpul dan belajar. Fitur tersebut juga dapat dimanfaatkan oleh para guru dalam memberikan tugas secara online kepada para siswa. Para siswa kemudian tinggal mensubmit tugas mereka secara langsung lewat fitur member area.

3. Storage Online

Sebetulnya fitur ini merupakan fitur pendukung bagi fitur member area. Berkat fitur ini, para guru bisa mengupload tugas, file presentasi, dan jurnal digital yang dapat digunakan sebagai materi pembelajaran. Selain itu, fitur storage online berguna untuk menampung tugas para siswa yang dikerjakan via daring.

4. Galeri Multimedia

Sebagaimana namanya, galeri multimedia memuat semua kegiatan yang berhubungan dengan sekolah, dalam format multimedia seperti foto hingga video. File tersebut bisa menampilkan soal perlombaan antar sekolah, class meeting, hingga ekstrakurikuler. Biar lebih menarik, tambahkan caption untuk memberi keterangan jelas kepada pengunjung situs.

Cek Konten Lainnya:
Apa itu Slug? Pengertian dan Fungsinya dalam Website

5. Buku Tamu Online

Selanjutnya fitur buku tamu online juga wajib dimiliki website sekolah. Sebab, fitur ini dapat dimanfaatkan publik untuk bertanya via online serta mengatur jadwal kunjungan tanpa perlu datang ke sekolah.

6. Database Guru

Halaman database guru akan sangat membantu para calon siswa juga wali murid dalam mengenal para pengajar di sekolah tersebut. Dengan begitu kepercayaan publik pada sekolah dapat meningkat.

7. Blog

Blog dapat digunakan sebagai media promosi dengan mengandalkan teknik tulisan SEO. Selain dalam bentuk tulisan, kamu juga dapat menambahkan video atau gambar agar menjadi lebih menarik. Dengan menyediakan artikel yang informatif secara tak langsung akan membantu website sekolah agar dapat terjaring oleh Google.

Konten untuk blog sekolah bisa berupa materi pembelajaran atau soal acara-acara yang pernah diselenggarakan sekolah. Jika blog pada website sekolah mendapatkan banyak kunjungan, citra sekolah juga akan semakin meningkat.

8. Halaman Event

Isi dari halaman event umumnya memuat rentetan jadwal acara yang akan diadakan pihak sekolah. Bahkan halaman event juga dapat berisi informasi mengenai lomba atau event yang berkaitan dengan sekolah. Fitur yang satu ini berguna untuk menunjukkan bahwa sekolah memiliki tingkat keaktifan yang tinggi.

9. Alamat Sekolah

Pada fitur ini, kamu dapat menambahkan alamat sekolah berupa teks. Tambahkan juga embed yang bisa didapatkan dari Google Maps agar orang-orang bisa lebih mudah menemukan sekolah kamu. Dengan begitu, kredibilitas sekolah akan meningkat dan publik jadi meyakini bahwa sekolahmu merupakan sekolah profesional.

Apa Fungsi Website Sekolah?

Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dengan memiliki website sekolah. Beberapa fungsi dari website sekolah secara umum, antara lain:

1.  Media Informasi dan Komunikasi

Pihak sekolah dapat memanfaatkan website sekolah untuk berbagi informasi secara cepat dan mudah. Umumnya sekolah memiliki ratusan siswa dan wali murid. Sehingga akan lebih mudah jika menaruh informasi di website agar dapat diketahui oleh para siswa dan wali murid.

Selain itu para wali murid juga tak perlu repot-repot datang ke sekolah untuk mengetahui informasi terkait sekolah. Hal ini tentunya sangat berguna dalam menghindari terjadinya miskomunikasi.

2. Sarana Belajar Online

Pada masa pandemi, para siswa disarankan untuk belajar di rumah via daring. Adanya kebijakan ini membuat pihak sekolah mau tidak mau harus menyediakan layanan belajar online.

Layanan belajar online ini dapat kamu hadirkan melalui website sekolah. Melalui layanan tersebut para guru dapat memberikan pengumuman terkait tugas sekolah. Bahkan juga dapat membagikan materi pelajaran melalui website sekolah.

Cek Konten Lainnya:
Apa Itu Sprint Backlog: Ulasan Singkat Seputar Scrum
server sekolah

Agar proses belajar mengajar bisa fleksibel dan cepat, Jagoan Hosting punya solusi untuk buat sarana belajar online dengan layanan VPS Murah. Di VPS itu kamu bisa dengan mudah buat server ujian online, LMS yang bisa menampung hingga ribuan peserta.

3. Sarana Branding Sekolah

Setiap sekolah penting sekali memiliki dan menjaga branding yang baik. Sebab hal ini sangat berkaitan erat dengan kepercayaan publik terhadap sekolah.

Jika sekolah memiliki website, kesan profesionalitas akan terlihat di mata publik. Dengan begitu branding sekolah akan menjadi baik dan harum. Terlebih lagi kamu juga dapat memamerkan pencapaian sekolah kamu, sehingga citra sekolah akan meningkat.

Kumpulan Contoh Website Sekolah

Sebagai institusi pendidikan, tampilan website yang cocok untuk sekolah adalah yang cenderung formal dan sederhana. Kamu juga dapat memanfaatkan CMS untuk website sekolah agar dapat mengelola website secara mandiri.

Berikut ini beberapa ide soal tampilan website sekolah terbaik yang menarik dan sederhana, antara lain:

1. SD Muhammadiyah 1 Krian

contoh website sd muhammadiyah 1 krian

Salah satu website sekolah berbasis CMS WordPress ada pada website resmi milik SD Muhammadiyah 1 Krian.

Seperti kebanyakan website sekolah, terdapat fitur slide berukuran besar pada homepage. Selain itu dilengkapi juga beberapa menu informatif untuk membantu kebutuhan informasi para pengunjung.

Fitur menarik lainnya yang ada pada website sekolah ini adalah adanya laman untuk pendaftaran calon siswa baru atau PPDB. Website sekolah ini bersifat all-in-one solution bagi mereka yang ingin mendaftarkan anaknya di sekolah tersebut.

2. SMK Negeri 1 Cimahi

contoh website sekolah smk negeri 1 cimahi

Website sekolah yang tak kalah menarik adalah milik SMK Negeri 1 Cimahi yang dibangun dengan menerapkan teknologi CMS WordPress. Pada halaman utama, terlihat kombinasi antara menu dan slide yang menampilkan berbagai kegiatan di sekolah. Dengan perpaduan warna biru gelap, putih, serta oranye membuatnya terlihat seimbang saat digabung dengan logo sekolah.

3. SMP–SMA Luqman Al-Hakim

contoh website sekolah smp sma luqman hakim

Pada halaman awal, pengunjung akan diperlihatkan tampilan dengan nuansa keislaman. Hal ini sangat mencerminkan karakter sekolah yang mengusung pendidikan berbasis Islam yang modern. Sebagai informasi lengkap, disediakan pula di dalamnya fitur profil, blog, halaman event hingga laman PPDB.

4. SMP-SMA Al Izzah

contoh website sekolah smp sma al izzah

SMP-SMA Al Izzah adalah sekolah berbasis Islam yang bertaraf internasional dan tergolong sebagai sekolah favorit. Tampilan website milik sekolah ini didesain agar pengunjung dapat mengakses informasi secara cepat dan mudah. Disediakan juga laman PPDB di dalamnya untuk memudahkan pendaftaran.

5. Sekolah Ciputra Surabaya

contoh website sekolah ciputra

Berikutnya website sekolah yang punya tampilan menarik dan enak dipandang adalah website resmi milik Sekolah Ciputra Surabaya. Meski memanfaat CMS dari WordPress, desain website ini tampak sangat user friendly. Hal ini menunjukkan bahwa website sekolah yang terkesan profesional tak selalu berharga mahal.

Cek Konten Lainnya:
Perbedaan Golang vs Node Js, Mana yang Terbaik?

6. SMA Negeri 1 Yogyakarta

website sekolah sma 1 yogyakarta

Tampilan modern dari SMA favorit di Yogyakarta ini tampak interaktif juga responsif. Misalnya di halaman depannya kamu akan menemukan slider Hero yang dipadukan dengan kolom pencarian. Untuk fitur yang disediakan, website sekolah yang satu ini sudah cukup lengkap.

7. SMA Negeri 2 Kebumen

contoh web sekolah

Tampaknya website milik sekolah ini sudah menggunakan CMS mandiri bernama SMITC. Teknologi tersebut berbasis pada framework Codeigniter 3.1.1. Untuk tampilan websitenya terbilang cukup informatif dan menyenangkan.

8. Fatih Bilingual School

contoh website sekolah fatih bilingual school

Sekolah berlokasi di Banda Aceh ini terlihat cukup serius dalam membangun website resminya. Hal ini terlihat dari tampilan user interface website ini ramah di mata.

Tampaknya website ini dibangun menggunakan platform WordPress yang didukung dengan berbagai plugin tambahan. Hal ini jelas berguna untuk memaksimalkan SEO dan kecepatan akses informasi.

9. SMPN 2 Ngadirejo

contoh website smpn 2 ngadirejo

Website resmi yang dimiliki SMPN 2 Ngadirejo ini menyediakan fitur yang lengkap. Berbagai fitur tersebut seperti sambutan kepala sekolah, video tata tertib sekolah, tampilan lab komputer dan gambaran kurikulum sekolah. Terdapat juga fitur bernama SIMPEN dan PPDB Online. Uniknya saat membuka website ini kamu akan disambut dengan animasi elang terbang.

Baca juga: 24+ Contoh Landing Page Keren untuk Berbagai Website

Domain untuk Website Sekolah

domain web sekolah

Domain untuk website sekolah biasanya mengikuti format berikut:

  • .edu (digunakan terutama di Amerika Serikat untuk lembaga pendidikan tinggi)
  • .sch.id (digunakan di Indonesia untuk sekolah-sekolah dari jenjang SD hingga SMA/SMK)
  • .id (digunakan di Indonesia untuk semua jenis situs web dengan top-level domain (TLD) Indonesia)
  • .edu.xx (digunakan di negara lain dengan kode TLD yang berbeda, misalnya .edu.au untuk lembaga pendidikan tinggi di Australia)

Dapatkan domain .sch.id untuk website sekolahmu di Domain ID Murah dari Jagoan Hosting dan segera digitalisasi sekolahmu. Setelah memilih domain untuk web sekolah, kamu perlu pilih hosting untuk mengonlinekan domain web sekolahmu.

hosting untuk website sekolah

Jagoan Hosting merekomendasikan pakai Cloud Hosting Terbaik untuk hosting website sekolah dengan performa tinggi.

Itulah contoh website sekolah yang menarik dan sederhana. Berdasarkan contoh di atas, membuat dan mengelola website sekolah terbilang sangat mudah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
belajar otodidak jadi programmer
Read More
6 Tips Belajar Coding Otodidak untuk Programmer Pemula
Tahukah kamu jika belajar coding otodidak untuk jadi programmer rupanya bisa dilakukan siapa saja? Yup, termasuk kamu sebagai…
contoh website toko online
Read More
22+ Contoh Website Toko Online yang Elegan dan Menarik
Canggihnya teknologi pemasaran dalam bisnis membuat kamuharus mengikuti perkembangan terkini, salah satunya dengan memaksimalkan penggunaan website. Ada beberapa…