Apa Itu Microsoft Edge? Fungsi, Kelebihan dan Kekurangannya

microsoft edge

Pernahkah kamu menggunakan Microsoft Edge? Selain Google Chrome dan Firefox, Microsoft Edge adalah browser yang memiliki banyak keunggulan. Hadirnya Microsoft Edge menjadi pertanda awal adanya pembaharuan serta kemajuan teknologi pada browser yang dikembangkan oleh Microsoft.

Apa itu Microsoft Edge

microsoft edge adalah

Microsoft Edge adalah mesin pencari yang diluncurkan bulan Januari 2020 dan dikembangkan Microsoft dengan berdasarkan Chromium. Microsoft Edge merupakan bagian serta pengganti Internet Explore yang dirancang dengan ringan dan user interface nya sesuai standar web.

Microsoft Edge dikembangkan dengan kode projek Spartan. Kode projek Spartan pertama kali ada di Windows 10 Technical Preview Build 10049 yaitu pada 30 Maret 2015. Pada versi tersebut, Spartan masih merupakan bagian Internet Explore 11.

Tanggal 29 April 2015 Microsoft Edge diresmikan di Build Conference. Spartan secara resmi diluncurkan oleh Microsoft sebagai Microsoft Edge. Hal ini dimaksudkan untuk mengumumkan kepada seluruh pengguna browser bahwa Microsoft Edge mirip dengan Internet Explorer dari web, logo, dan merknya.

Perangkat komputer yang sudah bisa menggunakan Microsoft Edge adalah Android dan iOS. Rencananya, Microsoft Edge ingin dijadikan sebagai browser baku yang diperuntukkan bagi Windows 10 Phone tentunya dengan versi yang lebih baik dari sebelumnya.

Fitur dan Fungsi dari Microsoft Edge

Sebagai browser, tentunya fungsi Microsoft Edge tidak luput dari pencarian dan penjelajahan internet. Dilengkapi dengan fitur-fitur yang lebih baik dibandingkan browser lainnya, menjadikan Microsoft Edge memiliki fungsi lebih banyak. Adapun fungsi dari Microsoft Edge adalah :

1. Melakukan Pencarian dengan AI

microsoft edge dengan bing ai

Sebagai salah satu mesin pencari, fungsi Microsoft Edge adalah melakukan pencarian dan penjelajahan internet melalui situs website. Dengan rancangan desain yang minimalis dan bersih, kamu akan merasakan kenyamanan ketika berselancar internet melalui Microsoft Edge.

Dengan menggunakan Microsoft Edge, kamu dapat melakukan pencarian pada mesin pencari seperti Yahoo! , Bing, maupun Google. Microsoft Edge dilengkapi dengan fitur tab dan tampilan layar yang penuh. Fitur ini dapat membantu pengguna untuk mengatur serta menavigasi situs website dengan lebih mudah. 

Khusus dengan search engine Bing, ada fitur khusus yang terintegrasi dengan Chatbot milik Bing. Microsoft Edge terintegrasi dengan AI Bing Chatbot adalah kemampuan untuk membantu pengguna menjelajahi web secara lebih efektif dan efisien. Ini memungkinkan pengguna untuk menghemat waktu dan usaha dalam menemukan informasi yang mereka butuhkan

Cek Konten Lainnya:
5 Kasus Cyber Crime Terbesar di Indonesia

Selain itu, Microsoft Edge juga dilengkapi dengan fitur auto complete dan prediksi teks yang membantu kamu untuk melakukan pencarian dengan lebih cepat dan mudah. kamu dapat melakukan pencarian langsung pada halaman web tanpa perlu meninggalkan situs web tersebut dengan adanya fitur tkamu lingkup.

2. Penandaan Halaman Web

Saat berselancar di dunia internet, biasanya pengguna menemukan halaman yang isinya menjadi favorit sehingga mungkin ingin membaca kembali di kemudian hari. Dengan menggunakan Microsoft Edge, pengguna tidak perlu khawatir kehilangan halaman web.

Ada fitur Manajemen halaman Web yang dapat digunakan oleh kamu untuk menkamui halaman yang dirasa perlu. Fitur ini dapat menyimpan halaman yang sudah ditandai. Selain itu fitur Manajemen Web juga berfungsi untuk mengelola history penjelajahan, menghapus histori, maupun menghapus cache.

3. Membaca tanpa Iklan

Salah satu unggulan fungsi  Microsoft Edge adalah membaca tanpa gangguan iklan. Iklan yang muncul secara tiba-tiba atau link spam yang muncul membuat kenyamanan membaca di Microsoft Edge menjadi terganggu.

Fitur mode baca pada Microsoft Edge ini dapat membantu kamu untuk menyimpan halaman web. Halaman web yang tersimpan dapat kamu baca tanpa munculnya gangguan iklan maupun link spam. Sehingga kamu dapat lebih fokus membaca konten yang sudah dicari pada halaman web tersebut.

Menariknya pada fitur mode baca ini, pengguna dapat membaca dengan fitur read aloud berbentuk audio. Hanya dengan mengklik tombol F9 atau menu Immersive Reader di sebelah URL. Fitur ini sangat bermanfaat untuk kamu yang bergaya belajar audio karena hanya mendengarkan tanpa perlu membaca.

Pada fitur mode baca, kamu dapat mengubah pengaturan seperti ukuran teks, spasi, serta warna background. kamu dapat menyesuaikan tampilan mode membaca mana yang nyaman dan sesuai dengan kebutuhan kamu.

4. Terintegrasi dengan Cortana

Asisten pribadi dari teknologi berbasis Artificial Intelligence  yaitu Cortana dikembangkan oleh Microsoft dengan tujuan membantu pengguna Windows 10 untuk melakukan banyak hal. Teknologi ini memungkinkan kamu untuk melakukan pencarian apapun tanpa harus mengetikkan keyword yang dicari.

Fitur Cortana terintegrasi dengan mesin pencari bernama Bing. Melalui Bing, kamu dapat mencari apapun dengan cara instan. kamu dapat melakukannya hanya dengan mengetikkan sebuah instruksi, kemudian AI akan menjawab kebutuhan informasi kamu.

5. Keamanan dan Privasi

Keamanan data menjadi sangat penting dari maraknya serangan cybercrime. Fitur yang lain pada Microsoft Edge adalah memblokir pelacakan iklan maupun pelacakan lainnya yang dapat mengumpulkan data pribadi kamu.

Microsoft Edge juga dilengkapi fitur anti phising sehingga berfungsi untuk mengingatkan pengguna apabila saat menjelajah membuka situs palsu yang dapat membahayakan perangkat maupun data diri pengguna. Hal ini dapat membuat kamu lebih nyaman menggunakan browser.

Baca juga: 19+ Mesin Pencari Selain Google yang Punya Banyak Fitur

Kelebihan dan Kekurangan dari Microsoft Edge

Dalam menciptakan sebuah teknologi, pastinya ada saja kelebihan dan kekurangannya. Meskipun Microsoft Edge dianggap mesin pencari yang lebih baik dibandingkan Chrome dan Firefox, namun tetap saja ada perbandingan yang perlu diketahui. Berikut ini ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan Microsoft Edge.

Cek Konten Lainnya:
Penting, Ini Cara Mengecek Keamanan Website!

Kelebihan dari Microsoft Edge antara lain :

1. Terintegrasi dengan Microsoft

Salah satu kelebihan Microsoft Edge adalah terintegrasi dengan produk Microsoft. Melalui Microsoft Edge, pengguna dapat menggunakan produk-produk dari Microsoft yang berbasi cloud. Fitur tersebut antara lain Microsoft 365, OneDrive, Cortana, dan Ekstensi pihak ketiga.

Microsoft Edge memungkinkan penggunanya untuk mengakses layanan Microsoft 365 yang terdiri dari Office Online, OneDrive, dan Outlook.com dari browser langsung. Sehingga pengguna tidak perlu membukanya secara terpisah. 

Adanya integrasi ini, pengguna dapat lebih mudah membuat, mengedit, serta membagikan dokumen di Office Online tanpa harus membukanya secara terpisah. kamu juga dapat melakukan akses OneDrive dan melihat email di Outlook.com langsung dari browser.

Microsoft Edge juga berintegrasi dengan Cortana yaitu asisten Microsoft berbasis teknologi IT. Adanya integrasi dengan Cortana memudahkan pengguna melakukan pencarian menjadi lebih efisien. Selain itu Cortana juga membantu dalam membuat jadwal dan mengatur pengingat langsung.

Integrasi dengan Ekstensi pihak ketiga yaitu Microsoft mendukung ekstensi pihak ketiga seperti AdBlock Plus, Grammarly, dan LastPass. AdBlock Plus dapat digunakan untuk menghilangkan akun yang mengganggu. Grammarly dilakukan untuk melakukan pengecekan pengejaan dan tata bahasa yang di tulis.

2. Terintegrasi dengan Bing AI Chatbot

bing ai chatbot

Keistimewaan dari Microsoft Edge browser yang terhubung dengan layanan Bing Chatbot yang menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk membantu pengguna dalam berbagai hal.

Dengan integrasi AI Bing Chatbot, pengguna Microsoft Edge dapat memanfaatkan teknologi chatbot untuk menjawab pertanyaan atau memberikan saran yang relevan terkait konten web yang mereka jelajahi. 

3. Adanya Dukungan Pengembangan

Microsoft Edge memang sengaja dirancang untuk memudahkan pengembang melakukan pengembangan aplikasi maupun web. Alat pengembangan ini memiliki fitur yang lebih lengkap apabila dibandingkan browser lainnya. Seperti fitur 3D View yang dapat menunjukkan tampilan website dengan mode 3D.

Setiap ada pembaruan, pengguna akan mendapatkan fitur terbaru serta perbaikan keamanan browser yang digunakan. Dukungan pengembangan ini sudah dipastikan aman dan terlindungi dari ancaman keamanan yang terbaru.

4. Lebih Hemat Daya

Kelebihan Microsoft Edge adalah terdapat mode penghemat daya dan memperpanjang masa pakai baterai pada perangkat selular sehingga pengguna tidak akan khawatir baterainya cepat habis.Mode ini dapat diaktifkan dengan mengklik ikon baterai pada pengaturan Microsoft Edge.

Dengan menggunakan mode hemat daya, pengguna mengurangi penggunaan daya dengan melakukan pengurangan frekuensi pembaruan halaman web, menonaktifkan animasi, serta memblokir konten yang tidak dibutuhkan.

Setelah membahas kelebihan, ternyata Microsoft Edge memiliki beberapa kekurangan yang dapat dipertimbangkan bagi pengguna. 

Kekurangan Microsoft Edge

1. Hanya Tersedia Pada Platform Tertentu

Microsoft Edge hanya tersedia pada pengguna Windows dan MacOS. Namun, pada beberapa perangkat seperti Linux, Android, atau iOS tidak dapat menggunakan Microsoft Edge secara resmi. Selain itu, Microsoft Edge hanya tersedia pada Windows 10 ke atas. 

Cek Konten Lainnya:
Apa itu Cookies pada Browser? Fungsi & Jenisnya

Pengguna yang menggunakan Windows 7 dan 8 masih dapat menggunakan Microsoft Edge namun fungsi dan fitur-fiturnya tidak seoptimal jika digunakan pada Windows 10.

2. Minimnya Dukungan Ekstensi

Kelemahan selanjutnya dari Microsoft Edge adalah Kurangnya dukungan ekstensi menjadi kelemahan bagi peramban ini yang memerlukan ekstensi tertentu. Meskipun telah dilakukan peningkatan pada sejumlah ekstensi, namun masih dalam bentuk beta dan terbatas jika dibandingkan Google Chrome maupun Mozilla Firefox.

3. Kurangnya Fitur Sinkronisasi

Fitur sinkronisasi dipentingkan guna melakukan penyinkronan data di berbagai perangkat. Namun, dalam Microsoft Edge fitur ini masih sangat lemah. Bahkan beberapa pengaturan data tidak dapat disinkronkan melalui akun Microsoft. Hal ini menjadi penghambat karena pengguna akan sulit mengakses di beberapa perangkat.

Perbandingan Microsoft Edge dengan Chrome

Masing-masing peramban memiliki kelebihan dan kekurangannya. Keduanya sama-sama memiliki fitur yang menjadi keunggulan masing-masing. Beberapa poin berikut ini yang menjadi pembanding Microsoft Edge vs Chrome :

  1. Tingkat Performa 

Microsoft Edge maupun Chrome memiliki performa yang cukup sangat baik. Namun, Chrome lebih cepat dibandingkan Edge pada komputer yang spesifikasinya lebih rendah.

  1. Keamanan yang kuat

Baik itu Chrome maupun Edge sama-sama memiliki keamanan yang kuat dari serangan malware, phishing, dan serangan lainnya. Namun, Microsoft Edge memiliki keamanan tambahan berupa Windows Defender Smart Screen yang berfungsi memblokir situs berbahaya secara otomatis.

  1. Tingkat Privasi

Microsoft Edge memiliki fitur privasi tambahan yaitu fitur anti pelacakan yang dapat berfungsi untuk menghindari pengguna dari pelacakan secara online.

  1. Dukungan Ekstensi

Keduanya sama-sama dilengkapi dengan dukungan ekstensi. Namun, pada Google Chrome terdapat lebih banyak dukungan ekstensi sehingga Chrome lebih fleksibel dalam mengcover kebutuhan pengguna dibanding Microsoft Edge.

  1. Penanganan Memori

Microsoft Edge menggunakan lebih sedikit memori karena lebih ringan. Hal ini membuat Edge lebih efisien dan ramah pengguna terutama pada hp yang spesifikasinya rendah.

  1. Integrasi Layanan

Jika Microsoft Edge terintegrasi dengan layanan Microsoft seperti Office , OneDrive, dan Cortana maka Chrome terintegrasi dengan Google Meet dan Google Drive.

  1. Ketersediaan pada Platform

Microsoft Edge hanya tersedia pada platform Windows dan Mac OS. Sedangkan Chrome tersedia pada semua platform yaitu Windows, MacOs, Linux, Android, dan iOS.

Pilihan penggunaan dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Apabila kamu ingin menggunakan banyak layanan Microsoft dan lebih privasi, kamu dapat menggunakan Edge. Namun jika kamu membutuhkan yang fleksibel dan dukungan ekstensi yang lebih luas maka kamu dapat memilih Chrome.

Demikianlah ulasan lengkap mengenal lebih dalam Microsoft Edge, fitur dan fungsinya serta perbandingannya dengan salah satu browser yaitu Google Chrome. Microsoft Edge adalah salah satu perangkat browser yang menunjukkan perkembangan teknologi. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
profesi game developer
Read More
Mengenal Game Developer, Peran, Tanggung Jawab & Skillnya
Profesi Game Developer – Siapa yang dari kecil suka bermain game? Dari kecil pasti kita tidak asing lagi…
Jagoan Hosting VPS
Read More
Kenalan Sama VPS, Server Pribadi Yang Bebas Worry!
Kalau kamu membaca artikel-artikel Jagoan Hosting, kamu pasti sadar kalau kami menyediakan layanan VPS terbaik di Indonesia. Buat…