Mengenal Bing AI, Chatbot Canggih Milik Microsoft

bing ai chatbot

Di tahun 2023 pada bulan Februari, Microsoft resmi membuat Bing AI. Bing ini sudah menggunakan kecerdasan buatan sehingga banyak orang menyebutnya sebagai pesaing ChatGPT yang mana sudah tersedia di OS Android maupun IOS. 

Versi terbaru dari Bing ini bisa diambil dari mesin pencarian aplikasi Edge mobile dan Bing. Lalu, bagaimana cara mendapatkan Bing versi AI ini, apa saja kelebihan dan kekurangannya? Simak informasi lengkapnya sebagai berikut. 

Tentang Bing AI 

bing ai chatbot

Bing adalah hasil dari Microsoft yang dibuat oleh AI (artificial intelligence). Tujuan dari pembuatan Bing ini untuk mengetahui 1000 karakter yang dibuat oleh pengguna. Bing ini memiliki tampilan yang minimalis dan dapat diakses dengan mudah. 

Adanya Bing AI chatbot ini memudahkan pengguna untuk menemukan jawaban atas pertanyaannya lebih akurat dan lengkap. Selain itu, adanya sistem ini membuat kamu mendapatkan pengalaman chat yang baru dan menghasilkan konten dengan baik. 

Chatbot ini akan membantu kamu untuk menelusuri jawaban dari pengguna dengan baik karena AI yang tersedia memungkinkan penggunanya untuk mendapatkan lebih banyak pencarian dibandingkan menggunakan mesin pencari itu sendiri. 

AI yang bekerja ini nantinya akan menemukan dan menampilkan jawaban terbaik dari berbagai situs kepada para penggunanya. 

Kelebihan Bing AI 

Dari sistem chatbot yang dibuat oleh Microsoft ini, kamu bisa menemukan berbagai keunggulan di dalamnya sehingga sangat disarankan untuk menggunakannya secara lebih optimal untuk memenuhi kebutuhan pengguna dalam mencari jawaban yang mereka cari. 

Adapun kelebihannya adalah sebagai berikut: 

1. Mendapatkan Lebih Banyak Hasil Pencarian 

Fungsi pertama dari Bing AI yaitu dapat menemukan hasil pencarian yang lebih banyak. Bahkan, Bing disebut sebagai mesin pencari yang mengalami peningkatan kinerja karena dapat memberikan hasil yang banyak. 

Selain memberikan hasil yang banyak untuk penggunanya, alat ini juga memberikan pencarian yang relevan sesuai dengan permintaan. Contohnya jika pengguna ingin mencari hal yang mudah dan sederhana, seperti skor olahraga, cuaca, harga saham, dsb maka hasil dari chatbot Bing AI ini akan memberikan jawaban yang lengkap dan menyeluruh. 

2. Memberikan Penjelasan dari Seluruh Web 

Apa kegunaan aplikasi Bing? Kelebihan berikutnya dari Bing AI yaitu memberikan ulasan dari semua situs agar dapat menampilkan serta merangkum jawaban yang diinginkan oleh pengguna. 

Cek Konten Lainnya:
Alasan Mengapa Kamu Perlu Punya Hosting Dengan Network Stabil Di Segala Kondisi

Contohnya saat kamu ingin mencari instruksi yang lengkap tentang cara membuat kerajinan tangan yang murah dengan menggunakan bahan limbah untuk pengguna buat sehingga tidak perlu mencari dan scrolling dari berbagai hasil pencarian. 

3. Bisa Menampilkan Obrolan Interaktif 

Manfaat Bing AI lainnya yaitu dapat digunakan untuk mendapatkan pencarian yang bersifat kompleks. Contohnya mencari rekomendasi HP yang bagus dan terbaru atau juga merencanakan tempat wisata yang akan dikunjungi. 

Dengan menggunakan Bing ini, kamu bisa menerima fitur obrolan baru yang bersifat interaktif. Dari obrolan tersebut akan memberikan hasil yang terbaik. Selanjutnya, Bing dari AI ini akan menyeleksi pencarian agar menemukan rekomendasi terbaik yang menyajikan data lengkap. 

Dedicated Hosting

Dengan begitu, kamu yang menggunakan Bing ini akan  mendapatkan jawaban yang lengkap karena bisa mendapatkan detail, saran, ide, dengan berbagai tautan. Pengguna jadi lebih mudah untuk mengambil keputusan dan memilih konten apa yang mereka inginkan. 

4. Bing Dapat Memberikan Inspirasi 

Selain kelebihan yang telah disampaikan di atas, ada kalanya user tidak hanya mencari jawaban dari pertanyaannya, tetapi juga mencari ide atau inspirasi. Bing ini akan menghasilkan konten yang nantikan akan memberikan kemudahan user dalam menetapkan keputusan. 

Contohnya seperti membantu pengguna untuk menulis email, membuat planning perjalanan 3 hari ke Bandung, rencana meningkatkan strategi bisnis, dsb. 

Bing juga memberikan kemudahan untuk para pengguna membuat kuis, menyiapkan akomodasi mendaki gunung, sampa wawancara kerja. 

Semua inspirasi ini bisa kamu dapatkan dengan mudah sehingga orang yang belum berpengalaman dapat mencari inspirasi dari saran yang diberikan Bing. 

Jawaban yang diberikan Bing AI chat ini tergolong menarik karena tidak hanya menjelaskan jawaban dengan baik, tetapi ada juga tautan yang memudahkan pengguna untuk mengunjungi situs tersebut. 

Jadi, Bing AI nantinya akan mengutip dari sumber website tersebut disertai dengan rujukan situnya. Hal ini membuat user bisa meneliti lebih lengkap jika ingin melihat konten aslinya dan melihat isinya. 

6. Bing Versi Baru Dilengkapi Chatbot 

Seperti yang sudah dijelaskan, Bing versi barunya sudah menggunakan teknologi seperti ChatGPT. Ada dua konfigurasi yang disediakan dalam chatbot untuk Bing. Konfigurasi yang pertama adalah tampilan chatbotnya ada di kanan dari hasil pencarian. 

Dengan adanya konfigurasi tersebut, chatbot Bing digunakan sebagai asisten agar mencari informasi yang lebih lengkap dari apa yang mereka inginkan. Selanjutnya, tersedia konfigurasi Bing AI kedua yaitu tampilan chatbot yang sama seperti ChatGPT

Jadi, konfigurasi yang kedua ini seperti “polosan” dan tidak tersedia laman hasil pencarian. 

Cek Konten Lainnya:
Internet adalah: Pengertian, Sejarah hingga Manfaatnya

Lewat konfigurasi ini membuat pengguna bisa memasukkan semua pertanyaan yang diinginkan guna mendapatkan informasi dan jawaban yang diperlukan. Jadi ini sama dengan ChatGPT pada umumnya. 

7. Browser Edge yang Memiliki AI dan Tampilan Baru 

Selain kelebihan Bing di atas, Microsoft juga telah melakukan pembaruan atau upgrade untuk browser Edge. Di dalam mesin pencarian tersebut, tersedia dua fitur baru, yaitu untuk mengobrol dan menulis. 

Di bagian Edge Sidebar, user bisa mendapatkan berbagai penulisan seperti rangkuman laporan perusahaan untuk langsung memahami isi dari laporan tersebut. 

Selanjutnya, ada pula fitur obrolan yang berfungsi untuk meminta perbandingan laporan keuangan dari bisnis kompetitor. 

Laporan keuangan ini dapat tersaji dalam bentuk tabel sehingga pengguna bisa mendapatkan lebih banyak informasi secara cepat dan mudah. Dari adanya Edge ini juga memiliki fungsi lainnya yaitu perihal menulis konten. 

Misalnya, kamu akan diberikan petunjuk untuk cara menulis postingan untuk media sosial LinkedIn. Selanjutnya, pengguna bisa menggunakannya dalam melakukan update, format, serta panjang kiriman. 

Dengan Edge pula akan memberikan tampilan yang memudahkan pengguna untuk memahaminya. 

Kekurangan Bing AI 

Dari banyaknya kelebihan Bing AI yang dimiliki, tetap saja ada kekurangan dari sistem ini. Beberapa kekurangan dari chatbot yang sedang viral ini adalah sebagai berikut: 

1. Hanya Untuk Mencari Informasi 

Kekurangan pertama yang dimiliki oleh Bing versi baru yaitu menyediakan chatbot yang memang dikhususkan untuk mencari informasi dan inspirasi. Jadi, chatbot ini tidak bisa digunakan untuk main-main seperti mengajak percakapan dengan bot tersebut. 

Chatbot Bing juga tidak menyediakan keunggulan seperti meminta bantuan pada setiap hal yang tidak berhubungan dengan mesin pencari atau kata kunci yang umum ada di internet. Itulah yang menjadi kekurangan dari Chatbot ini. 

2. Tidak Dikamulkan Untuk Mencari Konten Cerita dan Teks Kreatif 

Kekurangan selanjutnya dari Bing versi AI adalah tidak cocok untuk kamu yang seorang ahli bahasa dan ingin membuat bahan cerita. Hal ini tidak sesuai dengan kegunaan dan fungsi dari chatbot Bing. 

Jika ingin mencari bahan untuk konten cerita dan mendapatkan teks yang keren, maka itu kelebihan ChatGPT OpenAI. ChatGPT ini adalah chatbot yang canggih dengan didukung oleh tokoh terkenal seperti Peter Thiel dan Elon Musk. 

Lewat ChatGPT, kamu bisa membuat teks kreatif dan mencari sumber bahan cerita di berbagai domain, baik itu konten humor receh, cerpen, sampai dengan puisi. Itulah yang menjadi keunggulan dari ChatGPT buatan OpenAI dibandingkan dengan Bing dengan AI. 

3. Obrolannya Kurang Friendly dan Natural 

Kekurangan berikutnya dari chatbot Bing ini adalah obrolannya yang kurang terasa friendly dan natural. Hal ini sejalan dengan fungsinya yang difokuskan untuk mencari informasi dengan lengkap. 

Cek Konten Lainnya:
5 Kasus Cyber Crime Terbesar di Indonesia

Jadi, jika ingin menggunakan chatbot yang lebih friendly dan terkesan obrolannya natural, kamu bisa mencoba chatbot Bard AI. Bard AI adalah chatbot buatan Google yang menyediakan modal bahasa yang lebih banyak sehingga kata-katanya lebih terlihat natural. 

Tersedia juga banyak bahasa dengan berbagai topik. Menariknya lagi, gaya bahasa  yang diucapkan oleh chatbot ini menggunakan preferensi dari kamu sehingga terkesan luwes. 

Meskipun begitu, ada juga kekurangan dari chatbot Bard AI yaitu tidak bisa menjawab semua pertanyaan dengan baik tidak seperti Bing. 

4. Tidak Semua Bisa Diakses 

Chatbot Bing ini tergolong baru diluncurkan seperti halnya ChatGPT yang baru hadir di tahun 2023 ini. Oleh sebab itu, tidak semua negara dan wilayah tersedia chatbot ini. 

Kemudian, untuk berfungsi lebih optimal juga perlu koneksi internet yang mendukung dan stabil sehingga bisa mendapatkan informasi dengan cepat. 

Cara Menggunakan Bing AI 

Berikut ini adalah cara menggunakan Bing ChatBot atau AI yang dipaparkan secara jelas dengan langkah runtutnya. 

1. Daftar Bing 

cara pakai bing ai chatbot

Bagi yang ingin menggunakannya, kamu perlu melakukan pendaftaran terlebih dahulu yaitu melalui website berikut: www.bing.com/new. Maksud dari pendaftaran ini agar masuk ke daftar tunggu karena Bing ini baru dibuka 7 Februari. 

Catatan yang tidak boleh dilupakan adalah kamu juga harus menggunakan Edge, browser dari Microsoft untuk menggunakan Bing. Jika belum mendapatkannya, maka silahkan untuk mengunduhnya terlebih dahulu. 

Edge juga mendukung OS Linux dan Macintosh. 

2. Cara Menggunakan Bing ChatAI

Jika sudah melakukan langkah di atas, maka cara selanjutnya adalah sebagai berikut:

  • Masuk ke browser Bing.com. 
  • Kemudian, kamu akan melihat di bagian atas menu untuk obrolan. Klik menu Chat tersebut. 
  • Selanjutnya, akan muncul halaman Bing chatbot tersebut. 
  • Langkah terakhir, tinggal masukkan pertanyaan apa yang diinginkan, lalu chatbot ini akan memprosesnya dan menemukan hasil pencarian terbaik. 

Bagaimana? Mudah bukan menggunakan Bing chatbot ini? Pertanyaan yang diajukan dalam chat tersebut bisa menggunakan Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris. Dengan adanya Bing sistem AI ini akan  menemani kita untuk mendapatkan informasi dan menggali lebih dalam. 

Jadi, diibaratkan seperti asisten yang membantu untuk menemukan buku yang kita inginkan di perpustakan. Hal ini karena Bing mengambil jawaban dari situs yang ada di internet. 

Penutup 

Demikian penjelasan lengkap tentang Bing AI yang harus kamu ketahui. Bing sudah menyediakan chatbot yang memudahkan pengggunanya untuk mendapatkan informasi dengan cepat dan praktis. Ada banyak kelebihan dari chatbot ini sehingga baik direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
cara membuat storyboard
Read More
Tips dan Cara Membuat Storyboard untuk Konten dan Contohnya
Sebagai seorang content creator, setidaknya kamu harus memahami bagaimana cara membuat storyboard loh Sob. Sebelum menciptakan sebuah konten,…
spam
Read More
Spam – Pengertian, Jenis, Contoh & Cara Mencegahnya
Mungkin sebagian orang sudah tak asing lagi dengan istilah ini. Spam adalah kata yang sering digunakan pada penggunaan…