Blog Jagoan Hosting | Tutorial Website & Web Hosting Indonesia

5 Tips Personal Branding Di Instagram untuk Bisnis

Tahukah Anda bagaimana seharusnya membangun personal branding di Instagram untuk bisnis?

Media sosial saat ini sering dianggap sebagai Curriculum Vitae atau CV secara online. Sudah mulai banyak perusahaan yang melihat kepribadian seseorang dengan menggunakan media sosial. Dari situ juga bisa diketahui kegiatan yang sering dilakukan oleh orang-orang.

Untuk itulah sangat diperlukan personal branding agar bisa memasarkan diri kamu sendiri. Kalau dianalogikan dengan sebuah produk, misalkan kamu adalah iPhone yang dikenal premium, mahal, berkualitas tinggi dan memiliki fungsi mumpuni, seperti itulah branding. Kamu juga bisa saja dikenal sebagai sosok yang humoris, kreatif dan jago membangun website yang mudah hanya dengan melalui media sosial.

Sebenarnya banyak banget manfaat dari personal branding lainnya yang bisa kamu dapat. Apa saja? Banyak yang kenal, dapat kehormatan dari orang sekitar, jadi sumber inspirasi untuk orang lain, bisa mendapat proyek.

Nah, khusus kamu yang punya produk sendiri, personal branding ini akan sangat membantu meningkatkan penjualan. Saat ini Instagram jadi platform yang paling banyak digunakan anak muda untuk melakukan prmosi karena Instagram sangat membantu dalam menonjolkan visual art.

Ini nih tiga cara yang bisa kamu lakukan ketika kamu ingin personal branding di Instagram:

Maksimalkan Visual Aesthetic

Rapikan atau atur setting feed di profile Instagram agar memberikan kesan rapi untuk memaksimalkan visual aesthetic untuk menarik perhatian follower maupun orang lain yang melihat-lihat feed.

Posting rutin setiap hari

Minimal satu postingan setiap harinya. Sistem upload bisa juga diatur sedemikian rupa untuk menarik perhatian follower kita secara visual. Nah, mungkin infografis berikut ini bisa menjadi inspirasi kamu dalam membuat postingan yang tidak sekedar “nyampah” tapi juga memberikan manfaat bagi siapapun yang melihatnya, termasuk akan sangat berguna saat kamu menjalankannya untuk bisnis online.

tips posting Instagram
tips posting Instagram

Tingkatkan jumlah follower

Hal yang terpenting dalam meningkatkan jumlah follower kita adalah dengan meningkatkan interaksi kita di Instagram tersebut. Bisa dengan cara like postingan orang lain tanpa mem-follow akun tersebut untuk menarik perhatian akun yang dituju. Cara lain adalah dengan trik follow-unfollow yang juga bisa diterapkan di Instagram. Cara terakhir adalah dengan membeli followers melalui jasa penyedia followers.

Jalin interaksi dengan follower

Agar follower terus bertambah, jalin terus interaksi dengan mereka. Kamu bisa tanya pendapat langsung ke followers untuk mendapatkan masukan untuk campaign-mu berikutnya. Dengan adanya interaksi ini juga akan membuat followers merasa nyaman karena kamu akan dikenal sebagai pribadi yang ramah dan cepat tanggap.

Misalnya saja, dengan mengadakan give away untuk para follower. Seperti yang dilakukan oleh @Pahlawandigital. Mengadakan kuis sederhana yang mampu meningkatkan interaksi dengan follower.

Gunakan Tagar/Hashtag

Penggunaaan hashtag sangat berpengaruh dalam pencarian SEO di internet. Dengan menggunakan tagar, postingan kamu akan lebih mudah terlihat orang lain yang sedang mencari topik serupa. Jika kamu memiliki perusahaan, kamu bisa memasukkan nama perusahaanmu sebagai hashtag. Dan menggunakannya saat memposting sesuatu di Instagram. Seperti halnya itu, perusahaan Hosting Terbaik Indonesia yaitu Jagoanhosting.com pun demikian. Menjadi bagian dari PT Beon Intermedia, Setiap karyawan dengan bangga menggunakan hashtag #lifeatbeon untuk setiap postingan mereka di Instagram.

Nah, bagaimana sudah mulai memikirkan langkah apa yang harus dilakukan pertama kali untuk membranding diri di Instagram? Instagram memang menjadi tempat bagi personal dalam membangun brand diri mereka sendiri. Tapi tidak menutup kemungkinan digunakan oleh perusahaan yang sudah besar sekalipun untuk membranding bisnis mereka. Misalnya saja perusahaan pembuatan website instan terbaik di Indonesia yang menggunakan Instagram untuk media branding mereka.

Oh iya, satu lagi, kami berikan bonus Infografis untuk kamu yang ingin memaksimalkan waktu dengan memposting konten di Instagram. Inforgrafis ini akan sangat membantu karena kamu bisa menentukan kapan akan memposting konten yang pastinya akan membantu mendapatkan banyak perhatian dari netizen.

the best time to posting social media
the best time to posting social media

Mudah bukan? Selamat mencoba!

SM Team