Blog Jagoan Hosting | Tutorial Website & Web Hosting Indonesia

12 Tips Menciptakan Postingan Instagram yang Menarik dan Viral 2019

Kita tahu media sosial memegang peranan penting dalam membesarkan nama sebuah bisnis. Misalnya, dengan adanya postingan Instagram yang menarik, pebisnis online bisa mendapatkan keuntungan berlipat dari Instagram.

user instagram tahun 2018

Setiap bulannya, disinyalir terdapat setidaknya 700 juta orang yang menggunakan Instagram yang mana setiap harinya, ada lebih dari 400 juta orang yang aktif menggunakan Instagram. Konten yang dibagikan dapat berupa InstaStory, foto, text, dan video. Terlepas dari bentuk konten yang dibagikan melalui Instagram, semuanya memberikan pengaruh yang besar kepada penggunanya.

Lalu, bagaimana Sobat Jagoan dapat membuat postingan Instagram yang menarik dan berpotensi untuk viral? Simak 12 tips menciptakan postingan Instagram yang menarik dan viral 2018 berikut.

1. Buat Postingan Instagram yang Menarik Perhatian Target Pelanggan

instagram caption yang menarik

Konten berupa text pada Instagram akan menunjukkan identitas dari sebuah merek yang tidak hanya membuat orang mengerti produk atau layanan apa yang kamu tawarkan, tapi juga bisa menghibur pengguna dan meminta mereka untuk ikut bertindak.

2. Manfaatkan Kapasitas Karakter serta Fitur Emoji dan Hashtag dengan Maksimal

instagram caption story telling 2018

Jika Sobat Jagoan menggunakan Instagram untuk bisnis online, tentukan siapa-siapa saja target pasar yang akan kamu tuju. Pastikan juga berapa usia mereka dan apa ketertarikan mereka.

Misalnya, ketika kamu menjual produk hijab, maka sudah sewajarnya kamu akan menargetkan wanita berusia 18 – 35 tahun sebagai target utama. Konten yang akan kamu buat di Instagram juga harus menyesuaikan ketertarikan mereka dan diharapkan bisa membuat mereka merasa terlibat.

3. Identifikasi Merk atau Brand

Setelah Sobat Jagoan tahu siapa target pelanggannya, kamu juga harus tahu produk seperti apa yang akan dijual. Tujuannya adalah untuk memudahkan kamu dalam membuat konten yang informatif, menarik, dan menjual.

Sobat Jagoan pun harus menyesuaikan konten dengan ketertarikan pelanggan sehingga didapatkan gambaran gaya bahasa yang akan digunakan, tentunya yang sesuai dan mudah diterima oleh mereka. Misalnya, jika target pelanggan adalah remaja-remaja muda, kamu bisa menambahkan humor atau cerita kocak di balik munculnya produk yang kalian jual.

4. Pertimbangkan Jumlah Karakter yang Kalian Gunakan di Setiap Caption

Sobat Jagoan pasti ingin menampilkan semua informasi produk di caption postingan Instagram. Hal tersebut sah-sah saja dilakukan, tapi jangan sampai pelanggan atau pengikut kalian merasa risih dengan caption kamu yang terlalu panjang.

Kamu bisa membuat jadwal postingan, mulai dari memposting informasi yang berkaitan dengan produk, memposting detail produk, sampai memposting promo produk agar postingan Instagram kalian lebih menarik dan mudah diikuti.

Jangan sekali-kali membagikan postingan yang berisi keseluruhan detail informasi. Penggal menjadi beberapa bagian agar feed Instagram kamu lebih bervariasi, akan lebih menarik lagi jika kamu menuliskan sedikit intermezzo di balik foto tersebut.

5. Posisikan Informasi yang Paling Penting di Awal Caption

Saat Sobat Jagoan memposting foto dengan caption yang sedikit lebih panjang, maka satu kalimat di awal akan muncul terlebih dulu. Ini kesempatan kamu untuk menarik minat follower untuk membaca lebih lanjut caption yang kamu buat.

Kamu bisa menuliskan satu kalimat yang menggambarkan produk atau solusi yang bisa diterima oleh pelanggan kalian nantinya. Beri keyakinan kepada pelanggan bahwa kamu akan memberikan informasi lebih saat mereka membuka button “…more”.

Gunakan caption untuk Postingan Instagram yang Menarik

6. Edit dan Tulis Lagi

Postingan Instagram yang Menarik

Jangan ragu untuk menuliskan caption pada postingan kamu. Sobat Jagoan bisa membuat draft-nya lebih dulu, edit, dan tulis ulang jika perlu. Kamu bisa meringkas setiap caption dengan menghilangkan beberapa kata yang sekiranya tidak perlu.

Kamu juga bisa belajar untuk menggunakan Copywriting untuk bisa membuat caption yang menarik jika kamu memanfaatkan instagram kamu sebagai media untuk bisnis kamu.

7. Gunakan Hashtag

postingan Instagram yang menarik, gunakan hastag di caption instagram
Hashtag pic: Urban Digital

Kita tahu batas penggunaan hashtag di dalam postingan Instagram adalah 30 hashtag. Menurut hasil studi dari Siply Measured, mereka yang menggunakan hashtag di dalam setiap postingannya akan meningkatkan engagement sebesar 12,6% dibandingkan dengan mereka yang tidak menggunakannya. Namun, perlu diingat bahwa hashtag yang dicantumkan harus relevan dengan postingan Instagram dan target pelanggan kamu.

Jika tidak ingin mengganggu caption text yang sudah dibuat, Sobat Jagoan bisa menggunakan hashtag dengan tips berikut:

  •         Pisahkan hashtag dengan caption text terakhir
  •         Jangan membuat caption yang hanya berisi kumpulan hashtag. Kamu bisa mencantumkan hashtag di bagian komentar setelah caption yang kamu tulis.

8.  Buat Pertanyaan untuk Target Pelanggan

Sesekali cobalah untuk mengajukan pertanyaan untuk target pelanggan kamu. Sobat Jagoan bisa melibatkan mereka dan membangun interaksi dengan mereka. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan judul yang berisi pertanyaan. Bisa jadi pertanyaan sederhana yang hanya membutuhkan jawaban ‘ya’ atau ‘tidak’, atau pertanyaan sederhana lainnya.

9.  Mention Seseorang untuk Membuat Postingan Instagram Lebih Menarik

Jika akun Instagram kamu bukanlah satu-satunya official account dari perusahaan atau brand bisnis, kamu bisa menyebutkannya di dalam caption. Dengan menyebutkan akun lain, kamu akan membuat target pelanggan merasa bahwa mereka akan diperhatikan.

10.  Ajak Target Pelanggan untuk Lebih Terlibat

Engagement dengan target pelanggan menjadi hal yang harusnya Sobat Jagoan prioritaskan. Salah satu caranya adalah dengan membuat postingan Instagram kamu terlihat lebih menarik. Minta mereka untuk meninggalkan komentar dan mengajak teman mereka dengan meninggalkan tag.

Konten postingan yang menarik akan membuat target pelanggan mau merekomendasikan produk kamu kepada teman yang lain. Kamu juga bisa membuat kompetisi yang diikuti oleh target pelanggan kamu.

11.  Gunakan Emoji

Siapa bilang menggunakan emoji untuk postingan bisnis tidak profesional? Selama emoji masih relevan dengan tema dan tidak mengganggu, emoji bisa membantu kamu menciptakan kesan hangat kepada target pelanggan. Simak juga tips menggunakan emoji.

12. Jadwalkan Postingan agar Lebih Teratur

Jika Sobat Jagoan ingin membuat postingan Instagram yang menarik, kamu bisa membuat beberapa postingan dalam sehari dan membuat jadwal postingan. Sehingga kamu tidak perlu terpaku untuk mengerjakan hal-hal yang sama setiap harinya. Alhasil, kamu bisa menggunakan waktu kamu untuk tugas lainnya.

Tips di atas pastinya akan sangat membantu Sobat Jagoan meningkatkan penjualan bisnis online. Kamu bisa membangun branding, menjalankan campaign promosi, dan sebagainya. Salah satu akun Instagram bisnis online yang dapat kamu jadikan contoh pembelajaran adalah jaghostid yang merupakan official account penyedia layanan web hosting terbaik di Indonesia.

Selain berisi tentang fitur dan produk yang ditawarkan JagoanHosting, Sobat Jagoan juga bisa mendapati kuis dan trivia yang tentunya dapat menambah wawasan kamu. Banyak juga postingan yang di bawahnya terdapat komentar-komentar berisikan diskusi, opini pribadi, dan informasi-informasi tambahan yang bisa diserap ilmunya.

Jadi, tunggu apa lagi? Follow akun Instagram kami!

Hanya Dengan 12.000/bln, Website Kamu Bisa 5x Lebih Cepat!!

Mau Dong!

+ +