Cara Pasang Iklan di Instagram ― Instagram merupakan salah satu platform yang digunakan secara aktif oleh masyarakat kebanyakan. Tidak hanya sebagai tempat untuk membagikan foto maupun video pada pengikut, kini Instagram juga dijadikan sebagai ladang berbisnis. 

Fitur-fitur di Instagram seperti feeds, stories, live, maupun IGTV dimanfaatkan sebagai wadah bagi para pebisnis untuk berbondong-bondong memasarkan bisnisnya di platform tersebut. Fitur-fitur ini dijadikan tempat untuk berkomunikasi dengan calon pembeli.

Dengan perkembangannya yang juga menjadi ladang berbisnis, istilah Instagram Ads juga mulai dikenal. Ini adalah sebuah fitur dimana pebisnis dapat mengiklankan bisnisnya untuk menjangkau lebih banyak pelanggan. 

Nah, kali ini Jagoan Hosting mau berbagi cara pasang iklan di Instagram, Ternyata, caranya cukup mudah, Sob! Bagi kamu yang ingin berbisnis melalui Instagram, simak dulu tata cara pasang iklan di Instagram berikut ini biar bisnis makin dikenal dan dijangkau oleh banyak orang!

Langkah pertama, buat fanpage di Facebook terlebih dahulu

cara pasang iklan di instagram
gambar dari unsplash

Syarat utama dari cara pasang iklan di Instagram yaitu dengan membuat akun bisnis Instagram. Jadi, pastikan akun Instagrammu sudah dalam mode bisnis, ya.

Akun bisnis ini biasanya akan terhubung dengan Facebook. Dari sini kamu bisa langsung membuat fanpage yang nantinya bisa mengiklankan bisnismu di Facebook maupun Instagram.

Nah, setelah fanpage sudah ada, kamu bisa langsung ke bagian “Ads Manager Facebook” lalu klik “Create Ads” di bagian kanan atas.

Pilih tujuan beriklan

Setelah itu, kamu akan ditampilkan kategori tujuan beriklan. Pilihlah yang mendukung Instagram Ads dari bisnismu. Kategori yang tersedia ada tiga, yakni Awareness, Traffic, dan Conversion.

Dari situ, kamu bisa pilih kategori seperti brand awareness, app installs, reach, traffic, video views, engagement, dan coversion

Tentukan target audiens dan jadwal iklan

Kamu bisa tentukan target audiens yang ingin kamu jangkau dalam Instagram Ads dengan cara mengisi kolom pada target audiens. Dalam kolom tersebut, kamu bisa tuliskan gender, usia, lokasi, hobi, bahasa, umur, penargetan terperinci, serta koneksi yang sesuai dengan target bisnismu. Pengisian informasi ini akan mempermudah algoritma Instagram untuk mencapai calon konsumen dengan target yang ditentukan.

Setelah beres mengisi kolom target audiens, kamu bisa langsung menentukan jadwal penayangan iklan dan berapa lama iklan itu akan beredar. 

Membuat format iklan

Cara pasang iklan di Instagram yang selanjutnya adalah pembuatan format iklan yang diinginkan. Ada lima jenis format yang bisa kamu pilih, yaitu:

  • Gambar tunggal: Tampilan iklan dengan hanya satu gambar.
  • Video tunggal: Tampilan iklan dengan satu video
  • Tayangan slide: Tampilan iklan dengan gambar dan video hingga 10 slide
  • Karosel: Tampilan iklan dengan dua (atau lebih) gambar maupun video yang dapat digeser
  • Koleksi: Tampilan iklan yang berupa gambar atau video

Setelah memilih format, kamu bisa langsung menuliskan deskripsi iklan yang semenarik mungkin agar mendatangkan minat dari calon konsumen.

Jangan lupa untuk memasukkan gambar atau video yang ingin kamu gunakan pada iklan. Masukkan pula tautan yang ingin kamu tuju, misalnya ke Instagram page atau website bisnismu. Belum punya website bisnis? Jangan khawatir, serahkan saja ke Jagoan Hosting, penyedia jasa pembuatan website dan web hosting terbaik se-Indonesia. Informasi lebih lanjut, cek website kami, ya!

Lakukan proses pembayaran

Setelah format sudah beres, kamu bisa langsung melakukan proses pembayaran yang dapat dilakukan menggunakan kartu kredit atau debit. Jika sudah membayar, selanjutnya Facebook akan mengulas iklanmu dan segera menayangkannya jika sudah memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku.

Nah, itu dia cara pasang iklan di Instagram. Bagaimana, mudah kan? Semoga artikel ini bisa membantu kamu ya, Sob!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like