Biaya iklan di Instagram – Dulu, beriklan selalu dikaitkan dengan harga yang mahal. Tentu saja, karena dulu beriklan harus dilakukan melalui media mainstream seperti televisi atau radio. Harganya? Jangan ditanya. 5 detik di televisi saja rasanya sudah menghabiskan miliaran rupiah! Belum lagi dengan proses shooting dan persiapan sebelum beriklan. Auto-bokek, pastinya.

Berbeda dengan zaman sekarang yang menawarkan iklan lewat media sosial seperti Instagram. Harganya tentu sangat berbeda dengan sistem iklan seperti di media mainstream, dong. Apalagi dengan kebebasan bentuk iklan bervariasi, bikin iklan di Instagram lebih cuan bagi para freelance atau pekerja kreatif seperti kamu.

Sebelum bahas biaya iklan di Instagram, kenali dulu yuk kenapa beriklan di Instagram itu penting banget buat kamu coba.

Kalau kamu pakai Instagram, besar kemungkinan pasar kamu juga menggunakannya!

biaya iklan di instagram
gambar dari unsplash

Terhitung sejak 2019, pengguna Instagram di Indonesia adalah 59.840.000! Ini angka yang nggak main-main ya. Artinya 1 dari 4 orang Indonesia pasti main Instagram.

Jika bisnismu memiliki karakteristik target market yang sama seperti kamu, maka besar kemungkinan mereka juga memainkan Instagram. Daripada kamu membuang uang untuk iklan di tempat yang belum tentu benefisial seperti radio atau paid promote, lebih baik gunakan iklan di Instagram.

Bentuknya bervariasi

Asiknya lagi, bentuk iklan di Instagram nggak cuma seperti papan pengumuman tentang bisnis kamu. Ada banyak variasi seperti carousel yang bisa di swipe kanan dan kiri, video, gif, atau bahkan cuma post terbaru kamu yang di-boost atau disebar lebih luas lagi.

Ini memberikan kamu kesempatan lebih untuk bereksplorasi dengan gaya-gaya beriklan. Kamu bisa mencontoh bagaimana brand-brand besar mengiklankan layanannya. Umumnya ada call-to-action atau ajakan untuk klik link menuju suatu website.

Jangan lupa untuk mengarahkan mereka untuk klik website kamu yang sudah dibangun dengan Jagoan Hosting, ya! Pastikan juga kamu menggunakan hosting terbaik se-Indonesia untuk menjaga stabilitas dan kecepatan website kamu.

Bisa disetel sesuai dengan target pelanggan kamu

Instagram tahu kok karakteristik para penggunanya. Mulai dari kesukaan, hobi, hingga usia. Kamu bisa memanfaatkan ini untuk menargetkan iklan kamu kepada target yang sesuai. Apakah dia laki-laki? Usia berapa? Kesukaannya apa? Biarkan Instagram menyebarkan iklan kamu kepada para calon pelanggan potensial!

Datanya lebih terukur dan valid

Nggak ada lagi kata-kata seperti “Aku nggak tahu berapa yang lihat!” Di Instagram, kamu akan mendapatkan data berupa insight setelah masa iklan berakhir. Mulai dari berapa jumlah orang yang melihat, klik, melihat profil kamu, hingga menambah followers akun kamu. Lebih jelas!

Biaya iklan di Instagram? Semau kamu!

Pertanyaan yang paling penting: berapa biaya iklan di Instagram? Menariknya, biaya iklan ini tergantung semau kamu, lho! Kok bisa?

Instagram menerapkan beberapa indikator pembiayaan seperti berapa banyak orang yang akan diraih dan dipromosikan tergantung karakteristik target market kamu. Tentunya ‘Seluruh Indonesia’ berbeda dengan ‘Kota Depok’ saja, kan? Begitu pula dengan lama beriklan.

Berdasarkan karakteristik ini, kamu akan mendapatkan ‘Base price’ atau harga dasar yang menjadi minimum pembayaran. Angka ini bisa kamu tambahkan untuk mendapatkan pengunjung yang lebih luas. Misalnya dengan harga dasar Rp 20.000 per hari, kamu bisa menyebarkan iklanmu ke 1.000 orang per hari. Tapi jika kamu meningkatkan menjadi Rp 50.000 per hari, maka akan ada 5.000 orang yang melihat iklanmu!

Itu dia perhitungan biaya iklan di Instagram. Sangat fleksibel dan tentunya bisa kamu manfaatkan untuk merintis bisnis freelance dan kreatif kamu. Kalau sudah siap untuk beriklan, pastikan websitenya juga aman ya untuk diakses! Jagoan Hosting menyediakan layanan hosting terbaik di Indonesia untuk website kamu, sehingga aman dari gangguan kecepatan ataupun loading yang lemot. Selamat beriklan!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like