6 Cara Membuat Podcast di Spotify yang Mudah untuk Pemula

Cara membuat podcast di spotify

Ingin coba terjun menjadi podcaster? Pelajari dulu cara membuat podcast di Spotify berikut. Tak perlu khawatir, karena ditujukan khusus untuk pemula, langkah-langkah pembuatannya pun tergolong mudah diikuti.

Tren membuat dan mendengarkan podcast ini memang tengah naik daun. Selain di Spotify, ada pula yang membuat podcast dengan konsep video dimana kamu dapat melihat visualnya. Jenis podcast tersebut biasanya sering ditemui di Youtube.

Nah, akan tetapi, kali ini Jagoan Hosting akan berfokus pada tata cara membuat podcast di Spotify. Bagi kamu yang ingin belajar dan penasaran bagaimana cara memulai podcast, baca artikel di bawah sampai habis, ya!

Berbagai alat podcast yang perlu disiapkan

perlengkapan membuat podcast
gambar dari unsplash

Selain niat, kamu tentunya membutuhkan perlengkapan alat podcast untuk mendukung proses pembuatannya. Nah, berikut ini adalah alat podcast yang perlu kamu siapkan untuk menunjang hasil podcast yang bagus:

  • Mikrofon

Ini adalah alat podcast yang wajib dan paling utama yang harus kamu sediakan jika ingin menciptakan konten podcast yang berkualitas. Pilih mikrofon dengan kualitas yang bagus agar suara yang dihasilkan jernih. Kamu bisa pilih mau pakai mikrofon USB atau analog.

  • Audio interface

Kamu membutuhkan audio interface jika kamu memutuskan untuk menggunakan mikrofon analog. Guna dari alat podcast ini yaitu untuk mengkonversikan audio analog menjadi audio digital.

  • Digital Audio Workstation

Ini adalah perangkat lunak yang harus kamu miliki di laptop maupun komputermu untuk mengedit hasil rekaman sehingga hasilnya jadi lebih halus. Software ini dapat kamu unggah secara gratis!

  • Laptop atau komputer
Cek Konten Lainnya:
Apa itu Augmented Reality? Mengenal Teknologi AR & Contohnya

Tentu saja kamu membutuhkan laptop atau komputer untuk mengedit audio yang sudah kamu rekam. Kamu bisa lakukan proses pemotongan audio, pengeditan suara, dan lain-lain.

Baca juga: Apa itu Podcast? Ini Pengertian, Jenis, dan Cara Membuatnya

Cara membuat podcast di Spotify

cara membuat podcast di spotify
gambar dari unsplash

Jika sudah mengumpulkan peralatan basic yang dibutuhkan untuk membuat podcast, ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan sebelum mendaftarkannya di Spotify. Apa saja itu? Semuanya telah terangkum di dalam cara membuat podcast di Spotify berikut ini.

  • Menentukan topik bahasan

Yang paling utama dari cara membuat podcast adalah menentukan topik bahasan. Pilihlah topik yang sesuai dengan minat dan pemahaman sehingga kamu sudah menguasai topik tersebut.

Akan lebih menarik lagi kalau kamu mengangkat topik yang belum banyak dibincangkan oleh orang lain supaya podcast bikinanmu terkesan lebih eksklusif.

  • Membuat narasi dan alur pembahasan

Setelah memutuskan topik pembahasan, yang perlu kamu perhatikan selanjutnya dalam menerapkan cara membuat podcast di Spotify adalah narasi atau alur pembicaraan dari podcastmu. Dengan mempersiapkannya di awal, narasi inilah yang akan memandu pembahasan agar tetap berjalan lancar. 

Tapi, jangan terlalu fokus membaca narasi, ya. Lakukanlah improvisasi agar pembicaraan terdengar lebih natural.

  • Melakukan proses rekaman audio

Jika tema, topik, dan narasi sudah terkumpul, it’s show time! Saatnya melakukan proses recording menggunakan peralatan-peralatan yang sudah dipersiapkan.

Dedicated Hosting

Jangan lupa untuk memastikan bahwa kamu merekam suara dalam keadaan hening, ini untuk memudahkan proses pengeditan nantinya. Pastikan juga bahwa mikrofon sudah terhubung ke laptop.

Jika proses rekaman sudah selesai, lakukan double check dengan mendengarkan ulang hasil rekaman. Jika sudah terdengar pas, maka lakukanlah proses pengeditan sesuai dengan yang kamu inginkan. Eits, pastikan file rekamanmu tidak lebih dari 200 MB ya, Sob!

  • Tentukan host website 
Cek Konten Lainnya:
10+ Tools AI Copywriting yang Siap Bantu Buat Konten

Cara membuat podcast di Spotify berikutnya yakni menentukan host website. Sama halnya dengan membuat website yang membutuhkan web host, pembuatan podcast juga membutuhkan media host.

Hal ini perlu kamu lakukan agar podcast yang kamu buat dapat tersedia di internet dalam bentuk mp3. Jika sudah menyiapkan host website, barulah kamu akan mendapatkan RSS (Rich Site Syndication) feed jika sudah upload podcast.

  • Jangan lupa tentukan judul, nama, dan cover podcast

Cara membuat podcast di Spotify selanjutnya yaitu dengan menentukan judul, nama, dan cover podcast. Pastikan nama tidak lebih dari 20 karakter. Setelah itu, siapkan gambar yang ingin digunakan sebagai cover podcast. Usahakan logo maupun gambar yang kamu pakai tidak memiliki copyright apapun, ya!

  • Upload podcast ke Spotify

Tahap terakhir dari cara pembuatan podcast adalah mengunggahnya ke Spotify. Ikuti langkah berikut untuk mendaftarkan podcast ke Spotify:

  1. Buka halaman Spotify untuk Podcaster, kemudian login pakai akun kamu
  2. Klik “Get Started” di halaman “Submit your Podcast”
  3. Jika sudah membaca “Terms and Conditions”, centang kotaknya lalu klik “Continue”
  4. Masukkan link RSS feed pada kotak yang tersedia
  5. Masukkan judul dan cover podcast yang sudah kamu sediakan, kemudian klik “Next”
  6. Kamu bisa tambahkan kategori, nama negara, bahasa, atau penyedia layanan di bagian “Add Podcast Info”. Jika sudah, klik “Next”
  7. Jangan lupa lakukan pengecekan ulang detail informasi dan juga podcast yang ingin kamu unggah. Kalau sudah yakin 100%, klik “Submit”!

Itu dia tata cara membuat podcast di Spotify, Sob! Gimana, mudah kan? Jangan lupa siapkan topik pembahasan yang unik dan beda dari yang lain kalau kamu memutuskan ingin menjadi Podcaster.

Cek Konten Lainnya:
Cara Meningkatkan Keamanan pada server VPS

Jika kamu butuh platform lain untuk mengunggah podcastmu di internet, kamu bisa taruh di website dengan domain nama podcastmu sendiri. Gunakan jasa pembuatan website dan domain di Jagoan Hosting, karena Jagoan Hosting merupakan hosting terbaik se-Indonesia yang pastinya nggak bakal bikin kamu kecewa!

2 comments
  1. selamat pagi Bro/sis Bila saya mau tau lbh lanjut tentang podcast secara diskusi, sebaiknya saya harus menghubungi jagoan hosting dimana ya? Saya tinggal di bandung
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
kriptografi adalah
Read More
Mengenal Apa Itu Kriptografi? Sejarah, Contoh & Algoritmanya
Kriptografi adalah sistem yang digunakan untuk menjaga keamanan data. Terlebih bagi pengguna yang sering berselancar di internet. Penggunaannya…
malware adalah
Read More
Apa itu Malware? Kenali Contoh, Jenis dan Cara Mengatasinya
Malware adalah sebuah software berbahaya yang bisa merusak sistem komputer hingga jaringan server kamu, loh. Jika tidak dideteksi…