Tren membuat dan mendengarkan podcast sedang naik daun dewasa ini. Podcast bisa kamu dengarkan di platform streaming seperti Spotify. Ada pula yang membuat podcast dengan konsep video dimana kamu dapat melihat visualnya juga, biasanya yang seperti ini bisa kamu lihat di Youtube. Nah, kali ini kami akan membagikan tata cara membuat podcast di Spotify. 

Buat kamu yang masih penasaran sama seluk-beluk podcast, bisa cek artikel pembahasan mengenai podcast di sini. Tapi kalau kamu sudah siap ingin terjun dan membuat podcast, simak artikel ini sampai habis, ya!

Ketahui apa saja yang kamu butuhkan sebelum membuat podcast

perlengkapan membuat podcast
gambar dari unsplash

Selain niat, kamu tentunya membutuhkan perlengkapan untuk mendukung proses pembuatan podcast. Nah, berikut ini adalah barang-barang yang perlu kamu siapkan untuk menunjang hasil podcast yang bagus:

  • Mikrofon

Ini adalah alat yang wajib dan paling utama yang harus kamu sediakan jika ingin menciptakan konten podcast yang berkualitas. Pilih mikrofon dengan kualitas yang bagus agar suara yang dihasilkan jernih. Kamu bisa pilih mau pakai mikrofon USB atau analog.

  • Audio interface

Kamu membutuhkan audio interface jika kamu memutuskan untuk menggunakan mikrofon analog. Guna dari alat ini yaitu untuk mengkonversikan audio analog menjadi audio digital.

  • Digital Audio Workstation

Ini adalah perangkat lunak yang harus kamu miliki di laptop maupun komputermu untuk mengedit hasil rekaman sehingga hasilnya jadi lebih halus. Software ini dapat kamu unggah secara gratis!

  • Laptop atau komputer

Tentu saja kamu membutuhkan laptop atau komputer untuk mengedit audio yang sudah kamu rekam. Kamu bisa lakukan proses pemotongan audio, pengeditan suara, dan lain-lain.

Cara membuat podcast di Spotify

cara membuat podcast di spotify
gambar dari unsplash

Jika sudah mengumpulkan peralatan basic yang dibutuhkan untuk membuat podcast, ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan sebelum mendaftarkannya di Spotify. Yuk, perhatikan langkah-langkahnya di bawah ini!

  • Menentukan topik bahasan

Langkah awal sebagai cara membuat podcast di Spotify yaitu dengan menentukan topik bahasan. Pilihlah topik yang sesuai dengan minat dan pemahaman sehingga kamu sudah menguasai topik tersebut.

Akan lebih menarik lagi kalau kamu mengangkat topik yang belum banyak dibincangkan oleh orang lain supaya podcast bikinanmu terkesan lebih eksklusif.

  • Membuat narasi dan alur pembahasan

Setelah memutuskan topik pembahasan, yang perlu kamu perhatikan selanjutnya adalah narasi atau alur pembicaraan dari podcastmu. Dengan mempersiapkannya di awal, narasi inilah yang akan memandu pembahasan agar tetap berjalan lancar. 

Tapi, jangan terlalu fokus membaca narasi, ya. Lakukanlah improvisasi agar pembicaraan terdengar lebih natural.

  • Melakukan proses rekaman audio

Jika tema, topik, dan narasi sudah terkumpul, it’s show time! Saatnya melakukan proses recording menggunakan peralatan-peralatan yang sudah dipersiapkan.

Jangan lupa untuk memastikan bahwa kamu merekam suara dalam keadaan hening, ini untuk memudahkan proses pengeditan nantinya. Pastikan juga bahwa mikrofon sudah terhubung ke laptop.

Jika proses rekaman sudah selesai, lakukan double check dengan mendengarkan ulang hasil rekaman. Jika sudah terdengar pas, maka lakukanlah proses pengeditan sesuai dengan yang kamu inginkan. Eits, pastikan file rekamanmu tidak lebih dari 200 MB ya, Sob!

  • Tentukan host website 

Sama halnya dengan membuat website yang membutuhkan web host, pembuatan podcast juga membutuhkan media host. Hal ini perlu kamu lakukan agar podcast yang kamu buat dapat tersedia di internet dalam bentuk mp3. Jika sudah menyiapkan host website, barulah kamu akan mendapatkan RSS (Rich Site Syndication) feed jika sudah upload podcast.

  • Jangan lupa tentukan judul, nama, dan cover podcast

Cara membuat podcast di Spotify selanjutnya yaitu dengan menentukan judul, nama, dan cover podcast. Pastikan nama tidak lebih dari 20 karakter. Setelah itu, siapkan gambar yang ingin digunakan sebagai cover podcast. Usahakan logo maupun gambar yang kamu pakai tidak memiliki copyright apapun, ya!

  • Upload podcast ke Spotify

Tahap terakhir dalam pembuatan podcast yaitu mengunggahnya ke Spotify. Ikuti langkah berikut untuk mendaftarkan podcast ke Spotify:

  1. Buka halaman Spotify untuk Podcaster, kemudian login pakai akun kamu
  2. Klik “Get Started” di halaman “Submit your Podcast”
  3. Jika sudah membaca “Terms and Conditions”, centang kotaknya lalu klik “Continue”
  4. Masukkan link RSS feed pada kotak yang tersedia
  5. Masukkan judul dan cover podcast yang sudah kamu sediakan, kemudian klik “Next”
  6. Kamu bisa tambahkan kategori, nama negara, bahasa, atau penyedia layanan di bagian “Add Podcast Info”. Jika sudah, klik “Next”
  7. Jangan lupa lakukan pengecekan ulang detail informasi dan juga podcast yang ingin kamu unggah. Kalau sudah yakin 100%, klik “Submit”!

Itu dia tata cara membuat podcast di Spotify, Sob! Gimana, mudah kan? Jangan lupa siapkan topik pembahasan yang unik dan beda dari yang lain kalau kamu memutuskan ingin menjadi Podcaster.

Jika kamu butuh platform lain untuk mengunggah podcastmu di internet, kamu bisa taruh di website dengan domain nama podcastmu sendiri. Gunakan jasa pembuatan website dan domain di Jagoan Hosting, karena Jagoan Hosting merupakan hosting terbaik se-Indonesia yang pastinya nggak bakal bikin kamu kecewa!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like