Google Ads Library (Transparency): Manfaat & Cara Pakainya

google ads library

Mengelola iklan sendiri maupun menganalisis iklan-iklan dari perusahaan lain yang berseliweran termasuk kegiatan yang penting dalam bisnis.

Pihak google menyadari hal itu sehingga dibuatlah google ads library untuk mempermudah para businessman yang membuat website di dalam situ.

Seperti apa cara kerja dari fitur yang juga sering orang-orang sebut sebagai google ads transparency ini? Kalau kamu ingin tahu, marik simak pembahasan artikel ini sampai selesai, sob. 

Apa Itu Google Ads Transparency ?

Pihak Google secara resmi menjelaskan google ads library (transparency ) merupakan fitur yang memungkinkan kamu mengakses informasi sedetail-detailnya tentang iklan yang ada. Adapun beberapa informasi yang akan kamu bisa mengerti lewat sini antara lain : 

  • Iklan seperti apa dan bisnis mana yang mengiklankannya.
  • Iklan spesifik apa saja yang tampil dalam region tertentu,
  • Tanggal terakhir sistem google mempromosikan suatu iklan.

Sebagai contohnya bayangkan kamu melihat sebuah produk skincare yang menarik tapi brand-nya masih belum familiar.

Bisa juga setelah itu kamu jadi ingin tahu lebih banyak mengenai iklan-iklan lain yang produsen skincare tersebut keluarkan. Rasa penasaranmu tersebut dapat terjawab apabila kamu memakai  google ads library.

Cara Menggunakan Google Ads Transparency

Bagi kamu yang masih belum terlalu familiar maka pada pembahasan berikut, artikel akan memberikan instruksi singkat mengenai panduan ads library

1. Buka Ads Library

cara menggunakan google ads library

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuka ads library dulu. Caranya dengan mengunjungi masuk Ads Transparency Center atau lewat klik panah abu-abu yang bertuliskan “mengapa iklan ini?” Letak panah ada di sebelah kolom pencarian iklan google

Cek Konten Lainnya:
Apa itu Search Engine? Cek Contoh, Pengertian, dan Cara Kerjanya

2. Tentukan Kategori Ads

Demi membantu user menemukan iklan yang diinginkan, pada menu ads library biasanya akan menggolongkan iklan dalam kategori tertentu. Jadi tugasmu cukup pilih kategori yang kamu inginkan.

Misalnya, pemilihan kategori seperti “Iklan Foto,” “Iklan Video,” atau “Iklan Carousel” untuk melihat jenis ads berdasarkan formatnya.

3. Cari Kompetitor

cara pakai google ads transparency

Gunakan kotak pencarian atau filter yang disediakan oleh platform media sosial untuk mencari brand secara spesifik. Temukan brand kompetitor yang ingin ditelusuri ads-nya untuk dianalisis.

4. Klik Ads

Terakhir, klik ads yang ingin dilihat secara lebih mendetail. Langkah ini akan membawa pengguna ke halaman yang berisi informasi lebih lanjut tentang ads yang dipilih. 

Dari sini, pengguna bisa melihat gambar atau video, teks, durasi, hingga informasi lain tentang ads yang relevan.

Manfaat Google Ads Library

Berdasarkan penjelasan di atas, apakah lantas kegunaan ads library hanya sebatas untuk “kepo” pada iklan, sob? Tentu saja tidak seperti itu saja, berikut manfaat yang lebih mendalam dari google ads library

Dedicated Hosting

1. Menganalisis  Kompetitor Bagaimana Kompetitor Menjalankan Taktiknya

Lewat google ads library yang menampilkan berbagai macam iklan, bisa kamu manfaatkan itu untuk memetakan strategi marketing yang sedang kompetitormu jalankan. Sebagai contoh aspek-aspek analisis dari konten iklan dari kompetitor seperti : 

  • Jenis ads yang mereka gunakan.
  • Bagaimana mereka membuat dan menyampaikan isi konten.
  • Target audiens seperti apa yang mereka targetkan.

 Informasi-informasi semacam itu akan menjadi referensi bagus untuk membenahi atau bahkan menaikan kualitas metode marketing yang dijalankan selama ini. Harapannya dengan begitu kamu lebih kompeten dalam menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat. 

2. Menjadi Inspirasi Ide Konten yang Baru 

Salah satu tantangan bagi mereka yang bekerja membuat marketing content adalah wajib selalu memiliki ide-ide kreatif. Ini bertujuan supaya setiap hari tersedia konten-konten yang membuat audiens baru tertarik dan audiens lama tetap betah.

Dengan demikian kamu dituntut menggali hal-hal yang baru dan jelas itu tidaklah mudah. Creative block kemungkinan besar akan menjadi makanan sehari dan masih belum ditambah lagi trending topic yang dengan sangat cepat berubah.

Terkait masalah-masalah itulah, google ads library  sangat menolong untuk kamu jadikan inspirasi dan referensi yang up to date dalam menciptakan suatu konten. 

Cek Konten Lainnya:
Belajar SEO untuk Pemula dengan 10 Langkah Ini

3. Membantu Menilai Efektivitas Performa Iklan yang Telah Kamu Buat

Konten iklan yang kamu lempar ke publik belum tentu performanya sesuai dengan yang kamu harapkan. Perbedaan ekspektasi dan realitas inilah yang menyebabkan performa iklan perlu kamu evaluasi dan google ads library juga cocok untuk kebutuhan itu. 

Alasannya karena dalam tools yang satu ini akan menampilkan beberapa data kuantitatif untuk mengukur performa iklan secara lebih jelas. Data-data tersebut antara lain : 

  • Berapa banyak audiens yang telah menyaksikan konten itu.
  • Jumlah audiens yang telah berinteraksi dengan konten melalui like,share, ataupun berkomentar.

4. Membantu Kamu Memonitor Tren-Tren yang Terjadi

Content marketing dengan tren adalah selayaknya 2 sisi mata koin yang tidak bisa terpisah satu sama lain. Tanpa relevan dengan tren yang terjadi, kecil kemungkinan suatu konten bisa memperoleh banyak audiens. 

Selain karena masalah algoritma, audiens pada umumnya akan lebih menyukai pada apa yang sedang populer. Dengan demikian pada konten yang di luar itu, mereka kemungkinan besar tidak menghiraukannya. 

Mantapnya di sini google ads library pun dapat kamu fungsikan untuk mengawasi tren apa yang sedang kalangan audiens tertentu sukai. 

5. Melihat-Lihat Iklan yang Bernuansa Politik 

Bukan cuma iklan-iklan yang sifatnya komersial, dalam google ads library pun tersedia iklan-iklan dengan muatan politik. Di sini semua kebijakan di bidang politik, ekonomi, sosial, dan keuangan diberitakan secara diberitakan secara transparan. 

Harapannya dengan transparansi , masyarakat secara umum lebih melek dan objektif dalam menilai kondisi politik yang sedang terjadi.

6. Mengawasi Transparansi Iklan-Iklan Politik yang Ada

Sekali ditekankan sob terkait berita politik, google ads library mengedepankan yang namanya transparansi. Padahal di sisi lain, kamu pasti sudah tahu bahwa berita politik malah menjadi sumber hoaks yang menimbulkan kegaduhan di antara masyarakat. 

Berkaitan dengan problem tersebut, lovesdata memaparkan bahwa fungsi dari ads library juga penting dalam mengawasi validitas berita. Jadi pihak yang mengunggah suatu berita tidak akan sampai seenaknya menginformasikan berita yang belum tentu benar demi kepentingan pribadi. 

Fungsi ini dapat dilakukan karena adanya fitur google ads transparency untuk memfilter segala pelanggaran demi menjamin ekosistem periklanan yang sehat. Fitur di sini untuk lebih spesifiknya berupa : 

  • Identifikasi bentuk-bentuk pelanggaran yang tidak sesuai standar periklanan google. Misalnya seperti membuat klain palsu, gaya bahasa yang tidak pantas, atau sampai menggoreng topik-topik sensitif. Dengan demikian konten yang kamu buat nantinya tidak sampai terjerumus dalam arah yang salah. 
  • Melaporkan iklan yang melanggar dan menghilangkannya sehingga iklan-iklan yang audiens konsumsi hanya yang benar-benar terpercaya. 
Cek Konten Lainnya:
8 Situs Freelance Indonesia Terbaik 2024

Bagaimana? Ternyata fungsi google ads library cukup berperan penting buat membantu pengelolaan bisnis terutama di sektor periklanannya bukan? Jadi tunggu apalagi segera manfaatkan untuk lebih mengoptimasi bisnismu. 

Jalankan Iklan Lebih Maksimal dengan Website Super Cepat

website untuk iklan

Nikmati kinerja iklan yang optimal dengan website yang didukung oleh beragam tools periklanan canggih, termasuk tautan afiliasi, pelacakan pixel, dan tools analitik yang mendalam.

Dengan kecepatan akses yang tinggi yang dijamin, pengunjungmu akan menikmati iklan tanpa gangguan apa pun. Temukan pengalaman terbaik dengan layanan Web Hosting Murah dari Jagoan Hosting hari ini!

FAQ

Apa itu transparansi dalam beriklan?

Transparansi berarti segala informasi yang berkaitan dengan iklan tersebut dapat semua orang lihat. Misalnya informasi soal di mana saja iklan ditempatkan, berapa banyak kamu membayar pemasangan, dan bagaimana performanya. 

Mengapa transparansi dalam beriklan itu penting?

Menjaga hubungan kepercayaan antara konsumen dengan bisnis di mana konsumen jadi dapat mengerti bagaimana kondisi produk dalam perusahaan saat dipromosikan. 

Bagaimana cara mengekspor aset dari library ke google ads?

  • Masuk ke Ads Creative Studio.
  • Buka Pustaka Aset.
  • Temukan dan pilih aset yang ingin kamu ekspor.
  • Klik “Ekspor”. Ini akan membuka panel ekspor.
  • Pilih akun Google Ads tempat kamu ingin mengekspor aset. Jika akun yang diinginkan tidak terdaftar, pastikan bahwa tautan akun telah diminta dan diterima.
  • Klik “Ekspor” lagi untuk memulai proses ekspor.
  • Aset yang dipilih akan disalin ke pustaka aset dalam akun Google Ads yang terhubung. Mereka akan diatur dalam folder bernama “Ads Creative Studio [Nama Akun Kamu]” untuk memudahkan akses dan pengelolaan.
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
cara membuat email bisnis
Read More
Cara Membuat Email Bisnis yang Profesional dan Kredibel
Membangun sebuah perusahaan dan ingin menciptakan branding terbaik untuk kemajuan bisnis, maka dibutuhkan effort tersendiri. Salah satunya dengan…
aplikasi clubhouse
Read More
Pernah Viral, Gimana Kabar Aplikasi Clubhouse Sekarang?
Kamu termasuk anak gaul Clubhouse, nggak nih Sob? Aplikasi Clubhouse yang sempat viral selama bulan Februari-Maret 2021 ini…