7 Peluang Usaha di Masa Pandemi yang Dijamin Cuan dan Populer

Peluang usaha di masa pandemi
Photo by cottonbro from Pexels

Kelangsungan bisnis masih menjadi sebuah tantangan tersendiri ketika virus Covid-19 masih melanda masyarakat global. Namun, terlepas dari hal tersebut peluang usaha di masa pandemi membuka sejumlah pilihan lain untuk jenis bisnis yang bisa dijalankan. 

Perubahan gaya hidup dan terbatasnya sejumlah aktivitas menciptakan tren baru untuk minat masyarakat. Oleh karena itu, ide peluang usaha di masa pandemi Covid-19 juga harus mengikuti permintaan dan kondisi pasar, seperti melalui bisnis online. Tanpa adanya penyesuaian, maka kemungkinan besar bisnis akan mengalami banyak kerugian. 

Lalu, apa saja peluang usaha di masa pandemi yang bisa dicoba? Simak daftarnya di sini ya, Sob!

Daftar peluang usaha di masa pandemi

Pada faktanya ada banyak ide peluang usaha di masa pandemi Covid-19 yang bisa kamu coba, namun berikut adalah beberapa yang paling menjanjikan dan populer. Simak daftarnya berikut ini.

Membuka toko online di internet

Membuka toko online adalah peluang usaha di masa pandemi yang paling menjanjikan. Tidak hanya praktis, bisnis ini juga sesuai dengan kondisi pandemi di mana aktivitas di luar rumah menjadi terbatas. Selain itu, jika kamu masih baru memulai berbisnis, tidak ada tempat khusus berupa toko yang dibutuhkan untuk membuka usaha. 

Kamu juga bisa menjual berbagai jenis barang, mulai dari kebutuhan sehari-hari, pakaian, dan peralatan rumah tangga lainnya. Proses pemasaran juga bisa dilakukan secara online, seperti sosial media Instagram dan Facebook. 

Cek Konten Lainnya:
Apa itu Dropshipper? Pahami Pengertian dan Cara Menjadinya

Di era perkembangan teknologi saat ini, kamu juga bisa dengan mudah bergabung di sejumlah marketplace online. Prosesnya mudah, praktis, dan pelanggan dapat lebih mudah menemukan toko online kamu. Tidak salah lagi, jika bisnis toko online dinilai sebagai ide peluang usaha di masa pandemi yang berpotensi keuntungan besar.

Membuka kursus atau pelatihan online

Peluang usaha di masa pandemi berikutnya adalah membuka kursus atau pelatihan online. Bisnis ini bisa menjadi salah satu opsi untuk mendatangkan cuan dari bisnis di rumah saja. Kamu tidak membutuhkan tempat khusus untuk menjalankan usaha ini karena prosesnya bisa menggunakan media daring (dalam jaringan).

Satu-satunya hal yang paling kamu butuhkan adalah kemampuan atau kompetensi khusus untuk diajarkan kepada orang lain. Mengingat kondisi pandemi, kamu bisa memilih jenis kursus untuk mengisi kebosanan atau waktu luang di rumah. Beberapa di antaranya, seperti merajut, menjahit, atau membuat kerajinan tangan lainnya.

Selain itu, kamu juga bisa membuka kursus online untuk pelajaran sekolah. Kondisi pembelajaran daring tentu semakin meningkatkan potensi orang tua atau siswa yang membutuhkan pembelajaran tambahan. Oleh karena itu, kursus online menjadi salah satu contoh peluang usaha di masa pandemi.

Baca juga: 10 Cara Berpikir Kreatif dalam Menunjang Skill dan Karir

Bisnis makanan atau kuliner secara online

Usaha kuliner adalah peluang bisnis di masa pandemi yang semakin meningkat. Bisnis makanan memang bukan hal baru dan tidak akan pernah hilang oleh zaman selama inovasi dan kualitasnya selalu terjaga. Modal yang dibutuhkan untuk membuka bisnis kuliner juga dinilai relatif terjangkau.

Hal tersebut tentu tergantung pada jenis makanan yang dijual. Namun, terlepas dari hal tersebut, bisnis makanan atau kuliner juga semakin merambah pada media online. Proses penjualannya menjadi lebih praktis dan menarik karena pembeli bisa melihat produk tanpa mendatangi lokasi penjual.

Cek Konten Lainnya:
Apa itu Remarketing? Contoh dan Bedanya dengan Retargeting

Bisnis ini tentu menjadi peluang usaha di masa pandemi yang menjanjikan, terutama bagi para ibu rumah tangga yang sudah memiliki kemampuan memasak. Hal ini tentu bisa menjadi jalan alternatif untuk memperoleh keuntungan dengan modal kecil. 

Beberapa contoh olahan kuliner yang bisa dijual dari rumah, seperti olahan sambal, kue kering, makanan ringan, dan lainnya.

Bisnis dropshipper

Jika kamu merasa kebingungan dalam memilih produk toko online maka dropshipper bisa menjadi pilihan peluang usaha di masa pandemi yang juga menguntungkan. Bisnis dropshipper atau reseller semakin banyak diminati oleh banyak orang karena kemudahan yang ditawarkannya. 

Kamu tidak perlu menyediakan produk untuk dijual karena dropshipper hanya menjadi perantara antara penjual dan pembeli. Bahkan, bisnis ini bisa kamu mulai tanpa modal. Keuntungan menjadi seorang dropshipper bisa diperoleh dari selisih harga produk dari penjual dan harga jual ke pembeli. 

Membuka jasa freelance

Kondisi pandemi juga menjadi pembuka meningkatnya kebutuhan akan jasa freelance atau pekerja lepas. Hal ini tentu menjadi ladang peluang usaha di masa pandemi yang menghasilkan keuntungan. Profesi ini bisa dilakukan dimana saja, bahkan bisa cukup dari rumah. 

Kamu bisa tergabung dalam sejumlah platform jasa freelance agar calon klien dapat menemukan jasa yang ditawarkan dengan lebih mudah. Ada banyak jenis profesi dalam dunia freelance untuk kamu pilih sesuai kemampuan dan minat. Misalnya, content writer, desainer, penerjemah, dan lainnya.

Baca juga: 8 Situs Freelance Indonesia Terbaik untuk Tambah Uang

Content creator

Melakukan aktivitas hanya di rumah saja dalam waktu lama tentu akan menimbulkan kebosanan. Namun, hal tersebut bukan penghambat untuk menyalurkan kreativitas. Content creator untuk media sosial atau YouTube menjadi salah satu peluang usaha di masa pandemi yang populer. Banyak orang yang mulai tertarik untuk membuka kanal pribadi mereka.

Cek Konten Lainnya:
6 Contoh Email untuk Kepentingan Bisnis yang Terbaik

Tidak hanya mengurangi kebosanan dan menghibur orang lain, menjadi seorang content creator juga bisa menghasilkan banyak keuntungan. Kamu bisa memanfaatkan sejumlah iklan, seperti di Google Adsense untuk mendapatkan cuan. Cara ini biasanya banyak digunakan untuk memperoleh penghasilan tambahan yang menguntungkan.

Berjualan masker atau protokol kesehatan lainnya

Peluang usaha di masa pandemi yang baru saja populer tentu berkaitan dengan bisnis masker atau protokol kesehatan lainnya. Masyarakat membutuhkan perlengkapan tersebut untuk terhindar dari virus. Secara tidak langsung, hal tersebut juga menjadi sebuah ide peluang usaha baru.

Kamu bisa mulai menjual sejumlah kebutuhan kesehatan, mulai dari masker, hand sanitizer, face shield, sarung tangan, dan lainnya. Bahkan, kamu bisa menjualnya melalui platform online. Dengan demikian, selain mencegah tertularnya virus, keuntungan bisnis masih bisa diperoleh.

Nah, itu dia, Sob daftar peluang usaha di masa pandemi yang menjanjikan cuan untuk kamu coba. Dari daftar di atas, bisa dilihat bahwa banyak bisnis yang dilakukan secara online. Meningkatnya tren online ini juga tidak menutup kemungkinan akan terus berlanjut bahkan ketika pandemi selesai. 

Oleh karena itu, mengoptimalkan ide peluang usaha di masa pandemi dapat menjadi salah satu opsi dan jalan untuk mengembangkan bisnis di masa mendatang. Terutama seiring dengan tren era digitalisasi pada hampir setiap lini kehidupan manusia, usaha online menjadi sebuah ladang bisnis baru yang menguntungkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
cryptocurrency di indonesia
Read More
Sempat Hits, Gimana Kabar Cryptocurrency Di Indonesia?
Siapa yang tidak mengenal istilah cryptocurrency? Mata uang digital ini sempat booming di awal tahun 2021 di Indonesia…
project manager di indonesia
Read More
Ssst, Ternyata Ini Alasan Project Manager di Indonesia Gajinya Selangit!
“Gaji untuk project manager di Indonesia berapa, sih?” Apakah kamu juga salah satu yang pernah bertanya-tanya soal hal…