Cara Mudah Belajar Laravel untuk Pemula

belajar laravel

Tidak dapat dipungkiri seiring dengan perkembangan sekarang yang semakin serba mengandalkan aplikasi, kemampuan coding menjadi berharga.

Namun sekarang masalahnya framework untuk coding jenisnya sangat banyak, harus pilih yang mana? Sebagai rekomendasi, kamu bisa belajar laravel. Mari pelajari lebih dalam di sini

Sekilas Pengenalan Laravel

laravel

Laravel adalah framework yang berbasis bahasa pemrograman PHP yang pertama kali Taylor Otwell buat. Tujuan laravell di sini lebih berfokus untuk membuat aplikasi berbasis website yang mengikuti sistem (Model View Controller). Penjelasan sistem ini adalah sebagai berikut : 

  • MODEL merupakan bagian yang berurusan langsung dengan database. 
  • VIEW lebih kepada segala sesuatu yang berkaitan dengan interface atau halama utama aplikasi yang nantinya akan audiens lihat secara langsung. 
  • CONTROLLER adalah yang menjadi perantara bagian model dan view. Dengan kata lain inilah yang berperan sebagai pengendali  sistem secara keseluruhan.

Keuntungan Belajar Laravel

Sebelum membahas lebih dalam soal belajar laravel, supaya kamu semakin semangat belajar maka ketahui dulu keuntungan dari memahami framework ini. Berikut poin-poinnya berdasarkan uraian dari kinsta :  

1. Pengembangan yang Cepat dan Fleksibel

Framework laravel memiliki karakteristik yang ekspresif dan syntax yang tidak ribet sehingga pengembangannya dapat kamu lakukan dengan cepat dan tepat. Tidak hanya itu saja, coding yang dihasilkan juga fleksibel sehingga mampu mengakomodasi pengembangan aplikasi jika kamu perlukan suatu saat. 

2. Popularitas yang Tinggi

Tidak rugi belajar laravel karena nyatanya dalam dunia pemrograman, framework tersebut cukup tenar. Terbukti dari kode-kode yang ada di situ bersumber dari GitHub, repositori PHP paling populer sampai sejauh ini.

Cek Konten Lainnya:
Cara Kerja Website dan Fungsinya yang Perlu Kamu Tahu

Hal ini masih ditambah juga dengan banyak bentuk tutorial yang tersedia. Misalnya dalam bentuk   video, screencast, dan sumber daya online lainnya. Dengan begitu kamu akan lebih leluasa untuk belajar sesuai dengan kebutuhanmu. 

3. Komunitas yang Aktif

Kepopuleran dari Laravel juga berpengaruh pada besarnya komunitas yang memakainya dalam skala global. Banyak sekali platform  di mana kamu dapat mendiskusikan suatu topik atau menanyakan sesuatu yang belum kamu pahami soal framework ini. Platformplatform tersebut antara lain :  

  • Laravel.io
  • Laracasts Discuss 
  • LaraChat
  • Discord
  • Reddit, dan masih banyak lainnya. 

4. Permintaan Job yang Tinggi 

Belajar laravel sangat bermanfaat untuk pengembangan karirmu yang lebih gemilang ke depannya. Alasannya karena untuk sekarang  laravel merupakan skill yang banyak perusahaan minati sehingga tidak mengherankan prospek lapangan kerjanya cukup bagus. 

Kamu dapat menemukan profesi berbasis laravel pada platform pencarian lowongan seperti Larajobs, Linkedin, Monster, Indeed, dll. Contoh bidang-bidang pekerjaannya adalah : 

  • Laravel Developer
  • Backend Laravel Developer
  • Full-Stack PHP Developer (mengombinasikan Laravel dengan Vue.js pada frontend)
  • TALL Stack Developer (memadukan Tailwind CSS, Alpine.js, Laravel, dan Livewire).

Cara Cepat Belajar Laravel

Setelah tahu manfaatnya, sekarang mari kita masuk ke dalam pembahasan utamanya yaitu bagaimana belajar laravel dengan lebih mudah. Mari perhatikan penjelasannya berikut: 

1. Fokus Pada Menguatkan Fondasi PHP, Jangan Tergantung Dokumentasi Resmi

Memang dalam laravel sudah memberikan dokumentasi resmi. Dokumentasi yang berisi panduan bagaimana membuat suatu program lewat rangkaian coding dengan memanfaatkan syntax tertentu. Tentunya jadi sangat mempermudah untuk orang-orang yang masih pemula dalam dunia pemrograman. 

Namun cara yang seperti itu tidak direkomendasikan ya, sob dalam cara belajar laravel dari nol yang efektif apalagi jika :  

  • Kamu belum punya dasar yang kuat tentang PHP 
  • Tidak up to date dengan metode-metode terbarunya di masa sekarang.

Memakai dokumentasi resmi tanpa paham PHP sebagai fondasinya akan membuat kamu jadi ketergantungan. Padahal di dunia pemrograman sendiri, pola pikir yang kreatif itu sangat dibutuhkan. Tidak hanya terpaku pada panduan. 

2. Konsisten Melakukan Praktik Langsung

Belajar laravel dengan banyak membaca buku ataupun menonton video tutorial itu sangat baik untuk semakin memperluas pengetahuanmu terkait framework tersebut. Namun jangan lupa sering-sering mempraktikkan pengetahuan yang kamu dapat itu juga penting .

Cek Konten Lainnya:
Penyebab Website Tidak Bisa Diakses dan 10 Cara Mengatasinya

Ini berkaca dari survei yang dilakukan oleh The Harvard Gazette yang semakin menegaskan betapa signifikan efek belajar sambil mempraktikkan. Survei menunjukkan bahwa metode yang menerapkan learning by doing itu dinilai lebih efektif oleh peserta didik daripada sekedar duduk manis mendengarkan.  

Oleh karenanya, sob kamu wajib secara teratur berlatih coding supaya kamu bisa menyerap ilmu yang diberikan dengan lebih efektif. Kamu tidak hanya sekedar mengangguk-anggukan kepala mendengarkan tutor tapi turut mengalami langsung permasalahan yang terjadi saat merangkai coding

Akan semakin mantap kalau kamu melakukan praktik laravel dengan bergabung dalam proyek tertentu. Manfaatkan komunitas untuk mencari informasi-informasi soal proyek ini. 

3. Aktif Bertanya

Ada peribahasa mengatakan “malu bertanya sesat di jalan”. Ini tetap relevan di masa sekarang karena google belum tentu mampu menjawab pertanyaanmu dengan tepat terutama apabila permasalahannya sudah cukup kompleks. Dalam kondisi seperti inilah belajar laravel membutuhkan bantuan orang yang sudah lebih berpengalaman. 

Jadi jangan ragu bergabung dalam komunitas karena di dalam sana sudah banyak orang dengan keahlian yang mumpuni untuk membantu kamu. 

Website Belajar Laravel

Di samping komunitas, cara belajar laravel pemula pun semakin luas opsinya karena telah tersedia berbagai website di bawah ini : 

1. Official Laravel Docs

Merupakan deskripsi faktual tentang framework Laravel, yang dipelihara oleh komunitas Laravel dan juga tersedia di GitHub.  

Panduan yang ada di sini antara lain:  instalasi dan memberikan gambaran tentang semua konsep Laravel, seperti templating, keamanan, manajemen database, dan banyak lainnya. Kamu juga dapat menemukan dokumentasi paket Laravel resmi di sini.

“Official laravel docs” berguna pada setiap tingkat pengetahuan dari dasar sampai lanjut untuk memeriksa detail dari setiap konsep yang berhubungan. Selain itu menjadi tempat terbaik pula  untuk mempelajari fitur-fitur rilis baru atau membandingkan rilis yang berbeda.

2. Laravel News 

Seperti portal berita umumnya, di sini konten belajar laravel  disajikan dalam bentuk blog yang menampilkan : 

  • Berita Laravel terbaru
  • Bagian untuk tutorial Laravel yang mencakup topik dari pemula hingga tingkat ahli Podcast Laravel dua minggu sekali
  • Buletin Laravel yang dikirim setiap Minggu pagi 
  • Paket layanan Laravel yang populer dengan deskripsi singkat dan contoh kode.
Cek Konten Lainnya:
Website Toko Online Ramai Kunjungan, Gunakan Tema Wordpress Ini

Kamu tidak perlu ragu karena penjelasan tutorialnya dijamin berkualitas tinggi dan mencakup banyak hal menarik. Bahkan kamu pun akan memperoleh informasi soal beberapa penawaran pekerjaan sebagai Laravel developer

Bagaimana? Apakah kamu sudah cukup mendapatkan gambaran yang jelas bagaimana belajar laravel dengan lebih mudah? 

Lebih disarankan kalau kamu ikut kelas yang diselenggarakan lembaga tertentu karena sistem belajarnya sudah lebih rapi. Namun kembali lagi tergantung pada urgensi dan budget yang kamu miliki.

Onlinekan Project Laravelmu di Jagoan Hosting

cloud hosting for developer

Onlinekan project Laravelmu dengan mudah menggunakan Hosting Developer Friendly dari Jagoan Hosting. Dengan performa super kencang dan dukungan teknologi terbaru, proyek Laravelmu bakal makin smooth

Apa aja sih yang bikin Jagoan Hosting beda? Cuma beberapa langkah sederhana dan proyek Laravelmu sudah online. Plus, ada 24/7 support yang siap bantu kalau ada masalah.

Jangan biarkan proyek Laravelmu stuck di lokal. Onlinekan sekarang juga dengan Jagoan Hosting!

FAQ

Apa saja nilai plus dari segi teknis pada laravel sebagai framework?

  • Mempercepat waktu pengembangan aplikasi 
  • Mempermudah pengelolaan resource karena menggunakan namespace dan interface.
  • Performa aplikasi yang lebih baik

Apa saja fitur-fitur dalam laravel?

  • Eloquent ORM

Object-relational mapper (ORM) untuk Laravel yang memungkinkan interaksi tanpa batas kepada model data dan database pilihan. 

  • Artisan CLI

Artisan CLI merupakan command line interface untuk mengubah ataupun memodifikasi bagian-bagian dari Laravel tanpa perlu membuka direktori yang ingin dimodifikasi. 

Apa itu routing pada laravel ?

Secara umum, routing adalah komponen inti dalam aplikasi web yang berguna mendefinisikan alamat URL yang akan dipetakan ke controller tertentu dalam aplikasi.

Dalam Laravel, routing digunakan untuk mengarahkan semua request HTTP yang masuk  kepada handler / method yang tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Javascript adalah
Read More
Apa itu Javascript? Fungsi dan Cara Belajar bagi Pemula
Javascript adalah istilah yang sering terdengar dalam dunia developer. Javascript sudah banyak digunakan dalam pengembangan aplikasi, game, website…
software developer
Read More
Kenali Perbedaan Software Developer dengan Software Engineer!
Software developer — Satu hingga dua dekade ke belakang, profesi yang bergerak di bidang teknologi informasi masih sangat…