10+ Tips Memilih SSL yang Tepat untuk Website

tips memilih ssl

Keamanan menjadi prioritas utama bagi setiap pemilik website, terutama dalam era digital ini yang penuh dengan risiko keamanan cyber. Salah satu langkah yang krusial dalam melindungi data dan privasi pengguna adalah dengan menggunakan protokol SSL (Secure Socket Layer)

Tips Memilih SSL yang Tepat

tips memilih SSL

Oleh karena itu kamu perlu memahami dulu tips memilih SSL yang tepat supaya website-mu benar-benar terproteksi dengan baik. 

Mengerti Sejauh Apa Kebutuhan SSL Buat Website

Tidak semua website membutuhkan perlindungan secara menyeluruh. Jelas sangat tidak masuk akal kalau lingkup website bisnismu masih kecil tapi kamu beri perlindungan selayaknya website perusahaan besar.  

Dengan demikian sebagai poin pertama dari tips memilih SSL, kamu wajib menentukan dengan tepat sejauh apa proteksi SSL yang kamu perlukan.  Supaya dapat menentukan dengan tepat itulah, pressidium  kamu juga harus mengerti berbagai jenis spesifikasi SSL sebagai berikut : 

  • SSL DV ( Domain Validation)

Merupakan jenis sertifikat yang paling mudah dan murah kamu peroleh. Bisa langsung kamu instal tanpa perlu pembuktian keotentikan brand bisnis yang kamu bangun. Dengan aksesnya yang terbuka untuk umum inilah, sangat cocok dipakai bisnis yang tarafnya masih kecil. 

Namun kemudahan tersebut juga menjadi pedang bermata dua karena masih rawan terkena cyber criminal  seperti phising dan masih banyak lainnya. 

  • SSL OV (Organization Validation )

SSL OV merupakan sertifikat yang lebih tidak mudah diperoleh karena akan memverifikasi domain dengan lebih ketat. Adanya kata “organization” menunjukkan bahwa verifikasi ini hanya bisa dilakukan oleh website yang bisnisnya sudah menjadi sebuah perusahaan. Bukan lagi perseorangan seperti sebelumnya. 

Cek Konten Lainnya:
Cara Mempercepat Loading Website Anti Lemot (7 Langkah)

Walaupun lebih kompleks SSL OV akan lebih menjamin bisnismu memiliki kredibilitas di atas bisnis yang hanya diproteksi dengan SSL DV. Dengan begitu audiens juga tidak ragu berinteraksi dengan kamu.

  • SSL EV ( Extended Validation )
SSL EV

EV adalah SSL yang kastanya paling tinggi yang dapat suatu perusahaan capai. Dengan demikian, jaminan keamanan bagi user juga berada pada level yang paling tinggi. Kamu bisa dapatkan SSL EV di SSL Murah dari Jagoan Hosting.

Perhitungkan Berapa Jumlah Domain Website yang Kamu Lindungi

Hal yang tidak kalah penting lainnya dalam tips memilih SSL, pikirkan seberapa banyak domain yang akan diproteksi. Apakah hanya satu saja atau beberapa sekaligus? 

Apalagi juga sudah terdapat 1 SSL yang mampu merangkul lebih dari 1 domain. Dengan begitu, sob, kamu jadi tidak usah membeli banyak SSL. 

Perhitungkan Biaya yang Akan Kamu Alokasikan

 Idealnya memang kamu pasti ingin memberikan yang terbaik buat keamanan website yang kamu miliki. Namun jangan lupa bahwa dalam tips memilih SSL, kamu tetap harus realistis dengan anggaran yang saat ini tersedia. 

Kalau saat ini kamu belum mampu memberikan perlindungan pada semua domain maka jangan dipaksa. Prioritaskan yang menurutmu paling penting saja. 

Pilihlah Penerbit SSL yang Bereputasi Bagus

Kualitas SSL yang kamu pergunakan tidak dapat dipungkiri juga berasal dari bagaimana kualitas  Certificate Authority (CA) sebagai penerbitnya. Oleh karenanya pada poin keempat tips memilih SSL, penting sekali mempertimbangkan dengan matang dalam memilih penerbit yang terpercaya.

Hal yang tidak mudah dilakukan karena saat ini sudah banyak sekali lembaga yang mengaku sebagai penerbit SSL terpercaya dengan segala iming-imingnya.

Jangan mudah tergiur, periksa dulu bagaimana sepak terjang yang sudah dilalui penerbit tersebut. Salah satunya dengan melihat bagaimana testimoni dari customer yang pernah bekerja sama

Pilih yang Mana Antara Gratis Atau yang Berbayar?  

Mendengar kata gratis pasti terasa menyenangkan karena kamu jadi tidak usah mengeluarkan uang. Di internet sudah tersedia berbagai jenis SSL yang dapat langsung kamu instal dengan cuma.

Cek Konten Lainnya:
Apa Itu JavaScript DOM? Ini Contoh dan Fungsinya

Namun sayangnya itu bukanlah cara memilih ssl yang tepat karena yang gratis memiliki banyak keterbatasan sehingga tidak mungkin melindungi website dengan sempurna. Jadi yang versi gratis tidak akan bisa kamu pakai kalau website bisnismu sudah masuk dalam taraf medium maupun high class. 

Tidak masalah kalau kamu memang harus memakai versi berbayar karena sebanding dengan kelengkapan fitur-fitur yang dimilikinya. 

Lebih Baik Lagi Kalau Ada Fitur Tambahan Pada Sistem Pengamanannya. 

Konsep utama dari SSL adalah mengamankan website dari cybercrime yang berpotensi menyerang apalagi jika website-mu memiliki banyak aset penting. Jadi sebaiknya jangan ragu memilih SSL yang memiliki lebih banyak fitur pengamanan. 

Tanyakan Apakah Ada Dukungan Teknisnya

Menginstal SSL tidaklah semudah yang kamu bayangkan seperti aplikasi pada umumnya. Daripada nanti kamu sudah pusing-pusing pasang sendiri dan ternyata malah error, lebih bagus kalau ada jaminan mendapatkan bantuan teknis dalam pemasangan. 

Dengan demikian sebagai tips memilih SSL, pastikan kamu tanyakan ini pada setiap supplier saat sedang memilih-memilih produk tersebut. Supplier yang baik seharusnya akan  memberikan akses bagi customer untuk menghubungi lewat beraneka cara. Misalnya lewat panggilan telepon, email, maupun chat.

Pilih Harga yang Paling Bagus

Harga sudah pasti menjadi aspek yang cukup penting sebelum melakukan transaksi. Ini pun berlaku buat tips memilih SSL. Kumpulkan dulu berbagai produk SSL dari bermacam-macam CA  supaya kamu dapat membandingkan harganya. 

Namun tolong jangan langsung berbinar-binar  melihat harga yang murah, sob. Percuma saja murah tapi kalau fitur-fiturnya tidak memadai dalam memberikan proteksi. Itu sama saja dengan membeli kucing dalam karung.  

ssl

Supaya hal tersebut tidak sampai terjadi pada kamu, segera dapatkan SSL untuk keamanan website bisnismu di SSL Murah tapi tetap berkualitas di Jagoan Hosting.

Cek Konten Lainnya:
Apa itu Programmer? Jenis, Tugas & Skill yang Dibutuhkan

Tanyakan Soal Garansi Pembelian 

Sebagai customer yang cerdas sudah selayaknya menanyakan soal garansi. Tujuannya adalah mencegah kerugian yang ditimbulkan apabila suatu produk baru dipakai sebentar langsung mengalami kerusakan.

Lakukan ini pula pada tips memilih SSL, tidak perlu sungkan menanyakan  garansi apa saja yang dapat kamu terima dan berapa lama masa berlakunya. Dalam hal ini biasanya, pihak CA akan menawarkan refund ataupun penggantian produk dengan yang masih baru. 

Pastikan Ada Reminder Dari Penerbit SSL

SSL baik gratis maupun yang berbayar pada akhirnya perlu kamu perpanjang masa berlakunya. Hal seperti ini yang terkadang menjadi kesulitan buat customer yang acapkali lupa kapan seharusnya melakukan perpanjangan.

Untuk mengatasi masalah itu, sebaiknya pastikan apakah pihak CA bersedia mengingatkan customer saat mendekati tanggal kadaluarsa dari SSL. 

Perhatikan Waktu Penerbitan Sertifikat SSL

Saat membuat SSL, kamu pasti akan menunggu dalam jangka waktu tertentu sampai pada akhirnya diterbitkan. Durasinya berbeda-beda tergantung jenisnya apa : 

  • Jenis domain validation bisa langsung terbit dalam waktu kurang dari 24 jam
  • Jenis organization validation memakan waktu sekitar 2 – 3 hari
  • Jenis extended validation membutuhkan 3-4 hari untuk terbitI

Faktor Ini pun perlu kamu perhatikan.

Sekarang kamu tidak perlu pusing-pusing lagi karena tips memilih SSL di atas bisa kamu pelajari sebagai panduan agar tidak sampai salah.  

FAQ

  1. Dari sekian banyak tips, manakah yang paling utama dilakukan?

Yang paling utama adalah mengerti kebutuhan pemakaian karena dari sini kamu akan dapat memperkirakan tips-tips lainnya dengan lebih akurat. Misalnya ternyata kebutuhanmu hanya buat website pribadi maka kamu tidak usah pikirkan dukungan teknis. Selain itu kamu juga bisa tinggal instal yang tersedia secara gratis.

2 comments
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
nama blog keren kreatif dan aesthetic
Read More
200+ Nama Blog yang Keren, Kreatif & Aesthetic
Apakah kamu sedang berencana untuk membuat sebuah blog? Namun, masih bingung dalam memilih nama blog yang sesuai? Jika…
VGA
Read More
Apa itu VGA? Pengertian, Fungsi, Jenis dan Tips Memilihnya
VGA adalah salah satu komponen perangkat keras komputer yang wajib di miliki. Bagian ini akan menentukan seberapa bagus…