10+ Cara Monetisasi Blog yang Hasilkan Cuan Jutaan

cara monetisasi blog

Awalnya, penggunaan suatu blog hanya untuk berbagi cerita saja. Namun saat ini, banyak yang memanfaatkannya sebagai ladang memperoleh penghasilan. Selama tahu cara monetisasi blog, dapat uang dari sana bukan lagi hal yang susah. 

Monetisasi sangat mungkin untuk kamu lakukan. Sebab, ada banyak metode yang membuat blog jadi sumber penghasilan. Contohnya, AdSense. Yap, sebelum YouTube, metode monetisasi dengan AdSense pada blog cukup populer. 

Itu hanya salah satunya saja. Lebih lengkap, mari baca bersama-sama di artikel ini. 

Pengertian Monetisasi Blog

Monetisasi blog adalah mendapatkan penghasilan dari situs yang kamu miliki. Monetisasi juga merujuk pada aktivitas konversi aset dalam blog menjadi uang. Aset yang dimaksud yaitu website yang kamu miliki. 

Metodenya bisa bervariasi. Selama syarat-syaratnya terpenuhi, adalah hal mudah untuk menjadikan blog sebagai suatu ‘mesin’ yang dapat menghasilkan uang. Kegiatan mengisi ‘aset’ tersebut, tidak akan sia-sia dengan proses monetisasi. 

Syarat Monetisasi Blog

Dalam menjadikan website milikmu sebagai mesin penghasil uang. Terdapat beberapa syarat awal yang perlu kamu penuhi. Apa saja syaratnya? 

  • Menyediakan isi konten yang bermanfaat dan original. 
  • Sudah berusia 18 tahun ketika melakukan verifikasi identitas. 
  • Kualitas blog yang membuat pengunjung betah dan banyak yang berkunjung. 

Bukan syarat mutlak, tapi jika ketiganya terpenuhi maka kemungkinan untuk bisa memonetisasi blog cukup besar. 

Cara Monetisasi Blog untuk Dapat Cuan

cara monetisasi blog

Saat mendengar kata monetisasi, pasti yang paling pertama terpikir adalah AdSense. Padahal, selain AdSense masih ada mekanisme lain yang memungkinkanmu memonetisasi website. Berikut ini uraian lebih lengkapnya: 

1. Mendaftarkan Website/Blog ke AdSense

Pertama adalah dengan mendaftarkan website milikmu ke Google AdSense. Bagi yang belum tahu, monetisasi ini caranya dengan menayangkan iklan di dalam situs yang kamu punya. 

Sebagai pemilik blog, kamu bisa memperoleh penghasilan dari konten yang telah kamu unggah atau buat. Besaran atau jumlah penghasilan tergantung seberapa tinggi trafik atau pengguna aktif dari situs yang kamu kelola. 

Nantinya, pengiklan akan membayar agar memperoleh eksposur dari audiens blog kamu. Semakin populer situsmu, pemasukan atau penghasilannya bisa semakin besar. 

Cara monetisasi blog dengan AdSense tentu dengan mendaftar lebih dulu. Sebelum itu, pastikan jika situs milikmu sudah memenuhi kriteria yang dibutuhkan oleh pihak Google. Adapun kriterianya yakni: 

  • Pemilik blog sudah berusia minimal 18 tahun. 
  • Konten yang ada bukan hasil plagiasi, bukan ujaran kebencian, dan sejenisnya. 
Cek Konten Lainnya:
Domain .Cloud: Ini Keunggulan dan Harganya

Jika tertarik mendaftar, bisa langsung membuka laman Google AdSense. Kemudian, hanya tinggal mengisi berbagai syarat seperti email, URL, keterangan tempat tinggal, dan lainnya. 

Kamu pun harus melengkapi informasi yang terkait dengan pembayaran. Jika selesai, maka Google akan melakukan peninjauan. Jika layak, maka cara monetisasi blog satu ini sudah berhasil kamu lakukan. 

2. Monetizing dengan Sponsored Post

Mau tahu monetisasi blog selain AdSense? Bisa coba monetizing dengan sponsored post. Para blogger umumnya melakukan cara ini untuk memperoleh penghasilan tambahan. 

Mereka biasanya mendapatkan permintaan kerja sama dari brand tertentu untuk pembuatan konten khusus yang membahas produk dari brand terkait. Hal ini bisa kamu dapatkan jika trafik blog cukup tinggi dan bagus. 

Kemungkinan mendapatkan tawaran kerja sama, pasti terbuka sangat lebar. Apalagi, saat tulisanmu berkualitas. Pasti banyak yang menawarkan sponsored post lewat email yang akan kamu peroleh. 

Cara monetisasi blog ini memang bukan yang utama. Tapi, penghasilannya lumayan, loh. Biasanya klien yang akan mengajak kerja sama merupakan klien dengan produk yang masih berkaitan dengan tema konten dalam situs milikmu. 

Soal harga, tergantung klien atau bisa menawarkan rate card yang sesuai dengan ‘value’ kontenmu. 

3. Melalui Program Afiliasi

Sebentar, jangan mengira ini program afiliasi penipuan seperti yang beberapa tahun lalu marak terjadi. Istilah ini hanya untuk menjelaskan kerja sama dari dua pihak yang masing-masing berdiri sendiri. 

Sejumlah perusahaan sering menjalankan program afiliasi buat publik. Di mana, ketika ada produk yang terjual dari kanal tertentu seperti blog milikmu, perusahaan terkait akan memberi komisi pada rekanannya. 

Di dunia blogging, cara monetisasi blog ini juga ramai dilakukan. Kalau tertarik, tinggal cari perusahaan yang membuka mekanisme kerja sama. Lalu, mereka akan memberi link khusus yang nanti akan terpasang dalam website milikmu.

Cara promosinya bebas, bisa sesuai preferensimu. Bisa lewat banner iklan di navigasi, pembuatan artikel, atau share link melalui akun sosial media yang kamu miliki. Kalau berhasil, komisi langsung masuk kantong. 

4. Menawarkan Jasa Penulisan Artikel

Jika sudah menjadi seorang blogger, artinya kamu sudah menjadi sosok yang punya banyak pengalaman di dunia kepenulisan. Saat banyak yang tertarik dengan tulisanmu, artinya kemampuan menulismu patut mendapatkan jempol. 

Ini adalah salah satu value yang bisa kamu manfaatkan untuk memonetisasi blog. Maksudnya gimana? Yup, kamu bisa menawarkan jasa penulisan artikel kepada blogger lainnya. 

Apalagi saat ini, banyak yang butuh penulis atau kerennya disebut content writer untuk mengisi blog maupun website pribadi. Tentu, artikelnya yang berbasis SEO-Friendly. Jika dapat menghasilkan tulisan berkualitas, metode ini sangat kami sarankan. 

Namun, jangan lupa untuk tetap mengisi website pribadi dengan konten yang juga berkualitas. Jangan hanya jual jasa tulisan, tapi blog sendiri malah kamu tinggal. Kurang maksimal hasilnya. 

Cek Konten Lainnya:
Cara Install phpmyadmin di CentOS 7

5. Pakai Banner Ads

Baru pertama kali mendengar cara monetisasi blog ini? Sederhananya, banner ads adalah banner khusus yang berisi iklan brand tertentu. Penghasilan blogger salah satunya dari sini. 

Kamu hanya perlu pasang rate untuk banner iklan dalam blog. Sekadar tips, letakkan harga yang masuk akal dan nggak kemahalan. Sesuaikan dengan traffic dari situsmu, ya!

6. Tulis Konten Sekalian Jualan

Tak hanya mengisi website dengan konten saja. Nggak ada salahnya, loh sekalian berjualan. Sekarang, banyak banget yang telah memakai cara ini. Contoh aja, nih ada Seriouseats, The Oatmeal, The Luxe Lens, dan banyak lagi. 

Mereka berhasil menggunakan akun untuk jualan banyak hal seperti software, ebook, kaos, dan lainnya ke pengunjung website. 

Ada hal menarik dari cara ini. Ternyata, mereka dapet penghasilan yang cukup fantastis. Soalnya, 100% keuntungan bisa masuk ke blogger tanpa adanya sedikit pun potongan.

Cara monetisasi blog ini tentu menantang. Belum cukup dengan menulis kreatif, tapi harus tahu cara memasarkan produk lewat website.

7. Fitur Subscribe dan Membership

Sistem subscribe dan membership adalah hal lumrah untuk saat ini. Tahu layanan premium dari Spotify? Atau langganan Netflix biar bisa bebas pilih film? Kurang lebih mekanisme yang bisa kamu coba sama seperti itu. 

Kamu bisa melakukannya dengan membuat situs jadi berlangganan. Apalagi kalau konten yang kamu punya, beneran berkualitas dan banyak yang butuh. Kini, plugin yang tersedia sudah banyak untuk mendukung layanan subscribe dan membership. 

8. Menerima Donasi dalam Blog

Kamu pun bisa menggunakan cara ini. Buatlah audiensmu bisa memberikan donasi. Cara ini akan berguna jika kamu adalah blog non-profit. Misalnya, blog yang kamu miliki memang sepenuhnya untuk memberikan edukasi kepada masyarakat. 

WordPress, saat ini memungkinkan siapa pun mendapatkan donasi dalam website. Caranya dengan menggunakan plugin seperti Charitable, Give, atau PayPal Donation. Mungkin masih banyak yang ragu dengan cara ini. 

Namun, kamu perlu tahu dulu ada Scott Alexander yang setiap bulannya, bisa mendapatkan hampir 2500 dollar AS hanya dari 410 fans saja di Patreon. Ada juga yang bahkan bisa menghasilkan $12k per bulan. 

Artinya, metode ini masih cukup worth dan masuk akal untuk kamu jalani. Tak biasa memang. Akan tetapi, bukan sesuatu yang dilarang dan sudah banyak blogger yang membuktikan jika cara ini efektif. 

9. Menjual Produk Digital ke Audiens

Salah satu cara monetisasi blog bisa dengan menjual produk digital kepada audiens. Misalnya dengan menjual ebook. Apalagi jika kamu punya keterampilan untuk mendesain cover hingga isi dari buku digital. Tentu, kemampuan ini jangan disia-siakan.

Tak hanya itu, kamu bisa coba menjual produk digital seperti template, tema, bahkan rekaman suaramu jika memang produk yang dijual bisa membantu permasalahan yang terjadi pada audiens. 

Cek Konten Lainnya:
Clickbait: Pengertian dan Cara Menggunakan Dengan Baik

Contohnya saja, bisa menjual sound relaxing yang bisa membuat pendengarnya lebih santai, tenang, dan bisa tidur. Hobi nulis dan fotografi? Bisa menjual hasil foto yang telah kamu ambil sebelumnya. Siapa tahu, banyak yang tertarik dengan karyamu. 

10. Menjual Produk Fisik

Produk digital belakangan memang laku keras. Tapi jangan lupa, produk fisik juga nggak kalah laris. Metode monetisasi dengan cara ini, memang sangat mungkin untuk kamu lakukan. 

Sejumlah blogger telah mencoba cara ini dan berhasil memperoleh penghasilan tambahan. Bagaimana dengan produknya? Sesuaikan dengan isi konten di dalam blog milikmu. 

Misalnya saja, kamu hobi traveling ke gunung. Nah, produk-produk fisiknya bisa berupa jaket hangat, atau perlengkapan hiking. Bahkan bisa menjual souvenir khas dari gunung yang sebelumnya telah kamu datangi. 

Tak harus membuat blog pribadimu jadi e-commerce, kok. Sekarang, kamu bisa mengarahkan audiens langsung ke toko online dan melakukan transaksi di sana dengan lebih mudah. 

11. Online Course

Punya kemampuan mengajar yang baik? Mencoba menawarkan online course ke audiens setia adalah hal yang menjanjikan. Kursus online-nya tentu harus berbayar. Namun, pastikan materi kursusnya sesuai dengan niche kontenmu. 

Misalnya, kamu memiliki blog yang berfokus untuk mengenal berbagai jenis musik, berisi chord lagu, bahkan hingga berita terbaru di dunia musik, maka online course yang harus kamu jalankan bisa dengan mengajar alat musik tertentu. 

Bingung konsepnya? Bisa meniru platform online course ternama seperti Udemy, SkillShare, MasterClass, dan sejenisnya. Jangan lupa, sediakan juga online course yang dapat dibeli kapan pun mereka mau. 

12. Ikut Lomba Blog

Nah, cara monetisasi blog ini pun bisa kamu lakukan. Ikutilah lomba blog. Hadiah dari lomba ini biasanya cukup besar. Ada lomba yang menyediakan hadiah dari ratusan ribu rupiah hingga puluhan juta rupiah. 

Hanya saja, kamu harus melakukan persiapan matang mulai dari materi, gambar, infografis, riset, dan lainnya. Soalnya yang mau hadiah besar bukan hanya kamu. Ada blogger lain yang ikut dalam perlombaan ini. 

Buat Blog Pribadimu dengan Domain dan Hosting Terbaik!

buat website pakai jagoan hosting

Monetisasi blog bisa kamu lakukan dengan lancar selama dari segi performa, blog milikmu tak mengalami kendala. Salah satu cara agar minim kendala, bisa dengan membuat blog menggunakan Domain dan Hosting dari Jagoan Hosting. 

wordpress blog

Jagoan Hosting menawarkan Domain dan Hosting murah yang berkualitas dan terpercaya. Sudah beroperasi lebih dari 17 tahun, Jagoan Hosting telah menemani lebih dari 160.000 kliennya untuk menjalankan blog dan website dengan lancar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
cara membuat undangan website
Read More
Cara Mudah Membuat Undangan Website Digital
Undangan digital dalam format website semakin memiliki banyak peminat saat ini. Tidak heran jika banyak orang yang mencari…
membuat judul artikel
Read More
Cara Membuat Judul Artikel yang Menarik dan 10+ Contohnya
Artikel yang bagus saja tidak cukup,  kamu juga membutuhkan judul yang menarik. Judul artikel merupakan bagian penting yang…