Programmer Komputer — Ternyata, menjadi seorang programmer itu bukan hal yang mudah. Ada banyak skill khusus yang wajib dikuasai. Belum lagi standar atau kualifikasi untuk bisa menjadi seorang programmer komputer. Meskipun nggak jarang ada pula programmer yang memiliki latar belakang di luar bidang teknologi informasi. Tapi jelas bahwa orang-orang ini didukung oleh skill yang mumpuni. Untuk orang-orang di bidang teknologi informasi, profesi programmer komputer menjadi salah satu profesi yang digemari.

Kamu tertarik menjadi programmer nggak, Sob? Kalau iya, informasi dari Jagoan Hosting kali ini wajib banget untuk kamu baca. Jagoan Hosting akan membagikan beberapa informasi seputar profesi programmer komputer. Simak baik-baik, ya!

Apa itu programmer?

profesi programmer komputer
gambar dari unsplash

Sebelum kita bahas lebih lanjut, kita perlu tau dulu nih apa itu programmer. Profesi seperti apa sih programmer itu? Programmer adalah profesi yang bertugas untuk mengembangkan perangkat lunak atau aplikasi. Tugasnya mencakup semua proses pengembangan perangkat. Mulai dari proses menyusun rancangan, membuat atau mengembangkan perangkat, menguji perangkat, memodifikasi hingga merawat perangkat lunak. Biasanya tugas-tugas ini dibagi pada beberapa peran programmer yang ada dalam tim. Namun, nggak jarang semua tugas ini harus dikerjakan oleh orang yang sama. Seluruh prosesnya menjadi tanggung jawab satu pihak saja.

Ada banyak sekali profesi programmer. Bisanya profesi-profesi ini terbagi atas tanggung jawab atau tugas yang perlu dikerjakan. Beberapa profesi seputar programmer komputer adalah:

  1. Software engineer
  2. Computer engineer
  3. Web programmer
  4. Tester programmer
  5. App developer
  6. Analisis programmer

Nggak menutup kemungkinan ada profesi-profesi programmer lain selain enam profesi di atas. Selain itu, bisa jadi penyebutan masing-masing perusahaan juga akan berbeda. Jadi jangan bingung jika menemukan penyebutan yang berbeda ya, Sob.

Kualifikasi programmer komputer

Untuk bisa menjadi seorang programmer komputer, ada beberapa kualifikasi yang harus kamu penuhi. Secara umum, syarat utamanya adalah kamu wajib memahami seluk-beluk dunia teknologi informasi khususnya seputar bahasa pemrograman. Kualifikasi lengkapnya adalah sebagai berikut. Perhatikan baik-baik, Sob!

  1. Pendidikan minimal sarjana (S1) dengan jurusan yang linear seperti Sistem dan Teknologi Informasi, Ilmu Komputer, Ilmu Statistika Terapan, atau Ilmu Robotika.
  2. Memiliki kemampuan komunikasi yang baik secara lisan maupun tertulis.
  3. Kemampuan Bahasa Inggris minimal kemampuan berbahasa pasif.
  4. Memiliki beberapa skill yang akan dibahas lebih lanjut pada poin selanjutnya

Skill yang wajib dikuasai seorang programmer komputer

Kuasai lima skill ini sebelum kamu terjun di dunia programming!

  1. Bahasa Inggris
  2. Matematika
  3. Kemampuan membaca dokumentasi
  4. Keterampilan komunikasi
  5. Bahasa pemrograman

Bahasa pemrograman apa saja yang wajib dikuasai? Setidaknya, beberapa bahasa pemrograman ini perlu dipahami jika kamu ingin berkarir sebagai programmer komputer:

  1. HyperText Markup Language (HTML)
  2. Cascading Style Sheets (CSS)
  3. Preprocessor CSS
  4. JavaScript
  5. Version Control
  6. Responsive design
  7. Debugging
  8. Browser developer tools
  9. Web performance
  10. Command Line

Bahasa-bahasa pemrograman ini adalah bekal utama seorang programmer, jadi kamu wajib memahaminya. Tidak menutup kemungkinan ada bahasa pemrograman lain yang kamu perlu pelajari. Empat skill lainnya juga kamu butuhkan untuk menjalankan tugas-tugas sebagai programmer. Kemampuan Bahasa Inggris dibutuhkan untuk membaca kode dan mencari solusi permasalahan yang dihadapi. Karena semua kode dibuat menggunakan Bahasa Inggris, begitu pula dengan penjelasannya. Matematika terapan juga akan kamu butuhkan untuk menjalankan tanggung jawab sebagai programmer. Keterampilan komunikasi dan kemampuan membaca kode akan kamu gunakan untuk menyusun laporan dan berinteraksi dengan tim maupun klien.

Para programmer di Jagoan Hosting juga diwajibkan untuk menguasai skill ini, Sob. Maka dari itu kami bisa memberikan pelayanan yang maksimal dan menjadi penyedia layanan hosting, VPS dan domain terbaik di Indonesia.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like