Mau jadi Web Developer? Tapi apakah kamu udah paham betul tentang Apa itu Web Developer, Bagaimana tugasnya dan berapa gaji seorang pengembang web. Nah, sesuai namanya, web developer adalah seseorang yang memiliki tugas dan tanggung jawab untuk membuat website.

Di kesempatan kali ini, kita akan membahas lebih dalam tentang pengertian pengembang web, tugas dan pekerjaan hingga gajinya. Jadi, jangan sampai terlewat, ya!

Apa itu Web Developer?

Pengertian Web Developer

Web Developer adalah Pengembang Web yang bekerja untuk merancang, membuat, dan memelihara situs web dan aplikasi web. Jadi bisa diartikan pengembang web adalah seseorang yang berhubungan dengan pembuatan suatu website.

Kebanyakan mereka dipekerjakan oleh perusahaan khusus dalam pengembangan perangkat lunak, TI, atau konsultasi komputer. Namun beberapa pengembang web bekerja sebagai seorang freelancer, Jadi tidak terikat pada perusahaan, melainkan terikat pada clientnya.

Fokus utama seorang web developer adalah harus selalu menciptakan aplikasi dan layanan web yang konsisten dan efisien. Pengembang Web wajib berusaha memberikan dan memenuhi kebutuhan klien mereka.

Pada umumnya pekerjaan dan tugas web developer dibagi menjadi tiga yang masing – masing memiliki perbedaan di setiap tugasnya, Lantas apa saja macam – macam pengembang web?

Apa Pekerjaan dan Tugas Web Developer?

Tugas Web Developer

Pengembang web dibagi menjadi tiga yaitu Frontend, backend, dan fullstack. Apa saja perbedaan masing-masing bagian dan apa tugas dan pekerjan? 

1. Frontend Developer

Frontend Web Developer adalah pengembang web yang bertugas mendesain dan membangun antarmuka web. frontend developer juga bertanggung jawab dalam membangun bagian interface dari sisi user. 

Seorang Frontend Developer harus menguasai beberapa bahasa pemrograman, dan hal ini hukumnya wajib. Apa saja sih yang harus dikuasai Front End Developer? Yang pertama yaitu HTML, Kemudian CSS dan Javascript

Apa yang harus dikuasai seorang Frontend Web Developer?

  1. Hypertext Markup Language (HTML), HTML adalah bahasa script atau markup yang berfungsi membangun atau menyusun struktur dalam website. HTML sendiri merupakan level terbawah dari teknologi frontend dan berfungsi sebagai dasar styling. kamu bisa belajar html disini

  2. Cascading Style Sheets (CSS), CSS adalah pelengkap pelengkap HTML, sesuai penjelasan mengenai HTML yang menjadi dasar styling maka Framework  CSS yang menyempurnakan layout atau tampilan website. 

  3. Javascript, Javascript adalah bahasa pemrograman yang harus dikuasai oleh semua pengembang web.Javascript berfungsi membuat website lebih interaktif atau berfungsi. Bisa dikatakan antara HTML, CSS, dan Javascript memiliki hubungan, HTML merupakan rangka sedangkan CSS sebagai antarmuka dan didukung javascript yang sebagai fungsionalitas.

2. Backend Developer

Backend Web Developer adalah seseorang yang bertugas mengelola bagian sisi dalam website seperti server, aplikasi dan database. Seorang backend developer bertugas melakukan perhitungan, menyimpan data pengguna, memproses form pendaftaran, dan lain sebagainya.

Seorang Backend Developer adalah seseroang yang harus menguasai beberapa bahasa pemrograman seperti PHP, Python, NodeJS, SQL dan beberapa bahasa pemrograman lainnya, sebut saja Ruby.

Apa yang harus dikuasai seorang backend Web Developer?

  1. Hypertext Preprocessor (PHP), PHP adalah merupakan bahasa pemrograman terpopuler, Menurut w3techs.com, PHP dijadikan sebagai bahasa pemrograman backend yang digunakan kurang lebih 82.3% website yang menggunakan teknologi backend.
  2. Python, Python adalah bahasa pemrograman  yang dapat melakukan eksekusi sejumlah instruksi multi guna secara langsung dengan metode orientasi objek. Bahasa Python sering dijadikan sebagai bahasa pemrograman backend di luar negeri terutama amerika, Dan saat ini di indonesia sudah mulai banyak yang menggunakan Python sebagai backend.
  3. NodeJS, Node JS adalah perangkat lunak yang didesain untuk mengembangkan aplikasi berbasis web dari sisi backend. NodeJS sendiri merupakan dasar dari Javascript sehingga untuk syntax sama dengan javascript. Sebelum adanya NodeJS, Javascript dipercaya hanya untuk Frontend saja.
  4. Structured Query Language (SQL), SQL adalah sekumpulan perintah khusus yang digunakan untuk mengakses data dalam database relasional. SQL juga menjadi teknologi penyimpanan data yang paling populer.

3. Fullstack Developer

Fullstack Web Developer adalah pengembang web yang bertugas membuat sisi luar dan dalam website. Jadi fulstack developer harus menguasi frontend dan backend sekaligus.

Menjadi seorang fullstack developer itu sulit, Dengan adanya NodeJS tadi pekerjaan fullstack developer menjadi lebih dipermudah. Bahkan survey yang dilakukan di Stackoverlow bahwa javascript paling banyak digunakan baik untuk frontend, backend maupun fullstack developer.

Baca juga: Cara Membuat Website Sendiri Gratis Tanpa Coding, Mudah!

Berapa Gaji Web Developer?

Gaji Web Developer

Berapa sih gaji seroang pengembang web? Sebuah pertanyaan yang mungkin terbesit dari pikiran kamu yang ingin terjun dan menjadi seorang Developer. Gaji web developer adalah berbeda-beda, tergantung posisi, perusahaan, dan lokasi bekerja. Namun di sini kita akan membahas mengenai rata –  rata gaji Web Developer.

Gaji Web Developer Amerika
Gaji Web Developer Amerika

Menurut laman Neuvoo.ca, di Amerika, rata rata gaji web developer adalah $63,254/pertahun atau sekitar $5,2711/perbulan. Dan dapat disimpulkan jika pengembang web di Amerika memiliki gaji  $32/per Jam, Jika dirupiahkan menggunakan kurs 14000/$ maka gajinya Rp. 448.000 perjamnya.

Sedangkan di Indonesia, menurut informasi dari situs informasi lowongan kerja pengembang web, rata – rata gaji gaji web developer adalah 5 juta – 12 juta rupiah perbulan. Hal tersebut tentunya berdasarkan posisi dan perusahaan tempat kamu bekerja, Jadi, bisa saja gaji tersebut lebih besar atau lebih kecil.

Berdasarkan informasi di atas pasti dari kalian ingin menjadi seorang pengembang web, Tapi stop dulu untuk berpikir jauh, karena menjadi seorang pengembang web itu sulit. Maka dari itu kamu harus tahu apa saja sih Skill dan Kualifikasi pengembang web.

Apa saja Skill dan Kualifikasi Web Developer?

Kualifikasi Web Developer

Jika kamu becita – cita menjadi seorang pengembang web, Maka kamu harus siap belajar, Baik belajar pemrograman atau mencoba mencari informasi lebih banyak tentang pengembang web. Nah Skill dan Kualifikasi yang harus dimiliki seorang Web Developer adalah :

1. Pengetahuan dan Kemampuan yang Luar Biasa

Web developer adalah pekerjaan yang mewajibkan pekerjanya untuk memilikipemahaman luas tentang komputer dan sistem informasi.

Bukan hanya itu, Kamu harus memiliki kemampuan pengembangan teknologi yang kuat, Jadi kamu harus diharuskan untuk mahir menguasai teknologi terbaru yang tersedia dan kamu harus selalu mengikuti tren – tren industri terbaru.

2. Teliti dan Ahli Memecahkan Masalah

 Tak lupa pula, web developer adalah profesi yang menuntut pekerjanya untuk memiliki ketelitian tinggi, Karena satu kesalahan saja dapat merusak seluruh aplikasi atau situs web, Kesalahan tersebut dapat berasal dari salah pengkodean atau terdapat bug pada situs web.

Maka dari itu pengembang web harus ahli dalam memecahkan masalah dan membuat analisis logis mengenai suatu masalah. Pengembang web juga harus mengidentifikasi dan menyelesaikan kesalahan, bug, atau masalah secara tepat waktu. 

3. Bertanggung Jawab dan Mampu Bekerja Secara Mandiri Maupun Tim

Kamu diharuskan dapat bertanggung jawab dan mampu mencapai tujuan dan tempat waktu atau sesuai deadlines. Dan hal ini harus benar-benar dilakukan jika kamu ingin menjadi seorang pengembang web.

Bukan hanya bertanggung jawab pada tugas, Kamu juga diwajibkan mampu bekerja secara mandiri atau bekerja secara tim. Kamu harus Mampu bekerja dengan pengawasan minimum; dan mampu menyampaikan informasi dan tugas dalam suatu kelompok.

4. Kemampuan Multitasking dan Komunikasi yang Luar Biasa

Seorang pengembang web harus mampu menilai beberapa masalah sekaligus dan mengerjakan lebih dari satu proyek sekaligus. Jika kamu ingin menjadi seorang pengembang web, kamu harus bisa melakukan pekerjaan multitasking.

Bukan hanya mengandalkan kemampuan multitasking, Kamu harus mampu berkomunikasi dengan rekan kerja dan atasan; memberi tahu rekan tim tentang masalah atau bug; dan memperbarui informasi kepada klien tentang kemajuan proyek.

Nah itu dia ulasan mengenai pekerjaan seorang Pengembang Web atau Web Developer. Sebenarnya, ada cara yang lebih praktis dalam mengembangkan website, yakni melalui CMS (Content Management System).

Namun, akan lebih baik lagi apabila kamu juga mulai mempelajari dari hal-hal yang paling basic. Sebut saja belajar pemrograman web dasar seperti, HTML, CSS, JS hingga mengikuti Bootcamp Programmer dari Alterra Academy yang memungkinkan kamu untuk memahami hal-hal seputar pemrograman lebih dalam.

Yuk gabung sekarang juga!

1 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like