Blog Jagoan Hosting | Tutorial Website & Web Hosting Indonesia

10 Bahasa Pemrograman Paling Populer di Tahun 2017

Bahasa pemrograman populer merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer. Bahasa ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan, dan jenis langkah apa secara persis yang akan diambil dalam berbagai situasi.

Setiap tahun, Stack Overflow mengadakan survei yang ditujukan kepada developer yang terjun di bidang pemrograman. Pada awal tahun 2017 ini, Stack Overflow merilis daftar Bahasa pemrograman populer yang paling populer. Beberapa bahasa pemrograman itu antara lain:

1. JavaScript

JavaScript adalah bahasa pemograman yang sangat matang dan dapat dikolaborasikan dengan dokumen HTML dan digunakan untuk membuat website yang interaktif. JavaScript diciptakan oleh Brendan Eich yang juga co-founder dari Mozilla project, Mozilla Foundation dan Mozilla Corporation.

2. SQL

Structured Query Language (SQL) adalah sekumpulan perintah khusus yang digunakan untuk mengakses data dalam database relasional. SQLmerupakan sebuah bahasa komputer yang mengikuti standar ANSI (American Nasional Standard Institute) yang digunakan dalam manajemen database relasional.

3. Java

Java adalah Bahasa pemrograman populer yang dapat dijalankan di berbagai komputer termasuk telepon genggam. Bahasa ini awalnya dibuat oleh James Gosling saat masih bergabung di Sun Microsystems saat ini merupakan bagian dari Oracle dan dirilis tahun 1995.

4. C#

Bahasa C# adalah sebuah Bahasa pemrograman populer modern yang bersifat general-purpose, ‎berorientasi objek, yang dapat digunakan untuk membuat program di atas arsitektur Microsoft .NET Framework. ‎Bahasa C# ini memiliki kemiripan dengan bahasa Java, C dan C++.

5. Phyton

Python adalah Bahasa pemrograman populer interpretatif multiguna. Tidak seperti bahasa lain yang susah untuk dibaca dan dipahami, python lebih menekankan pada keterbacaan kode agar lebih mudah untuk memahami sintaks. Bahasa ini muncul pertama kali pada tahun 1991, dirancang oleh seorang bernama Guido van Rossum. Sampai saat ini Python masih dikembangkan oleh Python Software Foundation.

6. PHP

PHP adalah singkatan dari Hypertext Prepocessor, yaitu Bahasa pemrograman populer yang digunakan secara luas untuk penanganan pembuatan dan pengembangan sebuah situs web dan bisa digunakan bersamaan dengan HTML. PHP diciptakan oleh Rasmus Lerdorf pertama kali tahun 1994.

7. C++

C++ adalah bahasa pemrograman komputer yang di buat oleh Bjarne Stroustrup, yang merupakan perkembangan dari bahasa C. Pada C++ ditambahkan konsep-konsep baru seperti class dengan sifat-sifatnya seperti inheritance dan overloading. Salah satu perbedaan yang paling mendasar dengan bahasa C adalah dukungan terhadap konsep pemrograman berorientasi objek.

8. C

Bahasa Pemrograman C diciptakan dan dikembangkan oleh Brian Kernighan dan Denis Ritchie di Bell Research Labs. Bahasa Pemrograman C secara khusus diciptakan dengan tujuan agar para programmer dapat mengakses seluruh internal register, I/O slots, dan absolute address dari sebuah komputer.

9. TypeScript

Typescript adalah bahasa pemrograman berbasis JavaScript yang menambahkan fitur strong-typing & konsep pemrograman OOP klasik (class, interface). Di dalam dokumentasinya, TypeScript disebut sebagai super-set dari JavaScript, artinya semua kode JavaScript adalah kode TypeScript juga. Bahasa pemrograman populer ini menawarkan class, module, dan interface yang membuat developer bisa mengembangkan aplikasi kompleks dengan lebih mudah. Hal inilah yang membedakannya dengan JavaScript.

10. Ruby

Ruby adalah bahasa pemrograman berorientasi object yang dibuat oleh Yukihiro Matsumoto pada awal tahun 1993 dan diresmikan di akhir tahun 1994. Ruby dapat digunakan di berbagai sistem operasi Linux, MacOs, dan Windows, dikembangkan secara open source. Tujuan utama dari dibuat dan dirilisnya Bahasa Pemrograman Ruby ini adalah untuk menyatukan semua kelebihan-kelebihan Bahasa pemrograman populer lain.

Nah, menurutmu mana yang akan kamu gunakan untuk membantumu membangun website atau aplikasi lainnya?

Yang jelas, untuk menunjang kegiatan kamu dalam membangun website dan aplikasi, kamu harus tahu kebutuhan yang paling penting. Yaitu, VPS atau Virtual Private Server yang biasa digunakan oleh para developer untuk menyimpan semua data website dan aplikasi. Dengan VPS Terbaik Indonesia, kegiatanmu akan lebih mudah dan tentu saja akses website lebih cepat dan aman

Lalu mana yang akan kamu perhitungkan untuk kamu gunakan?

 

Hanya Dengan 12.000/bln, Website Kamu Bisa 5x Lebih Cepat!!

Mau Dong!

+ +