Blog Jagoan Hosting | Tutorial Website & Web Hosting Indonesia
belajar pemrograman web

Belajar Pemrograman Web? Ketahui Semua Hal Dasarnya di Sini

Bahasa pemrograman web mana yang paling baik digunakan?

Bahasa pemrograman web mana yang paling mudah digunakan?

Bahasa pemrograman web mana yang paling populer saat ini?

Pertanyaan-pertanyaan di atas tentunya sangat sering Sobat Jagoan lontarkan ketika ingin mencoba mendalami dunia pemrograman web untuk pertama kalinya.

Jawaban paling tepat untuk ketiga pertanyaan di atas adalah HTML. Meskipun HTML bukan bagian dari bahasa pemrograman, namun HTML adalah inti dari sebuah halaman web.

Untuk memahami lebih lanjut apa itu HTML, kamu bisa merujuk ke laman ini.

Setelah kamu paham akan dasar-dasar HTML, materi selanjutnya yang wajib kamu pelajari adalah CSS (Cascading Style Sheet) atau PHP (Hypertext Preprocessor), tergantung ketertarikan masing-masing.

Jika kamu tertarik dengan web design, maka kamu bisa lanjut belajar CSS. Jika kamu tertarik dengan pembuatan aplikasi web, maka kamu bisa lanjut belajar PHP.

Tips Belajar Pemrograman Web

belajar pemrograman web

Pada artikel ini, kami ingin membagikan sedikit ilmu untuk Sobat Jagoan yang mungkin ingin meniti karir di bidang industri teknologi atau kamu yang sekedar ingin tahu bagaimana cara software dan pelayanannya bekerja.

Di bawah ini adalah tips dan ilmu seputar pemrograman web yang dapat memuaskan rasa keingintahuan kamu.

Practice Makes Perfect

Tips yang pertama dan paling utama adalah rajin berlatih. Karena dari berlatih itu, kamu akan menemukan banyak masalah dan dari masalah itulah kamu bisa mengambil pelajaran.

Untuk itu, teruslah berlatih menulis kode pemrograman dan coba analisa kode-kode yang telah kamu tulis. Semakin sering kamu menemukan kesalahan, maka semakin teliti pula kamu dalam menyadari kesalahan.

“The expert in anything was once a beginner.”

Belajar dari Ahli

Jika Sobat Jagoan merasa kebingungan dalam proses belajar, jangan sungkan untuk bertanya atau meminta bantuan pada programmer yang sudah berpengalaman.

Serap ilmu sebanyak-banyaknya dari mereka dan catat poin-poin yang kamu rasa penting.

“If you lost your way, just ask somebody.”

Kuasai Berbagai Macam Bahasa Pemrograman

Cobalah kuasai berbagai macam bahasa pemrograman karena nantinya Sobat Jagoan tidak mungkin akan mendapati satu bahasa pemrograman saja.

Proses belajarnya tentu tidak instan, namun itu tidak seharusnya menjadi masalah. Karena kamu tidak perlu terburu-buru dalam menguasainya. Kamu hanya harus konsisten dan rajin, try to enjoy the process.

“Be the jack of all trades and master of many.”

Belajar Analisa Kode

Sobat Jagoan bisa belajar analisa kode dengan banyak-banyak membaca kode yang terdapat pada Source Forge atau Github.

Pahami bagaimana cara kerja kode-kode tersebut, kemudian temukan pola-pola yang dapat kamu terapkan dan kembangkan sendiri.

“Stay curious and keep learning.”

Banyak-Banyak Membaca

Tips yang mungkin paling mudah dilakukan adalah membaca. Kamu bisa membaca sebuah buku atau artikel tentang pemrograman web seperti yang sedang kamu lakukan saat ini untuk mendapatkan informasi yang lebih komprehensif.

“Those who love reading have everything within their reach.”

Struktur Dasar Pemrograman Web menggunakan HTML

Seperti yang sudah disinggung di awal, HTML merupakan dasar dari sebuah pemrograman web. Adapun contoh struktur dasar pemrograman web menggunakan HTML adalah sebagai berikut.

<html>
    <head>
        <title> Belajar Web Programming </title>
    </head>
<body>
        Web programming merupakan…
</body>
</html>

  1. Tag

Tag adalah teks markup yang berisi dua karakter “<” dan “>”, misalnya <title> adalah tag dengan nama title.

Tag harus ditulis secara berpasangan yaitu terdiri atas tag pembuka dan tag penutup, khusus untuk tag penutup diperlukan tambahan karakter “/” sebelum “<”.

  1. Elemen

Elemen terdiri atas tag pembuka, isi, dan tag penutup, misalnya untuk menampilkan isi konten, struktur dasar HTML pada browser digunakan elemen body yang mana:

  • <body> adalah tag pembuka
  • Web programming merupakan… adalah isi konten
  • </body> adalah tag penutup
  1. Atribut

Atribut terdiri atas nama dan nilai yang mana nilai atribut harus berada dalam tanda petik.

Misalnya untuk membuat warna teks menjadi ungu dan latar belakang laman web menjadi oranye digunakan atribut sebagai berikut.

<body bgcolor= “orange” text= “purple”>

Sobat Jagoan mungkin masih belum memiliki banyak pengalaman di bidang web design, namun tips di bawah ini dapat membantu kamu mendesain dan membangun website yang terlihat menarik dan modern.

HTML Tips

  1. Pahami Dasar-Dasar HTML

Dasar-dasar HTML yang wajib kamu pahami antara lain tag markup, format dokumen HTML, penggunaan tag kepala, penggunaan tag badan, atribut, dan parameter tag.

Tidak hanya itu, kamu juga harus mempelajari ­tag-tag yang lain agar kamu bisa dengan leluasa mengembangkannya.

  1. Gunakan Map Images

Gambar-gambar yang disediakan oleh map images terlihat lebih menarik, ditambah lagi dengan adanya area yang clickable untuk menautkan dokumen atau laman lain.

Kamu hanya perlu menambahkan elemen yang akan memberi definisi area pada gambar yang diklik oleh pengunjung.

  1. Desain Menggunakan Style Sheet

Style sheet akan membantu kamu dalam membuat kode HTML dengan lebih mudah. Sobat Jagoan sudah tidak perlu menggunakan tag.

Selain itu, kamu akan memiliki kontrol yang lebih baik terhadap kenampakan laman kamu. Sobat Jagoan bisa dengan leluasa mengubah penampilan laman dengan cara menyunting style sheet.

CSS Tips

  1. Lupakan <table> dan Gunakan <div>

Salah satu keunggulan CSS adalah penggunaan <div> untuk mendapatkan fleksibilitas dalam hal styling. <div> di sini berbeda dengan <table> di mana konten-kontennya ‘terkunci’ dalam sebuah sel <td>.

  1. Pastikan Kode CSS Bersih

Jika kode-kode CSS Sobat Jagoan berantakan, kamu tentunya akan kebingungan dan kesulitan untuk mengacu pada kode sebelumnya.

Untuk pemula, kamu bisa mencoba membuat indentation yang tepat dan berikan komentar yang tepat pula.

  1. Pahami Tipe-Tipe Media

Ada beberapa tipe media ketika Sobat Jagoan menyatakan CSS dengan <link>. Print, projection, dan screen adalah beberapa tipe yang umum diketahui.

Cobalah pahami dan gunakan tipe-tipe media tersebut untuk meningkatkan kualitas aksesibilitas pengunjung.

JavaScript Tips

  1. Pahami Dasar-Dasar Ilmu

Untuk menguasai JavaScript, Sobat Jagoan sebaiknya memahami terlebih dahulu dasar-dasar HTML, dan setidaknya sudah bisa melakukan praktek membuat halaman web sederhana menggunakan HTML.

Selain itu, kamu juga perlu belajar sekilas tentang CSS dan PHP.

  1. Gunakan Komentar Inline

Hampir seluruh bahasa pemrograman memungkinkan adanya penambahan komentar inline, termasuk JavaScript.

Komentar ini membantu mengurangi kerumitan dari kode dengan cara menambahkan teks yang berguna untuk memperjelas informasi yang ingin dibagikan.

  1. Coba Buat Sebuah Aplikasi Sederhana

Sobat Jagoan bisa mencoba membuat sebuah aplikasi sederhana yang mudah digunakan, misalnya aplikasi chat sederhana seperti WeChat.

Namun, pastikan kamu memulainya dari awal. Semua kesulitan yang kamu alami seputar syntax, dokumen, atau kesalahan konfigurasi akan memiliki peran penting dalam proses belajar kamu.

“The sooner you get familiar and comfortable, the better.”

Add comment

Hanya Dengan 12.000/bln, Website Kamu Bisa 5x Lebih Cepat!!

Mau Dong!

+ +