Era revolusi industri 4.0 adalah fenomena yang tentu sudah tidak asing lagi bagi Sobat Jagoan terutama dengan adanya percepatan informasi dan teknologi. Pada dasarnya, revolusi industri ini berpusat pada konsep otomatisasi untuk berbagai jenis pekerjaan manusia. Dengan kata lain, era ini identik dengan dimulainya era digitalisasi.

Dampak revolusi industri 4.0 dinilai menambah nilai efisiensi pada suatu lingkungan kerja dimana manajemen waktu menjadi hal vital. Lantas sebenarnya, apa itu revolusi industri 4.0? Simak penjelasannya di artikel ini..

Pengertian Revolusi Industri 4.0

revolusi industri 4.0

Revolusi Industri 4.0 merupakan fenomena yang mengkolaborasikan teknologi cyber dan teknologi otomatisasi. Konsep penerapannya berpusat pada konsep otomatisasi yang dilakukan oleh teknologi tanpa memerlukan tenaga kerja manusia dalam proses pengaplikasiannya.

Hal tersebut tentunya menambah nilai efisiensi pada suatu lingkungan kerja di mana manajemen waktu dianggap sebagai sesuatu yang vital dan sangat dibutuhkan oleh para pemain industri. Selain itu, manajemen waktu yang baik secara eksponensial akan berdampak pada kualitas tenaga kerja dan biaya produksi.

Contoh konkrit yang dapat diambil dari pemanfaatan teknologi pada bidang industri adalah proses pembukuan dan produksi yang kini sudah dapat dengan mudah diakses oleh siapa saja dan kapan saja.

Terlepas dari peran teknologi dalam bidang industri, manfaatnya juga bisa didapatkan oleh seluruh lapisan masyarakat. Saat ini, pengambilan dan pertukaran informasi dapat dengan mudah dilakukan kapan saja dan di mana saja melalui jaringan internet. Pengertian revolusi industri 4.0 adalah perubahan yang mengacu pada proses dan cara manusia dalam memproduksi kebutuhan terhadap barang. Sesuai namanya, revolusi ini mengacu pada perubahan yang keempat kalinya dimana efisiensi dan kemudahan menjadi kunci utama.

Dampak revolusi industri 4.0 tentu membawa pengaruh pada hampir seluruh bidang kehidupan manusia, mulai dari politik, militer, ekonomi, dan budaya. Selain itu, konsep otomatisasi dan integrasi teknologi pada revolusi ini juga memulai munculnya jenis pekerjaan baru.

Karakteristik utama dari revolusi industri 4.0 adalah kolaborasi antara teknologi komunikasi dan informasi untuk menciptakan efisiensi dalam bidang industri. Hal ini tentu membawa dampak yang signifikan terhadap keseluruhan rutinitas dunia.

Jenis pekerjaan yang pada mulanya dilakukan oleh manusia tergantikan oleh mesin-mesin dengan kemampuan lebih cepat. Dengan kata lain, revolusi industri 4.0 adalah sebuah transformasi besar yang mengubah tatanan dunia dengan kehadiran teknologi.

Jenis Teknologi pada Revolusi Industri 4.0

reknologi revolusi industri 4.0

Dalam Revolusi Industri 4.0, akan ada 9 teknologi yang akan menjadi pilar utama untuk mengembangkan sebuah industri biasa menuju industri yang siap digital. dan diantaranya adalah: Revolusi industri 4.0 adalah era perubahan yang ditandai dengan penggunaan teknologi dalam dunia industri. Berikut beberapa jenis teknologi yang menjadi pilar utama membuka gerbang digitalisasi industri.

Internet of Things (IoT)

Jenis teknologi IoT adalah sebuah konsep dimana suatu objek memiliki kemampuan untuk melakukan transfer data melalui jaringan tanpa diperlukannya interaksi antar manusia. 

IoT merupakan jenis teknologi pertama yang ada di era revolusi ini dimana terdapat sejumlah perangkat mekanis, mesin digital, dan komputasi yang saling terhubung dalam satu kesatuan.

Big Data

Big Data mengacu pada sekumpulan volume data yang terakumulasi dalam jumlah besar, baik data terstruktur maupun tidak terstruktur. Selayaknya data, teknologi ini sangat penting dalam membantu sebuah industri dalam menentukan perkembangan bisnis mereka. 

Di Indonesia, terdapat beberapa penyedia layanan yang memanfaatkan penggunaan teknologi Big Data, seperti Sonar Platform, Paques Platform, Warung Data, dan Dattabot.

Baca juga: Apa itu Website? Ini Contoh, Fungsi dan Jenis-jenisnya di Internet

Augmented Reality (AR)

Saat ini, penggunaan AR tentu sudah semakin berkembang pesat dalam berbagai bidang kehidupan, mulai dari hiburan sampai pendidikan. Augmented Reality pada perkembangan revolusi industri 4.0 adalah teknologi yang menggabungkan objek di dunia maya (dua dimensi) seolah berada di dunia nyata (tiga dimensi). 

Konsep AR adalah memproyeksikan benda maya tersebut ke dalam waktu nyata. Dengan demikian, pengguna dapat merasakan pengalaman berada di dunia dua dimensi dengan bantuan teknologi AR.

Cyber Security

Teknologi selanjutnya yang dikembangkan pada era revolusi industri 4.0 adalah Cyber Security. Perkembangan dunia teknologi dan proses digitalisasi tentu juga beriringan dengan risiko serangan digital atau cyber attack. 

Oleh karena itu, Cyber Security dikembangkan untuk melindungi segala aset digital dari tindakan tidak bertanggung jawab melalui cyber attack.

Artificial Intelligence (AI)

Perkembangan Artificial Intelligence pada era revolusi industri 4.0 adalah untuk melakukan analisa data dengan tingkat kecerdasan selayaknya manusia. Teknologi ini memiliki fungsi utama untuk mempelajari data secara detail dan menyeluruh. 

Hal ini dilakukan untuk menghasilkan sebuah prediksi yang diinginkan. Semakin banyak data yang dianalisis maka semakin baik pula hasil prediksi.

Additive Manufacturing

Perkembangan printer 3D pada revolusi industri 4.0 adalah salah satu terobosan besar dalam dunia desain dan industri. Hal ini memungkinkan gambar atau aset digital yang berupa dua dimensi dicetak menjadi barang nyata dengan ukuran dan bentuk seperti desain. 

Simulation

Teknologi berikutnya pada sejarah perkembangan revolusi industri 4.0 adalah simulation. Teknologi ini mengacu pada proses pengujian operasi dari periode waktu tertentu. Simulation banyak dilakukan untuk pengujian suatu sistem, seperti pada simulasi teknologi untuk pengecekan efisiensi kerja, optimalisasi, teknik keselamatan, dan lainnya.

System Integration

Sesuai namanya, System Integration pada revolusi industri 4.0 adalah sebuah teknologi yang menerapkan integrasi sejumlah sistem, baik secara fisik maupun fungsional. 

Dalam setiap satu kesatuan sistem tersebut juga akan terjadi integrasi antar komponen sehingga semua saling terhubung untuk memastikan semuanya berjalan normal.

Cloud Computing

Perkembangan teknologi terakhir pada era revolusi industri 4.0 adalah Cloud Computing. Hal ini yang memungkinkan internet menjadi sebuah pusat penyimpanan dan pengelolaan data maupun aplikasi. 

Cloud Computing memberikan manfaat yang sangat signifikan bagi pengguna internet dimana mereka dapat masuk ke server virtual dan melakukan konfigurasi di dalamnya. Terdapat tiga jenis layanan Cloud Computing, yaitu:

  • SaaS (Cloud Software as a Service) memungkinkan pengguna untuk menggunakan aplikasi yang sudah disediakan oleh infrastruktur dari cloud.
  • PaaS (Cloud Platform as a Service) memungkinkan pengguna untuk memanfaatkan platform yang sudah tersedia sehingga bisa lebih fokus pada pengembangan aplikasinya saja.
  • IaaS (Infrastructure as a Service) memungkinkan pengguna untuk menggunakan infrastruktur yang sudah ada, mulai dari aktivitas menyimpan, berjejaring, memproses, dan memakai sumber daya.

Baca juga: 10 Cara Berpikir Kreatif dalam Menunjang Skill dan Karir

Contoh Revolusi Industri 4.0

Munculnya revolusi industri 4.0 dapat dilihat dari banyak jenis industri, mulai dari tekstil, makanan, dan elektronik. Seperti yang bisa diperhatikan, ada banyak layanan publik yang kini menambahkan kata electronic, seperti e-commerce, e-KTP, e-money, ebook, dan lainnya. Hal tersebut menjadi satu dari banyak contoh revolusi industri 4.0 dalam kehidupan sehari-hari.

Transformasi menuju era digitalisasi menjadi laju utama dari penerapan revolusi industri 4.0. Oleh karena itu, mulai banyak layanan atau aktivitas publik yang beralih dari manual menuju digital. Hal tersebut tidak hanya menjadi tolak ukur semakin majunya dan berkembangnya teknologi namun juga memberikan kemudahan kepada manusia.

Dampak Revolusi Industri 4.0

Revolusi industri 4.0 adalah era dimulainya transformasi di banyak bidang kehidupan. Dimulainya perubahan ini tentu menimbulkan sejumlah dampak yang tidak bisa dihindari, baik hal positif maupun negatif. Berikut dampak revolusi industri 4.0 adalah:

Dampak positif

Integrasi teknologi yang pada konsepnya adalah mempermudah kehidupan manusia tentu membawa dampak yang signifikan untuk industri. Berikut dampak positif revolusi industri 4.0:

  • Peningkatan efisiensi dalam bidang industri dimana sistem yang awalnya dikerjakan oleh manusia digantikan oleh mesin.
  • Percepatan teknologi mengakibatkan semakin mudahnya proses akses informasi dan komunikasi.
  • Terlepas dari digantikannya tenaga manusia oleh sistem otomatisasi, era ini tetap membuka peluang untuk jenis pekerjaan baru yang membutuhkan tenaga ahli untuk mengoperasikannya.
  • Peningkatan pendapatan nasional sebagai dampak dari semakin cepatnya proses produksi barang dengan pemanfaatan teknologi.

Dampak negatif

Seiring dengan kemudahan dari adanya teknologi, revolusi industri 4.0 juga hadir dengan sejumlah dampak negatif yang menjadi tantangan tersendiri. Berikut daftar dampak negatifnya:

  • Kebutuhan akan biaya tergolong sangat besar untuk membeli alat dan memberikan pelatihan khusus kepada pegawai yang mengoperasikannya.
  • Serangan siber hampir menjadi tantangan yang harus selalu diwaspadai untuk menjaga keamanan dari semua aset digital.
  • Penggunaan mesin pada proses industri juga memberikan dampak negatif pada lingkungan dari limbah yang sulit diolah dan dampak panjangnya.
  • Ketidakseimbangan jumlah populasi akibat adanya urbanisasi.

Jagoan Hosting sebagai Alternatif Tepat di Era Revolusi Industri 4.0

JagoanHosting merupakan sebuah layanan hosting yang berada di bawah PT. Beon Intermedia. Kami memberikan layanan hosting untuk membuat website kamu menjadi online. Lantas, apa peran JagoanHosting di era revolusi industri 4.0? Apakah fitur-fitur yang ditawarkan relevan digunakan pada era teknologi ini? Simak pembahasannya berikut ini:

Self-Service Product

Sebagai salah satu perusahaan teknologi di Indonesia, JagoanHosting terus berinovasi untuk memberikan layanan terbaik kepada para pelanggan. Berikut beberapa hal yang kami kembangkan untuk mendukung revolusi industri 4.0 di Indonesia:

Knowledge Base Lengkap

Sobat Jagoan yang ingin membuat website dalam waktu singkat bersama JagoanHosting dapat dengan mudah mengakses panduan step by step pada halaman Tutorial Jagoan Hosting. 

Alhasil, Sobat Jagoan dapat secara langsung mengambil kontrol dalam proses pembuatan website atau setidaknya memiliki pengetahuan tambahan tentang perkembangannya.

Tim Support Tersistematis

Tim Support JagoanHosting akan senantiasa membantu client untuk memecahkan masalah selama 24 jam non-stop. Dengan demikian,  konsultasi, keluhan, dan hal-hal yang ingin didiskusikan dengan pihak JagoanHosting dapat diselesaikan lebih cepat. 

AI Chat Bot

Jagoan Hosting kini telah dilengkapi dengan fitur Chat berbasis Artificial Intelligence (AI) yang mampu memberi asistensi kepada client selama 24 jam non-stop. Fitur ini telah dilengkapi dengan Sertifikasi Internasional ISO 27001 dan ISO 9001 sebagai jaminan keamanan dan perlindungan terhadap client.

Baca juga: Jaringan Komputer: Pengertian, Jenis, Topologi & Manfaatnya

Mulai Langkah Digitalmu!

Pada intinya, revolusi industri 4.0 adalah sebuah transformasi besar kehidupan manusia yang ditandai dengan adanya integrasi teknologi dalam bidang industri. Era ini masih dan akan senantiasa berkembang yang dapat dilihat dari cepatnya laju pertumbuhan teknologi. 

Selain itu, era revolusi industri 4.0 juga menandakan bahwa kita harus beradaptasi dengan laju dan perkembangan era ini. Dengan demikian, kita tidak akan tergilas oleh perkembangan teknologi. 

Jadi, sudah sepatutnya Sobat Jagoan memulai digitalisasi usaha yang dimiliki saat ini. Salah satu langkahnya adalah menggunakan web hosting yang tepat dan handal.

55 Shares:
2 comments
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like