Blog Jagoan Hosting | Tutorial Website & Web Hosting Indonesia
era revolusi industri 4.0 : semua hal yang perlu kamu tau

Era Revolusi Industri 4.0 : Semua Hal Yang Perlu Kamu Ketahui

Fenomena era Revolusi Industri 4.0 tentunya sudah tidak asing lagi ditelinga Sobat Jagoan, mengingat betapa cepat perkembangan teknologi dan informasi yang terjadi di Indonesia. Namun, seberapa siapkah Sobat Jagoan dalam menghadapi tren perubahan di dunia industri?

Pada artikel ini, saya akan mengajak Sobat Jagoan untuk menelaah lebih jauh hal-hal yang perlu dipersiapkan di era Revolusi Industri 4.0.

Sekilas Tentang Revolusi Industri 4.0

revolusi industri 4.0 ilustrasi

Revolusi Industri 4.0 merupakan fenomena yang mengkolaborasikan teknologi cyber dan teknologi otomatisasi. Konsep penerapannya berpusat pada konsep otomatisasi yang dilakukan oleh teknologi tanpa memerlukan tenaga kerja manusia dalam proses pengaplikasiannya.

Hal tersebut tentunya menambah nilai efisiensi pada suatu lingkungan kerja di mana manajemen waktu dianggap sebagai sesuatu yang vital dan sangat dibutuhkan oleh para pemain industri. Selain itu, manajemen waktu yang baik secara eksponensial akan berdampak pada kualitas tenaga kerja dan biaya produksi.

Contoh konkrit yang dapat diambil dari pemanfaatan teknologi pada bidang industri adalah proses pembukuan dan produksi yang kini sudah dapat dengan mudah diakses oleh siapa saja dan kapan saja.

Terlepas dari peran teknologi dalam bidang industri, manfaatnya juga bisa didapatkan oleh seluruh lapisan masyarakat. Saat ini, pengambilan dan pertukaran informasi dapat dengan mudah dilakukan kapan saja dan di mana saja melalui jaringan internet.

9 Macam Teknologi Yang Akan Menjadi Pilar Utama Dalam Perkembangan Revolusi Industri 4.0

reknologi revolusi industri 4.0 jagoan hosting

Dalam Revolusi Industri 4.0, akan ada 9 teknologi yang akan menjadi pilar utama untuk mengembangkan sebuah industri biasa menuju industri yang siap digital. dan diantaranya adalah:

1. Internet of Things (IoT)

Jadi Internet of Thing (IoT) adalah sebuah konsep dimana suatu objek yang memiliki kemampuan untuk mentransfer data melalui jaringan tanpa memerlukan interaksi manusia. Salah satu contoh produknya adalah jarvis yang bisa mematikan lampu saat sudah pagi hari.

2. Big Data

Big Data adalah istilah yang menggambarkan volume data yang besar, baik data yang terstruktur maupun data yang tidak terstruktur. Big Data telah digunakan dalam banyak bisnis dan dapat membantu menentukan arah bisnis. Misal, Jagoan hosting hanya akan mengirimkan email promo renewal untuk pelanggan yang memiliki jatuh tempo pembayaran.

3. Argumented Reality

Argumented Reality (AR), adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata.

4. Cyber Security

Cyber security adalah upaya untuk melindungi informasi dari adanya cyber attack. Cyberattack dalam operasi informasi adalah semua jenis tindakan yang sengaja dilakukan untuk mengganggu kerahasiaan (confidentiality), integritas (integrity), dan ketersedian (availability) informasi. Misal, Jagoan Hosting yang memberikan fitur SSL Certificate, Bit Ninja, Dan Firewall di setiap paket hosting untuk melindungi data pelangan dari serangan hacker.

5. Artifical Intelegence

Merupakan sebuah teknologi komputer atau mesin yang memiliki kecerdasan layaknya manusia. Dan bisa diatur sesuai keinginan manusia. Fungsi utama dari AI adalah kemampuannya untuk mempelajari data yang diterima secara berkesinambungan. Semakin banyak data yang diterima dan dianalisis, semakin baik pula AI dalam membuat prediksi.

6. Addictive Manufacturing

Additive manufacturing merupakan terobosan baru di industri manufaktur yang sering dikenal menggunakan printer 3D.Dalam era digital saat ini, gambar desain digital yang telah dibuat dapat diwujudkan menjadi benda nyata dengan ukuran dan bentuk yang sama dengan desain sebenarnya atau dengan skala tertentu.

7. Simulation

Model mewakili sistem itu sendiri, sedangkan simulasi mewakili operasinya dari waktu ke waktu. Simulasi digunakan dalam banyak konteks, seperti simulasi teknologi untuk optimalisasi kinerja, teknik keselamatan, pengujian, pelatihan, pendidikan, dan video game.

8. System Integeration

Sistem integrasi atau integrated system merupakan rangkaian yang menghubungkan beberapa sistem bagi secara fisik maupun fungsional. Sistem ini akan menggabungkan komponen sub sistem dalam satu sistem yang menjamin setiap fungsi dapat berfungsi sebagai kesatuan dari sebuah sistem.

9. Cloud Computing

Komputasi awan (cloud computing) adalah teknologi yang menjadikan internet sebagai pusat pengelolaan data dan aplikasi, di mana pengguna komputer diberikan hak akses (login) mengakses server virtual untuk bisa konfigurasi server melalui internet. Seperti jagoan Hosting yang menyediakan server virtual agar bisa digunakan untuk membuat website online untuk diakses user di internet.

Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0

Saat ini, Indonesia sudah mulai menggarap Revolusi Industri 4.0, terlihat dari banyaknya pabrik-pabrik yang telah menerapkan sistem jaringan internet untuk memudahkan akses-akses informasi internal, pengawasan karyawan, dan pembukuan. Pabrik-pabrik tersebut sering disebut dengan istilah Smart Factory.

Untuk menghadapi era Revolusi Industri 4.0 yang masih tergolong baru ini, diperlukan persiapan khusus yang mendukung terutama jika Sobat Jagoan adalah pemain industri, web developer, atau pemilik blog. Salah satunya adalah pemilihan web hosting handal untuk kebutuhan standar era kekinian.

Di balik kemudahan yang kita rasakan di era komunikasi ini, terdapat layanan web hosting yang banyak berkontribusi. Namun, sebagai client, Sobat Jagoan harus jeli dalam memilih dan membeli layanan web hosting mana yang stabil dan benar-benar dapat diandalkan, terlebih jika Sobat Jagoan memposisikan diri sebagai blogger, web developer, atau pemilik bisnis online.

 

Jagoan Hosting sebagai Alternatif Tepat di Era Revolusi Industri 4.0

JagoanHosting merupakan layanan hosting yang bernaung di bawah PT. Beon Intermedia dan memberikan layanan hosting service untuk membuat website Sobat Jagoan menjadi online. Apa peran Jagoan Hosting di era Revolusi Industri 4.0? Apakah fitur-fitur yang ditawarkan relevan digunakan pada era Revolusi Industri 4.0? kita akan membahasnya satu per satu disini.

Self-Service Product

Sebagai salah satu perusahaan teknologi di Indonesia, Jagoan hosting terus berinovasi untuk memberikan layanan yang bisa digunakan lebih mudah untuk Sobat Jagoan. Dan berikut adalah beberapa inovasi yang kami lakukan selama ini untuk mendukung perkembangan revolusi industri di Indonesia:

Knowledge Base Lengkap yang berisi Panduan Step by Step Teknis

tutorial jagoan hosting revolusi industri 4.0

Sobat Jagoan yang ingin menjadi client JagoanHosting dan membuat website dalam waktu singkat dapat dengan mudah mengakses panduan step by step pada halaman Tutorial Jagoan Hosting. Alhasil, Sobat Jagoan dapat secara langsung mengambil kontrol dalam proses pembuatan website atau setidaknya memiliki pengetahuan tambahan tentang website development.

Tim Support yang Tersistematis

teknologi support revolusi industri 4.0

Tim Support JagoanHosting akan senantiasa membantu client untuk memecahkan masalah selama 24 jam non-stop sehingga konsultasi, keluhan, dan hal-hal yang ingin didiskusikan dengan pihak JagoanHosting dapat diselesaikan dengan lebih cepat.

AI Chat Bot

Jagoan Hosting kini telah dilengkapi dengan fitur Chat berbasis Artificial Intelligence (AI) yang mampu memberi asistensi kepada client selama 24 jam non-stop. Fitur ini telah dilengkapi dengan Sertifikasi Internasional ISO 27001 dan ISO 9001 sebagai jaminan keamanan dan perlindungan terhadap client.

Mulai Langkah Digitalmu!

Kesimpulannya adalah kita harus beradaptasi dengan Era Revolusi Industri 4.0 agar kita tidak tergilas oleh perkembangan teknologi. Jadi, sudah sepatutnya Sobat Jagoan mulai digitalisasi usaha yang dimiliki saat ini. Salah satu langkahnya adalah menggunakan web hosting yang tepat dan handal.

Buat Website Gampang Pakai Cloud Hosting

Cloud Hosting memiliki banyak fitur builder untuk membantu kamu membangun website kamu. Jadi kamu bisa buat website bisnis lebih gampang.

Cloud Hosting Mulai 5.000/bln
Hanya Dengan 12.000/bln, Website Kamu Bisa 5x Lebih Cepat!!

Mau Dong!

+ +