25+ Website Freelance Indonesia dan Luar Negeri Terbaik

website freelance

Mencari tambahan sekarang bukan lagi hal yang sulit. Pasalnya, ada banyak sekali website freelance yang bisa kamu manfaatkan untuk mendapat pekerjaan sampingan secara online dan hanya di rumah saja.

Tetapi, sebenarnya apa itu website freelancer? website ini merupakan sebuah situs yang memungkinkan seseorang mendapatkan pekerjaan secara online. Tidak hanya dari Indonesia saja, kamu juga bisa memilih website dengan akses luar negeri.

Sehingga klien yang akan kamu tangani tidak seputar dari Indonesia saja, melainkan juga berbagai negara di luar sana. 

Biasanya untuk akses pembayaran akan memanfaatkan semacam PayPal. Tetapi semuanya tetap tergantung pada kebijakan website masing-masing.

Daftar Situs Freelance Indonesia dan Luar Negeri

Bingung mencari tambahan pekerjaan secara online dan ingin jadi freelancer dalam maupun luar negeri? Berikut beberapa situs freelance terbaik yang bisa kamu coba, antara lain :

1. Projects.co.id

situs freelance

Project.co.id ini menjadi salah satu website yang sangat terkenal. Pasalnya, kamu bisa menawarkan berbagai macam skill yang dimiliki sesuai bidang.

Mulai dari desain, programming, audio/video, jasa tulis menulis, hingga media sosial. Bahkan, melalui website freelance Indonesia ini, anggota bisa melakukan transaksi jual beli untuk berbagai macam produk digital, loh.

Contohnya seperti template website, ebook, dan beberapa produk digital lain. Untuk pemula yang baru mulai menjadi seorang freelance, maka situs ini sangat cocok kamu coba.

2. UpWork

upwork situs freelance

Apa itu freelance UpWork? Maksudnya adalah pekerja lepas yang memilih UpWork sebagai media untuk mendapatkan pekerjaan. 

Apalagi UpWork menjadi situs paling terkenal di dunia maya. Tidak hanya di Indonesia tetapi juga dalam skala Internasional.

Bersama website ini, kamu akan bertemu dengan lebih dari 12 juta freelancer online dan juga empat juga klien di sana. Angka tersebut terbilang fantastis dan memungkinkan kamu mendapatkan pekerjaan sampingan di sini.

Untuk sistem pembayarannya sendiri, UpWork lebih condong memberikan fee dengan hitungan jam atau per proyek yang telah berhasil diselesaikan. Sehingga hal ini lebih fleksibel untuk pencari pekerjaan maupun penerima jasa.

Fitur dukungan yang UpWork tawarkan cukup menarik dalam menunjang pekerjaan karir sebagai freelancer penggunanya. Salah satunya adalah collaborative space dan pembuatan invoice.

3. Sribulancer

Berikutnya, website freelance untuk mahasiswa yang bisa kamu pertimbangkan adalah Sribulancer. Website ini menjadi salah satu situs terbesar di Indonesia dan memiliki total pengguna mencapai jutaan.

Sribulancer memiliki desain dan pangsa yang sudah disesuaikan dengan target orang Indonesia. Sehingga sangat cocok untuk mahasiswa yang ingin mulai membangun karir dengan menjadi seorang freelancer online.

Tetapi, terdapat beberapa mahasiswa yang bingung apakah sribulancer gratis? Jawabannya tentu saja iya. Justru kamu akan mendapatkan fee apabila berhasil mendapatkan klien sesuai dengan jasa yang ditawarkan.

4. Fiver

Situs freelance luar negeri yang cukup terkenal adalah Fiver. Fiver memiliki banyak sekali kelebihan yang memudahkan calon penyedia jasa. Salah satunya terdapat fitur yang memproyeksikan project berhasil terselesaikan.

Tujuannya agar pencari jasa bisa menemukan dengan mudah portofolio seperti apa yang menarik perhatian. Sehingga, untuk kedua pelaku saling diuntungkan.

Apalagi Fiver juga menyediakan pelatihan gratis untuk penyedia jasa agar bisa mengembangkan skill lebih dalam lagi.

Sayangnya, dari segi komisi Fiver jauh lebih lama daripada situs freelance lainnya/

Cek Konten Lainnya:
Fotografi Produk, Elemen Kesuksesan UMKM Tingkatkan Penjualan

5. FastWork

website freelance fastwork

Fastwork menjadi situs kerja freelance yang sudah berdiri sejak tahun 2015 lalu tepatnya di kota New York. Tetapi, target dari pemanfaatan aplikasi lebih condong kepada pasar Asia Tenggara.

Fastwork mulai masuk ke pasar Indonesia 2018 lalu dan telah berhasil menarik perhatian user lebih dari 50.000 terdaftar dengan ribuan transaksi. Sehingga tidak heran jika Fastwork sangat terkenal di Indonesia.

Kamu pun bisa memanfaatkan Fastwork untuk mendapatkan berbagai jenis pekerjaan online dengan basis teknologi digital seperti desain grafis dan juga penulisan caption di sosial media.

6. LinkedIn

Aplikasi freelance yang saat ini sedang digandrungi anak muda adalah LinkedIn. Aplikasi ini mulai terkenal sejak meluasnya wabah COVID-19 tahun 2019 lalu.

Di mana banyak sekali orang yang membutuhkan penghasilan tambahan karena terkena imbas dari virus tersebut.

Berita baiknya, LinkedIn menyediakan wadah untuk siapa saja menemukan berbagai jenis pekerjaan baik secara freelance, remote work maupun pekerja lepas yang ada di lingkungan sekitar.

Untuk menggunakannya dengan mudah, kamu bisa langsung menyesuaikan wilayah dan jenis pekerjaan yang diinginkan menggunakan filter. Proyeksi aplikasi cukup mudah dipahami.

7. Indeed

indeed

Bingung mencari pekerjaan yang ditawarkan oleh perusahaan? Kamu bisa memanfaatkan Indeed, loh. Selain menemukan pekerjaan full-time, di sini kamu juga bisa mendapatkan tawaran sebagai pekerja lepas, loh.

Bahkan, penawar pekerjaan di sini mayoritas dari perusahaan besar yang sudah terbukti kredibilitasnya. 

Secara umum, lowongan yang diposting di Indeed sebagai iklan, tetapi proses pendaftaran resminya bisa kamu buka melalui website perusahaan.

Sehingga, resiko lowongan palsu akan sangat minim kamu dapatkan. Jadi, ingin mencoba pakai Indeed?

8. OLX

Pernah mendengar OLX? Bagi beberapa orang mungkin OLX lebih familiar sebagai tempat untuk jual beli barang second seperti kendaraan maupun property.

Tetapi, tahukah kamu kalau OLX juga menjadi salah satu situs yang menawarkan pekerjaan kepada pengguna, loh?

Apa saja sih jenis pekerjaan yang OLX tawarkan? Kamu bisa menemukan berbagai jenis pekerjaan di sana. Mulai dari penulis freelance, guru, ketua arisan, pembuat sosial media, dan beberapa jenis pekerjaan lainnya.

Tetapi perlu kamu perhatikan, untuk menggunakan OLX sebaiknya tingkatkan kewaspadaan tinggi, ya.

Karena OLX belum memiliki sistem yang terintegrasi. Sehingga untuk proses transaksinya sendiri perlu dilakukan melalui website luar negeri.

9. Freelancer Indonesia

Salah satu website freelance untuk pemula yang wajib kamu coba adalah Freelancer Indonesia. Website satu ini telah digunakan lebih dari 32 juta pendaftar untuk mencari uang tambahan dengan mendapatkan pekerjaan secara online, loh.

Sistem pendaftarannya sendiri juga gratis sehingga kamu tidak perlu membayar pajak. Untuk penetapan biaya jasa, kamu bisa melakukan proses negosiasi dengan calon klien sehingga semua urusan menjadi lebih mudah.

Melalui Freelancer Indonesia, kamu bisa menemukan atau menawarkan berbagai macam skill yang dimiliki. Mulai dari kemampuan dalam membuat artikel SEO, desain website, coding, dan beberapa kebutuhan digital.

10. Sribu

Masih di bawah naungan Sribulancer, kamu juga bisa menggunakan website dari Sribu untuk menemukan berbagai pekerjaan online dengan mudah.

Perbedaannya Sribu lebih fokus memberikan ruang pada freelancer yang memiliki skill di bidang desain.

Contohnya seperti kemampuan dalam membuat desain logo, kemasan produk, maupun desain grafis secara umum. Jika kamu ingin mendapatkan penghasilan tambahan secara online, maka menggunakan situs dari Sribu adalah pilihan terbaik.

11. PeopePerHour

Selanjutnya, website freelance yang bisa kamu coba adalah PeoplePerHour. Untuk bergabung di sini, kamu tidak harus mengeluarkan uang sepeserpun. Tetapi, tingkat persaingannya sangat ketat daripada situs freelance lainnya.

Sehingga, di sini kamu akan menemukan yang namanya sistem rating (promosi) untuk modal persaingan.

Berdasarkan tingkat keketatannya, di PeoplePerHour jangan sampai kamu berharap keuntungan besar. Karena untuk bisa memikat klien, kamu harus mematok harga wajar.

12. SimplyHired

SimplyHired merupakan situs yang menawarkan banyak pekerjaan dari berbagai bidang. Mulai dari bidang pekerjaan digital teknologi, administratif, hingga pekerja konstruksi sekalipun.

Cek Konten Lainnya:
Apa itu Customer Journey? Langkah, Manfaat & Contohnya

Di sini, kamu juga bisa mendapatkan tawaran pekerjaan dari 24 negara berbeda. Tetapi, untuk memudahkan sistem pencari kerja, SimplyHired juga memfasilitasi fitur mencari pekerjaan di lokasi terdekat.

Kamu bisa menemukan pekerjaan online maupun offline di sini. Sehingga SimplyHired bisa menjadi salah satu alternatif yang bisa kamu coba apabila susah menemukan pekerjaan di situs lainnya.

13. 99design

Mirip dengan Sribu, situs yang fokus menawarkan jasa berupa desain lainnya adalah 99design. Di sini, kamu diajak untuk saling berkompetisi untuk menarik minat pencari jasa. 

Apabila sedang stuck dengan ide desain, kamu tinggal membuka fitur yang ditawarkan oleh 99design. Pasalnya, di sini tersedia berbagai macam tips untuk membangun karir dan juga ide desain yang keren.

14. Writer Access

writeracess situs freelance

Mencari website freelance yang cocok untuk jasa penulis lepas? Kamu bisa mencoba situs terkenal dari Writer Access. Di sana, kamu bisa menemukan berbagai macam pekerjaan yang ada kaitannya dengan dunia tulis menulis.

Beberapa contoh pekerjaannya seperti studi kasus, laporan ilmiah, artikel SEO, dan beberapa freelance kepenulisan lainnya.

Tidak hanya itu, Writer Access juga menyediakan berbagai macam tools seperti analytics, content planner, dan juga optimasi keyword.

Sehingga beberapa tools tersebut dapat membantu kamu untuk menjadi penulis terbaik dan memiliki kualitas yang bagus.

wordpress blog

Tertarik untuk memulai jadi Content Writer? Salah satu langkah pertama untuk jadi penulis adalah bikin blog sendiri.

Dengan punya blog pribadi kamu akan mudah menampilkan blogmu sebagai porftolio tulisanmu.

Bikin blog pribadi sangat mudah, kamu hanya perlu hosting murah dan domain murah yang semua ada di Jagoan Hosting.

15. Guru

Website dengan kualitas terbaik di dunia dan berdiri sejak tahun 2001 lalu adalah Guru. Melalui situs ini, pencari kerja maupun calon pemberi kerja wajib membuat profil masing-masing dengan menarik.

Tujuannya tentu untuk saling mengikat satu sama lain. Sehingga apabila dirasa kedua simbiosis mutualisme sudah terbentuk, pekerjaan dapat dimulai saat itu juga.

Hal positif dari situs ini adalah, Guru selalu memiliki pekerjaan baru setiap harinya. Sehingga, kamu bisa sering-sering membuka situs untuk tidak ketinggalan info dan selalu up-to-date.

Bersama Guru, kamu dapat menemukan pekerjaan berdasarkan kategori, jenis pembayaran (per jam atau per proyek), hingga lokasi terdekat.

16. Toptal

Jika kamu merasa memiliki portofolio berkualitas dan memiliki talenta terbaik, coba daftar saja menjadi pekerja lepas di website freelance Toptal. Karena Toptal sendiri merupakan menerapkan sistem seleksi yang sangat ketat.

Tetapi, tingkat kesulitan yang ditawarkan Toptal sebanding dengan pembayarannya. Apalagi jika kamu bisa memilih projek jangka panjang.

Sehingga, dapat dipastikan fee yang kamu dapatkan akan lebih besar karena Toptal menjadi salah satu situs untuk kaum elit.

17. Designhill

Memiliki kemampuan di bidang desain website, brand dan juga merchandise? Kamu bisa menawarkan jasa melalui Designhill, loh.

Situs Designhill menjadi salah satu toko online built-in dan tidak memiliki biaya layanan serta mendukung obrolan langsung.

Sistem kerjanya pun sangat fleksibel. Di mana, penawaran harganya transparan di muka sehingga calon klien bisa memperkirakan berapa biaya desain yang dibutuhkan apabila telah selesai.

Selain itu, fitur yang disediakan juga memudahkan klien memilih desain dengan harga bervariasi.

18. Dribble

Platform yang juga populer di kalangan pekerja kreatif untuk saling bertemu dan terhubung adalah Dribble. Situs ini memudahkan pekerja kreatif seperti seniman dan juga desainer untuk membangun portofolio dan mempromosikan branding.

Apabila ingin menemukan peluang kerja, kamu bisa membuka broad di browser. Salah satu pekerjaan yang menonjol di sini adalah UI/UX design serta pembuat konten.

Tetapi untuk mendaftarkan diri di sini kamu perlu menggunakan versi premium dengan biaya $5 hingga $15/bulan.

Cek Konten Lainnya:
5+ Cara Memulai Bisnis Undangan Digital dengan Website

19. ProZ

Kamu memiliki kemampuan dan sangat profesional dalam bidang bahasa seperti subtitling dan penerjemah? Coba saja mendaftarkan diri sebagai freelancer di ProZ.

Situs ini memiliki database lengkap untuk berbagai pekerjaan online di bidang bahasa.

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan form untuk saling berdiskusi. Sayangnya, situs ini memiliki banyak pengguna sehingga persaingannya cukup ketat. Hal ini juga berpengaruh kepada fee yang bisa kamu dapatkan.

20. Behance

Behance cukup populer di dunia freelancer karena menawarkan berbagai macam jenis pekerjaan seperti desain web, fotograsi, dan juga ilustrasi. Melalui website freelance ini kamu bisa mendapatkan pekerjaan sesuai bidang yang digeluti.

Behance juga memiliki relasi yang sangat luas, konten personal, dan juga audiens cukup besar. Hanya saja lingkungan pekerjaannya kompetitif sekali dan ukuran file gambar sangat terbatas.

21. Translators Cafe

Translators cafe merupakan situs online yang tidak jauh berbeda dari ProZ. Situs ini menawarkan pekerjaan di bidang penerjemah.

Kamu bisa menemukannya dengan melihat postingan di website setiap hari. Banyak sekali perusahaan ternama menawarkan project terjemahan.

22. ServiceScape

Satu lagi website freelance yang khusus untuk mencari pekerja lepas di bidang penulisan, editorial, dan juga terjemahan. Platform ini memungkinkan pekerja lepas untuk membangun profil untuk mempromosikan basis data ke klien.

Perbedaan ServiceScape dengan platform lainnya dapat dilihat dari sistem perekrutan. Jika melalui situs lain kamu harus membuat penawaran, di ServiceScape kamu hanya perlu menunggu penawaran job dari klien.

Sehingga, atur profil semenarik mungkin agar membuat klien tertarik. Untuk sistem pembayarannya sendiri bisa melalui Cek, PayPal, maupun Gusto. Struktur harganya sendiri bisa kamu atur secara khusus seperti per jam ataupun per proyek.

23. FlexJobs

Membangun karier di dunia maya dengan berbagai macam pekerjaan bisa kamu lakukan melalui FlexJobs. Sayangnya situs web ini mengharuskan pengguna berlangganan 14,95 USD per bulan untuk akses penuh ke perusahaan.

24. Aquent

Memiliki pengalaman kerja di satu bidang selama 2 tahun berturut-turut bisa kamu jadikan modal untuk membangun portofolio di Aquent. Website freelance ternama ini memang sengaja mencetak pekerja khusus sesuai bidang dalam lingkung digital.

25. Envato Studio

Envato Studio merupakan situs freelance yang memungkinkan penyedia jasa untuk menentukan sendiri tarif pekerjaannya. Selain itu, metode pembayarannya sendiri sangat aman dengan penawaran berbagai macam pekerjaan digital.

26. College Recruiter

Terakhir, situs yang fokus memberikan wadah kepada mahasiswa untuk mencari pengalaman kerja adalah College Recruiter.

Kamu bisa mulai karir dengan membangun portofolio di bidang web developer, akuntan, marketing, dan kepenulisan.

FAQ

1. Apa itu website freelancer?

Website freelance merupakan sebuah situs yang dibuat dengan tujuan memudahkan seseorang mencari pekerjaan online baik part-time maupun full-time.

2. Freelance online apa saja?

Contoh pekerjaan freelance online ada content writer, digital marketing, web design, jasa pembuatan website, dan masih banyak lagi.

3. Apakah freelancer harus punya NPWP?

Jika kamu hanya seorang freelancer tidak ada keharusan untuk memiliki NPWP.

4. Apakah freelancer bisa untuk pelajar?

Tentu saja. Freelancer bisa dari pelajar maupun mahasiswa yang memiliki skill untuk ditawarkan, kamu bisa memulai dengan bikin website portfolio. Contohnya seperti skill di bidang kepenulisan.

Penutup

Itulah beberapa website freelance yang bisa kamu pilih untuk mulai berkembang di dunia digital. Pilih website yang tidak hanya memberikanmu pendapatan tapi juga meningkatkan pengetahuan.

Sesuaikan website dengan jenis profesi online yang hendak kamu geluti. Lakukan pekerjaan sampingan ini dengan nyaman sehingga hasil akhirnya pun memuaskan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Read More
Wajib Pakai! 9 Langkah Menciptakan Pengalaman Chatting Terbaik untuk Pelanggan(Bagian 2)
Menjalankan bisnis online di era digital seperti saat ini, memang memberikan banyak kemudahan. Salah satunya yaitu dari segi…
contoh website ecommerce
Read More
8+ Contoh Website E-Commerce dan Tips Membuatnya!
Salah satu hal yang paling dibutuhkan saat mengaplikasikan strategi digital marketing adalah kreativitas. Namun, jangan khawatir, ketika membuka…