10+ Cara Meningkatkan Keamanan Website Paling Ampuh

cara meningkatkan keamanan website

Dengan perkembangan dunia digital, website memiliki peran penting untuk kesuksesan bisnis. Oleh karena itu, cara meningkatkan keamanan website juga merupakan hal yang tidak boleh terlewat.

Pasalnya, dalam dunia maya juga tidak lekang dari tindak kriminal, misalnya serangan hacker yang berupaya mencuri informasi penting dari situs kamu.

Maka dari itu, Sob, suatu website wajib memiliki keamanan yang memadai sebagai pertahanan dari pihak luar yang tidak bertanggungjawab.

Cara Meningkatkan Keamanan Website

Memiliki suatu website saja tidak cukup untuk menjamin bisnis kamu mampu bersaing dalam pasar digital. Kamu juga perlu memastikan bahwa website milikmu efektif dan aman.

Berikut terdapat beberapa cara meningkatkan keamanan website yang bisa kamu terapkan:

1. Mengaktifkan Auto-Update Software

Setiap harinya, ada banyak situs yang mengalami kerugian akibat software yang sudah outdated. Pasalnya, banyak bot hacker bekerja mengintai situs-situs yang ada di internet untuk diserang.

Maka, memastikan bahwa semua software dan plugin sudah update termasuk salah satu langkah security website yang paling efektif.

Update memang berperan penting bagi keamanan website. Pasalnya, dalam setiap update kerap kali mencakup peningkatan keamanan dan perbaikan kerentanan.

Biasanya, kamu bisa mengaktifkan fitur auto-update untuk sebagian besar software dan plugin. Coba buka menu pengaturan software untuk mengaktifkan. Selain itu, ada baiknya untuk mengecek update secara berkala.

2. Menggunakan SSL

Sertifikat SSL (Secure Socket Layer) merupakan hal yang wajib untuk setiap website yang ingin melindungi informasi penggunanya. SSL mengenkripsi komunikasi antara website kamu dengan browser milik pengguna.

Dengan demikian, maka pihak luar yang berusaha menyerang tidak bisa membaca komunikasi yang berlangsung. Bahkan meskipun mereka berhasil menyerang.

Cek Konten Lainnya:
A/B Testing: Pengertian, Fungsi, Manfaat dan Elemen

Selain itu, penggunaan SSL juga memberikan bukti autentikasi. Artinya, pengguna dapat aman berkomunikasi dengan website yang menjadi tujuan, bukan situs palsu yang merupakan buatan penyerang.

Penggunaan SSL akan membuat website kamu mendapatkan awalan “https”. Nah, mesin pencari seperti Google akan menandai website dengan awalan https sebagai situs yang aman.

3. Menggunakan Password Cerdas

Dengan makin banyaknya website, program, dan database yang memerlukan password, kini mengingat setiap password menjadi tantangan tersendiri. Akhirnya, banyak orang menggunakan password yang sama pada semua tempat.

Melansir dari halaman Computer, penggunaan password yang sama pada berbagai tempat merupakan kesalahan keamanan yang fatal.

Kamu sebaiknya membuat suatu password yang unik untuk masing-masing login. Sebisa mungkin buatlah password yang rumit dan tidak mudah ditebak.

Kemudian, simpan password tersebut pada tempat yang berbeda dari folder website, misalnya pada ponsel, komputer lain, atau buku catatan.

Ada baiknya juga untuk menghindari penggunaan informasi pribadi seperti tanggal ulang tahun. Selain itu, dianjurkan untuk melakukan penggantian password setidaknya setiap tiga bulan.

4. Mengetahui Konfigurasi Server

Admin harus mengetahui mengenai konfigurasi web server dengan baik. Dengan begitu, kamu dapat lebih mudah ketika menerapkan pengaturan tertentu.

Sebagai informasi server web Nginx menggunakan nginx.conf, sementara Microsoft IIS menggunakan web.config. Sedangkan Server web Apache adalah file .htaccess,

Kamu bisa menemukan file konfigurasi pada folder root web. File yang kamu temukan pada folder tersebut bekerja untuk menjalankan peraturan server. Selain itu, membantu meningkatkan standar keamanan website.

5. Two Factor Authentication

Cara meningkatkan keamanan website selanjutnya yaitu dengan two-factor authentication (2FA).

Penerapan 2FA memberikan tambahan lapisan keamanan dengan meminta pengguna menyediakan dua informasi tertentu sebelum mereka bisa mengakses situs milikmu.

Informasi tersebut dapat berupa password dan kode satu kali pakai yang dihasilkan oleh aplikasi pada ponsel milikmu.

6. Gunakan Web Application Firewall 

Selain menggunakan sertifikat keamanan website, kamu bisa meningkatkan sekuritas website milikmu dengan Web Application Firewall (WAF).

WAF merupakan jenis perangkat lunak yang berkedudukan di antara website dan internet. Adapun fungsinya adalah untuk menyaring traffic ke situs dan memblokir permintaan yang berisiko berbahaya.

Cek Konten Lainnya:
Apa itu Mail Server? Fungsi, Jenis & Cara Kerjanya

7. Menggunakan Hosting yang Aman

Hosting yang aman merupakan faktor yang sangat penting bagi setiap website. Pasalnya, hosting akan menjadi tempat adanya website secara online.

hosting aman agar website aman

Idealnya, hosting menyediakan server yang aman dengan security patches yang uptodate. Seperti Jagoan Hosting telah berpengalaman dalam melayani hosting sejak 2007 dengan dukungan tim customer service yang ahli dan sertifikasi.

Layanan hosting di Jagoan Hosting punya fitur ekstra keamanan yang mendukung keamanan setiap website yang pake hosting di Jagoan Hosting. Mulai proteksi malware, anti DDoS dan standart backup yang memenuhi ISO 27001.

Segera pastikan websitemu aman sehingga nyaman digunakan dengan pakai Hosting Murah Terbaik dari Jagoan Hosting!

kemanan hosting

Namun, kalau kamu perlu keamanan tingkat tinggi buat website skala besar dan prioritas kamu bisa pakai Dedicated Server Hosting yang punya layanan ekslusif dari support sampai infrasturkturnya.

8. Mengubah Pengaturan CMS

Sebagian besar serangan yang umum dialami website terjadi secara otomatis. Pasalnya, kebanyakan attack bot memang bergantung pada pengaturan default CMS.

Maka, dengan mengupdate CMS kamu bisa mengurangi risiko peretasan. Pastikan untuk segera mengubah pengaturan default setelah memilih CMS. Pengaturan CMS ini meliputi menyesuaikan kontrol komen, izin, dan visibilitas pengguna.

9. Membatasi Pengguna

Sering kali, suatu website bisnis memiliki sejumlah karyawan yang dapat mengakses. Setiap karyawan akan mendapatkan hak istimewa administratif.

Sayangnya, hal tersebut dapat meningkatkan risiko terjadinya masalah keamanan. Pasalnya, para karyawan tidak memikirkan mengenai keamanan website ketikan melakukan login ke CMS.

Oleh karena itu, pastikan kamu mengedukasi para karyawan mengenai keamanan website sebelum memberikan akses.

10. Pengecekan Keamanan secara Berkala

Sangat dianjurkan untuk melakukan cek keamanan website secara berkala. Pasalnya, pengecekan akan membantu untuk mengidentifikasi titik rentan pada website kamu.

Sehingga kamu bisa segera melakukan perbaikan sebelum ada pihak luar yang mengeksploitasi untuk keuntungan mereka sendiri. Ada banyak jenis scan yang bisa kamu gunakan, seperti scan malware dan scan jaringan.

Cek Konten Lainnya:
Fakta Web Hosting Indonesia Yang Wajib Kamu Ketahui

11. Memantau Pertukaran File

Termasuk dalam cara cek tingkat keamanan website adalah memantau proses pertukaran file yang berlangsung. Saat file-file mulai diperkenalkan, diubah, atau dihapus biasanya menjadi indikasi pertama bahwa website kamu diretas.

Sayangnya, file dari peretas yang berukuran kecil sering kali terlewat. Sehingga tugas pemantauan merupakan langkah keamanan penting yang cukup berat tanpa bantuan teknologi.

Pastikan untuk mengidentifikasi asal perubahan file. Apabila perubahan karena aktivitas web developer, maka keamanan website kamu masih terjaga. Sedangkan, perubahan selain dari web developer dapat mengindikasikan adanya serangan.

12. Membuat Backup Data

Backup merupakan langkah antisipasi yang efektif untuk mencegah hilangnya data. Apabila website kamu mengalami pencurian data, maka kamu masih memiliki data cadangan yang aman.

Oleh karena itu, sebaiknya kamu melakukan backup data secara berkala. Apalagi jika website kamu sering mengalami perubahan data.

hosting yang aman

Proses backup berkala butuh banyak waktu? Tenang aja di layanan hosting dari Jagoan Hosting proses update berjalan otomatis setiap hari. Ditambah perlindungan tambahan dengan Disaster Recovery Center (DRC).

Dapatkan keamanan website dengan proses backup website tiap hari di layanan Hosting Murah Unlimited dari Jagoan Hosting.

Penutup

Itulah beberapa cara meningkatkan keamanan website. Usahakan untuk menerapkan cara-cara tersebut supaya website kamu terhindar dari masalah dan intervensi pihak luar.

FAQ

1. Mengapa website perlu dilakukan keamanan?

Karena keamanan website sangat penting untuk mencegah terjadinya berbagai upaya cyber crime, seperti peretasan dan pencurian data. Hal-hal tersebut dapat mengakibatkan berbagai kerugian bagi bisnis.

2. Apa itu keamanan situs web?

Keamanan website adalah perlindungan bagi situs dan infrastruktur situs dari berbagai serangan online berbahaya yang dapat mengakses, mengubah, dan mencuri data situs tersebut.

Selain itu, keamanan situs web juga melindungi privasi dan data pribadi pengguna.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
pop up
Read More
Apa itu Pop Up? Fungsi, Jenis dan Cara Buatnya
Pop up adalah notifikasi berupa jendela yang biasanya muncul ketika kamu membuka gadget. Kemunculan pop up memiliki tujuan…
harga website company profile
Read More
Ini Harga Pembuatan Website Company Profile di 2024
Harga website company profile sangat variatif. Hal ini dipengaruhi oleh spesifikasi dan juga kebutuhan serta fitur yang pelanggan…