10+ Tips Belajar UI UX dari Nol untuk Pemula

belajar ui ux

Maraknya dunia digital membuat berbagai profesi baru mulai bermunculan, salah satunya UI UX yang mulai dikenal di tahun 2018 lalu. Kini, persentase orang yang ingin belajar UI UX terus mengalami peningkatan seiring permintaan tenaga.

Profesi ini cukup digemari baik dalam bidang desain maupun IT. Meskipun untuk bekerja dengan profesi ini tidak memandang latar belakang jurusan. Namun, akan lebih baik jika kamu memang memiliki basic antara desain maupun IT.

Tetapi jika kamu sangat pemula dan tidak memiliki basic keduanya pun tidak menjadi masalah. Karena sekarang ini banyak sekali metode belajar ui/ux design untuk pemula.

Bagaimana Tips Belajar UI UX untuk Pemula?

belajar ui ux

Penasaran dengan UI UX dan ingin menjadi salah satu dari beberapa orang yang berprofesi itu? Yuk Simak terlebih dahulu apa saja sih tips belajar ui ux dari nol yang bisa kamu ikuti, berikut pembahasannya :

1. Kenali Terlebih Dahulu Apa Perbedaan antara UI dan UX Design

Sebelum kamu mulai menerapkan cara belajar ui ux design, sebaiknya ketahulu terlebih dahulu apa perbedaan keduanya. Karena, hingga detik ini masih banyak orang menganggap bahwa UI dan UX adalah sama.

Padahal keduanya memiliki perbedaan signifikan meskipun secara tujuan saling berkaitan. UI atau user interface ini adalah desain antarmuka pengguna untuk sebuah perangkat lunak yang umumnya seperti aplikasi mobile maupun komputer.

UI ini berkaitan erat dengan visualisasi yang kreatif. Contohnya seperti pembuatan warna yang senada dengan tipografi dan keseimbangan tools.

Sedangkan, untuk UX atau user experience ini berkaitan dengan tingkat kepuasan pelanggan dalam menggunakan aplikasi atau website. Keberadaannya sendiri sangat penting karena berperan untuk memberikan kenyamanan pengguna dalam menggunakan produk.

Cek Konten Lainnya:
Cara Membuat Landing Page yang Menarik & Mudah

UX Designer sendiri juga bisa untuk merancang flow website dan juga aplikasi yang mudah digunakan oleh pengguna.

2. Cari Referensi yang Banyak Sebelum Mencoba Membuat

Untuk menerapkan cara belajar ui ux gratis di rumah dengan mencoba membuat desain sendiri. Maka, sebaiknya cari terlebih dahulu referensi yang banyak untuk menambah pengetahuan dan bisa dijadikan sebuah proyek untuk pemula.

Karena ketika kamu melihat berbagai desain dengan contohnya tema yang sama. Akan ada penilaian tersendiri yang membedakan satu desain dengan desain lainnya.

Hal ini akan membuat kamu semakin jeli dalam menilai kelebihan dan kekurangan desain. Oleh karena itu, sebaiknya cari referensi sebanyak-banyaknya sebelum mencoba buat desain yang menarik, ya.

3. Pahami Prinsip Dasar UI dan UX Desain

Untuk menjadi seorang UI dan UX desainer, kamu harus paham terlebih dahulu seperti apa prinsip dari profesi tersebut. Karena, dengan memahami prinsip kamu bisa membuat sebuah desain yang sesuai dan tidak melanggar kaidah.

Salah satu cara yang bisa kamu coba yaitu dengan mula membaca buku belajar UI UX. Di sana, kamu akan menemukan bahwa UI adalah desain antar muka sehingga prinsip utamanya berkaitan dengan warna.

Maka, kamu juga perlu untuk mempelajari antara keseimbangan, tipografi, dan juga kontras yang pas.

Berbeda dengan UX yang fokus pada pengalaman pengguna. Sehingga, prinsip dasarnya adalah melakukan riset, membuat desain flow dan juga aplikasi.

4. Tidak Berhenti Mencoba

Ketika sedang belajar UI UX pasti ada saja rintangan yang datang. Tidak konsisten, susah menemukan keselarasan warna, ataupun tidak paham cara riset yang benar. Tetapi pastikan bahwa kamu tidak pernah berhenti untuk mencoba.

Kamu bisa mencoba dengan tools atau juga langsung praktik secara real di website, untuk praktis langsung di website kamu hanya perlu domain dan hosting untuk segera belajar langsung UI UX.

Tidak ada usaha yang menghianati hasil. Apalagi praktik yang berulang secara tidak sadar akan meningkatkan kemampuan secara signifikan.

Cek Konten Lainnya:
Cara Membuat Web Portofolio Paling Mudah dan Cepat

5. Join Komunitas

Untuk menambah pengetahuan terkait UI dan UX, kamu bisa mulai bergabung dengan komunitas sejenis. Hal ini akan sangat membantu kamu dalam menemukan ilmu baru. Terutama sharing terkait permasalah desain dengan sesama anggota.

Hal tersebut juga bisa menjadi salah satu dorongan yang efektif ketika melihat teman sudah sukses dan berhasil membuat desain bagus. Maka, kamu bisa saja termotivasi untuk bisa seperti mereka.

6. Gunakan Tools yang Sesuai

Belajar seperti apa UI UX menghasilkan sebuah desain yang cantik, pastikan kamu tidak salah menggunakan tools. Karena UI/UX Design memiliki tools khusus untuk meningkatkan efisiensi kerja.

Jika kamu masih pemula, maka bisa menggunakan Figma Tools maupun Adobe XD. Kedua tools tersebut sangat mudah dipelajari pemula. Apalagi proses desainnya pun tidak ribet dan pemilihan prototypingnya juga efisien.

7. Ikut Bootcamp

Ketika kamu berencana menjadi seorang UI dan UX, maka mengeluarkan sedikit uang ikut pelatihan online tentu bukan hal yang sulit. Saat ini banyak sekali kelas digital yang membuka program untuk belajar mengenai desain UI dan UX

8. Belajar dari YouTube

Jika kamu tidak memiliki biaya untuk mengikuti kelas berbayar. Kamu bisa kok belajar dari YouTube, hanya modal internet kamu bisa mendapatkan ilmu UI dan UX secara gratis. Saat ini ada beberapa channel yang khusus membahas profesi digital seperti:

9. Follow Akun Sosial Media UI UX Profesional

Sebagai motivasi untuk belajar tidak ada salahnya untuk mengikuti kegiatan dari seorang UX dan UX professional. Sebab tidak jarang mereka akan membagikan hasil desainnya ataupun tips untuk mengerjakan desain dengan mudah dan cepat.

10. Konsisten

Kunci utama untuk mempelajari sesuatu hal yang baru adalah konsistensi. Kamu suatu saat akan bisa menghasilkan karya luar biasa dari konsistensi belajar yang saat ini dilakukan. Salah satunya dengan membuat desain secara rutin.

Setelah belajar secara konsisten, kamu yang fokus di UI UX dari website bisa mulai bikin web portfolio dengan menggunakan real website.

Kamu hanya butuh hosting dan domain untuk buat website porfolio desain UI UX. Untuk kebutuhan hosting bisa cek hosting murah unlimited dan cek domain murah untuk kebutuhan domainmu.

Cek Konten Lainnya:
24+ Contoh Landing Page Keren untuk Berbagai Website

11. Pelajari Pendekatan dalam Mendesain

Sebelum mendesain, kamu bisa mencari tahu terlebih dahulu siapa pengguna produk hasil desain. Kamu juga bisa menganalisis masalah dan kebutuhan market dengan riset. Setelah itu kembangkan ide hingga didapatkan desain yang unik dan menarik.

Aplikasi Belajar UI UX yang Sering Digunakan

Ingin terjun ke dunia kerja UI UX tapi bingung harus belajar pakai aplikasi apa? Nah, berikut ini beberapa daftar tools yang bisa kamu coba untuk belajar mendesain seperti UI UX professional, di antaranya:

1. Figma

tools ui ux figma

Figma merupakan aplikasi paling populer beberapa waktu belakangan, terutama terkait desain UI UX. Pasalnya, figma menjadi salah satu tools dengan fitur yang mudah dipelajari.

Aksesnya pun bisa dilakukan secara gratis. Figma memiliki kelebihan untuk melakukan kolaborasi secara real-time. Sehingga jika kamu pemula, bisa tuh melakukan kerja sama atau belajar bareng teman yang sudah ahli di bidang desain. 

2. Adobe XD

Berikutnya, bagi kamu pemula yang ingin mulai belajar dunia UI UX juga bisa melalui Adobe XD. Tool satu ini memiliki banyak sekali fitur unggulan seperti repeat grid, spasi, hingga content-aware layout.

Di dalamnya juga terdapat beberapa komponen yang akan memudahkan kamu dalam mendesain seperti form, tombol, dan beberapa fitur menarik lainnya.

FAQ

Apa saja yang harus dipelajari untuk menjadi UI UX designer?

Kamu bisa mulai belajar dari perbedaan ui ux designer, prinsip profesi, tugas pekerjaannya, hingga membuat desain secara konsisten hingga mendapatkan hasil terbaik.

UI UX dari jurusan apa?

Hingga detik ini untuk menjadi seorang UI UX tidak ada latar belakang khusus. Asalkan kamu memiliki portofolio yang tepat dan sesuai dengan kriteria, maka perusahaan akan menerima kamu sebagai karyawan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
elementor pro gratis
Read More
Elementor Pro Gratis? Ini Cara Mendapatkannya
Hadirnya Elementor Pro gratis menjadi solusi ideal untuk membangun website profesional dengan budget seadanya. Penggunaan elementor memungkinkan kamu…
contoh website travel
Read More
12+ Contoh Web Tour dan Travel yang Menarik, Ini Tips Buatnya!
Jika kamu ingin membuat website perjalanan, salah satu bagian yang tidak bisa dilewatkan tentunya adalah mencari desain contoh…