Perbedaan Vue Js vs React, Pilih yang Mana?

vue js vs react js

Vue Js vs React adalah framework JavaScript untuk mengembangkan aplikasi web yang paling populer di dunia web. Namun, mana yang lebih baik? Mari ketahui dari perbedaan kedua framework ini!

Sebenarnya ada banyak pilihan framework front end untuk membangun aplikasi web yang menarik secara visual dan fungsional. Dari sekian banyak pilihan, React dan Vue adalah yang banyak digunakan developer.

Apabila kamu adalah seorang developer pemula dan bingung memilih Vue vs React, simak penjelasan berikut ini yang mungkin bisa menjadi referensi.

Tentang Vue Js vs React

Vue Js vs React memang seringkali bikin bingung para developer saat membangun antarmuka aplikasi web karena keduanya punya kelebihan masing-masing. Sebagai pencerahan, berikut penjelasan tentang Vue dan React buat kamu pahami, Sob.

Apa itu Vue Js?

vue js

Vue Js adalah framework JavaScript yang ringan dan fleksibel berteknologi canggih, sehingga bisa membangun desain aplikasi web modern termutakhir.

Framework Vue ini dianggap sebagai framework evolusioner karena memungkinkan memodifikasi kode tanpa mempengaruhi karakteristik dasar. Dengan begitu, kamu bisa membangun UI progresif dengan mudah.

Menurut sejarah, Vue dibuat oleh Evan You pada tahun 2014. Berkolaborasi dengan Google, Evan menggabungkan Vue dengan proyek Angular. Bertujuan mempercepat dan meningkatkan proses pembuatan front end.

Apa itu React Js?

react js

React Js adalah pustaka JavaScript dengan open source yang bisa digunakan untuk membuat aplikasi web yang dinamis dengan antarmuka yang interaktif.

Cek Konten Lainnya:
Cara Membuat Website Sekolah Paling Mudah & Cepat

Kelebihan framework front end ini terletak pada kemudahannya dalam membuat komponen khusus yang bisa digunakan kembali. Oleh sebab itu, waktu proses pengembangan menjadi lebih cepat.

Menurut sejarah, React Js dibuat oleh Facebook pada tahun 2013. Bertujuan untuk membuat antarmuka lebih dinamis untuk berbagai website. React JS juga sangat bagus digunakan untuk membuat aplikasi seluler, loh!

Persamaan React Js vs Vue Js

Ternyata dibalik kepopuleran Vue dan React memiliki sejumlah persamaan. Hal ini mungkin makin bikin bingung developer untuk memilih mana yang terbaik. Berikut adalah persamaan Vue Js vs React selengkapnya.

1. Virtual DOM

Baik Vue maupun React menggunakan virtual DOM (Document Object Model) yang hanya memperbarui komponen yang diubah saja. Maka dari itu, sumber daya dan waktu yang DOM pakai menjadi lebih efisien.

2. Arsitektur Berbasis Komponen

Vue dan React memiliki arsitektur berbasis komponen untuk memfasilitasi optimasi modularitas. Hal ini memungkinkan developer menggunakan kembali kode, sehingga proses pengembangan menjadi lebih cepat.

3. Penggunaan JavaScript

Vue dan React sudah menggunakan JavaScript yang sama. Vue Js menggunakan ECMAScript 5 dan 6, tetapi React berfokus pada ECMAScript 6. Namun, React juga bisa menggunakan ES 5 karena teknik babel.

Dedicated Hosting

4. Pengalaman Front End

Secara pengalaman front end, keduanya mampu menciptakan antarmuka fantastis dan bagus. Kamu bisa menggunakan Vue dan React untuk membuat aplikasi web jika mesin tersebut menggunakan JavaScript.

5. Pustaka Komponen Resmi

Vue dan React terdapat pustaka komponen yang bisa digunakan untuk membangun aplikasi web seluler dengan mudah dan cepat. Pada Vue bernama vue-native-core, sementara pada React namanya react-native.

Perbedaan React vs Vue Js

Jika kamu masih belum memutuskan pilih Vue atau React, maka bisa mempelajari dahulu perbedaan kedua framework front end ini. Adapun perbedaan dua teknologi yang sangat populer ini adalah sebagai berikut:

1. Bahasa dan Arsitektur

Meskipun keduanya menggunakan JavaScript, tetapi Vue ditulis dalam JavaScript dengan sintaks template berbasis kode HTML. Sementara itu, React ditulis dengan memakai bahasa pemrograman JavaScript murni.

Cek Konten Lainnya:
Yuk Lebih Dekat dengan PHP Web Framework Laravel

Secara arsitektur, Vue adalah framework komprehensif yang menyediakan kerangka lengkap untuk pengembangan aplikasi web. Sedangkan, React adalah pustaka yang berfokus pada pembangunan antarmuka pengguna.

2. Fleksibilitas

Perbedaan Vue Js vs React yang sangat terasa adalah fleksibilitas. React memiliki kebebasan untuk menginstal komponen apapun pilihan kamu, sementara Vue hanya menyarankan penggunaan komponen tertentu saja.

Oleh karena itu, developer yang berpengalaman lebih menyukai fleksibilitas React. Sedangkan, developer pemula biasanya lebih menyukai pendekatan Vue. Meskipun keduanya punya struktural berbasis komponen.

3. Skalabilitas

Perbedaan terbesar Vue dan React adalah skalabilitas. React sangat scalable dan ringan. Hal ini karena React mampu menggunakan kembali komponen yang ada dan kodenya hanya sebatas JavaScript (JSX) murni.

Sebenarnya Vue juga cukup scalable, sering digunakan untuk pembuatan aplikasi berukuran kecil. Selain itu, Vue juga sangat dinamis sehingga perlu menggunakan pustaka eksternal untuk mengatasi batasan tertentu.

4. Pengembangan Seluler

React memungkinkan developer membangun aplikasi seluler di Android dan iOS lewat React Native App Development. Sedangkan, Vue sudah dipasangkan dengan NativeScript untuk aplikasi lintas platform.

Namun, Vue bukan alternatif baik untuk React Native meski mendukung kerangka aplikasi seluler seperti skrip Week atau Native. Hanya saja, ini tidak begitu dikenal oleh Facebook selaku pencipta React Native.

5. Manajemen Template

Perbedaan selanjutnya antara Vue Js vs React adalah manajemen template. React hanya memakai ekstensi JSX untuk mengintegrasikan HTML dengan JavaScript sebagai bahasa pengembangan yang lengkap.

Sementara itu, Vue memiliki komponen tunggal dan blok terpisah untuk template HTML, CSS, dan JavaScript. Dengan demikian, Vue memungkinkan kamu memakai SCSS daripada CSS mentah untuk pra-proses kode.

6. Ukuran Aplikasi

React adalah sebuah perpustakaan dan bukan framework skala penuh. Oleh karena itu, ukuran aplikasi relatif besar sekitar 1-2 Mb. Namun, pada aplikasi versi terbaru ukurannya 30% lebih kecil dari sebelumnya.

Cek Konten Lainnya:
Cara Meningkatkan Kecepatan Website

Sebaliknya, Vue adalah framework yang memiliki ukuran aplikasi sangat kecil karena kerangkanya sendiri sangatlah ringan. Aplikasi Vue biasanya berukuran 50-100 Kb yang tentunya lebih kecil daripada ukuran React.

7. Popularitas dan Komunitas

Secara popularitas, React memiliki kepopuleran dan komunitas yang besar karena Facebook sebagai perancangnya sendiri mendukung teknologi ini. Seperti diketahui, Facebook adalah platform populer di dunia.

Sementara itu, Vue memiliki komunitas lebih kecil dari React dan memiliki sumber daya terbatas. Namun, React masih mendapat dukungan perancangnya, yaitu Ecan You dan tim yang berkolaborasi dengan Google.

Mana yang Lebih Baik?

Apabila bertanya mana yang lebih baik? Maka untuk mengetahui jawabannya, kamu bisa melakukan identifikasi Vue Js vs React. Sebab, keduanya memiliki kelebihan masing-masing dan penggunaan sesuai kebutuhan.

Gunakan Vue Js apabila kamu:

  • Mengerjakan proyek kecil dan selesai dengan cepat
  • Membuat aplikasi web progresif dan satu halaman
  • ingin meningkatkan fungsionalitas aplikasi web

Gunakan React Js apabila kamu:

  • Memfasilitasi proyek dengan ribuan tool dan library
  • Membangun aplikasi besar dan kompleks secara cepat
  • Membuat aplikasi dengan komponen keren dan responsif

Sebelum memilih Vue dan React, kamu cari tahu dukungan komunitas keduanya. Sebab, komunitas besar biasanya akan saling membantu dan mendukung proyek yang kamu sedang kerjakan secara gratis.

Demikian penjelasan mengenai Vue Js vs React yang memiliki popularitas tinggi sebagai framework front end. Kamu bisa pilih salah satunya untuk mengembangkan proyek, pastikan pilih sesuai dengan kebutuhanmu, Sob.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
cek versi node js
Read More
Cara Cek Versi Node Js Tanpa Ribet
Memastikan Node Js ter-update menjadi penting bagi developer. Oleh karena itu, cek versi Node Js sudah menjadi kewajiban.…
belajar html
Read More
Belajar HTML dari Nol untuk Pemula (Mudah dan Cepat)
Jika ingin menjadi seorang developer website, seseorang tentu harus mempelajari hal-hal mendasar dari website itu sendiri. Salah satunya…