Bahasa pemrograman python adalah salah satu jenis yang banyak digunakan saat kamu berkutik dengan data. Namun tidak hanya pada pengolahan data saja, python juga bisa digunakan untuk mengatur infrastruktur sebuah website. 

Kamu pemula dalam bahasa pemrograman python? Artikel kali ini wajib kamu pahami. Jagoan Hosting telah merangkum informasi dasar yang perlu dikenali mengenai apa itu python hingga kegunaannya. 

Pengertian python

python adalah
Photo by olia danilevich from Pexels

Singkatnya, python adalah bahasa pemrograman yang penerapannya tidak hanya pada dunia website saja, akan tetapi pada bidang-bidang lainnya, seperti proses system scripting hingga pembuatan game.

Menjadi bahasa pemrograman yang sangat populer di kalangan para programmer, python pertama kali dikenalkan kepada publik pada tahun 1991 oleh programmer komputer berkebangsaan Belanda, yakni Guido van Rossum.

Pria yang kini tinggal di California, Amerika Serikat ini pada awalnya menciptakan bahasa pemrograman python karena ingin mengisi waktu luangnya ketika kantor tempat dirinya bekerja harus tutup sementara untuk merayakan liburan natal. Namun, siapa sangka, proyek yang dirinya kerjakan saat itu memberikan dampak besar pada dunia pemrograman hingga saat ini.

Berkat jasanya menciptakan python, Guido van Rossum pun pada tahun 2002 mendapatkan penghargaan Awards for the Advancement of Free Software dari FSF (Free Software Foundation), yakni sebuah organisasi yang kantor pusatnya berada di Massachusetts, Amerika Serikat dan merupakan yayasan pendukung untuk pengembangan perangkat lunak bebas (free software).

Bahasa pemrograman python adalah pilihan tepat bagi para pemula di bidang IT karena memang mudah untuk dipahami. Strukturnya pun tidak serumit bahasa pemrograman lainnya karena python lebih mengutamakan case sensitive, yakni besar kecilnya rangkaian huruf yang kamu input akan mempunyai fungsi berbeda bagi python.

Misalnya saja seperti “jagoan hosting” “Jagoan Hosting” atau “JAGOAN HOSTING”. Ketiganya mempunyai ukuran huruf yang berbeda-beda dan hal tersebut dianggap python sebagai sebuah instruksi yang berbeda pula.

Kegunaan python

Membahas tentang kegunaan python dalam sebuah program tentunya sangatlah beragam. Terlebih lagi python juga termasuk fleksibel untuk diaplikasikan di berbagai macam kebutuhan pemrograman masa kini. Ragam kegunaan python adalah sebagai berikut.

1. Pengembangan dan Peningkatan IoT

python adalah

Internet of Things (IoT) merupakan perkembangan teknologi yang memungkinkan proses pengiriman data melalui jaringan dan tidak selalu mengandalkan perangkat komputer. Salah satu contohnya adalah ketika kamu sedang membeli sesuatu dan melakukan pembayaran secara cashless menggunakan QR code (Quick Response).

Peran python adalah  menjadikan fleksibilitas proses transfer data menjadi lebih mudah, bahkan hanya dibutuhkan koneksi internet saja, sehingga data yang ingin kamu kirim bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Praktis, bukan?

2.  Mendukung Pembuatan Software WorkFlow

Dalam dunia kerja, adanya software WorkFlow sangatlah dibutuhkan untuk menjadikan alur pekerjaan menjadi lebih terarah dan terorganisir. Dengan adanya WorkFlow, maka setiap pekerja di antar divisi mengetahui bagian-bagian job desk terkait apa yang harus mereka lakukan.

Kegunaan python adalah di software WorkFlow adalah untuk membuatnya menjadi lebih berkembang, misalnya saja seperti penambahan RTI (Run Time Interaction), RTCF (Run Time Control Functions), dan BTF (Build Time Function).

3. Mengoptimalkan Fungsi Website

Salah satu penunjang kualitas website supaya dapat bekerja secara optimal adalah dengan cara penggunaan server terbaik. Penerapan bahasa pemrograman python menjadikan kamu dapat membangun dan mengelola server secara optimal.

Biasanya, penerapan python adalah dengan bahasa pemrograman JavaScript, yakni python berfokus pada server dan JavaScript difokuskan pada pengoperasian website yang bisa dibuka pada sebuah browser.

Kelebihan dan kekurangan python

Meskipun banyak digunakan di berbagai macam aspek yang berhubungan dengan komputer, akan tetapi bahasa pemrograman python pun juga mempunyai kekurangan di balik banyaknya kelebihan yang dimiliki.

Yuk intip bersama-sama kelebihan dan kekurangan python yang wajib banget kamu ketahui!

Kelebihan Python

  • Fleksibilitas dari python memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Itu sebabnya, penerapan bahasa pemrograman Python cocok di berbagai macam sistem operasi, mulai dari Windows, Unix hingga Mac).
  • Penerapan sintaks yang sederhana menjadikan python mudah untuk dipahami dan dipelajari. Penggunaan bahasa pada python juga sifatnya dinamis, sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan kamu.
  • Membangun sebuah program menggunakan python adalah pilihan tepat karena proses pembacaan kode yang diinput pun juga cukup tinggi, sehingga sering dijadikan media pengembangan untuk aplikasi, video game, hingga website.
  • Bahasa pemrograman python adalah bersifat open source, sehingga mudah untuk diakses secara umum dan sudah mendapatkan persetujuan lisensi oleh OSI (Open System Interconnection), sehingga penggunaannya pun bebas dan boleh didistribusikan.

Kekurangan Python

  • Meskipun mempunyai sifat fleksibel, akan tetapi fleksibilitas yang dimiliki oleh python menjadikannya membutuhkan banyak memori, sehingga dari segi Memory Intensive Task pun kurang memberikan kenyamanan.
  • Kecepatan proses yang dimiliki oleh python ternyata banyak dikeluhkan oleh para programmer karena dianggap lambat dan tidak efisien dari segi waktu, terutama saat melakukan proses penerjemahan kode-kode tertentu.
  • Dalam penerapannya di pengembangan mobile apps, python justru kurang populer dan tidak banyak programmer yang ahli dalam penggunaan bahasa pemrograman ini, sehingga cukup sulit ketika kamu sedang mengerjakan proyek mobile apps development dan membutuhkan tenaga ahli yang benar-benar menguasai python.
  • Penggunaan sintaks-sintaks yang sederhana diakibatkan oleh keterbatasan python bagi para programmer saat akan memasukan rangkaian kode, sehingga salah satu keterbatasan python benar-benar terasa di bagian ini dan sebisa mungkin menampilkan tampilan kode yang singkat.

Contoh python

python adalah
Photo by Vlada Karpovich from Pexels

Setelah kamu mengetahui pembahasan singkat mengenai bahasa pemrograman python, rasanya kurang lengkap tanpa mengetahui contoh program python dalam proses pengaplikasiannya, bukan?

Misalnya saja kamu ingin memanfaatkan python dalam pengeditan program string, hal sederhana yang bisa diterapkan adalah dengan memberikan tambahan tanda kutip, baik yang berbentuk tunggal (‘’) maupun ganda (“”). Contohnya seperti penambahan value pada kode yang kamu ciptakan, seperti ini:

Y= ‘Ayu Putri Afifah’ # X= “Ayu Putri Afifah”

Tanda pagar (#) memberikan arti bahwa nama Ayu Putri Afifah yang diberi tanda kutip tunggal mempunyai makna serupa dengan nama yang diberi tanda kutip ganda.

Masih bingung? Coba kita ambil contoh penerapan python dalam konteks identitations, yakni penyematan kode yang berfokus pada penempatan di baris kalimat. Bentuknya kurang lebih seperti ini:

IF 21 < 30:  print(“angka 21 mempunyai besaran nilai yang lebih kecil dibandingka angka 30)

Python adalah bahasa pemrograman yang menarik untuk dipelajari. Apakah kamu tertarik mempelajari lebih dalam? 

Kalau kamu tertarik untuk memanfaatkan python dalam pengerjaan sebuah proyek, khususnya membangun website untuk kebutuhan bisnis secara go-online, Jagoan Hosting menyediakan ragam layanan yang bisa kamu manfaatkan. Khususnya dalam menyediakan hosting, server, hingga domain, Jagoan Hosting siap menjadi partner kamu dalam berbagai kebutuhan berbasis online.Pilih layanan Jagoan Hosting sesuai kebutuhan kamu dan dapatkan harga menarik dengan cara klik di sini!

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like