Bahasa Pemrograman Python: Manfaat dan Kelebihannya

bahasa pemrogramman python

Bagi yang ingin terjun dalam dunia programming sedikit banyak tentu pernah mendengar python sebagai salah satu bahasa pemrograman. Namun tentu saja tidak sesederhana itu karena banyak hal menarik di sini yang perlu kamu tahu. Apa sajakah hal menarik itu? Mari simak pembahasannya di sini : 

Apa Itu Python?

Dicoding menjelaskan python adalah  bahasa pemrograman komputer yang sering dipakai untuk berbagai keperluan tidak terbatas pada urusan tertentu saja.  Sifatnya yang fleksibel inilah yang membuat python jadi sangat populer terlebih karena sifatnya yang ramah pemula. 

Pernyataan tersebut semakin dipertegas oleh survei dari Stack Overflow bahwa bahasa pemrograman python menjadi bahasa pemrograman terpopuler keempat.

Sebanyak hampir 50% dari responden mengatakan bahwa mereka menggunakan hampir setengah dari waktu kerja mereka dengan menggunakan bahasa pemrograman ini.

Aplikasi Python

Popularitas python semakin terasa nyata karena pengaplikasiannya pada kehidupan sehari-hari begitu luas. Adapun beberapa contoh penggunaan bahasa python tersebut sesuai penjelasan Amazon antara lain : 

Developing Server Website 

Proses developing dari server website di sini meliputi fungsi utama seperti pengelolaan backend untuk menyajikan informasi kepada user. Pengelolaan di sini menjadi penting untuk dilakukan dalam kondisi : 

  • Website harus menjalankan komunikasi dengan database
  • Website harus berinteraksi dengan website lain
  • Website harus memproteksi data saat mengirimkan data melalui jaringannya. 

Terkait kegiatan-kegiatan di atas itulah, python programming hadir untuk merancang coding server karena memiliki banyak pustaka yang berisi kode siap pakai. 

Di sisi lain developer pun memakai kerangka kerja bahasa pemrograman yang satu ini karena tools yang tersedia juga sangat lengkap. Dengan begitu proses membangun website akan menjadi semakin efisien.  

Otomatisasi Berbagai Macam Tugas

Aplikasi python berikutnya adalah membuat sistem kerja yang lebih cepat. Katakan selamat tinggal pada kegiatan yang melelahkan dengan melakukan segala sesuatunya secara manual.  Kini bahasa pemrograman ini akan memungkinkan kamu membuat sistem yang terotomatisasi, misalnya seperti : 

  • Mengubah nama file dalam dalam jumlah besar sekaligus
  • Mengubah tipe file ke tipe yang lain
  • Menyingkirkan kata-kata ganda yang ada dalam file teks
  • Membuat operasi matematika dasar
  • Mengirimkan email secara otomatis
  • Mencari kesalahan dalam beberapa file
Cek Konten Lainnya:
Belajar Bahasa Pemrogramman Python untuk Pemula

Menjalankan Pengembangan Software

Penerapan bahasa python juga sering dipakai developer yang spesialisasinya adalah perangkat lunak dalam mengeksekusi berbagai tugas semacam : 

  • Mendeteksi timbulnya bug dalam coding 
  • Membantu manajemen project pengembangan software
  • Mengembangkan prototipe perangkat lunak
  • Mengembangkan game sederhana berbasis teks hingga video game yang kompleks

Otomatisasi Pengujian Software

Aplikasi dari python tidak hanya berhenti pada pengembangan software tapi mencakup pula pada evaluasi untuk memastikan kompetensinya. Sebagai contoh : 

  • Para penguji perangkat lunak memakai framework python guna menulis kasus pengujian untuk berbagai skenario pengujian. Antara lain mereka melaksanakan pengujian  pada aplikasi, website, beberapa komponen perangkat lunak, dan tambahan fitur-fitur baru yang diberikan. 
  • Developer dapat menggunakan beberapa instrumen untuk menjalankan skrip pengujian secara otomatis. Instrumen tersebut dikenal dengan nama alat Integrasi Berkelanjutan/Deployment Berkelanjutan (CI/CD). 

Penguji dan pengembang perangkat lunak menggunakan alat CI/CD seperti Travis CI dan Jenkins untuk mengotomatiskan pengujian. Setelah proses pengujian selesai, python akan segera melaporkan hasilnya kapanpun developer menyematkan kode-kode yang baru.

Kelebihan dan Kekurangan

Popularitas yang diperoleh python tentunya bukan tanpa alasan karena pasti memiliki banyak kelebihan . Namun tentunya perlu kamu ingat bahwa tidak ada program yang sempurna. Untuk itu mari mengenal lebih dalam aspek positif dan negatif yang ada di sini sesuai paparan pixelcrayons  :

Kelebihan Python

Ramah Pemula

Salah satu kelebihan utama dari bahasa pemrograman berikut begitu disukai adalah karena begitu cocok untuk mereka yang ingin mulai belajar coding. Alasannya karena relatif lebih mudah dipelajari, tidak terlalu banyak memasukkan aspek-aspek teknis.  

Kamu terasa tidak sedang mempelajari “bahasa alien” yang membuat pusing tapi seolah-olah hanya sedang memahami bahasa Inggris pada umumnya. 

Komunitas yang Besar

Tidak mengherankan dengan popularitas yang python capai membuatnya mempunyai komunitas yang besar. Bukan hanya berisi orang-orang yang sudah ahli tapi yang masih belajar pun ada di sini. Dengan demikian ruangmu untuk menambah ilmu jadi semakin luas.

Fleksibilitas yang Tinggi

Bahasa pemrograman yang pertama kali dicetuskan oleh Guido Van Dosum ini sangat-sangat fleksibel karena bisa kamu sambungkan denga bahasa yang lain. Jadi developer bisa menulis kode dalam C maupun C++ termasuk apabila mau membangun fitur baru. 

Library yang Lengkap

Python menyediakan perpustakaan yang berisi beraneka ragam code untuk berbagai keperluan seperti : 

  • Documentation-generation
  • Regular expressions
  • Web-browsers
  • Pengujian unit 
  • CGI
  • Pembentukan database
  • Manipulasi gambar 

Skalabilitas yang Bagus 

Skalabilitas berbicara tentang kemampuan suatu sistem untuk dikembangkan lebih lagi. Terkait sifat inilah, bahasa pemrograman yang developernya berbasis di Amerika Serikat ini juga memiliki keunggulan.

Bukti paling nyatanya dari aplikasi-aplikasi yang telah memakainya seperti instagram, pinterest dan facebook. 

Portable

Kelebihan python lainnya yang juga tidak kalah hebatnya adalah sifatnya yang portable. Ini artinya framework dapat kamu jalankan di platform yang lain. Dengan begitu kamu tidak perlu mengulang coding yang telah kamu buat dari awal lagi. Sifat yang membuat tugas developer jadi lebih mudah karena bisa bekerja di mana pun yang ia mau. 

Cek Konten Lainnya:
6 Tahapan Membuat Website Lengkap untuk Pemula, Tanpa Ribet!

Kekurangan Python

Masalah Dengan Pembuatan Desain

Developer yang memakai framework berikut seringkali harus berurusan dengan desain yang begitu rumit. Jadi apabila berhadapan dengan masalah desain, lebih dibutuhkan seseorang yang sudah ahli dan kaya akan pengalaman. 

Lebih Lambat Dibanding Bahasa Pemrograman yang Lain

Python cenderung bekerja lebih lambat karena menyedot lebih banyak memori akibat adanya fitur dynamic typing dan manajemen memori otomatis. Dengan demikian, kamu harus mempertimbangkan seberapa baik perangkat komputer yang kamu miliki. Apakah kira-kira mampu mengakomodasi framework tersebut. 

Masih Harus Mengatur Work Environment

Sebelum mengerjakan project-mu dengan framework yang sudah tercetus sejak tahun 1999 ini, kamu harus melakukan pengaturan work environment dulu. Banyak masalah yang kemungkinan dapat terjadi ketika pengaturan ini dilakukan yang berpengaruh pada pengalaman programer pemula.

Untuk itu sebaiknya jangan melakukannya sendiri, pergilah ke website resminya untuk mendapatkan panduan yang lebih sistematis. 

Manfaat Mempelajari Python

Pertanyaannya sekarang terlepas dari kelebihannya yang mudah dipahami, apakah kira-kira ada manfaatnya untuk kamu pelajari bahasa pemrograman ini ? Tentu saja ada, berikut merupakan  beberapa fungsinya menurut linkedin :

Potensi Memperoleh Pendapatan yang Besar

Python menempati peringkat tertinggi di antara bahasa pemrograman dengan bayaran tertinggi di dunia. Kamu berkesempatan memperoleh penghasilan dengan rentang $118.626 ( sekitar 1,92M ) hingga $162.223 ( sekitar 2,63 M ).

Prospek tersebut bukan tanpa alasan mengingat fleksibilitasnya yang tinggi dalam industri seperti untuk ilmu data, kecerdasan buatan, dan pengembangan web. 

Sangat Menunjang Dengan Perkembangan Artificial Intelligence ( AI )

Kamu tidak perlu khawatir nanti ilmu yang telah kamu pelajari tentang framework berikut akan sia-sia karena tergeser oleh bahasa-bahasa pemrograman yang lain. Framework ini amat menunjang dengan AI yang semakin lama semakin digunakan dalam kehidupan manusia sehari-hari 

Kemampuan untuk menunjang AI bisa diperoleh karena memiliki perpustakaan dengan fitur yang sangat lengkap. Maka dari itu dengan perannya yang semakin berkembang dalam inovasi AI, kalau kamu mahir di sini akan mendapatkan keunggulan dalam pasar kerja yang cepat berubah.

Kompatibilitas yang Bagus

Kompatibilitas yang bagus dari python tidak lepas juga dari faktor keunggulan perpustakaannya yang kaya akan fitur. Fitur-fitur tersebut nantinya akan sangat menunjang untuk merancang ide-ide inovatif dan membangun aplikasi yang canggih. 

Apalagi dengan kompetensinya mengelola sekumpulan data dalam jumlah besar dan algoritma yang kompleks membuatnya menjadi prioritas terdepan untuk AI dan ML. 

Pengalaman Belajar yang Mulus

Seperti yang sudah disebutkan berulang kali bahwa bahasa pemrograman  yang telah meluncurkan versi terbarunya 3.7.4 pada tahun 2019 sangat ramah pemula. Jadi wajar-wajar saja kalau banyak institusi pendidikan yang memasukkannya sebagai kurikulum pembelajaran.

Cek Konten Lainnya:
Perbedaan WebFlow vs WordPress, Mana yang Terbaik?

Amat cocok untuk melatih anak-anak muda untuk mempersiapkan diri untuk zaman digital, memupuk pikiran yang kreatif dan kritis, mengasah skill problem solving.

Serbaguna Untuk Berbagai Kondisi 

Tidak berlebihan jika python disebut sebagai “pisau tentara swiss” dalam percodingan karena karakternya yang serbaguna untuk menyederhanakan proses coding. 

Ini masih ditambah dengan kemampuannya untuk diinstal secara cross-platform meliputi Windows, Linux, dan macOS. Sangat membantu para developer menciptakan berbagai macam program untuk beraneka ragam sistem dengan lebih mudah. 

Banyak Dibutuhkan Oleh Industri 

Kemampuan dalam beradaptasi sehingga bisa digunakan di berbagai platform telah membuat citranya jadi begitu luar biasa di mata industri. Baik itu pada sektor keuangan, pengembangan website, grafik, ilmu alam, matematika, dll. 

Lagi-lagi berkat banyaknya fitur yang tersedia dalam perpustakaannya membuat  pengembangan suatu aplikasi menjadi lebih efisien karena ruangnya lebih leluasa. 

Jangkauan luas Python di berbagai industri tersebut mengukuhkan statusnya sebagai bahasa yang harus dikuasai baik oleh pemrogram yang sedang berkembang maupun yang sudah mapan.

Meningkatkan Produktivitas

Sintaks Python yang relatif sederhana, ramah pengguna, ditambah modul yang lengkap amat menolong  membangun aplikasi dengan cepat dan efisien. Hal ini menyebabkan pengembang dapat langsung fokus pada inti utama pemrograman tidak perlu bersusah payah dengan sintaks-sintask yang rumit. 

Fleksibilitas Python juga memungkinkan pengujian program dapat kamu laksanakan dengan  cepat. Semakin cepat pengujian maka semakin cepat pula untuk diaplikasikan ke dalam sistem utama perusahaan. Dengan demikian waktu yang perusahaan butuhkan untuk mencapai produktivitas yang lebih baik dengan lebih cepat.  

Jadi kurang lebihnya itu yang bisa artikel ini jelaskan tentang python. Semoga dapat menambah motivasi dan keyakinan bagi kamu yang tertarik untuk mulai belajar bahasa pemrograman ini.

FAQ

Dari nama python berasal ?

Nama ini bukan terinspirasi dari jenis hewan ular besar melainkan terinspirasi dari sebuah serial sketsa komedi lama di televisi BBC yang berjudul Monty Python’s Flying Circus. Orang yang pertama kali menemukan bahasa pemrograman ini yaitu Guido van Rossum ini dikabarkan begitu menggemari acara televisi tersebut.

Bagaimana cara memulai belajar Python?

  • Cara Belajar Python untuk Pemula
  • Siapkan Tools Pembelajaran
  • Pelajari dan Kuasai Dasar dari Bahasa Pemrograman Python
  • Manajemen Waktu Belajar dan Praktik
  • Buat Aplikasi Sebanyak Mungkin
  • Belajar Bahasa Inggris
  • Ikuti Pelatihan atau Seminar
  • Kuliah di Jurusan Informatika
  • Ikuti Program Internship

Apa yang termasuk tipe data di Python?

Python sendiri memiliki setidaknya tiga tipe data paling dasar, integer (int), float (float), dan string (str).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
belajar html
Read More
Belajar HTML dari Nol untuk Pemula (Mudah dan Cepat)
Jika ingin menjadi seorang developer website, seseorang tentu harus mempelajari hal-hal mendasar dari website itu sendiri. Salah satunya…
profesi front end developer
Read More
Apa itu Front End Developer? Skill Wajib & Gaji di Indonesia
Front end developer atau yang juga biasa disebut dengan front end programmer, profesi yang menemani profesi lainnya yaitu…