25+ Website Belajar Coding Gratis, Bayar & Bersertifikat

website belajar coding

Ada kabar baik buat kamu yang tertarik untuk belajar coding, nih, Sob. Sekarang sudah terdapat website belajar coding yang bisa menjadi tempat untuk kamu mendalami ilmu coding dengan lebih praktis.

Pemahaman mengenai coding menjadi bekal yang penting bagi kamu ingin belajar mengembangkan website. Belajar coding juga dapat membantu meningkatkan performa dari suatu bisnis.

Coding merupakan proses penulisan kode yang menjadi instruksi bagi komputer. Dengan menuliskan kode tertentu, barulah komputer dapat bekerja untuk menjalankan tugas.

Website Belajar Coding

Beruntung, kini ada web belajar coding yang bisa membantu kamu untuk mempelajari coding. Bahkan beberapa website menyediakan sumber terbaik tanpa memungut biaya sama sekali.

Yuk, langsung saja simak info mengenai website belajar coding berikut.

1. Codecademy

website belajar coding - codecademy

Codecademy termasuk salah satu resource paling populer untuk mempelajari coding secara online. Jumlah pengguna yang belajar coding melalui platform ini. Website belajar coding gratis ini terkenal akan kemudahan dan efektivitasnya.

Codecademy menawarkan kursus coding online yang terspesialisasi. Kamu juga akan berkesempatan untuk mempelajari berbagai bahasa pemrograman, seperti CSS, JavaScript, Phyton, dan banyak lagi.

Kamu bisa langsung mulai belajar mengenai coding dan mencoba banyak kursus secara gratis. Jika ingin mengakses konten premium, maka kamu perlu sign up kursus berbayar.

Tidak hanya efektif, Codecademy juga membuat proses belajar menyenangkan dengan memberikan reward berupa point dan bonus. 

Kamu bisa mengunjungi Codecademy melalui link: https://www.codecademy.com/

2. Udemy

Udemy juga merupakan web belajar coding gratis dengan banyak pengguna. Website ini menawarkan 80.000 kursus coding online bagi penggunanya.

Selain pemrograman, tersedia pula berbagai kategori kursus di Udemy, seperti Data Analytic, Web Development, dan Digital Marketing. Melansir dari MikkeGoes, Udemy memiliki sejumlah kursus terbaik mengenai pengembangan web untuk pemula.

Melalui Udemy. kamu bisa menemukan kursus yang dirancang secara khusus sesuai kebutuhanmu. Selain itu, Udemy memiliki mentor yang sudah ahli dalam bidangnya.

Pada website ini tersedia kursus coding gratis dan berbayar. Menariknya, Udemy cukup sering mengadakan flash sale dengan diskon hingga 95%.

Kunjungi Udemy melalui link: https://www.udemy.com/

3. Coursera

website belajar coding - coursera

Termasuk salah satu website belajar coding terbaik untuk pemula, Coursera didirikan oleh dua orang profesor dari Stanford, yaitu Andrew Ng dan Daphne

Coursera bekerjasama dengan sejumlah universitas dan institusi ternama, termasuk Stanford dan Princeton. Sehingga kursus dari Coursera menggunakan pengajar handal yang berprofesi sebagai profesor.

Mengutip dari Mockplus, Coursera menyediakan lebih dari 1.000 kursus yang berasal dari 199 institusi.

Menariknya, semua kursus pada website ini terbuka gratis. Namun, kamu bisa memilih untuk membayar jika ingin mendapatkan sertifikat. Biayanya bervariasi, antara 29-95 dollar.

Klik link berikut untuk mulai belajar: https://www.coursera.org/

4. W3Schools

website belajar coding - w3schools

Sesuai dengan slogannya ‘The World’s Largest Web Developer Site’, W3School patut masuk rekomendasi web belajar programming gratis.

W3Schools menawarkan berbagai jenis kursus, meliputi CSS, PHP, HTML, JavaScript, dan banyak lagi. Semua konten dari website ini gratis 100%.

Keunggulan dari W3Schools yaitu adanya tutorial dan referensi pengembangan web komprehensif. Tutorial yang tersedia juga terbilang lengkap, mencakup tahap pemula hingga ahli.

Selain itu, terdapat beberapa tools yang bermanfaat. Salah satunya yaitu compiler online yang memugnkinkan untuk melihat ada tidaknya error pada code yang kamu tuliskan.

Cek Konten Lainnya:
Mengenal Apa Itu .NET Framework, Fungsi, dan Cara Kerjanya

Kunjungi W3School lewat link ini: https://www.w3schools.com/

5. EdX

edx website belajar ngoding

EdX menawarkan kursus tingkat universitas dari sejumlah universitas terbaik di dunia. Website ini didirikan oleh Harvard dan MIT pada tahun 2012 dengan misi memberikan pendidikan berkualitas untuk semua orang.

Kini EdX telah bekerjasama dengan lebih dari 160 universitas dari seluruh dunia. Maka, tidak heran jika kualitas pengajar dan konten dari web belajar coding ini jauh berbeda daripada website lain.

Kamu bisa mengikuti kursus dari EdX secara gratis. Namun, kamu perlu membayar jika ingin mendapatkan sertifikat sebagai bukti telah menyelesaikan kursus.

Klik link berikut untuk belajar coding gratis bersertifikat di EdX: https://www.edx.org/

6. freeCodeCamp

Satu lagi website terbaik untuk mempelajari coding secara mandiri, freeCodeCamp. Website ini patut menjadi pertimbangan bagi kamu yang belum punya pengalaman programming sama sekali.

Manfaat belajar coding melalui freeCodeCamp yaitu bukan hanya berupa teori, melainkan juga menyelesaikan latihan praktek dan tantangan praktikal.

Selain menyediakan kursus yang sepenuhnya gratis, website ini juga memiliki komunitas yang suportif. Melalui komunitas tersebut, kamu berkesempatan mendapatkan bantuan dari orang yang sudah lebih berpengalaman.

Kunjungi freeCodeCamp melalui: https://www.freecodecamp.org/

7. Treehouse

Salah satu keunggulan Treehouse terletak pada variasi pelajaran yang spesifik. Treehouse memungkinkan pemula untuk mempelajari coding sesuai dengan kecepatan masing-masing.

Kamu juga bisa memiliki jenis bahasa pemrograman yang berbeda pada semua tingkat.

Selain itu, Treehouse menyediakan lebih dari 1.000 video tutorial untuk membantu pengguna. Tersedia juga fitur tracks and roadmap, menjadikan website ini sebagai pilihan yang sesuai untuk pemula.

Kursus dari Treehouse sifatnya tidak gratis. Jika belum yakin untuk berlangganan, maka kamu bisa mencoba paket free trial.

Kunjungi Treehouse lewat: https://teamtreehouse.com/

8. Khan Academy

Platform ini memiliki tujuan untuk menyediakan pengalaman belajar terpersonalisasi. Khan Academy merupakan website edukasi non-profit yang menjadi salah satu tempat terbaik untuk mempelajari coding.

Khan Academy menyediakan banyak kursus dan resource untuk mengasah kemampuan programming pengguna.

Kamu bisa menemukan banyak tutorial dalam bentuk video yang memudahkan proses belajar. Keunggulan lain dari website belajar coding ini yaitu pengajar yang merupakan tenaga ahli.

Klik untuk mengunjungi: https://www.khanacademy.org/

9. Codewars

website belajar coding-codewars

Berbeda dari platform sejenisnya, Codewars menggunakan pendekatan serupa game untuk mempelajari pemrograman. Codewars menyediakan kursus berupa tantangan dengan tema seni bela diri.

Sementara setiap tantangan bertujuan untuk membantu pengguna mempelajari skill baru atau meningkatkan skill yang sudah dimiliki.

Jalur pembelajaran berdasarkan pada tantangan yang disebut sebagai kata. Setelah berhasil menaklukkan satu kata, maka kamu akan menghadapi kata yang lebih sulit.

Kunjungi Codewars pada link: https://www.codewars.com/

10. Envato Tuts+

Envato Tuts+ termasuk website belajar coding yang cocok untuk pemula. Pasalnya, pada web ini kamu bisa menemukan banyak artikel, video, dan tutorial tingkat pemula untuk mempelajari coding.

Kebanyakan tutorial yang tersedia sifatnya project-based, sehingga terdapat instruksi step by step yang bisa kamu ikuti. Envato Tuts+ menawarkan banyak pilihan kursus, beberapa dapat kamu akses secara gratis.

Klik link berikut untuk mulai: https://tutsplus.com/

11. Code Conquest

Situs yang satu ini juga bisa menjadi pilihan tepat bagi pemula untuk mempelajari programming. Code Conquest akan membantu kamu untuk belajar coding dari awal.

Kursus coding yang terdapat pada Code Conquest bisa kamu ikuti secara gratis. Selain itu, tersedia juga berbagai tutorial dan panduan untuk membantumu belajar bahasa pemrograman.

Code Conquest nantinya juga akan memberikan rekomendasi untuk memperpanjang pembelajaran.

Kamu bisa mengunjungi Code Conquest pada; https://www.codeconquest.com/

12. CodeSaya

Sedang mencari website belajar coding gratis bahasa Indonesia? Nah, CodeSaya bisa menjadi solusi.

Tidak sedikit yang merasa kesulitan belajar coding menggunakan bahasa Inggris sehingga beralih ke website yang satu ini. Bahkan kini anggota CodeSaya sudah mencapai lebih dari 83.000 orang.

Cek Konten Lainnya:
Product Manager Wajib Tahu! Bagaimana Analisa dan Testing Produk

CodeSaya memiliki berbagai fitur yang memudahkan pengguna. Salah satunya yaitu pemberitahuan kesalahan pada kode yang pengguna tulis.

Berikut link ke website belajar coding Indonesia: https://codesaya.com/

13. MIT OpenCourseWare

Website ini menyediakan kursus online untuk mahasiswa MIT, baik yang belum lulus maupun sudah lulus.

Meskipun begitu, MIT OpenCourseWare dapat kamu akses dengan bebas. Kamu juga bisa mengikuti berbagai kursus yang tersedia, bahkan tanpa perlu melakukan registrasi.

Keunggulan website ini yaitu pengajar yang merupakan ahli dalam bidangnya dan para profesor dalam ilmu komputer.

Kunjungi kursus tersebut pada: https://ocw.mit.edu/

14. The Odin Project

The Odin Project juga termasuk website belajar coding yang paling ramah pemula. Melalui situs ini kamu bisa belajar mengembangkan web dari nol. Menariknya, The Odin Project merupakan platform open source dan gratis 100%.

Kursus dari website ini menggunakan kurikulum berbasis project. Sehingga kamu bisa sekaligus menyiapkan portofolio selama belajar. Platform ini juga menyediakan proses pembelajaran yang logis dan memudahkan bagi pemula.

Kunjungi The Odin Project melalui link: https://www.theodinproject.com/

15. Code Avengers

Code Avengers menawarkan pelajaran interaktif dan menyenangkan mengenai pengembangan web, ilmu komputer, coding aplikasi, dan banyak lagi.

Kamu bisa menemukan kelas yang terdiri dari video pelajaran dan banyak kuis serta tantangan coding. Tantangan tersebut memungkinkan pengguna untuk menguji kemampuan coding.

Jika kamu belum terbiasa dengan Code Avengers, maka kamu bisa mencoba free 7-day trial.

Klik untuk ikuti kursus Code Avengers: https://www.codeavengers.com/

16. SoloLearn

SoloLearn bisa menjadi pilihan tepat bagi kamu yang mencari website belajar coding dari nol. Kamu bisa mendapatkan kursus berbagai bahasa pemrograman pada website ini.

Kursus dari SoloLearn bisa kamu akses secara gratis. Keunggulan lain dari website ini adalah tersedianya versi aplikasi untuk Android dan iOS. SoloLearn dapat menjadi pilihan situs untuk belajar coding Android yang ideal.

Terlebih lagi, SoloLearn memiliki forum diskusi yang aktif antar penggunanya.

Kunjungi SoloLearn pad: https://www.sololearn.com/

17. Upskill

Upskill menyediakan kursus online yang fokus pada web development. Meski begitu, kamu tidak harus sudah ahli mengenai bidang tersebut karena Upskill juga dapat membantu pemula untuk belajar coding.

Website ini menyediakan kursus coding gratis dengan kurikulum yang berbasis project. Hal tersebut berarti kamu bisa langsung mempersiapkan portofolio sembari belajar.

Kamu bisa mengunjungi Upskill lewat: https://upskillcourses.com/

18. BitDegree

Website yang satu ini ramah bagi pemula untuk mempelajari coding. BitDegree menawarkan kursus untuk berbagai bahasa pemrograman secara gratis.

Keunggulan utama BitDegree terletak pada pembelajaran yang seru dan interaktif. Website ini menggunakan model permainan untuk mengajarkan coding. Menariknya lagi, kamu akan mendapatkan hadiah saat berhasil menyelesaikan kelas.

Selain kursus interaktif, pada BitDegree kamu juga bisa memilih menggunakan video pembelajaran yang diajarkan oleh ahli pada bidangnya.

Kunjungi BitDegree pada link: https://www.bitdegree.org/

19. Bento.io

Bento.io menyediakan kursus dan tutorial coding terkurasi untuk developer pemula maupun yang sudah ahli. Meskipun merupakan platform gratis, kamu perlu membuat akun untuk bisa mengakses kursus dari Bento.io.

Website ini memiliki dashboard yang modern yang menampilkan rencana pembelajaran pengguna. Tersedia pula berbagai fitur yang bermanfaat, seperti track untuk melihat perkiraan lama waktu belajar.

Klik untuk mengunjungi: https://bento.io/ 

20. CodeGym

Jika kamu ingin mempelajari bahasa pemrograman Java, maka CodeGym bisa menjadi pilihan yang tepat.

CodeGym memiliki kurikulum yang lebih banyak latihan dan praktek langsung. Pasalnya, apabila kamu berniat untuk menjadi Java developer, maka kamu harus familiar dengan penulisan kode.

Kamu bisa mengakses pelajaran tingkat trial secara gratis. Sedangkan untuk membuka lebih banyak fitur, kamu perlu upgrade ke versi premium.

Kunjungi CodeGym dengan klik: https://codegym.cc/

21. Codepolitan

Website belajar coding ini bertujuan membantu generasi muda untuk mempelajari dan melatih skill programming.

Cek Konten Lainnya:
15+ Contoh Desain Web yang Sederhana dan Keren (Premium)

Codepolitan memiliki fitur menarik yang dapat membantu pengguna, seperti Learning Path dan Leaderboard. Selain itu, tersedia juga forum diskusi untuk berbagi dengan sesama member.

Codepolitan menyediakan kelas coding versi gratis dan berbayar yang bisa kamu akses sesuai kebutuhan.

Kunjungi Codepolitan pada: https://www.codepolitan.com/

22. Code.org

website belajar coding - codeorg

Code.org merupakan situs belajar coding untuk anak dan pemula. Situs ini telah memiliki jutaan pengguna dari berbagai negara.

Website ini menyediakan kursus dan tutorial yang bisa kamu akses secara gratis. Kamu bisa memilih metode pembelajaran sesuai kenyamanan. Opsi ini menjadikan Code.org sebagai cocok untuk media belajar siapa saja.

Selain itu, terdapat kategori kursus berdasarkan usia, mulai dari K-6 hingga universitas.

Klik link untuk mengunjungi: https://code.org/

23. Pluralsight

Pluralsight memiliki nama lain Code School. Platform ini memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan platform sejenis, yaitu dengan adanya learning path.

Setiap learning path akan mengajarkan skill spesifik sehingga memudahkan kamu untuk fokus dan mempelajari dalam urutan yang tepat. Hal ini memungkinkan proses belajar berlangsung dengan lebih efisien.

Konten pada setiap path juga sesuai untuk pemula. Selain itu, konten mendapatkan pembaruan secara berkala.

Kamu bisa mengunjungi situsnya pada: https://www.pluralsight.com/

24. SQLZoo

Website yang satu ini khusus untuk mempelajari bahasa pemrograman SQL. Pada SQLZoo, kamu bisa menemukan berbagai tutorial detail dan materi referensi mengenai bahasa pemrograman SQL.

Karena memang fokus pada satu bahasa pemrograman, SQLZoo memungkinkan pengguna untuk belajar SQL dengan lebih mendalam daripada website lain.

Kunjungi SQLZoo lewat: https://sqlzoo.net/

25. Learn Python the Hard Way

Satu lagi website yang spesifik untuk mempelajari bahasa pemrograman tertentu. Seperti tertera pada namanya, website ini didedikasikan untuk mempelajari Python.

Learn Python the Hard Way menggunakan pendekatan untuk belajar coding yang bermula sebagai sebuah buku. Selain itu, terdapat beberapa tools tambahan, seperti video yang berisi penjelasan.

Klik link berikut untuk mengunjungi: https://learnpythonthehardway.org/

26. Edabit

Edabit merupakan platform belajar coding dengan model game, sehingga memungkinkan kamu untuk belajar dengan lebih seru.

Pembelajaran melalui challenges yang bertujuan mengasah kemampuan pengguna. Untuk setiap kali level up, kamu akan mendapatkan point atau badges.

Situs ini menyediakan kursus coding yang sangat ramah untuk pemula. Akan tetapi, website ini kurang cocok untuk programmer yang sudah berpengalaman.

Untuk mengunjungi, klik link berikut: https://edabit.com/

FAQ

1. Berapa harga belajar coding?

Harganya berbeda-beda, mulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta. Besar biaya tergantung pada usia dan lama masa belajar.

2. Bisakah belajar coding otodidak?

Ya, kamu bisa mempelajarinya secara otodidak, kemudian melanjutkan dengan bikin website portfolio untuk pendukung CVmu

3. Berapa lama belajar coding untuk pemula?

Melansir dari Code for Geek, rata-rata diperlukan waktu sekitar 3-4 bulan bagi pemula untuk terbiasa dengan dasar-dasar coding.

4. Apakah coding perlu kuliah?

Tidak harus. Saat ini ada banyak cara alternatif untuk mempelajari coding, di antaranya yaitu coding bootcamps dan kursus online lewat website.

Penutup

Itulah beberapa website belajar coding yang bisa menjadi tempat kamu mengembangkan skill. Setiap website memiliki keunggulan masing-masing, sehingga ada baiknya memilih sesuai dengan kebutuhanmu. 

coding dengan website

Setelah memilih platfom belajar coding, kamu juga bisa melanjutkan untuk bikin project codingmu dengan real project berupa website.

Langkahnya cukup beli hosting murah hanya 15ribu yang sudah support dengan Golang, Node.js,
Python, Git, Ruby dan domain murah hanya 15ribu juga.

Belajar coding untuk pertama kalinya mungkin tidak mudah, tapi bila dipelajari dengan mendalam kamu akan menemukan keunikannya. Temukan website terbaik yang bisa menuntunmu menjadi ahli coding.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
coding arduino
Read More
5 Tips Jitu Coding Arduino Buat Pemula
Coding arduino – Sob, siapa yang saat ini lagi belajar soal coding Arduino? Di era revolusi Industri 4.0…
contoh website portofolio
Read More
20+ Contoh Website Portfolio dengan Desain Keren
Sebuah website portfolio sudah menjadi kewajiban sekaligus menjadi syarat untuk melamar sebuah pekerjaan. Umumnya, portfolio sering sekali menjadi…