ChatGPT untuk SEO: 17+ Cara Memanfaatkannya

chatgpt ai untuk SEO

Saat ini teknologi semakin berkembang pesat dimana di era ini istilah AI atau Artificial Intelligence sudah tidak asing lagi. Belakangan ini, Artificial Intelligence viral dibahas karena keahliannya yang beragam dan terkenal dengan efisiensi kerja yang dimilikinya. 

Salah satu teknologi Artificial Intelligence yang saat ini sedang ramai diperbincangkan ialah ChatGPT. ChatGPT dikembangkan oleh OpenAI pada tahun 2022. Teknologi tersebut berupa teknologi yang serupa dengan mesin pencarian namun berbentuk seperti chatbot dimana pengguna bisa memasukkan hal yang ingin dicari kemudian akan didapat jawaban yang bisa dibilang sangat lengkap ketimbang melakukan pencarian pada mesin pencarian serupa seperti Google atau Bing. 

Pemanfaatan ChatGPT Untuk Mempermudah Pekerjaan Di Era Digital

ChatGPT yang terkesan interaktif itu juga bisa memberikan penjabaran lebih rinci mengenai jawaban yang didapat, sehingga rasanya seperti bertanya langsung pada seseorang. Dengan ChatGPT, pengguna seperti melakukan percakapan dengan chatbot sehingga permintaan pencarian yang diinginkan bisa secara rinci disampaikan. Hal inilah yang memberi kesan luar biasa pada ChatGPT.

Dengan adanya teknologi AI seperti ChatGPT tersebut, sekarang pengguna internet bisa melakukan banyak hal dengan bantuan teknologi sehingga bisa bekerja dengan efisien. Mulai dari melakukan coding, menulis email, artikel, membuat caption, dan masih banyak lagi. 

Salah satu pemanfaatan ChatGPT untuk menulis adalah dengan menerapkan teknik SEO. Yup! ChatGPT bisa kamu gunakan untuk membantu penulisan artikel dengan kaidah SEO. Beberapa orang percaya bahwa ChatGPT bisa membantu artikel memiliki lebih banyak visibilitas serta lebih populer di internet. 

Lalu Apakah ChatGPT Aman Untuk SEO?

Pertanyannya, apakah ChatGPT baik untuk SEO? Jawabannya adalah baik saja, asalkan kamu mengetahui cara menggunakan yang tepat. Kamu bisa menggunakan bantuan ChatGPT untuk SEO dalam meningkatkan elemen-elemen SEO seperti menganalisis keyword research, on-page SEO, off-page SEO, serta technical SEO

Tidak disarankan untuk membuat keseluruhan isi artikel menggunakan ChatGPT sebab bisa saja website milkmu malah tidak terindeks dalam mesin pencarian. Sebab dengan membuat keseluruhan konten dengan menggunakan ChatGPT maka konten artikel milikmu bisa terdeteksi sebagai auto generated content

Dengan begitu cara terbaik memaksimalkan manfaat ChatGPT untuk SEO ialah menggabungkan beberapa analisis elemen-elemen SEO dengan ChatGPT yang nantinya digunakan untuk membuat konten artikel sesuai kaidah SEO. Efisien namun tetap unik!

Cek Konten Lainnya:
Cara Membuat Judul Artikel yang Menarik dan 10+ Contohnya

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui bagaimana memaksimalkan manfaat yang bisa diperoleh dari ChatGPT untuk SEO. Kira-kira bagaimana yaa cara memanfaatkan ChatGPT untuk SEO yang baik dalam penulisan artikel? Kalau penasaran… Yuk, simak penjelasannya dibawah ini!!

Bagaimana Memanfaatkan ChatGPT Untuk SEO?

Setelah kamu tahu bahwa ChatGPT ini ternyata banyak sekali gunanya, termasuk untuk keperluan SEO. Mungkin saat ini Anda memiliki pertanyaan tentang bagaimana cara memanfaatkan ChatGPT ini untuk SEO? Nah untuk mengetahui jawabannya, yuk simak 15+ cara yang sudah kami rangkum khusus untuk kamu.

Keyword Research

ChatGPT untuk SEO bisa digunakan untuk melakukan keyword research atau riset kata kunci. Mulai dari pencarian long-tail keyword, LSI keyword, serta pengelompokkan kata kunci. Kamu bisa memasukkan perintah di ChatGPT dengan cara mencari jenis keyword research yang kamu inginkan. Dengan begitu akan tampil hasil keyword research tersebut dalam waktu singkat. Misalnya mencari keyword berdasarkan topik tertentu.

Mengklasifikasikan Keyword Berdasarkan Search Intent

Search intent merupakan tujuan pengguna ketika menelusuri suatu keyword pada mesin pencari. Dengan bantuan ChatGPT, kamu bisa memasukkan perintah untuk mengklasifikasikan beberapa keyword berdasarkan search intent dalam bentuk tabel. Dengan begitu, kamu bisa semakin menyesuaikan penggunaan keyword dengan tujuan artikel yang ingin kamu buat. Sehingga artikel bisa sampai pada audiens yang tepat.

Memberi Rekomendasi Judul Yang Menarik

buat judul artikel dengan chatgpt

Merekomendasikan judul artikel yang menarik merupakan salah satu fungsi ChatGPT untuk SEO. Dengan memasukkan perintah untuk memberikan rekomendasi judul dengan topik tertentu, kamu bisa langsung mendapat judul artikel yang sesuai dengan kaidah SEO. Tentunya hal ini akan membuat proses menulismu semakin efisien.

Analisis On-Page SEO

Kamu juga dapat menganalisis aspek SEO lainnya yakni On-Page SEO menggunakan ChatGPT. Kamu dapat memasukkan perintah untuk mengaudit on-page SEO dengan link website yang ingin kamu analisis.

Dengan begitu, akan muncul beberapa aspek on-page SEO dengan keterangan yang menjelaskan pengoptimalan setiap aspeknya. Mulai dari title tag, meta description, heading, URL structure, dan lainnya.

Baca juga: GPT-4 Baru Rilis, Inilah Bedanya dengan Versi Sebelumnya

Menemukan Ide Konten Dengan Topik Tertentu

generate ide konten dengan chatgpt

Tidak hanya keyword, ChatGPT untuk SEO juga bisa dimanfaatkan dengan mencari topik ide yang dibutuhkan dalam menulis artikel. Dengan memasukkan perintah untuk mencari ide terkait suatu topik tertentu, kamu langsung mendapatkan beberapa ide topik dalam waktu singkat. Hal ini sangat membantumu ketika sudah buntu dengan ide menulis.

Membuat Brief Konten

Dengan menggunakan ChatGPT, kamu juga bisa membuat brief konten artikel yang ingin ditulis. Kamu bisa memasukkan perintah seperti membuat brief konten artikel dengan menyertakan topik yang ingin ditulis.

Cek Konten Lainnya:
Apa itu SSL? Jenis, Cara Kerja & Fungsinya

Hasilnya brief konten akan muncul secara rinci dengan menyertakan judul, tujuan artikel, target audiens, key points dalam artikel, tone artikel hingga sumber artikel yang direkomendasikan. Sungguh efektif, bukan?

Membuat Outline Artikel SEO

ChatGPT untuk SEO bisa juga dimanfaatkan untuk membuat kerangka artikel (outline) secara detail dan runtut. Kamu dapat memasukkan perintah seperti membuat outline artikel dengan memasukkan topik yang ingin kamu buat.

Setelah itu, ChatGPT akan memberikan outline yang lengkap mulai dari pembuka hingga penutup artikel dengan serinci mungkin dan bahkan jika kamu merasa informasi yang diberikan kurang rinci, kamu dapat meminta ChatGPT untuk menjelaskan dengan lebih rinci. Outline artikel penting untuk dibuat agar kualitas artikel milikmu memiliki isi yang konsisten dari awal hingga akhir.

Menyunting Isi Artikel 

Menemukan grammar issues merupakan salah satu pemanfaatan ChatGPT untuk SEO. Dengan memasukkan perintah untuk memeriksa grammar dengan memasukkan konten artikel yang ingin diperiksa, kamu bisa langsung mendapatkan hasil koreksi konten yang benar. Dengan begitu, artikel yang kamu buat semakin sempurna. Hal ini juga membuat waktu menulis artikel semakin efisien.

membuat CTA dengan chatgpt

CTA merupakan singkatan dari call-to-action yang merupakan elemen penting dalam SEO dan content marketing. Kamu dapat memasukkan perintah untuk membuat CTA yang kuat dengan nama produk serta detail audiens yang dituju.

Taraa! Kamu sudah mendapatkan CTA yang menarik dan siap untuk dimasukkan dalam artikelmu! CTA ini berguna untuk menunjang artikelmu agar memiliki daya beli yang semakin tinggi.

Membuat Meta Deskripsi

buat meta description dengan chatgpt

Meta deskripsi merupakan deskripsi yang ada di bawah judul dan URL suatu halaman. Meta deskripsi ini biasanya muncul pada halaman pencarian. Dengan bantuan ChatGPT, kamu bisa membuat perintah untuk menuliskan meta deskripsi artikel milikmu. Meta deskripsi yang benar bisa meningkatkan trafik kunjungan website serta berpengaruh pada posisi yang didapat pada halaman pencarian.

Membuat Alt Text

ALT text adalah elemen SEO yang akan ditampilkan dengan tujuan memberi penjelasan dari suatu gambar. ALT text yang bisa dibuat dengan bantuan ChatGPT adalah ALT text dari suatu URL dan juga dari deskripsi gambar. Adanya ALT text ini bisa meningkatkan kualitas dari user experience. Pembaca pun bisa mendapat rincian informasi dari suatu gambar dengan jelas 

Menemukan Website Populer Yang Sesuai Dengan Niche Milikmu

Dalam SEO dikenal adanya istilah link building yakni dimana suatu situs web lain memberi tautan pada situs web milikmu. Dengan begitu, kamu dapat menaikkan ranking serta trafik website pada mesin pencarian.

Dengan mengumpulkan link tersebut akan membantu membangun authority di mesin pencarian. Kamu dapat memasukkan perintah untuk mencari website populer yang sesuai dengan deskripsi dalam website mu untuk link building.

Baca juga: 5 Panduan Optimasi SEO Off Page yang Mudah dan Tepat

Cek Konten Lainnya:
Apa itu Bandwidth? Fungsi, Contoh & Cara Mengoptimalkan

Menemukan Kompetitor Yang Memiliki Topik Serupa

ChatGPT untuk SEO bisa dimanfaatkan juga untuk mencari kompetitor yang memiliki topik serupa dengan artikel SEO yang ingin kita tulis. Kamu dapat memasukkan perintah untuk mencari top kompetitor beserta topik serta URL websitenya. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui dengan cepat siapa saja kompetitor yang perlu diperhatikan untuk mengoptimalkan artikel SEO yang kamu tulis.

Mengimprove Konten Artikel

Dengan ChatGPT, kamu juga dapat meningkatkan kualitas artikelmu. Misalnya jika kamu ingin menyelipkan humor, anekdot, atau quotes tertentu sehingga artikel menjadi lebih menarik. Kamu dapat memasukkan perintah seperti improvisasi teks yang dimasukkan dengan menyelipkan humor sehingga lebih menarik untuk dibaca. Sesuaikan keinginanmu dalam meningkatkan mutu konten artikel untuk membuat perintah yang lain.

Meningkatkan Aspek Technical SEO

Technical SEO merupakan aspek SEO yang terkait dengan pengoptimalan proses crawling, indexing, rendering, dan ranking. Kamu bisa memanfaatkan ChatGPT untuk aspek SEO tersebut dengan memasukkan perintah seperti menganalisis link website yang ingin dianalisis dan buat rekomendasi yang meningkatkan aspek technical SEO.

Membuat Strategi SEO

Tidak hanya elemen-elemen SEO, ChatGPT juga bisa membantumu membuat pengembangan strategi SEO yang sesuai dengan niche atau perusahaanmu.  Kamu bisa memasukkan perintah tersebut dalam ChatGPT yang nantinya bisa menghasilkan pengembangan strategi SEO perusahaan hingga cara membuat guide SEO yang efektif. Hal ini sangat cocok untukmu yang masih pemula dalam dunia penulisan SEO.

Membuat FAQ

buat FAQ dengan chatgpt

Jika kamu ingin mengetahui pertanyaan apa saja yang biasa ditanyakan orang-orang terkait dengan produk atau layanan yang kamu tawarkan, kamu bisa mendapatkan perkiraan pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan memanfaatkan ChatGPT.

Kamu hanya butuh memasukkan perintah untuk mencari pertanyaan apa yang biasanya dicari orang terkait produkmu dan ChatGPT akan langsung menampilkan beberapa pertanyaan terkait dalam waktu singkat. Hal ini dapat membantumu membuat konten artikel yang sesuai dengan kebutuhan pengguna.

ChatGPT juga bisa membantu membuat email yang ditujukan untuk pemilik situs tautan yang ingin kamu kolaborasikan tautannya dalam websitemu. Kamu bisa memasukkan perintah untuk membuat email untuk pemilik tautan dengan maksud meningkatkan trafik websitemu. Setelah itu kamu akan mendapatkan isi email yang siap dikirim ke pemilik website. 

Kira-kira itulah berbagai tips yang bisa kamu gunakan dalam memakai AI utamanya ChatGPT untuk SEO yang aman digunakan. Memaksimalkan manfaat ChatGPT tersebut dapat membantu kita untuk menulis artikel dengan kaidah SEO secara efektif dan efisien. Dengan begitu hasil artikel SEO yang dibuat juga semakin optimal. Semoga bermanfaat! 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
technical seo
Read More
15+ Technical SEO Checklist yang Wajib Dioptimasi
Untuk menghasilkan situs terbaik dan memiliki banyak pengunjung, membutuhkan technical SEO strategi unggulan. Strategi ini harus dimulai dari…
membuat aplikasi
Read More
Cara Membuat Aplikasi Android Sendiri, Mudah untuk Pemula!
Pasti kamu sering bertanya-tanya bagaimana suatu aplikasi bisa diciptakan dan beroperasi secara sempurna. Sebenarnya, cara membuat aplikasi tidak…