Apa itu Chat GPT? Manfaat & Cara Menggunakannya

chatgpt

ChatGPT adalah fitur chatbot yang disediakan oleh Open AI dan sangat populer akhir-akhir ini. Diklaim bisa menggantikan pekerjaan manusia, ChatGPT memang bisa melakukan berbagai tugas dalam waktu singkat, Sob.

Mulai dari menjawab pertanyaan Matematika, merekomendasikan jawaban dari pertanyaan pengguna hingga memberikan joke sesuai dengan tema yang diminta. 

Apakah kamu sudah pernah mencobanya? Jika belum, berikut ini adalah artikel yang mengulas apa itu Open AI, cara menggunakan serta kelebihan dan kekurangannya. Penasaran? Simak sampai habis!

Apa itu Open AI?

openai

Sebelum beranjak ke ChatGPT, tentu kita harus mengetahui apa itu Open AI terlebih dulu. Open AI adalah perusahaan milik Sam Altman dan Elon Musk yang berdiri pada tahun 2015. 

Terlepas dari fiturnya yang canggih, perusahaan riset ini bersifat nonprofit, Sob. Tujuannya tentu untuk menyediakan AI (artificial intelligence) yang memberikan banyak manfaat pada umat manusia.

Masih membicarakan Open AI, perusahaan ini berdiri atas keprihatinan foundernya akan potensi AI yang membahayakan. Setelah itu, lahirlah Open AI 8 tahun silam.

Jika kamu belum tahu, Open AI adalah perusahaan yang merilis ChatGPT ke publik, sehingga kita semua bisa menggunakannya.

Apa itu Chat GPT?

chatgpt adalah

Memiliki kepanjangan a generative pre-trained transformer, ChatGPT menawarkan berbagai fitur menarik untuk dikulik. 

Berbagai fitur ChatGPT dari Open AI ini bisa memudahkan pekerjaan kita asal tahu cara menggunakannya. 

Namun, sebelum membahas itu, sebaiknya kita mengetahui bagaimana cara kerja ChatGPT. Benarkah ia bisa bercakap-cakap layaknya manusia?

ChatGPT adalah artificial intelligence yang menggunakan format percakapan, Sob. Kita bisa memberi pertanyaan apapun dan ia akan menanggapi pertanyaan tersebut.

Canggihnya, ChatGPT bisa mengoreksi jawabannya sendiri jika ia merasa jawabannya salah, menolak menjawab pertanyaan yang kurang pantas, serta menjawab berbagai kata kunci dengan gaya bahasa yang sama dengan penanya.

Cek Konten Lainnya:
Tutorial SSL: Cara Menggunakan Certbot Standalone Mode Encrypt Sertifikat SSL

Selain itu, ChatGPT juga memiliki kemampuan menyediakan jawaban yang berbeda dalam 1 topik kata kunci. Jadi, ia peka dengan penyesuaian kata kunci. 

Dengan kata lain, kita bisa mendapatkan jawaban dengan memperbaiki pilihan kata yang diinput. 

Cara Kerja ChatGPT

Chat GPT bekerja dengan mempelajari sejumlah besar teks yang terdapat di internet. Model bahasa ini menggunakan teknologi AI terbaru untuk memahami konteks dan menghasilkan teks yang relevan. Chat GPT dapat digunakan untuk berbagai macam tujuan, seperti membuat teks yang orisinal, menerjemahkan bahasa, dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang rumit.

ChatGPT menggunakan teknologi yang disebut Generative Pre-trained Transformer (GPT), yang merupakan jenis model NLP yang paling populer saat ini.

Generative Pre-trained Transformer

GPT adalah sebuah arsitektur model NLP yang sangat kuat, yang dikembangkan oleh OpenAI. Model ini dilatih pada sejumlah besar data teks, termasuk artikel, buku, dan korpus bahasa manusia lainnya. Selama pelatihan, GPT mempelajari pola dan struktur dalam bahasa manusia, serta cara kata-kata dan frasa disusun untuk membuat kalimat yang bermakna.

Cara ChatGPT Menghasilkan Teks

Ketika pengguna mengirim teks ke ChatGPT, model ini menganalisis input dan menggunakan informasi yang terkandung di dalamnya untuk menghasilkan teks yang sesuai dengan konteks. ChatGPT menggunakan kemampuan nya dalam memahami konteks dan menempatkan kata-kata yang sesuai untuk menghasilkan output yang lebih manusiawi.

Cara Menggunakan ChatGPT

Cara Menggunakan Chat GPT

Nah, untuk tutorial menggunakannya, kamu tidak perlu melakukan instalasi seperti halnya mendownload aplikasi, Sob.

Kamu cukup mengunjungi websitenya kemudian mengetikkan kata kunci yang kamu inginkan. 

Namun, ChatGPT mengharuskan kita melakukan registrasi sebelum memulai pencarian ya. Caranya, kita bisa menggunakan opsi login mudah dengan Google account.

Setelah itu, masukkan nomor telepon. Pada tahap ini, kita akan mendapatkan kode konfirmasi yang harus diinput ke halaman berikutnya. Selanjutnya, fitur ChatGPT dari Open AI pun bisa kita nikmati.

Baca juga: GPT-4 Baru Rilis, Inilah Bedanya dengan Versi Sebelumnya

Manfaat ChatGPT

Manfaat Chat GPT

Apa saja yang bisa kita lakukan dengan ChatGPT? Nah, ChatGPT adalah chatbot yang bisa memberikan manfaat berikut ini, Sob.  

1. Menulis surat lamaran dan resume sesuai dengan perusahaan yang dilamar

Tentu proses ini adalah proses yang melelahkan dari aktivitas job seeking, Sob. Namun kamu bisa menggunakan ChatGPT untuk membantumu menulis lamaran kerja dan resume. 

2. Menjadi komposer musik dan membuatkanmu lagu

Ingin berkarya di bidang seni dan musik? Mungkin kamu akan membutuhkan ChatGPT untuk menulis sebuah lagu. 

Cek Konten Lainnya:
7+ Aplikasi Browser Terbaik dan Tercepat 2024

Kamu dapat meminta Chat GPT untuk menuliskan lagu berdasarkan tema yang kamu sukai, Sob.

3. Membantu programmer menyelesaikan isu code

Untuk programmer, ChatGPT juga bisa berkontribusi menyelesaikan permasalahan code. Cukup input code yang akan akan di-debug dan kamu tinggal menunggu hasilnya. 

Selain itu, ChatGPT juga bisa menuliskan code untuk langsung di gunakan. 

4. Menjawab soal Matematika

Matematika adalah matapelajaran yang sulit bagi banyak orang. Kini kita bisa menggunakan ChatGPT untuk menyelesaikan soal Matematika, sehingga kita bisa belajar langsung darinya. 

5. Memberikan saran tentang kehidupan dan aspek lain

Jika kamu sedang membutuhkan saran percintaan atau lainnya, tetapi tidak memiliki teman, kamu bisa menggunakan ChatGPT untuk mendengarkan keluh kesahmu dan memberi saran, Sob. 

Tentunya saran yang di berikan belum tentu langsung bisa kamu gunakan ya! Kamu bisa menganggapnya sebagai selingan atau mengambil beberapa poin yang menurutmu tepat. 

6. Menjelaskan ulang suatu konsep dalam bentuk sederhana

Jika kamu sedang kuliah dan menemukan konsep yang kompleks, kamu dapat meminta ChatGPT untuk menjelaskan ulang dalam konsep sederhana. 

Hasilnya, kita akan mendapatkan penjelasan konsep kompleks dalam pilihan kata yang mudah di pahami. 

7. Menulis esai

Jika ingin membuat esai, tetapi butuh mempelajari referensi terlebih dulu. Kamu bisa meminta AI untuk membuatkannya untukmu, Sob.

Setelah mendapatkan contoh-contoh tersebut, kamu bisa menulis esaimu sesuai dengan latar belakang pengetahuan yang kamu miliki. 

8. Membuat joke sesuai topik yang diinginkan

Salah satu kelebihan ChatGPT adalah ia bisa menuliskan joke seperti halnya manusia. Selanjutnya kamu bisa memperlihatkan joke ini kepada temanmu atau kamu juga bisa adu joke dengan AI yang sedang hits ini. Tertarik untuk mencoba?

9. Membuat Outline atau Draft Artikel

Dengan bantuan ChatGPT, pengguna dapat membuat outline artikel SEO dengan lebih cepat dan lebih efisien. Namun, perlu diingat bahwa pengguna tetap harus melakukan penelitian dan memastikan bahwa informasi yang mereka sertakan dalam artikel mereka akurat dan relevan.

Kebutuhan artikel untuk website menjadi penting dalam meningkatkan berbagai aspek seperti memberikan manfaat bagi pengunjung, meningkatkan peringkat SEO, engagement, brand awareness, dan kepercayaan pengunjung terhadap website.

chatgpt di website

Dalam membantu aktivitas update dan buat artikel baru, kamu bisa manfaatkan ChatGPT. Apa kamu sudah tau jika ada website instan yang sudah terintegrasi ChatGPT? produk Insta Web Platform dari Jagoan Hosting yang sudah terintegrasi dengan ChatGPT AI di dalam websitenya bisa bantu kamu bikin outline sampai artikel jadi.

Cek Konten Lainnya:
Melihat Prospek Otomasi di Tengah Pandemi Berdasarkan Sudut Pandang Consumer Behavior

Baca juga: Apa itu Kecerdasan Buatan (AI)? Manfaat dan Contohnya

Kelebihan dan Kekurangan ChatGPT

Selain manfaat yang di jelaskan di atas, ada juga beberapa kelebihan dan kekurangan ChatGPT berikut ini. 

Kelebihan ChatGPT

kelebihan chat gpt

Peka pada penyesuaian kueri

Kepekaaan pada perubahan kueri ini bisa kita rasakan manfaatnya terutama ketika tidak mendapatkan jawaban dari pertanyaan tertentu. Pada kondisi tersebut, kita bisa menginput pertanyaan berbeda dengan makna sama agar AI memahami pertanyaan.

Gaya bahasa tidak kaku

Selain menawarkan berbagai jawaban atas pertanyaan pengguna, AI juga mampu membuat jawaban yang human friendly yakni dengan mengikuti gaya bahasa manusia pada umumnya, Sob. 

Kecepatan menjawab 

AI dikenal dengan sifatnya yang sangat cepat dalam memberikan respons. Dalam hal ini, tentu pengguna akan mendapatkan jawaban dalam waktu singkat dan terus kembali ke website AI guna mendapatkan jawaban dari lebih banyak pertanyaan. 

Kekurangan ChatGPT

kekurangan chat gpt

Bisa memberikan jawaban yang salah

Tahukah kamu bahwa ChatGPT berisiko memberikan jawaban yang salah? Terlepas dari kecanggihannya, ChatGPT tidak memiliki sensor tentang kebenaran, Sob. Ia berbicara berdasarkan input yang diberikan ke dalam mesinnya, sehingga kita harus tetap skeptis dengan setiap jawabannya.

Memerlukan pembaruan agar paham dengan isu terkini 

ChatGPT sangat mungkin tidak dapat memberi jawaban atas beberapa kueri yang belum di masukkan sebelumnya. Dalam hal ini, tentu ia akan berkata tidak tahu pada pertanyaan kita.

ChatGPT tidak memahami realita

Kekurangan ChatGPT selanjutnya adalah ia tidak memahami realita. Saat mengetikkan cara memperbaiki mesin motor yang rusak, AI akan memberikan jawaban berdasarkan input. Namun tidak berarti artificial intelligence ini benar-benar mengetahuinya. Hasilnya, mungkin saran yang muncul kurang kontekstual dengan kerusakan yang ada. 

Bagaimana? Kamu masih penasaran dengan AI buatan Elon Musk ini? Ingat bahwa kita harus tetap skeptis terhadap semua jawaban yang diberikan AI, Sob.

Selain itu, ChatGPT adalah AI yang di ciptakan guna memudahkan tugas manusia, sehingga jangan sampai kita terlalu bergantung kepadanya dan melupakan hal tersebut.

Kamu bisa menggunakannya sebagai referensi dan bahan bacaan serta tetap melakukan cross check guna memvalidasi setiap informasi yang muncul. 

Nah, kamu bisa temukan artikel menarik lainnya terkait Open AI dan mendapatkan insight yang berguna hanya di Jagoan Hosting!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
membuat mail merge
Read More
Cara Membuat Mail Merge di Microsoft Word, Mudah dan Cepat!
Apakah kamu sering merasa kebingungan jika harus mengirim surat atau undangan dengan jumlah penerima cukup banyak? Kalau iya,…
template wordpress seo responsive gratis
Read More
5 Rekomendasi Template WordPress SEO Responsive Gratis Part 2
Halo, Sob! Kamu tentu masih ingat, dong. Salah satu cara dalam strategi pemasaran digital adalah optimasi website termasuk…