Apa itu Kecerdasan Buatan (AI)? Manfaat dan Contohnya

artificial intelligence

Artificial intelligence adalah salah satu bukti dari majunya perkembangan teknologi saat ini. Munculnya robot, komputer, hingga kendaraan otomatis memiliki pengaruh besar dalam peradaban di seluruh dunia.

Bagaimana tidak, segala urusan manusia bisa lebih mudah dengan terciptanya artificial intelligence di sekeliling kita. Meski sudah pasti menggunakannya dalam sehari-hari, apakah kamu sudah paham apa itu artificial intelligence? Untuk mencari tahu lebih lanjut, simak artikel berikut ini.

Apa itu Artificial Intelligence (AI)?

Artificial intelligence adalah

Artificial intelligence adalah kecerdasan yang ditambahkan dalam sebuah sistem komputer sehingga bisa menciptakan teknologi menyerupai cara berpikir dan berperilaku manusia. Ai bukan merupakan hal baru bagi kita, namun perkembangan dan inovasinya selalu menjadi hal baru yang menarik perhatian.

Secara bahasa, artificial intelligence artinya kecerdasan buatan. Secara harfiah, maka artificial intelligence adalah kecerdasan atau teknologi yang dibuat dan diciptakan oleh manusia di dalam suatu mesin.

Kamu pasti sering mengetahui bagaimana teknologi kecerdasan buatan muncul dalam film-film bergenre science fiction, seperti Jarvis milik Iron Man. Meski belum bisa kita temukan di dunia nyata, namun hal tersebut bukan sesuatu yang mustahil. Mengingat perkembangan teknologi begitu cepat.

Manfaat artificial intelligence adalah yang telah sering kita rasakan dalam kehidupan sehari-hari. Seperti, ponsel yang kita buka setiap hari, laptop yang kamu gunakan untuk bekerja dan sebagainya. Itu semua adalah bentuk implementasi dari teknologi AI.

Baca juga: 5 Manfaat Internet of Things, Bakal Jadi Masa Depan Indonesia!

Cara Kerja Artificial Intelligence

Cara kerja artificial intelligence adalah sesuai dengan algoritma pemrograman di dalam sistem komputer sesuai dengan apa yang telah diberikan saat pembuatannya. Bisa dikatakan, algoritma tersebut merupakan kerangka berpikir bagi AI untuk memproses seluruh jenis data.

Cek Konten Lainnya:
AWAS, Data WordPress Lenyap Seketika

Dengan banyaknya data yang bervariasi dan kompleks, suatu mesin seolah-olah dibuat bisa berpikir mandiri, memutuskan sesuatu belajar hingga beradaptasi. Namun, data tersebut harus kuat agar sistem mampu membedakan fungsi masing-masing polanya.

Manfaat Artificial Intelligence

Munculnya artificial intelligence adalah sebuah kemajuan penting dalam kehidupan manusia. Spaalnya, dengan teknologi AI, efektivitas pekerjaan semakin tercapai. Sistem ini mampu bekerja dengan akurat, cepat hingga meminimalisir kesalahan yang bisa disebabkan oleh kelelahan manusia.

Kecerdasan buatan ini juga telah berhasil berkontribusi dalam pengobatan medis, seperti di ciptakannya sistem beda da Vinci yang mampu melakukan proses operasi dengan lebih akurat, presisi serta minim trauma terhadap pasien. Selain itu, masih banyak lagi manfaat AI dalam kehidupan manusia.

Kecerdasan buatan (artificial intelligence atau AI) memiliki banyak manfaat dalam berbagai bidang, di antaranya:

1. Otomatisasi proses bisnis

AI dapat membantu mengotomatisasi proses bisnis, seperti pengolahan data, analisis risiko, dan manajemen inventaris.

2. Peningkatan efisiensi dan produktivitas

AI dapat membantu meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam berbagai bidang, seperti manufaktur, kesehatan, dan transportasi.

3. Pengambilan keputusan yang lebih baik

AI dapat membantu dalam pengambilan keputusan, seperti dalam analisis data untuk pengambilan keputusan bisnis atau diagnosis penyakit pada pasien.

4. Meningkatkan keamanan

AI dapat membantu dalam meningkatkan keamanan, seperti dalam pengawasan keamanan di bandara atau dalam mendeteksi kecurangan pada transaksi keuangan.

5. Inovasi

AI dapat membantu dalam menciptakan inovasi baru dan mengembangkan teknologi baru, seperti mobil otonom dan perangkat lunak cerdas.

6. Pengembangan ilmu pengetahuan

AI dapat membantu dalam pengembangan ilmu pengetahuan, seperti dalam riset medis atau astronomi.

Contoh Artificial Intelligence dalam Kehidupan

kecerdasan buatan adalah

Meskipun beberapa berpendapat bahwa kita mungkin tidak akan pernah mencapai level AI tercanggih layaknya penggalan film Sci-fi. Namun, saat ini kita sudah bisa merasakan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Dilihat dari fenomena sekitar kita, contoh artificial intelligence adalah sebagai berikut.

Cek Konten Lainnya:
Apa Itu DevOps? JobDesc, Tahapan dan Toolsnya 

1. Perangkat Smart Homes

Kamu pasti sudah sering mendengar istilah rumah pintar atau smart home, atau mungkin kamu salah satu penikmatnya? Maka, berterima kasihlah pada AI untuk itu. AI mampu mempelajari kebiasaan kita di dalam rumah, seperti menyalakan lampu, menghidupkan kipas angin dan sebagainya secara akurat.

Tentu saja, kecanggihan ini membuat hidup kita bisa lebih mudah. AI bahkan bisa memprediksi suhu kamar sesuai seleramu, mematikan lampu sesuai jam tidurmu dan berbagai aktivitas bermanfaat lainnya.

2. Logistik dan Transportasi

Dalam bidang transportasi, AI telah menunjukkan kehebatannya dengan munculnya kendaraan otonom. Kini perusahaan Tesla telah memperkenalkan mobil yang bisa mengemudi sendiri. Tidak hanya mobil, namun Bus atau Kereta juga bisa sepenuhnya otonom.

Sementara dalam bidang logistik, kamu bisa menerima paket secara ajaib di dukung dengan sistem AI. Kok bisa? Pasalnya, perusahaan marketplace Walmart dan Amazon mulai berinvestasi pada sistem pengiriman otonom dengan drone.

3. Media Sosial

Artificial intelligence adalah sistem yang di pengaruhi oleh apa yang kamu lakukan dalam sosial media. AI dapat menyimpan semua aktivitas kamu seperti riwayat web browser, interaksi, dan segala sesuatu yang pernah kamu lakukan dan menyesuaikan pengalaman media sosial sesuai dengan ketertarikanmu.

Contoh Produk Artificial Intelligence yang Sudah Digunakan

Artificial intelligence adalah sesuatu yang saat ini sudah ada hampir di semua teknologi yang kita gunakan. Berbicara mengenai machine learning, ini bukanlah sesuatu yang seharusnya muncul di masa depan, namun sudah ada saat ini juga. Dalam kehidupan sehari-hari, contoh implementasi artificial intelligence adalah sebagai berikut.

1. SIRI

contoh kecerdasan buatan

Fitur SIRI adalah fitur paling populer pada device Apple, baik itu iPhone maupun iPad. Siri merupakan asisten bersuara wanita yang mampu berinteraksi dan menerima perintah apapun dari pemilik device.

Cek Konten Lainnya:
Apa itu MariaDB? Fungsi, Kelebihan & Kekurangan

SIRI dapat membantu para pengguna Apple untuk menemukan informasi di internet, membuka aplikasi, hingga menambahkan event ke kalender tanpa kamu harus melakukannya sendiri. Hal ini terjadi karena adanya teknologi machine learning.

2. Tesla

Artificial intelligence adalah sistem yang bisa diterapkan dalam bidang apapun, termasuk kendaraan. Tesla merupakan perusahaan transportasi yang memproduksi mobil listrik terbaik saat ini.

Tesla telah merilis mobil dengan teknologi luar biasa, seperti mengemudi sendiri dan memprediksi hal-hal yang terjadi di sekitarnya. Dengana danya Tesla, kamu bisa melihat wujud nyata dari film-film Hollywood. Keren banget!

3. Netflix

Netflix merupakan sebuah platform yang menayangkan berbagai film dari seluruh dunia. Semakin berkembangnya era digital, Netflix telah menyingkirkan media konvensional, seperti TV dan membuat sebagian besar orang beralih kepadanya.

Sistem AI pada Netflix mampu memprediksi minat, reaksi, pilihan hingga pola perilaku penontonnya. Jika kamu termasuk pengguna Netflix, maka kamu pasti menyadari bahwa platform tersebut seringkali menampilkan jenis film favorite kamu di halaman depan.

4. Chat GPT AI

contoh kecerdasan buatan

ChatGPT adalah contoh penerapan AI, lebih tepatnya model bahasa alami generatif yang di kembangkan oleh OpenAI menggunakan teknologi deep learning. ChatGPT dapat di gunakan untuk menjawab pertanyaan, memberikan rekomendasi, melakukan terjemahan, dan melakukan tugas-tugas bahasa alami lainnya.

Dengan memanfaatkan teknologi AI seperti ChatGPT, kita dapat meningkatkan efisiensi dan kualitas layanan di berbagai bidang, seperti layanan pelanggan, edukasi, dan kesehatan.Regenerate response

Nah, itu dia penjelasan mengenai pengertian artificial intelligence hingga cara kerja, manfaat dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari. Tak dipungkiri bahwa kemunculan AI memberikan dampak positif bagi manusia, namun kita tetap harus waspada terhadap dampak negatif yang bisa di timbulkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Read More
Ingin Sukses Bisnis Online? Gunakan Tools WordPress Ini
Seperti yang sudah dijelaskan pada artikel sebelumnya, beberapa alasan kenapa pebisnis online wajib menggunakan WordPress sebagai medianya. Kini…
Cracking adalah
Read More
Cracking Adalah: Tujuan, Jenis & Dampaknya
Tahukah kamu bahwa cracking adalah salah satu bentuk kejahatan siber yang dianggap paling berbahaya saat ini? Sebab, tujuannya…