Mulai dari TV sampai CCTV, kamu bisa menemukan internet dimana-mana! Yes, kayaknya semua benda di sekeliling kita sudah terintegrasi dengan internet sehingga bisa diakses dimana-mana. Ini yang disebut era Internet of Things (IoT)!

Walau kelihatannya seperti di film science fiction, tapi IoT bisa menjadi masa depan Indonesia, lho. Jagoan Hosting sebagai penyedia layanan internet, server, dan hosting terbaik di Indonesia bakal kasih 5 manfaat internet of things yang bikin kamu manggut-manggut heran!

1. Data bisa terintegrasi langsung dan bisa diakses dimana saja secara mudah

internet of things
Photo by Brett Sayles from Pexels

Pernah nggak bayangin kalau misal kamu mengalami musibah rumah dibobol maling, lalu kamu bingung bukti pelaporannya? Kamu bisa langsung akses aplikasi di smartphone kamu buat download rekaman CCTV, Sob!

Nggak cuma itu, internet of things juga menawarkan pilihan yang lebih canggih seperti CCTV yang diintegrasikan dengan pagar rumah yang hanya bisa dibuka dengan pin tertentu. Kalau misal ada yang menerobos masuk tanpa membuka pin, CCTV akan langsung mengirimkan gawat darurat ke smartphone kamu. Cakep, kan?

Umumnya, sistem ini diterapkan di CCTV monitor bayi yang baru lahir. Bayangkan jika bisa diintegrasikan di perabot yang lebih banyak lagi!

2. Praktis dan lebih hemat dalam satu waktu

Enaknya lagi, kamu cukup memiliki wifi saja di rumah, seluruh perabot rumah bisa terintegrasi jadi satu! Nonton YouTube dari TV, kenapa nggak? Bisa banget pakai remote dari smartphone kamu!

Ini juga bisa diterapkan di kantor pemerintahan. Misalnya sebuah printer-scanner yang bisa langsung memindai gambar dan mencetak QR untuk mengunduh dokumen secara soft file, misalnya. Semua bisa dilakuin asal ada internet!

3. Lebih efisien dalam pelaksanaan tugas dan bekerja dengan internet of things

Kekuatan utama internet of things adalah automation atau otomasi. Ini artinya setiap kali kamu ngasih perintah ke smart-device kamu, secara otomatis juga akan melakukan hal lain sekaligus.

Misalnya jika mobil pintar kamu bensinnya mau habis, indikator di smartphone akan menyala dan secara otomatis bisa mengaktifkan low-power mode buat mobil pintar agar lebih hemat bensin!

4. Buat developer, internet of things bisa bantu memahami perilaku konsumen

Internet of things adalah pusat data yang gila-gilaan, Sob! Bayangkan aja smart TV yang bisa mengecek apa acara kesukaanmu hari Minggu sore dan akan menampilkan rekomendasi serupa.

Ini bisa diketahui oleh developer dan dipelajari sebagai bahan menciptakan alat yang lebih baik! Bukan cuma yang receh, tapi yang penting seperti kotak obat yang berdering ketika obat maag sudah mau habis di tanggal tua!

5. Bisa mengontrol fasilitas umum tanpa pengecekan berkala

Manfaat internet of things yang menguntungkan buat pemerintah tentunya mengontrol fasilitas umum. Bayangkan lampu jalan dengan indikator berwarna biru ketika terjadi banjir ataupun nyala lampu yang menyesuaikan kondisi seperti berkabut.

Fasilitas umum ini juga akan mengirimkan indikator ketika lampu perlu diganti atau terjadi konslet yang terhubung dengan sistem pengawasan fasilitas publik di kantor pemerintahan, misalnya. Langsung sigap, nggak pakai nunggu lama untuk diganti!

Futuristik banget nggak sih manfaat dari internet of things? Buat kamu yang kebetulan bekerja sebagai developer, nggak ada salahnya mengambil keuntungan dari kesempatan ini! Kamu bisa membuat aplikasi yang terintegrasi untuk smart-device melalui internet of things, Sob! Teknologi receh seperti smart-bulb alias bohlam yang dapat kamu atur warnanya lewat smartphone pun juga bisa bikin pengguna kamu kagum!

Pastikan untuk menggunakan server aplikasi yang dapat diandalkan dan nggak lemot seperti VPS X dari Jagoan Hosting. Layanan VPS terbaik di Indonesia yang bisa bikin aplikasi kamu nggak lemot, integrasi internet of things lancar jaya. Siap buat berkontribusi di internet of things Indonesia?

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like