Belajar Bahasa Pemrogramman Python untuk Pemula

belajar python

Saat ini, python telah menjadi salah satu bahasa pemrograman populer yang banyak digunakan untuk membuat web hingga aplikasi. Buat kamu yang masih pemula, tidak ada kata terlambat untuk mulai belajar python.

Python sendiri merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi dengan sintaksis yang mudah dipahami. Umumnya, python digunakan untuk mengembangkan web, perangkat lunak, analisis data, kecerdasan buatan, dan masih banyak lagi.

Semua bisa dipelajari dari nol asalkan kamu fokus dan mau mempelajari semua aspek di dalamnya, Sob. Untuk itu, mari simak beberapa hal yang perlu kamu tahu untuk belajar python pemula di bawah ini!

Apa Itu Python?

Python adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang sangat populer di kalangan pengembang software di seluruh dunia.

Pengembangannya bermula pada tahun 90-an oleh Guido van Rossum dan terus berjalan hingga saat ini. Keunggulan utama dari bahasa pemrograman Python adalah sintaksisnya yang sederhana, bersih, dan mudah untuk kita baca, Sob. 

Itulah kenapa, bahasa python sangat cocok untuk mereka yang masih pemula sekalipun. Selain itu, python juga menggunakan lebih sedikit baris kode dibandingkan dengan banyak bahasa lain sehingga membuat pengembang jadi lebih produktif.

Fleksibilitas ini membuat Python cocok untuk berbagai macam proyek, mulai dari pengembangan perangkat lunak sederhana seperti web hingga aplikasi yang kompleks dalam ilmu data dan juga kecerdasan buatan. 

Satu lagi, Sob, belajar python akan semakin mudah berkat jaringan komunitas dari para penggunanya yang sangat luas dari berbagai negara. Jika kamu memiliki kendala, maka akan ada banyak solusi yang bisa kamu dapatkan dari komunitas tersebut.

Manfaat Belajar Python

Sebagai pemula, kamu akan mendapatkan banyak manfaat dan keuntungan dari mempelajari bahasa pemrograman satu ini. Adapun keuntungan belajar python yang bisa kamu dapatkan adalah sebagai berikut:

1. Sintaks Ringkas dan Sederhana

Salah satu yang membuat bahasa pemrograman ini disukai banyak orang adalah karena sintaksnya yang ringkas dan sederhana. Berbeda dengan bahasa lain yang cenderung lebih kompleks dan panjang.

Dengan begitu, pemula jadi bisa lebih mudah untuk mempelajarinya. Selain itu, Python hanya menggunakan sedikit simbol atau karakter khusus, sehingga bisa mengurangi kemungkinan kesalahan penulisan dan mempermudah proses debugging.

Meskipun sintaksnya lebih sedikit, tetapi python mampu berbuat lebih banyak hal. Alhasil, para pengembang jadi punya banyak waktu dengan softwarenya, Sob. Tak heran jika penggunaannya semakin besar.

Cek Konten Lainnya:
50+ Template Website Gratis dan Responsive

2. Kompatibel dengan Banyak OS

Python adalah bahasa pemrograman yang sangat fleksibel karena mampu berjalan di berbagai OS seperti Windows, MacOS, hingga Linux tanpa harus memodifikasi kode programnya terlebih dahulu.

Kamu hanya butuh interpreter python yang sesuai dengan platform yang kamu gunakan. Kelebihan ini menjadikan Python sebagai pilihan yang sangat fleksibel bagi para pengembang yang bekerja dengan berbagai lingkungan teknologi.

Kompatibilitas python juga membuatnya menjadi bahasa pemrograman yang sangat diminati dalam pengembangan perangkat lunak lintas platform. Mereka yang ingin belajar python juga bisa memulainya dari platform manapun.

3. Komunitas Pengguna yang Luas

Salah satu keuntungan utama menggunakan python adalah adanya komunitas pengguna yang luas dan aktif. Komunitas ini terdiri dari para pengembang, ilmuwan data, akademisi, dan pengguna lain yang berbagi pengetahuan terkait Python.

Adanya komunitas yang luas tersebut memberikan beberapa keuntungan, terutama bagi kamu yang baru mulai belajar Python dasar. Di sini, kamu bisa menemukan banyak tutorial dan dokumentasi sehingga proses belajar jadi lebih mudah.

Selain itu, adanya komunitas juga memungkinkan pengguna Python untuk mendapatkan dukungan dalam mengakses berbagai sumber daya, membantu memecahkan masalah, dan mengembangkan proyek-proyek yang lebih kompleks.

4. Pustaka yang Luas

Keuntungan belajar Python berikutnya adalah adanya pustaka yang sangat luas. Pustaka-pustaka ini berupa kumpulan modul hasil pengembangan dari para kontributor untuk menyelesaikan berbagai tugas dan masalah pemrograman.

Adanya pustaka membuat para pengguna Python dapat dengan mudah menemukan pustaka yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Dengan begitu, mereka bisa menghemat waktu dan usaha dalam pengembangan perangkat lunak.

Selanjutnya, keuntungan ini juga membuat para pengguna python mampu mengatasi permasalahan dan tantangan dari berbagai macam bidang seperti pengembangan web, ilmu data, kecerdasan buatan, pengolahan gambar, dan masih banyak lagi.

5. Bisa Diterapkan di Banyak Bidang

Keuntungan belajar bahasa pemrograman Python yang terakhir adalah bisa kamu gunakan di banyak bidang. Salah satunya untuk membangun berbagai jenis aplikasi, mulai dari aplikasi desktop hingga perangkat lunak berbasis web dan mobile.

Python juga banyak digunakan dalam bidang ilmu data dan analisis statistik. Libraries seperti NumPy, Pandas, dan Matplotlib memungkinkan para Data Scientist untuk melakukan analisis, visualisasi, dan pemodelan statistik dengan lebih efisien.

Terakhir, python juga menjadi bahasa yang cukup dominan dalam bidang kecerdasan buatan dan machine learning. Penggunaannya bisa untuk mengenali gambar, pemrosesan bahasa secara alami, dan masih banyak lagi.

Secara umum, penggunaan python sudah mencakup berbagai sektor industri, seperti:

  • Web development
  • Sistem otomasi and administrasi
  • Komputer grafis
  • Scientific and mathematical computing
  • Basic pengembangan game
  • Finance and trading
  • Security and penetration testing
  • Mapping and geography (GIS software)

6. Bersifat Open Source

Python tersedia secara gratis untuk siapa pun yang ingin menggunakannya, memodifikasinya, dan mendistribusikannya sesuai kebutuhan mereka. Keberadaan Python sebagai proyek open source membawa beberapa manfaat.

Cek Konten Lainnya:
Cara Membuat Website Berita: Panduan & Contohnya!

Aksesibilitas yang tinggi memungkinkan siapapun untuk menggunakannya secara gratis, mulai dari pemula hingga profesional. Hal ini tentu akan mendorong pertumbuhan komunitas python yang semakin besar dan beragam.

Jadi, belajar coding Python untuk pemula akan lebih hemat jika menggunakan bahasa pemrograman satu ini.

Kelemahan Python

Meski memiliki banyak sekali manfaat, namun Python tetap memiliki sejumlah kelemahan yang juga perlu kamu tahu. Adapun kelemahan yang ada pada Python antara lain:

1. Performa Komputasi Lambat

Kelemahan dari penggunaan python yang pertama dan cukup sering menjadi keluhan dari para pengembang adalah kemampuan komputasinya yang cenderung lambat jika kita bandingkan dengan C++, Go, atau Java.

Python merupakan bahasa pemrograman yang diinterpretasikan. Artinya, kode Python akan mendapatkan eksekusi baris perbaris oleh interpreter Python yang bekerja. Hal inilah yang membuat eksekusi berjalan lebih lambat.

2. Kurang Cocok untuk Jenis Aplikasi Mobile

Python sangat baik untuk membuat aplikasi desktop atau server, tetapi kurang cocok untuk mengembangkan aplikasi mobile, Sob. Pasalnya, Android dan iOS cenderung menggunakan bahasa pemrograman yang lebih spesifik seperti Swift atau Kotlin.

3. Penggunaan Global Interpreter Lock (GIL)

Penggunaan GIL (Global Interpreter Lock) pada Python sering mendapat anggapan sebagai kelemahan lantaran membatasi kemampuannya dalam melakukan eksekusi konkurensi pada beberapa inti CPU secara efisien.

Alasan ini pula yang membuat kinerja dari python jadi lambat, Sob. Dengan hanya mengizinkan satu thread saja dalam satu waktu, GIL mencegah interaksi yang tidak diinginkan antara struktur data dalam program Python.

4. Rentan Terjadi Kesalahan Saat Runtime

Salah satu kelemahan python adalah rentannya terhadap kesalahan pada saat runtime atau error runtime. Kasus ini terutama akibat sifat dinamis dan ketidaktelitian dalam penanganan tipe data di dalam Python.

Oleh karena Python merupakan bahasa yang secara dinamis menentukan tipe data pada saat runtime, maka kesalahan terkait dengan tipe data seringkali tidak dapat terdeteksi sampai program tersebut berjalan.

Tips Belajar Python untuk Pemula

Nah, buat kamu yang benar-benar ingin belajar python untuk analisis data atau tujuan lain, maka ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan, Sob. Adapun beberapa tips untuk mempelajari python adalah sebagai berikut:

1. Tentukan Alasan Kenapa Kamu Harus Belajar Python

Jika kamu sudah tahu satu alasan kuat kenapa harus belajar Python, maka proses ke depannya akan jadi lebih mudah. Jika alasan tersebut cukup kuat, maka segala hambatan yang kamu hadapi saat mempelajarinya akan bisa kamu lewati.

Kenali juga tujuan kamu ke depannya dengan mempelajari Python. Apakah kamu ingin menjadi seorang pengembang website, developer game, atau menjadi seorang Data Scientist yang harus tahu tentang berbagai data.

2. Mulai dengan Dasar-Dasar Python

Belajar Python tidak bisa kamu lakukan secara otodidak. Akan ada proses yang harus kamu lalui untuk bisa menguasainya. Mulailah dari dasar-dasar python agar kamu memiliki fundamental yang baik untuk berkembang.

Cek Konten Lainnya:
Cara Membuat Website Sendiri dari Nol Tanpa Coding

Tenang saja, Sob, ada banyak website belajar python yang bisa kamu akses secara gratis. Jika itu kurang, kamu juga masih bisa menemukan konten-konten serupa di platform seperti YouTube atau media sosial lainnya.

Adapun beberapa hal dasar yang perlu kamu ketahui di dalam Python meliputi:

  • Memahami baris kode yang digunakan dalam Python.
  • Install Python dan siapkan lingkungan untuk mendukung proses belajar.
  • Buat program Python pertamamu, simpel saja.
  • Pelajari lebih lanjut tentang struktur data Python.
  • Pelajari juga berbagai fungsi di dalam Python.

3. Mempelajari Python di Tingkat Menengah

Jika hal-hal dasar sudah berhasil kamu kuasai, selanjutnya kamu bisa mempelajari Python di tingkat menengahnya. Pada tahap ini, kamu akan menguasai berbagai macam kesalahan dan adanya pengecualian dalam pembuatan kode.

Kamu juga bisa bekerja dengan berbagai libraries yang begitu banyak. Pilih libraries yang sekiranya cocok dengan program yang ingin kamu buat. Dengan begitu, proses bekerja jadi lebih efektif dan efisien.

4. Learning by Doing

Belajar akan semakin sulit jika kamu hanya berfokus pada teorinya saja. Oleh karena itu, kamu juga harus mempraktikkan apa saja yang sudah kamu pelajari di atas kertas. Cepat atau lambat, hal ini akan membuatmu peka terhadap kesalahan.

Dengan praktik, kamu akan semakin tahu bagaimana sebuah perintah dieksekusi dam langsung tahu dengan jawabannya. Itulah kenapa semakin banyak kita mencoba, semakin banyak kita mengetahuinya.

5. Terus Tingkatkan Kemampuanmu

Jangan puas dengan satu pencapaian, terus asah kemampuanmu dengan mencoba tantangan baru. Jika sebelumnya kamu sudah bisa membuat suatu program, cobalah untuk membuat program baru dengan fitur lebih banyak.

Dengan begitu, kemampuanmu akan terus terasah dan semakin berkembang. Kamu juga bisa mencoba di berbagai platform, sehingga kamu dapat bekerja dengan lebih fleksibel dari sebelumnya.

Dibandingkan bahasa pemrograman yang lain, belajar Python cenderung lebih mudah bagi seorang pemula. Gimana, Sob? Tertarik untuk belajar tentang Python? Jika kamu fokus, 3-4 bulan saja kamu sudah bisa mahir, kok.

Saatnya Onlinekan Project Pythonmu

cloud hosting for developer

Siap untuk mengambil langkah berikutnya setelah belajar dasar-dasar Python? Tidak perlu khawatir tentang hosting, karena kami punya solusinya! Sambutlah proyek Pythonmu ke level berikutnya dengan dukungan Web Hosting Python dari Jagoan Hosting.

🚀 Mulailah membangun aplikasi atau situs web Pythonmu dengan percaya diri.

🔒 Dapatkan keamanan dan keandalan tingkat tinggi untuk proyek-proyekmu.

💻 Tersedia dukungan teknis yang ramah dan responsif, siap membantumu melewati setiap tahap.

Tidak perlu menunggu lagi! Segera onlinekan proyekmu dan jadilah yang terdepan dalam dunia pengembangan Python!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
bahasa pemrograman tersulit
Read More
5 Bahasa Pemrograman Tersulit yang Bikin Kepala Auto Pusing!
Bahasa Pemrograman Tersulit – Peran komputer di era digital memang sebagai indikasi bahwa segala aktivitas sehari-hari manusia bisa…
bahasa pemrograman termudah
Read More
Bahasa Pemrograman Termudah? Yuk, Mulai dengan JavaScript!
Bahasa Pemrograman Termudah – Tidak bisa dipungkiri bahwa munculnya startup yang menjamur menyebabkan tingginya angka kebutuhan akan programmer.…