10+ Extension Chrome untuk Programmer Bantu Coding

extension chrome untuk programmer

Jika mengacu pada statistik dari statcounter menunjukkan bahwa 65,34% penduduk dunia memakai google chrome sebagai web browsernya.

Kira-kira mengapa bisa sampai sepopuler itu? Salah satunya karena web browser ini menyediakan berbagai ekstensi untuk membantu keperluan profesional.

Misalnya di sini adalah extension chrome untuk programmer yang akan mempermudah pekerjaan codingmu. Ekstensi ini ada banyak jenis dan punya fungsinya sendiri-sendiri.

Extension Chrome untuk Programmer

Oleh karenanya kamu perlu tahu dulu apa saja jenis dan fungsi tersebut supaya dapat memilih mana yang tepat sesuai dengan kebutuhan coding-mu. Berikut merupakan penjelasannya sebagaimana yang disebutkan oleh codepolitan

1. LambdaTest

Jenis pertama sebagai rekomendasi  ekstensi untuk programmer buat kamu ada lambda test. Ekstensi yang pada umumnya programmer pakai untuk melakukan screenshot halaman website  di berbagai browser mobile dan desktop. 

Adapun tujuan dari melakukan screenshot di sini dipakai untuk menguji kompatibilitas website pada 25 web browser dan konfigurasinya. 

Untuk mengoperasikannya, kamu hanya perlu menekan tombol yang berbentuk simbol  Lambda Test dan kemudian memilih konfigurasi yang diinginkan. Selanjutnya dari hasil screenshot beserta detail-detail lainnya yang diperoleh akan disimpan dalam log pengujian. 

Check my links merupakan extension chrome untuk programmer yang fungsinya mengecek semua link dalam suatu halaman website masih aktif ataukah sudah rusak. Pengecekan akan sistem lakukan secara mendetail satu per satu. Sesudah itu ia akan memberi warna hijau pada tautan aktif dan merah pada yang sudah rusak. 

3. Clear Cache

Walaupun terlihat sepele, aktivitas menghapus cache broswer secara berkala penting untuk seorang programmer lakukan demi mencegah sistem melambat. Terkait keperluan inilah ekstensi yang satu ini hadir membantu menghapus cache maupun data-data lainnya secara cepat cukup dengan 1 klik. 

Cek Konten Lainnya:
Daftar Kode Warna HTML CSS Lengkap (Full Colour)

Proses penghapusan bisa kamu atur berdasarkan berapa banyak dan apa sajakah yang ingin kamu hapus seperti L 

  • Unduhan
  • Cache aplikasi
  • Riwayat penjelajahan sebelumnya
  • Data formulir
  • Password, dll. 

4. ColorZilla

Ekstensi yang satu ini sangat dibutuhkan terutama bagi yang berurusan dengan front end. Alasannya karena ekstensi tersebut berguna memperoleh kode warna dengan cepat dari komponen apapun di sebuah halaman web. 

Kamu cukup nyalakan ekstensinya lalu arahkan kursor pada bagian halaman web yang warnanya kamu inginkan dan secara otomatis akan langsung tersalin ke clipboard. 

5. Site Palette

Serupa fungsinya dengan color zilla, extension chrome untuk programmer dengan nama site palette ini juga berperan pada pendesainan visual website. 

Ia mampu menghasilkan palet warna yang komprehensif sesuai kebutuhan programmer. Tidak perlu ribet-ribet karena dengan 1 klik, warna yang kamu suka dapat langsung kamu ambil.

Lebih mantapnya lagi ekstensi pun dilengkapi dengan integrasi sempurna dengan Google Art Palette. 

6. Hiver

Hiver adalah jawaban yang tepat apabila kamu membutuhkan ekstensi yang dapat membantu tim mengelola kotak masuk grup langsung dari Gmail. 

Bantuan ditunjukkan dengan hiver yang akan segera memberikan notifikasi tugas kepada seorang developer. Dengan begitu masalah yang terkait pemberian dukungan maupun bug bisa segera tersampaikan lalu memperoleh penyelesaian secepat mungkin. 

7. JSONView

Sesuai namanya, JSONView menjadi extension chrome untuk programmer yang bermanfaat menolong menatap tampilan dokumen berformat JSON lebih rapi.

Melalui tampilan yang lebih rapi, programmer semakin mudah untuk melakukan proses debugging. Selain itu ekstensi ini juga memberitahu kita apabila ada bagian format JSON yang tidak valid.

8. Wappalyzer

Jika membicarakan soal ekstensi buat programmer yang bagus maka wappalyzer jelas tidak boleh terlewat begitu saja. Ekstensi berikut juga telah banyak developer akui untuk mendukung kinerja mereka dalam membuat website yang menarik.

Kualitas tersebut tersemat demikian karena wappalyzer mampu  secara otomatis mengidentifikasi aplikasi untuk layanan web untuk melakukan manajemen pada berbagai hal seperti : 

  • Konten
  • Generator,
  • CMS
  • Database
  • Perangkat lunak server
  • Alat analitik
  • Platform eCommerce 
  • Plugin 
  • Widget 
  • Kerangka kerja JavaScript, dan sebagainya.

9. Ghostery

Dalam pengoperasiannya, ghostery menyediakan kontribusi-kontribusi di bawah ini untuk programmer : 

  • Mendeteksi tracker, pixel, dan snippet lainnya yang terdapat dalam website.
  • Melihat plugin dan pelacak yang diinstal di website yang kamu kunjungi.
  • Melindungi privasi kamu. Tidak ada pendaftaran yang diperlukan untuk menggunakan ekstensi ini.
Cek Konten Lainnya:
Cara Membuat Blog di WordPress (Instan) Cocok buat Pemula

10. Dimensions

Dimensions dalam fungsinya sebagai extension chrome untuk programmer , dikenal oleh para programmer membantu pengukuran dimensi memakai kursor.  

Arahkan kursor ke kanan atau kiri dan atas atau bawah hingga mencapai batas untuk mengukur jarak antar elemen di situs web.

11. IE Tab

Seringkali saat membuat template web,  harus cek dulu kompatibilitas browser untuk memastikan kecocokan antara visual web saat dibuka di browser manapun. Pengecekan itu jadi merepotkan jika diterapkan pada Internet Explorer (IE) karena setiap versi IE memiliki fitur yang berbeda. 

Kalau kamu pakai IE tab maka ucapkan selamat tinggal pada keribetan itu.

Extension chrome untuk programmer ini dapat langsung mengecek kompatibilitas template secara menyeluruh pada setiap versi browser IE. Dengan demikian kamu tidak usah  lagi menginstal semua versi IE di komputer.

12. Code Cola

Punya gambaran tentang fitur keren dari CSS3 yang ingin kamu pasang dalam template website tapi bingung dengan format penulisan dan parameternya?

Kalau kamu punya masalah itu maka wajib coba code cola. Lewat ini aku akan bisa  mengujicobakan fitur CSS dan CSS3 pada halaman webmu hanya dengan klik dan geser. Jika cocok maka silakan salin kode CSSnya ke dalam file css-mu sendiri.

13. Web Developer

Dengan menginstal ekstensi ini ke dalam browser Chrome-mu, maka selamat kamu telah memperoleh sebuah tools all in one. Hampir segala sesuatu yang kamu perlukan untuk mengotak-atik dan menguji kualitas website ada di sini. Contohnya adalah :   

  • Mengatur JavaScript, CSS dan cookies
  • Menata gambar dan ukuran tampilan layar 
  • Menganalisis struktur markup
  • Memvalidasi kode.

14. Nimbus Screenshot

Extension chrome untuk programmer ini berfungsi untuk menangkap halaman website dan memprosesnya menjad file gambar secara keseluruhan ataupun bagian tertentu saja. 

Selain itu kita juga dapat menambahkan catatan dan coretan yang diperlukan pada gambar tersebut sebelum disimpan ke dalam file.

15. Corporate Ipsum

Dalam pembuatan website, programmer biasanya harus membuat dummy content dahulu untuk memperoleh gambaran yang jelas nanti kurang lebih hasilnya seperti apa. 

Cek Konten Lainnya:
Scrum Master Pasti Paham, Inilah Cara Menjalankan Daily Scrum

Dummy content dapat kamu lihat dari  contoh teks yang digunakan adalah lorem ipsum dolor dan sebagainya. 

Kini dengan extension chrome untuk programmer corporate ipsum berikut, kamu dapat mengganti contoh teks dengan yang kamu inginkan maksimum 500 kata. Dengan demikian kamu akan peroleh penggambaran sementara yang lebih akurat sesuai hasil fix yang kamu mau.  

Jadi itulah sejumlah extension chrome untuk programmer yang boleh sekali masuk dalam daftar pertimbanganmu. Semuanya berkualitas baik, tinggal kamu sesuaikan dengan kebutuhanmu saat ini. 

Onlinekan Project Codingmu di Jagoan Hosting

cloud hosting for developer

Siap untuk menghidupkan proyek codingmu secara online? Langsung saja, dengan hosting developer-friendly dari Jagoan Hosting, kamu bisa meluncurkan proyekmu dengan mudah dan tanpa ribet.

Pilih Jagoan Hosting untuk:

  • 🔧 Performa Optimal: Hosting yang dioptimalkan khusus untuk para developer, membuat proyekmu berjalan dengan lancar dan cepat.
  • 🔒 Keamanan Terjamin: Proteksi tingkat tinggi untuk melindungi proyekmu dari serangan cyber yang tidak diinginkan.

Ayo, jangan biarkan proyekmu tertunda lagi! Mulai sekarang dengan Jagoan Hosting dan lihat bagaimana proyekmu terwujud dengan mudahnya!

FAQ

1. Bagaimana cara menginstal ekstensi Chrome?

  • Buka Chrome Web Store di browser Google Chrome.
  • Cari ekstensi yang ingin Anda instal menggunakan kotak pencarian.
  • Klik nama ekstensi dari hasil pencarian.
  • Klik tombol “Add to Chrome” atau “Tambahkan ke Chrome”.
  • Konfirmasikan instalasi dengan mengklik “Add extension” atau “Tambahkan ekstensi”.

2. Bagaimana cara mengelola ekstensi Chrome?

  • Klik ikon tiga titik di pojok kanan atas browser Chrome.
  • Pilih “More tools” atau “Alat lainnya”.
  • Pilih “Extensions” atau “Ekstensi”.
  • Di halaman Extensions, kamu dapat mengaktifkan, menonaktifkan, atau menghapus ekstensi yang terinstal.

3. Mengapa programmer membutuhkan ekstensi Chrome?

Programmer menggunakan ekstensi Chrome untuk meningkatkan produktivitas, mempermudah debugging, mempercepat pengembangan web, dan menyediakan alat tambahan yang tidak tersedia secara langsung di browser. Ekstensi ini dapat menghemat waktu dan menyederhanakan berbagai tugas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
membuat website google sites
Read More
Tutorial Membuat Website dengan Google Sites, Simak Caranya!
Memahami cara membuat website dengan Google Sites sangat diperlukan. Apalagi, jika kamu ingin membuat situs web gratis yang…
profesi front end developer
Read More
Apa itu Front End Developer? Skill Wajib & Gaji di Indonesia
Front end developer atau yang juga biasa disebut dengan front end programmer, profesi yang menemani profesi lainnya yaitu…