20+ Contoh Website Portfolio dengan Desain Keren

contoh website portofolio

Sebuah website portfolio sudah menjadi kewajiban sekaligus menjadi syarat untuk melamar sebuah pekerjaan. Umumnya, portfolio sering sekali menjadi andalan bagi pekerja dalam industri kreatif.

Wadah ini akan sangat berguna untuk melamar pekerjaan, menarik calon klien, mengekspresikan diri, dan menampilkan berbagai karya terbaik. Ini menjadi faktor penting agar perusahaan atau klien berminat untuk merekrut Anda.

Mengingat ini penting untuk industri kreatif, kreativitas menjadi andalan dalam pembuatan sebuah portfolio. Oleh karena itu, Anda wajib bikin website dan mendesainnya semenarik mungkin. Tujuannya agar mendapat kesan pertama terbaik.

Jika situs portfolio menarik, Anda akan mendapat berpeluang lebih besar untuk direkrut perusahaan atau bekerja sama dengan klien pilihan.

Apa Saja isi Website Portfolio?

Sebelum memahami cara membuat portfolio online, Anda wajib memahami apa saja yang harus ada di dalamnya. Umumnya, situs portfolio tidak jauh berbeda dari portfolio biasa. Bedanya, portfolio jenis ini merupakan versi digital.

Portfolio tentu wajib berisi karya terbaik, pengalaman, dan skill. Tujuannya, pelamar atau klien akan sangat yakin dengan kemampuan Anda sebelum mereka menentukan apakah akan lanjut atau tidak.

Desain yang menarik tapi tetap sederhana ikut menjadi faktor agar portfolio digitalmu menarik. Ditambah, layout harus diatur semenarik dan serapi mungkin agar tidak membingungkan pembaca.

Homepage Menarik

Sudah pasti bahwa homepage menjadi hal pertama yang termuat jika mengunjungi sebuah situs. Begitu pula dengan portfolio online. Inilah mengapa Anda wajib menyusun sebuah homepage yang menarik sekaligus rapi.

Anda bisa memilih sentuhan desain terlebih dahulu dalam tahap ini. Ini tidak boleh terlewatkan karena sangat membantu menarik perhatian klien atau perusahaan demi mendapat kesempatan.

Pengalaman Kerja dan Daftar Karya Terbaik

Selanjutnya, Anda wajib menambah pengalaman kerja dan skill yang dimiliki. Sebaiknya, Anda menyusun pengalaman kerja dan skill secara infografis dalam bentuk daftar, tabel, bagan, atau flowchart.

Setelah itu, masukkan karya terbaik yang pernah Anda buat. Tentunya, tidak semua karya dapat ditampilkan di portfolio online Anda. Pilihlah karya yang terbaik dan relevan dengan posisi pilihan saat melamar atau sesuai keahlian.

Misalnya, jika ingin menjadi seorang penulis artikel berita showbiz. Anda bisa memasukkan link dan screenshot artikel topik tersebut yang pernah Anda tulis.

Beri Kontak Personal

Terakhir, kontak personal menjadi satu hal penting agar klien atau perusahaan dapat menghubungi Anda. Anda wajib memasukkan informasi kontak sebagai berikut di website portfolio milik sendiri.

1. Nomor telepon atau WhatsApp (jika perlu QR code agar mempermudah)

2. Alamat email profesional

3. media sosial seperti LinkedIn

20+ Contoh Website Portfolio Desain Keren dan Terbaik

Apakah Ada masih kebingungan untuk cara membuatnya? Tidak perlu khawatir. Kami sudah menyediakan lebih dari 20 contoh situs portfolio terbaik yang dapat menjadi inspirasi.

Berbagai contoh situs portfolio berikut tentunya sangat menarik dan ramah bagi pembaca. Anda dapat menerapkannya saat pembuatan situs portfolio sendiri seunik mungkin demi menarik perhatian.

Karena setiap profesi atau pekerjaan memiliki kriteria portfolio yang berbeda-beda, kamu tunjukkan contoh yang bervariasi. Tentunya, ini agar memudahkan Anda jika ingin berkarier dalam bidang tertentu.

1. Luki Primadani

contoh website portfolio UI UX

Contoh situs portfolio pertama merupakan milik Luki Primadani, seorang desainer UX dan peneliti. Anda dapat melihat kelengkapan portfolio miliknya secara terstruktur dan rapi.

Cek Konten Lainnya:
9+ Perbedaan Blog dan Website Beserta Contohnya!

Ia menggunakan website portfolio design yang simpel tapi padat informasi. Anda dapat melihat CV, deskripsi pengalaman kerja, karya berupa tulisan, dan seminar yang pernah ia hadiri. Semuanya tersaji secara user-friendly.

Pada bagian bawah homepage, Luky menampilkan kolom formulir kontak dan juga akun media sosial pribadinya.

2. Melissa Sunjaya

web portofolio

Melissa Sunjaya memiliki portfolio online yang mementingkan detail dan menunjukkan dirinya adalah desainer. Dapat terlihat dalam homepage-nya deretan gambar dari hasil kerjanya.

Kabar baiknya, desain homepage-nya sangat minimalis namun tetap padat informasi. Jika mengarahkan kursor pada sebuah gambar, terlihat judul dan penjelasan jenis karya tersebut secara sederhana dan ber-font kecil.

Ditambah lagi, front dan kombinasi warna di website portfolio ini sangat user-friendly. Maka, pembaca akan sangat nyaman mem-browse portfolionya.

3. Studio Feixen

contoh web portfolio studio

Studio Feixen memiliki contoh portfolio online yang sangat berwarna meski tetap minimalis. Mereka merupakan studio yang sangat berpengalaman dalam desain grafis.

Tentunya, setiap hasil karya mereka tampil sangat menarik berkat layout rapi walau sengaja tidak terlihat sejajar. Setidaknya, desain yang minimalis sekaligus berwarna ikut menjadikan website portfolio ini semakin menarik bagi pengunjung.

Di kolom bawah website, tercantum detail tentang Studio Feixen. Hal ini sudah termasuk alamat, media sosial, dan formulir untuk berlangganan newsletter.

4. John Green

contoh web portfolio

Siapa yang tidak kenal John Green? John Green merupakan penulis novel best seller asal Amerika Serikat. Beberapa karyanya seperti Paper Town dan The Fault of Our Stars sudah mendapat adaptasi film yang sangat sukses.

Jika mengunjungi portfolionya, dapat terlihat ia menawarkan deretan karya menarik. Dalam homepage-nya saja, ia mencantumkan biodata singkat dan karya berupa podcast.

Terlebih, desain portfolionya yang padat tanpa terkesan bertele-tele sangat efektif menunjukkan ringkasan karya secara detail.

5. Emily Ridge

website portfolio web designer

Berikutnya adalah website portfolio milik Emily Ridge, seorang desainer dan developer asal Irlandia. Jika melihat laman portfolio-nya, berbagai gambar hasil karyanya muncul tanpa membingungkan pengunjung.

Presentasi pada portfolionya tampil dalam bentuk painter dan ilustrasi yang membuat nyaman pembaca selama berkunjung. Dalam kolom bawah, terlihat link profil sosial media beserta link lainnya seperti about dan privacy policy.

Dalam laman kontak, terdapat detail tentang jam kerja dan formulir bagi calon klien. Berkat keduanya, ini memudahkan calon klien agar dapat menghubungi Emily Kline jika berminat menggunakan jasanya.

6. BLUWave

portfolio agency

Kembali lagi ke Indonesia. BLUWave menjadi contoh website portfolio yang menyenangkan bagi pengunjung. Mereka adalah digital marketing agency yang mencantumkan proyek dengan berbagai perusahaan besar.

Pada kolom “Our Successful Project”, terdapat kategorisasi yang telah mereka kerjakan bersama perusahaan tertentu. Jika mengklik logo perusahaan dalam kolom itu, Anda akan dialihkan pada laman detail yang telah mereka kerjakan.

BLUWave menyajikan portfolio yang menampilkan hasil pekerjaan cukup banyak, beragam, dan ringkas. Pada bagian bawah situs, terdapat informasi media sosial dan kontak yang dapat dihubungi.

7. Kesato

contoh web portfolio

Kesato memiliki portfolio online yang profesional tapi tetap terlihat kasual. Mereka memiliki layout yang nyaman sekaligus menyenangkan bagi pembaca di portfolionya.

Background hitam beserta deretan gambar jelas menampilkan kesan “wah” pada pengunjung. Ditambah, mereka menyediakan portfolio berbentuk PDF pada bagian bawah homepage dengan background putih.

Jika mengklik salah satu hasil karyanya, laman detail karya tersebut akan ter-load dengan cepat dan ringan. Terdapat informasi yang tercantum secara sederhana berupa teks dan juga gambar menarik.

8. Seb Kay

web portfolio developer

Jangan tertipu dengan tampilan portfolio online milik Seb Kay. Portfolio ini mungkin memiliki template putih yang sangat sederhana, namun isinya ternyata padat.

Website portfolio template ini hanya background putih dengan kombinasi dua warna hitam dan biru. Tetapi, terdapat informasi detail yang cukup jelas. Banyak dari hasil kerja di portfolio-nya berupa screenshot.

Berkat kesederhanaan tapi masih mementingkan detail, pembaca akan langsung memahami informasi dari portfolio itu. Terakhir, Seb Kay juga memberi link pada hasil pekerjaannya untuk melihat detail lebih lanjut.

Cek Konten Lainnya:
20+ Contoh Coding Program Python untuk Pemula dan Mahir

9. Novian Arif

portfolio online

Contoh portfolio online selanjutnya adalah milik Novian. Kali ini, portfolio milknya memiliki tampilan yang cukup abstrak. Setidaknya, ia menampilkan unsur seni yang elegan.

Dalam homepage-nya, terdapat informasi singkat tentang Novian Arif. Ditambah lagi, terdapat daftar pameran seni yang pernah ia hadiri untuk tampil.

Jika melihat laman portfolionya, semua tampilan hasil karyanya muncul dengan warna hitam putih. Ini menjadikannya pengalaman dalam mengunjungi website portfolio ini lebih menyenangkan.

10. Studio Schurk

contoh website portfolio studio

Studio Schurk merupakan studio animasi asal Belanda yang memiliki portfolio online menarik. Dalam homepage-nya saja, tercantum teks singkat tentang mereka dan deretan klien yang pernah diajak bekerja sama.

Jika men-scroll lebih ke bawah, sudah terlihat video animasi sekaligus deretan proyek dalam portfolionya. Ini menjadi cara efektif agar pengunjung mengetahui ciri khas dari sebuah studio animasi mulai dari halaman utama.

Layout­-nya yang terlihat cukup simpel dapat memudahkan pengunjung dalam memahami berbagai detail dan spesialisasi dari studio ini.

11. RoAndCo

portfolio desain

Satu lagi portfolio dari sebuah studio desain. RoAndCo menampilkan deretan proyeknya dengan layout ala majalah pada homepage-nya. Mulai dari animasi web, white space, hover slide, hingga full screen video.

Pada kolom “About Us”, mereka menekankan perusahaannya sebagai brand yang bertanggung jawab. Terdapat pula tulisan singkat tentang cara kerja dari pihak perusahaan sesuai visinya.

Website portfolio milik RoAndCo ini tidak hanya mengingatkan Anda pada sebuah majalah, tetapi juga desainnya yang begitu indah. Ini menunjukkan ciri khas dari studio itu dalam mengedepankan desain kreatif.

12. Tara Pixley

porftolio desain

Tara Pixley memiliki portfolio online yang juga mengedepankan desain. Tidak heran, ia merupakan jurnalis foto dan profesor jurnalisme visual. Portfolionya tentu mengingatkan pada sebuah layout koran atau majalah.

Utamanya, portfolio fotonya terbagi menjadi tiga kategori, yaitu reportase, potret, dan dance. Tidak hanya itu, ia juga mencantumkan contoh karya lain berupa film dokumenter dan tulisan.

Agar memudahkan untuk menavigasi situs, Tara Pixley menggunakan pengguliran horizontal yang menyenangkan dan non-tradisional.

13. Bima Creative

contoh website portfolio agency

Bima Creative merupakan creative digital agency yang memiliki desain situs portfolio yang berwarna tapi sederhana. Tercantum pada homepage-nya bahwa Bima Creative sudah dipercaya oleh berbagai bisnis besar.

Sebenarnya, Bima Creative tidak memiliki terlalu banyak informasi dalam homepage-nya. Akan tetapi, mereka menyediakan link untuk menghubungi WhatsApp-nya. Terdapat pula link kanal media sosial yang dapat dikunjungi.

Dalam kolom bagian bawah, terdapat tulisan singkat yang menyebutkan Bima Creative berkerja di bidang apa. Tercantum juga berbagai layanan yang mereka sediakan sekaligus alamat dan kontak email.

14. Himawan Pradipta

web portfolio UX writer

Himawan Pradipta merupakan seorang UX Writer sekaligus freelancer copywriter. Ia berhasil membuktikan portfolio menulis bisa mengandung visual yang memanjakan mata.

Tentunya, ia hanya merangkum tulisannya dengan kalimat yang singkat. Berkat hal ini, ia dapat mengandalkan layout minimalis agar menjadi website portfolio terbaik sebisa mungkin. Ia juga memberi link untuk mengunjungi setiap artikelnya.

Portfolio tulisan milik Himawan Pradipta dapat menjadi contoh bagi Anda yang ingin berkecimpung di dunia kepenulisan. Tentunya content writer dan copywriter dapat mencontoh portfolio seperti ini.

15. Active Theory

archive teory portfolio

Tentu bisa dibilang Active Theory memiliki website portfolio yang terlihat canggih. Portfolio mereka dapat dikatakan sangat interaktif seakan Anda memasuki dunia futuristik.

Setiap laman portfolio tersebut menampilkan animasi yang menakjubkan beserta informasi sederhana tanpa merusak teks. Bahkan, pengunjung bisa berpindah ke setiap laman dengan lancar tanpa hambatan.

Cek Konten Lainnya:
Cara Menggunakan Joomla untuk Pemula, Ini Panduan Lengkapnya

Berkat hal ini, Active Theory berhasil memamerkan portfolio online­-nya yang berpenampilan canggih, elegan, dan menakjubkan. Ini semua berkat background-nya yang dominan berwarna gelap.

16. Robert Lawler Photography

web portfolio photography

Robert Lawler menyajikan website portfolio fotografi yang mengundang kesan pertama menakjubkan. Berpengalaman 16 tahun, ia berhasil menunjukkan deretan hasil karya terbaiknya pada halaman homepage.

Menggunakan layout tidak sejajar dan tetap rapi, ia menampilkan galeri yang membuat nyaman pengunjung. Dengan demikian, pembaca akan mendapat gambaran kemampuan dari Robert Lawler.

Terdapat pula link setiap galeri, kontak, dan laman Instagram-nya. Ini agar mempermudah pengunjung mengakses setiap karyanya dengan leluasa sekaligus meningkatkan jangkauan calon klien.

17. Ozzigeno

Ozzigeno menyajikan contoh website portfolio bagi Anda yang bosan dengan deretan warna cerah berlebih atau hanya warna putih monoton. Sebaliknya, portfolio mereka dominan dengan latar warna hitam dengan elemen warna hijau cerah.

Pada homepage, terlihat contoh hasil karyanya berwarna hitam putih. Jika mengarahkan kursor pada salah satunya, gambar itu akan lebih berwarna.

Selain itu, Ozzigeno memiliki desain portfolio yang dinamis dan memanjakan mata. Berkat hal ini, website akan terlihat semakin hidup.

18. Locomotive

web agency portfolio

Locomotive memiliki website portfolio yang cukup unik berkat desain grafis kerennya. Ini menunjukkan ciri khasnya sebagai agensi digital yang mengandalkan web design dan digital branding.

Apabila mengunjungi homepage, Anda sudah disambut oleh video animasi menghidupkan situs ini. Jika scroll ke bawah, layout-nya dapat dibilang sangat unik dan berbeda daripada kebanyakan website lain.

Berkat hal ini, Locomotive berhasil menonjolkan keunikan dan tidak terlihat membosankan dalam portfolionya.

19. Digital Artisan

digital portfolio

Digital Artisan menjadi satu lagi yang menonjolkan tampilan minimalis dalam membuat sebuah website portfolio. Background warna putih sederhana dan deretan screenshot hasil pekerjaan berhasil membuatnya tidak monoton.

Di kolom paling bawahnya, background berubah menjadi warna hitam. Tercantum pula link media sosial dan alamat untuk mengontak jika berminat untuk menjadi klien.

20. Rifat Najmi

Rifat Najmi juga memiliki website portfolio yang tergolong menarik dan unik. Di sini, ia berhasil menyeimbangkan elemen desain dengan isi konten dan gaya bahasa formal.

Tidak lupa, ia menyajikan berbagai testimoni dari klien yang sudah dilayaninya. Ini menjadi contoh agar klien semakin yakin dan berminat untuk merekrut atau menggunakan jasanya.

Desain dari portfolionya sangat memanjakan mata sekaligus kaya akan konten dan tidak begitu berat. Ini membantu Anda agar bisa mengerti saat mengunjungi situs portfolio dengan mudah.

21. Absolut Nine

Terakhir, Absolut Nine merupakan situs portfolio yang berhasil tampil minimalis dan tetap menampilkan banyak warna cerah. Background-nya memang berwarna putih, tapi banyak hasil karya di dalamnya penuh warna.

Kedua elemen itu menjadikan situs portfolio Absolut Nine memiliki daya tarik tersendiri dan nyaman di mata pengunjung. Ini dapat menjadi sebuah inspirasi bagi Anda yang tetap ingin memiliki portfolio sederhana tapi berwarna.

Template untuk Website Portfolio

template website portfolio

Setelah cek beberapa contoh website portfolio terbaik, saatnya Anda juga untuk bikin website buat portfolio. Butuh template yang keren untuk portfolio? tenang aja karena Jagoan Hosting menyediakan ratusan template premium yang termasuk juga template website portfolio premium yang ada di produk WordPress Hosting atau produk Website Instan.

Selain template premium, di produk ini juga terintegrasi dengan AI Content Generator dan Garansi Load Time 5 Detik yang bikin website sangat cepat ketika diakses.

Itulah 20+ contoh website portfolio desain keren dan menarik beserta templatenya. Manakah yang menarik perhatian dan menjadi inspirasi Anda?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
web developer
Read More
Apa itu Web Developer? Tugas, Gaji & Skill yang Dibutuhkan
Mau jadi Web Developer? Tapi apakah kamu udah paham betul tentang Apa itu Web Developer, Bagaimana tugasnya dan…
front end developer
Read More
Apa itu Front End Developer? Tugas, Skill & Gaji
Dalam proses pengembangan sebuah website atau aplikasi, front end developer adalah elemen penting untuk mewujudkan sebuah rancangan menjadi…